15 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 Juli 2020

Kota Pempek, itulah julukan bagi kota yang satu ini. Ya, Palembang memang terkenal dengan kuliner pempeknya. Bahkan, makanan tersebut sudah bisa dijumpai di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Namun, saat ini kita tidak akan membahas seputar kuliner di Palembang, melainkan kita akan membahas tentang tempat wisatanya.

Berencana untuk berlibur atau melakukan kunjungan ke Palembang dalam waktu dekat? Sempatkan diri untuk mampir ke beberapa tempat wisata di Palembang yang bagus ini. Dijamin, perjalanan Anda ke Palembang akan menjadi lebih fun dan menyenangkan.

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera Tempat Wisata Di Palembang

* sumber: travel.grivy.com

Tempat wisata di Palembang yang satu ini memang sangat spesial. Pasalnya, Jembatan Ampera juga merupakan landmark dari Kota Palembang. Jembatan yang mulai dibangun pada tahun 1962 ini berdiri dengan kokoh di atas Sungai Musi dan menjadi penghubung antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Di dekat Jembatan Ampera, Anda bisa menemukan tempat yang menjual souvernir dan makanan khas Palembang. Rasanya perjalanan Anda ke Palembang belum terasa lengkap jika Anda tidak singgah di Jembatan Ampera ini.

2. Sungai Musi

Sungai Musi tempat wisata di palembang

Nama Sungai Musi pasti sudah tidak terdengar asing di telinga Anda. Ya, Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera. Sungai sepanjang 750 KM ini sudah digunakan sebagai sarana transportasi bagi masyarakat Palembang sejak zaman Kerajaan Sriwijaya sampai dengan saat ini.

Lantas, apa yang bisa dilakukan saat berada di Sungai Musi? Anda bisa berwisata kuliner di berbagai restoran yang terletak di tepi Sungai Musi. Bahkan, Sungai Musi diklaim sebagai pusat wisata kuliner di Palembang. Di samping itu, ada beberapa tempat wisata lainnya yang ada di sekitar Sungai Musi, seperti Kampung Arab, Kampung Kapitan, Benteng Kuto Besak, dan Rumah Rakit.

3. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang

Bukit yang satu ini bukan bukit biasa, lho. Karena Bukit Siguntang ini dianggap sakral dan suci bagi masyarakat setempat. Bukit Siguntang dipercaya sebagai tempat untuk melakukan ritual ibadah keagamaan maupun untuk bertapa.

Bukit ini memiliki ketinggian 40 meter di atas permukaan laut. Suasana di Bukit Siguntang ini nampak sangat asri dan tenang. Di kawasan Bukit Siguntang ini ada gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Ketika berkunjung ke sini, tak ada salahnya jika Anda berziarah di makam para bangsawan yang ada di Bukit Siguntang ini.

4. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Berikutnya, ada tempat wisata di Palembang yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi saat Anda berada di Palembang. Pulau Kemaro adalah pulau yang berada di tengah-tengah Sungai Musi dan jaraknya sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Dari jauh Anda bisa melihat sebuah pagoda yang berdiri tegak menjulang ke langit.

Di pulau ini Anda akan menemukan sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Budha dari berbagai wilayah. Di pulau ini terdapat makam seorang putri, di mana putri tersebut menikah dengan anak raja dari Cina dan mendapat mas kawin 9 guci emas. Akan tetapi, pasangan yang baru menikah itu terjun ke sungai dan tenggelam.

5. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak

* sumber: www.indonesia-heritage.net

Kunjungi Benteng Kuto Besak pada sore hari, maka Anda dapat menikmati pemandangan yang tidak terlupakan. Benteng peninggalan zaman penjajahan Belanda ini masih berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik.

Benteng yang menjadi saksi bisu sejarah rakyat Indonesia berjuang melawan penjajahan ini dahulu adalah satu-satunya bangunan yang dindingnya terbuat dari batu. Kini, dari Benteng Kuto Besak Anda bisa menyaksikan kapal-kapal yang sedang melintasi Sungai Musi. Pemandangan ini akan tampak lebih luar biasa jika Anda melihatnya pada sore hari saat matahari mulai terbenam.

6. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah

Ingin berkunjung ke objek wisata alam yang bagus dan terkenal di Palembang? Silakan datang ke Air Terjun Lematang Indah yang terletak di kota Pagar Alam. Untuk mencapai air terjun setinggi 40 meter ini Anda akan melalui perjalanan yang menakjubkan, karena pemandangan di sekitar jalan yang Anda lalui sangat indah dan asri.

Selain itu, jalan menuju ke Air Terjun Lematang Indah ini sudah dipugar sehingga memudahkan wisatawan yang ingin datang melihat air terjun ini. Namun, usahakan untuk berkunjung pada saat musim kemarau. Karena tangga untuk menuju ke air terjun akan menjadi licin dan berbahaya saat musim hujan.

7. Air Terjun Curup Maung

Air Terjun Curup Maung

Berbeda dengan Air Terjun Lematang Indah yang sudah dipugar menjadi objek wisata, Air Terjun Curup Maung ini masih belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Jalan untuk menujuk ke air terjun ini pun cukup jauh. Akan tetapi, pesona dari Air Terjun Curup Maung ini memang susah untuk ditolak.

Air terjun ini terbagi menjadi beberapa bagian, sehingga dari jauh air terjun ini nampak bak lukisan tangan yang sangat indah. Sungai di bawah air terjun juga memiliki air yang sangat jernih. Tak heran jika banyak pengunjung yang berenang di sungai yang ada di bawah Air Terjun Curup Maung ini.

8. Danau Ranau

Danau Ranau

Ada sebuah tempat wisata di Palembang yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Danau Ranau. Panorama alam yang masih sangat asri di sekitar danau membuat kita betah untuk berlama-lama di sini. Selain itu, udara di sekitar danau juga sejuk dan bebas dari polusi.

Pemerintah setempat nampaknya sangat serius mengelola Danau Ranau untuk menjadi objek wisata. Hal tersebut bisa dilihat dari pembangunan hotel berbintang yang ada di sekitar danau. Hotel tersebut bisa menjadi jujukan bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar Danau Ranau.

9. Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu merupakan hutan lindung yang berada di Kota Palembang. Jika biasanya hutan berada di pinggir kota, Hutan Punti Kayu ini hanya berjarak 7 KM saja dari pusat Kota Palembang, lho.

Di hutan seluas 50 hektar ini Anda bisa menemukan kebun binatang maupun tempat penangkaran buaya. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di Hutan Wisata Punti Kayu ini antara lain adalah piknik, berenang, naik perahu, dan menunggang kuda.

10. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho

* sumber: www.indonesiakaya.com

Masjid Cheng Ho memang ada di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga mengunjungi Masjid Cheng Ho yang ada di Palembang ini. Arsitektur khas negeri tirai bambu terlihat sangat jelas mendominasi masjid ini. Bahkan, masjid ini mengusung warna merah di bagian luar dan dalam bangunannya.

Di samping bangunan masjid juga nampak bangunan yang menyerupai pagoda. Berwisata religi ke Masjid Cheng Ho bisa menjadi ide yang baik ketika Anda berpelesir ke Palembang.

11. Gunung Dempo

Gunung Dempo

* sumber: traverse.id

Adakah dari Anda yang menyukai wisata ekstrem seperti mendaki gunung? Jika ya, Gunung Dempo merupakan tempat wisata di Palembang yang wajib Anda kunjungi. Gunung ini memiliki ketinggian 3.159 meter di atas permukaan laut. Ketika melakukan pendakian, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kebun teh yang menyejukkan mata.

Keunikan Gunung Dempo terletak pada warna kawahnya yang bisa berubah sewaktu-waktu. Terkadang warna kawah ini putih, kadang hijau, dan bahkan menjadi biru. Kalau tidak suka mendaki gunung, Anda juga bisa mengunjungi Kampung Ampat, desa di kaki Gunung Dempo yang banyak dihuni masyarakat suku Jawa sehingga bahasa yang dipakai warga desa ini adalah Bahasa Jawa.

12. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

* sumber: panduanwisata.id

Wisata sejarah juga merupakan tujuan yang menarik untuk dilakukan ketika berada di Palembang. Anda tidak hanya memperoleh kesenangan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata hiburan saja, tetapi wisata sejarah juga bisa menambah wawasan.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II adalah tempat penyimpanan benda-benda peninggalan kerajaan di Palembang. Arsitektur bangunan yang sangat unik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi museum ini. Tak ada salahnya jika Anda berkunjung ke museum ini, apalagi letaknya dekat dengan Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.

13. Air Terjun Bidadari Lahat

Air Terjun Bidadari Lahat

* sumber: pariwisata.lahatkab.go.id

Tempat wisata di Palembang memang cukup didominasi oleh wisata air terjun. Salah satu air terjun yang cantik dan wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Bidadari. Air terjun yang tidak terlalu tinggi ini berlokasi di Desa Karang Dalam, Kecamatan Penang, sekitar 8 kilometer dari Kota Lahat, Palembang.

Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, tapi airnya sangat jernih. Apalagi sungai di bawah air terjun ini tidak terlalu besar arusnya. Di sekitar Air Terjun Bidadari juga terdapat beberapa air terjun lainnya, antara lain ada Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing, dan Air Terjun Naga.

14. OPI Water Fun

OPI Water Fun

* sumber: wistapalembang.wordpress.com

Siapa bilang jika tempat wisata di Palembang hanya didominasi oleh tempat wisata alam dan sejarah? OPI Water Fun adalah salah satu tempat wisata yang pasti sangat menyenangkan. Pasalnya, ini merupakan taman bermain air yang cukup besar di kota pempek ini.

Di taman bermain air seluas 3 hektare ini Anda bisa menjajal berbagai wahana permainan yang seru dan menyenangkan. Bukan hanya anak-anak saja yang senang berada di sini, remaja maupun orang dewasa juga bisa have fun di OPI Water Fun.

15. Kambang Iwak Family Park

Kambang Iwak Family Park

Nama tempat wisata ini memang cukup membingungkan. Kambang Iwak Family Park menggabungkan Bahasa Jawa maupun Inggris. Alhasil, arti dari nama tempat ini adalah taman bunga ikan keluarga. Lantas, apa yang spesial dari tempat wisata yang satu ini?

Tempat ini merupakan sebuah danau yang berada di pusat kota. Di malam hari, air mancur yang ada di tempat ini akan disorot dengan lampu warna-warni sehingga tampilannya sangat cantik. Duduk santai sambil menikmati pemandangan air mancur warna-warni di Kambang Iwak Family Park bisa menjadi bentuk rekreasi yang hemat tapi menyenangkan.

Nah, inilah daftar tempat wisata di Palembang yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata yang direkomendasikan Keluyuran ini adalah tempat wisata pilihan yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Jika Anda juga mencari tempat menginap yang murah di Palembang, silahkan simak ulasan kami di artikel ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram