Inilah 10 Mall Terbaik dan Paling Keren di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Liburan tapi tidak bisa keluar kota? Eits! Jangan kesel dulu! Kita bisa loh sekedar jalan atau cuci mata saja di mall. Tidak perlu keluar uang banyak! Kita cuma mendatangi satu mall tertentu, melihat-lihat display lalu datangi tempat hiburannya yang dijamin ciamik sekali!

Biasanya pihak manajemen mall sudah menyiapkan beberapa tempat yang dianggap dapat menghibur para pengunjungnya setelah lelah berbelanja. Belum lagi, kini fasilitas di dalam mall modern sangat mumpuni, sehingga kita tidak akan bosan berada di dalam mall.

Namun kalau di antara teman-teman memang cepat sekali bosan, yaa kalian bisa sih menikmati hal-hal lainnya yang berbayar. Walaupun kalian membayar, harga yang dikeluarkan sebanding kok dengan apa yang kalian dapat.

Maklum saja, mal-mal yang menawarkan fasilitas tersebut tak selamanya gratis. Pasti ada saja yang berbayar. Nah, di mana saja mall yang menawarkan fasilitas tersebut? Yuk, intip 10 mall terbaik dan paling keren yang ada di Indonesia berikut ini.

1. Kota Kasablanka

Kota Kasablanka

Mall Kota Kasablanka atau yang sering juga disebut Kokas ini berdiri sejak tahun 2012 ini merupakan mall yang tergabung dalam jaringan Pakuwon Grup. Kota Kasablanka menjadi salah satu mall yang cukup mewah dan terbaik di Indonesia.

Selain desain mallnya yang keren dan mewah, di Kota Kasablanka kamu bisa belanja barang-barang branded mulai dari pakaian, sepatu, tas dan yang tak bisa dilewatkan juga adalah tenant makanannya. Di sini juga terdapat banyak tenant makanan yang sangat beragam dan enak-enak pastinya.

  • Alamat: Jalan Casablanca No.88, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan
  • Nomor telepon: (021) 29465000
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

2. Central Park Mall

Central Park

Central Park Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang berada dalam satu kawasan Central Park yang terdiri dari pusat perbelanjaan, menara perkantoran, apartemen. Yang membuat Central Park menjadi salah satu mall paling keren adalah adanya taman di tengah-tengah mall yang merupakan sebuah pemandangan unik.

Central Park Mall ini menawarkan kamu deretan toko dan restoran yang ternama dan recommended. Meskipun hanya untuk sekedar window shopping, Central Park sudah pasti pilihan yang sangat tepat. Oh iya, datanglah kalau menjelang hari-hari penting seperti hari raya Natal, Lebaran atau Tahun baru, Mall satu ini pastinya memiliki dekor yang sangat cantik dan instagramable banget.

  • Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.28, RW.6, Tj. Duren Sel., Kota Jakarta Barat
  • Nomor telepon: (021) 56989999
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

3. Grand Indonesia Shopping Town

Grand-Indonesia-Shopping-Town-Jakarta

Mall yang terletak di Jl. Muhammad H. Thamrin, Jakarta Pusat ini menjadi salah satu mal terbesar yang ada di kota Jakarta. Bagaimana tidak? Seluas  640.000 meter persegi dibabat habis untuk pembangunan mal yang menyatu dengan kompleks perkantoran, hotel dan apartemen.

Mall yang bersampingan dengan Hotel Indonesia dan Menara BCA ini memiliki ratusan fasilitas yang luar biasa keren. Belum lagi tempat yang mendukung, karena berada di depan monumen Selamat Datang. Dijamin deh, semua orang yang datang berkunjung kesini akan dibuat terpukau dengan megah dan mewahnya interior mal yang super besar!

Bukan hanya interior yang besar loh, Grand Indonesia atau yang sering disebut dengan ‘GI’ ini menyulap bagian dalam mal menjadi beberapa negara di dunia mengingat slogan Grand Indonesia adalah ‘Crossroads The World’ di dalamnya kita bisa menikmati dan mengambil foto seakan sedang berada di Belanda yang memiliki kincir raksasa, atau di negeri bambu, Cina yang dihiasi dengan ratusan lampion.

Selain itu, Grand Indonesia juga ditempati oleh brand-brand ternama yang bisa membuat kita keranjingan diam di depan display dan mengagumi manekin porselen. Oh iya, mal ini juga memiliki tempat-tempat yang wajib dikunjungi; terbagi atas empat distrik utama seperti Market District, Fashion District, Garden District dan Entertainment District yang terbagi atas East & West mal.

Di tiap distriknya, manajemen mal telah menyiapkan hiburan untuk para tamunya. Salah satunya Magic Fountain Show yang berada di lantai 3. Di sini, para pengunjung akan disuguhkan pertunjukan air mancur yang seolah menari mengikuti irama musik yang dimainkan.

Berbalut lampu LED beragam warna, Magic Fountain Show menjadi terlihat semakin indah. Pertunjukan ini sendiri cuma diadakan di  sejam sekali sejak pertama kali pintu mal dibuka pada pukul 11 hingga mal tutup pada pukul 10 malam.

  • Alamat: Jl. MH Thamrin No.1, RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Nomor telepon: (021) 23580001
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

4. AEON Mall Tangerang

Sakura Garden AEON Mall

Selain di Jakarta, Mall yang termasuk terbaik dan keren ada juga di Tangerang namanya AEON Mall. Pusat perbelanjaan ini menawarkan pengunjungnya dengan deretan toko ternama atau branded. Yang membuatnya berbeda dengan mall lainnya adalah tenant makanan di sini lebih banyaknya didominasi dengan kuliner Jepang.

Selain untuk berbelanja, AEON Mall ini juga bisa menjadi tempat keluarga menghabiskan waktu akhir pekannya di sini tanpa harus belanja seperti menikmati pemandangan Musical Fountain, Sakura Illumination Park dan masih banyak lainnya.

  • Alamat: Jl. BSD Raya Utama, Pagedangan, Kec. Pagedangan, Tangerang, Banten 15345
  • Nomor telepon: (021) 29168585
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

5. Tunjungan Plaza

tunjunganplaza

Sebelumnya mall ini bernama Plaza Tunjungan, namun setelah dilakukannya renovasi besar-besaran dan pelebaran lahan, Plaza Tunjungan berubah nama menjadi Tunjungan Plaza. Mal ini menerapkan tema mall keluarga dengan fasilitas premium di dalamnya.

Ratusan rumah mode berskala nasional hingga internasional ada disini untuk memenuhi kebutuhan seluruh keluarga berkelas. Tempat hiburan dan gerai makanan ternama juga terlihat meramaikan isi Tunjungan Plaza yang kini sudah ada 5 bangunan (Tunjungan Plaza 1 hingga Tunjungan Plaza 5).

Selain itu, Tunjungan Plaza juga terletak di kawasan terintregasi, dimana Sheraton Hotels and Resorts, Menara Mandiri dan menara Kondominium Regency terletak bersampingan dengan mal.

Tunjungan Plaza juga disebut sebagai mal tertua di Surabaya. Sekedar informasi, bangunan awal (Tunjungan Plaza 1) didirikan pada tahun 1986! Ini yang menjadikan Tunjungan Plaza sebagai pioneer mal-mal terbaik disekitarnya.

Dibangun oleh Pakuwon Jati Group, kini Tunjungan Plaza menjadi tempat paling populer di Surabaya, khususnya di bagian timur Surabaya. Tunjungan Plaza terbagi ke dalam 4 bagian, yakni East Plaza (Tunjungan Plaza 1), Lifestyle Center (Tunjungan Plaza 2), Plaza Central (Tunjungan Plaza 3) dan West Plaza (Tunjungan Plaza 4). Kabarnya pembangunan Tunjungan Plaza 5 (The Gallery) akan selesai di tahun 2015.

Saat selesai nanti, gedung apartemen termewah di Surabaya, The Peak Residence, akan ikut mengisi Tunjungan Plaza 5 bersama dengan mal khusus yang menjual brand kelas kakap seperti IMAX, Louis Vuitton, Tory Burch, Rolex, Balenciaga, Yves Saint Laurent, Ermenegildo Zegna dan Burberry.

  • Alamat: Jl. Jenderal Basuki Rachmat No.8-12, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

6. Trans Studio Mall – Bandung

Trans-Studio-Mall

Menjadi one stop tourism satu-satunya di Bandung membuat Trans Studio Bandung sangat dikenal semua orang, khususnya warga Bandung sendiri. Selain menjadi one stop tourism, TSM yang dulunya bernama Bandung Supermall (BSM), terletak di kawasan terpadu Trans Coorporation milik pengusaha Chairul Tanjung.

Di kawasan terpadu ini ada deretan destinasi liburan yang sangat terkenal seperti hotel The Trans Luxury, hotel Ibis dan wahana permainan Trans Studio yang memiliki ratusan objek hiburan!

Jadi apabila turis luar kota atau luar negeri mengunjungi Bandung, mereka tidak perlu repot lagi mencari kawasan super lengkap yang bisa memenuhi keinginan mereka; bisa istirahat, bermain dan berbelanja tanpa harus bermacet-macetan ria.

Mulai dibangun pada tahun 1994 dan diresmikan sekaligus dibuka untuk umum di tahun 2001, TSM sudah melayani para pengunjungnya dengan fasilitas yang pro. Bukan hanya memanjakan mata para pengunjungnya dengan interior yang super wow, TSM juga menjadi rumah bagi brand dunia yang sudah tidak usah diragukan lagi kualitas dan kuantitasnya.

Sebut saja Tommy Hilfiger, Tods, Armani Jeans, Salvatore Ferragamo, Red Valentino, Hugo Boss, Boss Orange, Etienne Aigner dan Mango. Mereka semua berjejer rapi di wilayah Fashion District di lantai GF dan lantai 1. Lihat saja, apabila teman-teman berkunjung kesana, brand Salvatore Ferragamo dan Boss sudah menghiasi dinding pintu masuk utama TSM.

Nah, apabila teman-teman sudah asyik berbelanja dan ingin hiburan lainnya, teman-teman bisa langsung masuk ke wahana permainan di Trans Studio, adik dari Trans Studio Makassar yang lebih dulu exis di Indonesia.

Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 250.000 *biasanya ada promo menarik yang membuat harga tiket turun sampai Rp 100.000*, teman-teman sudah bisa menikmati wahana seperti Trans City Theater, Yamaha Racing Coaster, Giant Swing, Marvel Superheros 4D, Trans Racing, Indosat Vertigo Galaxy, Trans Broadcast Museum, Trans Science Center, Kiddy’s Land dan banyak lagi!

  • Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
  • Nomor telepon: (022) 86012000
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

7. PVJ Resort Lifestyle Place

PVJ Resort Lifestyle Place

PVJ atau Paris Van Java Mall ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan di Bandung yang memiliki tema indoor-outdoor mall dengan tema ala Eropa. Mall ini nggak memiliki banyak lantai karena bentuknya yang landscape alias melebar. Di sini terdapat banyak toko-toko branded, tenant makanan yang sangat beragam dan banyak sekali pilihannya.

PVJ Mall juga sangat cocok untuk kamu yang sekedar ingin window shopping. Selain berbelanja, di sini juga kamu bisa menikmati beberapa tempat wisata di bagian atas mall. Cocok sekali untuk kamu yang membawa anak karena ada mini zoo dan ice skating rink untuk anak dan orang dewasa.

  • Alamat: Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162
  • Nomor telepon: (022) 2060800
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

8. Summarecon Mall Bekasi (SMB)

Summarecon-Mal-Bekasi

Terletak di dalam ‘Intergrated Superblock’ Summarecon Agung Jl. Bulevard Ahmad Yani, SMB menjadi salah satu pusat perbelanjaan dengan konsep family mall yang kerap kali dikunjungi tidak hanya warga Bekasi saja, tapi warga Jakarta pun kerap kali kemari.

Dengan luas wilayah tak kurang dari 60.000 meter persegi, SM menjadi salah satu mal yang terbesar dan bergengsi setelah Grand Metropolitan Mall, adik dari Mall Metropolitan. SMB juga dikelilingi oleh tempat-tempat lainnya seperti perumahan yang dibagi menjadi 5 distrik; Palm Residence, Maple Residence, Vernonia Residence, Bluebell Residence dan Magnolia Residence.

The Springlake Tower (Apartment), La Terazza (pusat kuliner) hingga Reservoir Water Treatment pun mengelilingi SMB. Tidak heran bukan kalau Summarecon menjadi ‘Intergrated Superblock’ yang benar-benar terintregasi?

Salah satu mall terbaik di Indonesia menawarkan banyak sekali fasilitas hiburan bagi setiap pengunjungnya. Mulai dari lantai Lower Ground hingga lantai 3 terdapat ratusan gerai ternama yang siap memanjakan mata kita.

Belum lagi adanya The Downtown Walk yang menyediakan panggung hiburan kelas kakap; tak main-main, bintang tamu yang diundang oleh manajemen Summarecon Mall merupakan bintang tamu kenamaan. Di antaranya adalah, Ruth Sahanaya, Marcell, Bagindas, Mulan Jameela, The Dance Company, Reza Artamevia, Marcello Tahitoe dan masih banyak lainnya.

Bintang tamu tersebut akan terus berganti setiap minggunya mengingat manajemen Summarecon Mall selalu mengadakan festival musik pada akhir pekan. Selain itu, SMB juga selalu mengadakan event menarik yang pastinya memancing para pengunjungnya untuk datang lagi.

  • Alamat: Jl. Bulevar Ahmad Yani, RT.006/RW.002, Marga Mulya, Bekasi, Jawa Barat 17142
  • Nomor telepon: (021) 29572888
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

9. Paragon City Mall

Paragon City Mall

* sumber: www.skyscrapercity.com

Bila berkunjung ke Semarang, jangan lupa melipir ke Paragon City Mall yah! Selain bisa memanjakan mata dengan melihat-lihat isi mal, kita juga bisa menginap di Crown Plaza yang ada di atas mall ini. Dibangun oleh Pollux Grup diatas lahan sebesar 120.000 meter persegi, menjadikan Paragon City Mall sebagai satu-satunya mal terbesar di kota Semarang untuk saat ini.

Nantinya, Paragon City Mall ini akan diekspansi lebih luas lagi sehingga bisa diadakannya extension mall yang sama besarnya dengan satu menara apartemen. Sebagai sebuah integrated development, Paragon City Mall juga menyediakan convention center seluas 2000 meter persegi yang mampu menampung tak lebih dari 2000 orang.

Mulai dari lantai 1 hingga lantai 7, Paragon City Mall diisi dengan gerai-gerai kelas premium mengingat mall ini mengusung tema ‘lifestyle & entertainment’ di dalamnya. Uniknya lagi, cuma di Paragon City Mall ini teman-teman bisa nonton film keren di XXI, karena di mall lainnya di Semarang belum ada XXI.

Oh iya, akibat banyaknya tenant sekaliber Charles & Keith, Coconut Island, Colorbox, Giordano, Hush Puppies, Minimal, Polo Ralph Lauren, The Executive dan masih banyak lainnya, membuat mal ini juga menjadi pusat perbelanjaan terlengkap.

Target pemasarannya ditujukan untuk keluarga menengah ke atas, sehingga pelayanan yang diberikan oleh Paragon City Mall tidak main-main. Cocok bukan untuk menghabiskan waktu di tempat ini bersama teman atau keluarga?

  • Alamat: Jl. Pemuda No.118, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
  • Nomor telepon: (024) 3562111
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

10. Beachwalk Shopping Mall

Beachwalk Shopping Mall

Beachwalk Shopping Mall adalah pusat perbelanjaan di Bali yang memiliki standar internasional dengan desain mall terbaik sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Lokasinya sangat strategism diapit oleh dua hotel mewah dan tak jauh dari Pantai Kuta, Bali.

Desain dari Beachwalk Shopping Mall ini tertata rapih, terkesan modern namun tetap ada nilai tradisionalnya juga. Mall ini memiliki banyak pilihan makanan yang enak-enak, cocok sekali dikunjungi bersama keluarga jika sedang berlibur ke Bali.

  • Alamat: Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
  • Nomor telepon: (0361) 8464888
  • Jam operasional: 10.30-22.30 WIB

Itu dia 10 mall terbaik dan paling keren di Indonesia! Jangan lupa berkunjung ke setiap mall di atas yah waktu kalian mengunjungi kota dimana mal tersebut berada. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

9 Responses

  1. 3 dari 10 daftar pernah ane kunjungin

  2. -kok artikelnya gk bisa dibaca offline ya?
    saama gk bisa didownload..
    tapi thanks infonya!

  3. Ini pasti artikel lama, bagaimana dengam 2 mall keren di Bali? Discovery shopping mall dan Beach Walk Kuta? Atau penulis belum pernah ke Bali mungkin?

    1. Terima kasih atas masukannya. 🙂

  4. Bagaimana dengan Pakuwon Mall? , Mall Terbesar juga itu…

  5. Saya SDH kunjungi mal2 yg di Jakarta tapi TDK ada yg sebesar Tunjungan Plaza (1-6) maupun Pakuwon mall. Malah saya berani pastikan 2 mal di SBY itu yg terbesar di Indonesia. Coba kunjungi dan bandingkan.

    1. Terima kasih atas sarannya. ??

  6. Sangat tidak setuju trans tudio Bandung dimasukan apalagi Bandung indah plaza. Itu BIP itu mall kecil dan kurang branded , saya setuju kalo mall mewah di Indonesia di dominasi oleh Jakarta dan Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *