Keluyuran / Wisata Jawa Timur / Yuk Kunjungi 10 Tempat Wisata di Blitar yang Menarik Ini

Yuk Kunjungi 10 Tempat Wisata di Blitar yang Menarik Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Blitar adalah sebuah kota kecil yang berada di sebelah selatan Provinsi Jawa Timur. Banyak orang yang datang ke Blitar untuk berziarah di makam presiden pertama Indonesia, yakni Bapak Ir. Soekarno yang memang dimakamkan di sana.

Namun, tidak hanya Makam Bung Karno saja yang menjadi daya tarik kota Blitar. Pasalnya, masih banyak tempat-tempat wisata lainnya yang sangat menarik dan wajib dikunjungi ketika Anda berada di kota seluas 32 Km2 itu.

Baik keistimewaan dari Makam Bung Karno dan tempat wisata di Blitar lainnya akan dibahas di sini. Berikut adalah hasil rangkuman tim Keluyuran mengenai tempat-tempat menarik di Blitar yang bisa dijadikan destinasi pariwisata Anda.

10 Tempat Wisata Menarik di Blitar

1. Makam Bung Karno

tempat wisata di blitar makam bung karno

Walaupun ini adalah makam, tetapi ini bukan makam orang biasa. Ini merupakan tempat persemayaman terakhir dari mantan orang nomor satu di Indonesia, yakni Dr. Ir. H. Soekarno. Suasana adem bisa langsung Anda rasakan ketika memasuki pelataran makam orang yang berjasa bagi kemerdekaan negara kita ini.

Siapa pun bisa mengunjungi Makam Bung Karno tanpa dipungut biaya apa pun. Makam beliau terletak di sebuah joglo yang cukup luas. Makam Bung Karno sendiri berada persis di antara kedua makam orang tuanya.

Usai memanjatkan doa dan berziarah, Anda bisa jalan-jalan di perpustakaan yang terletak di komplek pemakaman ini. Perpustakaan tersebut bergaya minimalis modern. Selain itu, ada pula museum yang menyimpan benda-benda peninggalan Bung Karno.

2. Candi Penataran

Candi Penataran

Ini adalah saksi bisu peninggalan dari Kerajaan Kediri. Kerajaan agama Hindu yang pernah berjaya pada masanya itu meninggalkan sebuah candi yang berada tepat di bawah kaki Gunung Kelud. Jadi, udara di sekitar komplek candi ini memang terasa sejuk, khas udara pegunungan.

Candi Penataran dibangun di sebuah komplek seluas 180 x 130 meter. Candi Penataran ini merupakan candi yang paling terkenal di Blitar. Di komplek candi ini, Anda juga bisa mengunjungi Bale Agung, Candi Angka, dan Candi Naga. Komplek Candi Penataran berada di Desa Penataran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar.

3. Pantai Pangi

Pantai Pangi

Di sebelah selatan Kota Blitar ada sebuah pantai tersembunyi yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Adalah Pantai Pangi yang merupakan pantai berpasir putih dengan sedikit sentuhan warna merah muda yang tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, berada di Pantai Pangi ini akan membuat Anda serasa seperti berada di pantai pribadi.

Pantai ini berada di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung. Jika Anda berkendara dari Kota Blitar, maka Anda membutuhkan waktu selama 90 menit untuk sampai di Pantai Pangi ini. Jarak antara pusat Kota Blitar menuju ke Pantai Pangi ini berkisar sekitar 45 KM saja.

4. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo

* sumber: www.jejakpiknik.com

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Peh Pulo adalah Raja Ampat dalam bentuk minimalis yang ada di Blitar. Keindahan Pantai Peh Pulo memang sangat mempesona. Pasir putih, batu karang, dan air laut yang sangat biru adalah panorama alam yang bisa Anda jumpai ketika berkunjung ke Pantai Peh Pulo.

Sekedar informasi, jalur menuju ke pantai ini sedikit berat, tapi rasa lelah karena perjalanan menuju ke pantai ini akan terbayar lunas ketika Anda menyaksikan pemandangan khas Raja Ampat ini. Tak perlu jauh-jauh ke Papua untuk mengunjungi Raja Ampat, karena cukup berkendara sekitar 75 menit dari Kota Blitar, Anda sudah sampai ke Pantai Peh Pulo ini.

5. Petilasan Rambut Monte

Petilasan Rambut Monte

Nama tempat wisata di Blitar yang satu ini memang sedikit membuat bulu kuduk merinding. Namun, ternyata sesampainya di Petilasan Rambut Monte ini Anda akan merasakan suasana yang tenang dan adem. Pasalnya, Wisata Rambut Monte yang berlokasi di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari ini memiliki telaga, candi, dan tempat untuk meditasi dengan panorama kebuh teh dan sawah hijau yang begitu menenangkan.

Jika Anda berkunjung kemari pada saat musim liburan, ada pertunjukan kesenian atau musik yang akan ditampilkan di sini. Petilasan Rambut Monte adalah tempat yang cocok untuk refreshing dan menenangkan pikiran dari rutinitas sehari-hari.

6. Agrowisata Karangsari

Agrowisata Karangsari

Siapa yang tidak kenal dengan buah belimbing? Buah yang sering diolah menjadi rujak manis ini memang sangat segar, terutama jika dimakan pada saat cuaca panas. Salah satu tempat wisata di Blitar yang bernama Agrowisata Karangsari menawarkan wisata memetik buah belimbing langsung di kebunnya.

Anda bisa merasakan sensasi memetik buah belimbing langsung dari pohonnya, lho. Setelah puas memetik buah belimbing segar, jangan lupa untuk membeli makanan ringan yang terbuat dari buah belimbing, seperti dodol belimbing, keripik belimbing, dan manisan belimbing.

7. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai yang indah tidak hanya bisa ditemukan di Bali atau Lombok saja, lho. Di Blitar, Anda pun bisa menemukan pantai dengan pasir putih yang cukup bersih, yakni di Pantai Tambakrejo. Pantai ini hampir tidak pernah sepi pengujung. Anda bisa bersantai sembari bermain pasir di tepi pantai.

Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak berenang di laut. Pasalnya, laut di sini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, jadi ombaknya sangat besar. Karena ombak di pantai ini cukup besar dan sudah banyak menelan korban.

Setelah bersantai di tepi pantai, Anda bisa mengunjungi Pasar Ikan Tambakrejo untuk membeli beberapa jenis ikan segar. Di sekitar pantai banyak terdapat rumah makan seafood. Tips bagi Anda yang ingin mengunjungi rumah makan yang ada di sekitar Pantai Tambakrejo adalah bertanyalah dahulu sebelum memesan, karena rumah makan di tepi pantai kerap kali memberikan harga yang cukup tinggi bagi pengunjungnya.

8. Rafting Soko

Rafting Soko

Wisata berikutnya sangat cocok bagi Anda penggemar olahraga ekstrem atau Anda yang sekedar ingin merasakan serunya olahraga arung jeram. Rafting Soko ini berada di Desa Tegal Asri, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Sungai yang menjadi lintasan arung jeram ini bernama Sungai Lekso dan Sungai Tiko, jadi orang-orang banyak yang menyebutnya sebagai Sungai Soko. Anda akan mengarungi lintasan arung jeram sepanjang 9 Km dengan kesulitan grade 2 atau 3. Jadi, Rafting Soko ini sangat worth bagi Anda yang masih pemula.

9. Pemandian Sumber Udel

Pemandian Sumber Udel

Nah, tempat wisata yang terakhir ini bisa dibilang sebagai waterboom-nya Blitar. Ada 2 jenis kolam renang, yakni untuk anak-anak dan orang dewasa. Pemandian ini biasanya akan sangat ramai pada saat akhir pekan. Mayoritas pengunjung dari Pemandian Sumber Udel ini adalah para keluarga.

Meskipun fasilitas dan wahana yang disediakan masih kalah dengan Atlantis Water Adventure di Jakarta atau Ciputra Waterpark Surabaya, Pemandian Sumber Udel ini sudah menawarkan fasilitas yang standar dan cukup baik.

10. Pantai Serang

Pantai Serang

Tak ada yang menyangka bahwa pantai yang satu ini berada Blitar. Hal ini dikarenakan Pantai Serang memiliki tampilan yang indah dan bersih, seperti pantai-pantai yang ada di Bali. Di pantai ini terdapat 3 kawasan yang bisa Anda kunjungi.

Wilayah pertama memiliki pasir putih yang cukup luas, wilayah kedua di sisi barat pantai utama dengan hamparan pasir putih yang tidak kalah mempesona, dan wilayah ketiga terdiri dari hamparan pasir putih yang luasnya dua kali lipat dari kedua pantai sebelumnya.

Overall, salah satu pantai terindah di jawa Timur ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi pariwisata bersama teman atau keluarga. Untuk mencapai Pantai Serang, Anda harus menempuh perjalanan darat sejauh 45 Km dari jantung kota Blitar.

Tempat Wisata di Blitar Lainnya

Masih ingin jalan-jalan di Blitar? Tenang saja, masih banyak tempat wisata lainnya yang layak untuk Anda kunjungi. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya:

11. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro

* sumber: www.pegipegi.com

Pantai Jolosutro adalah tempat wisata di Blitar yang lebih cocok untuk penikmat olahraga surfing. Ombak ala pantai selatan di Jolosutro ini terkenal ganas, sehingga dapat menguji adrenalin para peselancar, tapi tidak cocok untuk berenang.

Akan tetapi, pantai yang belum terlalu ramai dikunjungi ini bisa Anda datangi untuk sekedar bersantai sambil menikmati suara deburan ombak. Secara keseluruhan, Pantai Jolosutro menawarkan pasir pantai yang tidak terlalu putih tapi sangat bersih. Jadi, kalau sekedar ingin piknik di tepi pantai tanpa berenang di lautnya, Anda bisa singgah ke Pantai Jolosutro.

12. Goa Embultuk

Goa Embultuk

* sumber: www.tripjalanjalan.com

Tempat wisata dI Blitar bukan cuma pantai saja, lho. Goa Embultuk adalah tempat wisata goa yang sangat indah di Blitar. Stalagmit yang terdapat di goa ini membuatnya terlihat sangat cantik. Apalagi wisatawan yang datang juga bisa berenang menyusuri sungai di bawah goa ini.

Goa Embultuk ini memiliki sebuah kubah yang menyerupai sebuah aula. Konon, kubah tersebut bisa menampung ribuan orang banyaknya. Selain itu, Goa Embultuk sendiri juga dulunya merupakan tempat persembunyian anggota gerakan terlarang di Indonesia, yaitu Partai Komunis Indonesia (PKI).

13. Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan

* sumber: petatempatwisata.com

Sebuah komplek candi yang satu ini memang tidak terlalu besar. Akan tetapi, suasana asri di sekitar candi ini membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung kemari. Adalah Candi Gambar Wetan yang lokasinya berada di Desa Gambar, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Suasana sejuk yang ditawarkan oleh komplek candi ini dikarenakan lokasinya yang berada dekat dengan perkebunan kopi Gambar. Setelah puas melihat-lihat candi dan bersantai di sekitar kompleknya, Anda juga bisa melihat sungai lahar dari Kawah Kelud dari bagian bawah Candi Gambar Wetan ini.

14. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit

* sumber: koswisata.blogspot.com

“Gondo” artinya bau, sedangkan “mayit” artinya mayat atau jenazah. Jadi, kalau diterjemahkan arti dari nama Pantai Gondo Mayit ini adalah pantai bau mayat. Tapi percayalah bahwa tempat wisata ini tidak seseram namanya kok. Bahkan, Pantai Gondo Mayit ini salah satu pantai terindah yang ada di Blitar.

Pantai ini terbilang masih “perawan” karena belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat sebagai tempat wisata. Keindahan pasir putih pantai ini sangat mengundang kita untuk datang dan bersantai di sana. Namun, kalau Anda ingin berkunjung kemari sebaiknya membawa bekal sendiri karena belum terlalu banyak warung yang buka di sekitar pantai ini.

15. Coban Wilis

Coban Wilis

* sumber: wisatajawatimur.xyz

Air Terjun Coban Wilis mungkin tidak terlalu tinggi, tapi air yang turun sangat jernih dan segar, sehingga sungai di bawahnya nampak bening. Mengingat air terjunnya tidak tinggi dan sungai di bawahnya cukup tenang, maka banyak sekali wisatawan yang berenang di sungai yang berada di bawah air terjun ini.

Sayangnya, untuk sampai di Coban Wilis butuh perjuangan ekstra karena Anda harus melalui jalan setapak selama 2 jam. Kalau Anda memiliki jiwa petualang atau suka hiking, maka perjalanan menuju ke Coban Wilis ini bukan masalah berarti bagi Anda.

Dengan rangkuman daftar tempat wisata di Blitar ini, Anda jadi mengetahui bahwa objek wisata menarik yang ada di Blitar bukan hanya Makam Bung Karno saja, kan? Tempat-tempat wisata yang ada di Blitar ini cukup worth untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga, lho.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar