Mari Eksplor 10 Tempat Wisata di Boyolali yang Menarik Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Boyolali adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berada di sebelah barat Surakarta. Jarak antara Boyolali ke Surakarta hanya sekitar 25 KM yang artinya bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam. Jadi, setelah Anda mengunjungi semua tempat wisata yang ada di Solo, tak ada salahnya jika Anda juga mengeksplor tempat wisata di Boyolali.

Butuh rekomendasi mengenai tempat wisata menarik yang harus Anda kunjungi saat berada di Boyolali? Tenang saja, Keluyuran akan memberikan daftar tempat wisata Boyolali yang sangat menarik untuk disinggahi. Yuk, cari tahu daftar dan ulasan selengkapnya di sini!

1. Gunung Merbabu

Merbabu

Secara administratif, lereng sebelah barat Gunung Merbabu masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali. Oleh karena itu, kami akan merekomendasikan gunung ini sebagai tempat wisata di Boyolali yang pertama. Untuk mendaki gunung dari Boyolali, Anda bisa melewati Jalur Selo.

Anda tak akan menyesal jika sudah trekking melalui Jalur Selo. Pasalnya, menurut pengakuan para pendaki yang sudah menjelajahi gunung ini, pemandangan dari Jalur Selo adalah yang paling indah. Anda akan melewati sebuah padang sabana luas yang ditumbuhi dengan bunga edelweis.

2. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang Tempat Wisata Di Boyolali

Nah, yang satu ini adalah objek wisata di Boyolali yang sangat terkenal. Ketika Anda bertanya pada masyarakat sekitar tentang objek wisata yang paling favorit di Boyolali, maka sebagian besar akan menjawab Air Terjun Kedung Kayang.

Air terjun ini berada di antara dua gunung, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Satu hal yang spesial dari Air Terjun Kedung Kayang ini adalah suasananya yang masih sangat asri. Belum lagi airnya juga sangat jernih dan segar. Jarak antara air terjun ini dengan pusat Kabupaten Boyolali hanya 30 KM saja.

3. Taman Air Tlatar

Taman Air Tlatar

Bingung mengajak anak-anak berwisata? Mungkin Taman Air Tlatar ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat wisata yang satu ini adalah tempat yang cocok untuk berwisata dengan keluarga. Pasalnya, di tempat ini ada berbagai fasilitas yang sangat menarik, mulai dari kolam pemancingan, kolam renang, taman wisata air, rumah makan lesehan, sampai dengan lapangan woodball.

Setiap anggota keluarga bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh Taman Air Tlatar. Bila Anda berkunjung pada saat bulan puasa, biasanya di tempat ini akan digelar panggung hiburan. Lokasi Taman Air Tlatar ada di Desa Kebonbimo, Boyolali.

4. Kampung Air Kragilan

Kampung Air Kragilan

Ini adalah desa wisata yang menawarkan pemandangan asri dan cocok bagi Anda yang ingin refreshing saat berwisata. Adalah Kampung Air Kragilan yang berlokasi di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan, Kec. Mojosongo, Boyolali. Tempat wisata di Boyolali yang satu ini menawarkan pemandangan kolam dengan air berwarna hijau dan pepohonan yang rimbun.

Anda bisa menghirup udara segar di Kampung Air Kragilan ini. Ditambah lagi pemandangan hijau di sekitar tempat wisata ini bisa menyejukkan mata. Fasilitas yang tersedia di Kampung Air Kragilan ini antara lain adalah waterboom, live music, dan juga kantin.

5. Waduk Bade

Waduk Bade

Punya hobi memancing? Jika ya, cobalah untuk mengunjungi Waduk Bade yang berada di Desa Bade, Kec. Klego, Boyolali. Banyak yang mengatakan bawah waduk ini adalah surganya ikan air tawar. Di sini, Anda dapat menangkan ikan nila, mas, tombro, tawes, dan masih banyak jenis yang lainnya.

Jika tidak ingin repot memancing, Anda bisa langsung memesan hidangan di restoran lesehan yang ada di sekitar Waduk Bade ini. Dari waduk ini pula Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan. Waduk Bade juga merupakan spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam.

6. New Selo

New Selo

Tidak suka mendaki gunung? Anda tidak perlu mendaki Gunung Merbabu. Cukup datangi saja New Selo, yang merupakan salah satu titik awal pendakian ke Gunung Merapi. Nikmati pemandangan dari ketinggian melalui New Selo ini. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini sudah cukup lengkap, mulai dari gardu pandang, joglo, warung makan, dan MCK.

Akses menuju ke New Selo ini sudah diaspal, tapi jalannya tergolong cukup terjal. Anda dapat menuju ke New Selo ini dengan berjalan kaki atau naik kendaraan dengan bak terbuka (mobil pick up). Menikmati pemandangan dan suasana pegunungan tidak perlu harus mendaki gunung, bukan?

7. Candi Lawang

Candi Lawang

Bukan hanya di Yogyakarta dan Magelang saja Anda bisa menemukan peninggalan bersejarah seperti candi. Di Boyolali, Anda pun dapat menemukan Candi Lawang. Candi peninggalan Hindu ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9. Tidak ada relief di sekitar candi, yang ada hanya batu berornamen dan batu yang tersebar di sekitar candi.

Dilihat dari batu-batu yang masih berserakan ini, nampaknya Candi Lawang memang belum selesai dibangun. Komplek Candi Lawang berada di Dusun Dangean, Kelurahan Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali. Candi ini berada di dekat pemukiman penduduk.

8. Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging

Mau mencoba sensasi mandi di kolam pemandian yang dulu digunakan oleh keluarga Kraton Kasunanan Solo? Yuk, datang ke Pemandian Umum Pengging, di mana tempat wisata di Boyolali ini sekarang sudah dibuka untuk umum.

Jika pemandian lainnya mengusung konsep nuansa alam, Anda tidak akan menemukan hal ini di Pemandian Umbul Pengging. Pasalnya, pemandian ini dikelilingi oleh bangunan khas keraton. Hal ini sangat wajar mengingat Pemandian Umbul Pengging memang merupakan tempat mandi bagi keluarga Kasunanan Solo. Air yang jernih, bersih, dan segar bisa Anda rasakan ketika berendam dan berenang di tempat ini.

9. Candi Sari

Candi Sari

Selain Candi Lawang, ternyata ada Candi Sari yang merupakan situs peninggalan yang bersejarah. Candi yang terletak di Desa Gedangan ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari Candi Lawang. Namun, jika Anda melihat perbedaan dari kedua candi ini, sebenarnya lokasi Candi Sara nampak lebih luas.

Candi Hindu ini masih dikramatkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Komplek Candi Sari. Pasalnya, bukit tempat candi ini berada dipercaya sebagai sumber mata air yang penting untuk kelangsungan hidup masyarakat setempat.

10. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik

Objek wisata favorit di Boyolali yang satu ini sangat wajib Anda kunjungi. Panorama di sekitar Waduk Cengklik memang sangat mempesona. Pemandangan gunung dari waduk ini dan suasana yang cukup tenang adalah daya tarik dari tempat wisata ini.

Di waduk ini pengunjung dapat memancing atau menikmati hidangan di warung-warung makan yang ada di tepi waduk. Waduk Cengklik juga dekat dengan hutan wisata dan bumi perkemahan.

Tertarik untuk datang ke tempat wisata di Boyolali ini? Tunggu apalagi, segera ajak teman atau keluarga Anda untuk berlibur di Boyolali. Ketika Anda memutuskan untuk berlibur di Solo atau Yogyakarta, maka Anda bisa sekaligus mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di Kabupaten Boyolali.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *