10 Wisata Alam di Boyolali yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang masuk ke dalam wilayah Solo Raya. Kabupaten Boyolali berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, Kota Surakarta, Kabuparen Sleman, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Magelang.

Boyolali berada di antara dua kaki gunung, yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kabupaten ini ramai dikunjungi oleh pendaki yang akan mendaki kedua gunung tersebut. Selain Gunung Merapi dan Merbabu, Boyolali juga memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Berikut ini ulasan 10 destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke Boyolali.

1. Bukit Gancik Selo

Bukit Gancik Selo

* sumber: wisatabaru.com

Bukit Gancik Selo merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk refreshing di Kabupaten Boyolali. Bukit Gancik Selo memiliki ketinggian 1.850 meter di atas permukaan laut, jadi memiliki suhu yang dingin dan udara yang sejuk. Bukit Gancik Selo dilengkapi dengan gardu pandang dimana kamu bisa melihat pemandangan bukit dan pedesaan dari ketinggian.

Pemandangan dari Bukit Gancik Selo, kamu bisa melihat gagahnya Gunung Merapi dari kejauhan. Bukit Gancik Selo terletak di Desa Selo, dan lokasinya tak jauh dari Basecamp Gunung Merbabu jalur Selo. Dari pusat kota Boyolali, berjarak sekitar 36 km dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan.

  • Alamat : Selo Nduwur, Desa Selo, Selo, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

2. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik

* sumber: www.inibaru.id

Waduk atau disebut juga dengan bendungan merupakan danau buatan yang dibuat sebagai tempat penampungan air yang membendung aliran air sungai. Tak jarang waduk menjadi salah satu destinasi wisata favorit, seperti halnya di Kabupaten Boyolali.

Boyolali memiliki beberapa waduk, salah satunya Waduk Cengklik. Pemandangan dari Waduk Cengklik sangat memesona karena dari jauh terlihat gagahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang tampak berdampingan. Waktu terbaik untuk mengunjungi waduk ini adalah pada sore hari menjelang waktu matahari terbenam.

  • Alamat : Gunungparan, Ngargorejo, Ngemplak, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 05.30 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp4.000

3. Taman Irung Petruk

Taman Irung Petruk

Wisata di Boyolali begitu terkenal karena adanya Desa Selo yang dikenal dengan keindahannya. Jalur menuju Desa Selo, kamu akan melewati tikungan Irung Petruk yang dikenal karena tikungan yang tajam dengan pemandangan memesona. Disebut Irung Petruk karena di tikungan ini terdapat patung Petruk yang merupakan tokoh pewayangan Jawa.

Bentuk hidung tokoh Petruk mancung dan lancip, mirip seperti bentuk tikungan Irung Petruk. Di sini kamu bisa melihat pemandangan Kabupaten Boyolali dari ketinggian. Ada jug ataman yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Boyolali.

  • Alamat : Jl. Magelang – Boyolali, Dusun II, Genting, Cepogo, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Kedung Goro

Kedung Goro

* sumber: merahputih.com

Jika kamu suka bermain air, bisa datang ke Kedung Goro yang terletak di Desa Bolo, Kecamatan Wonosegoro. Dari pusat kota Boyolali, kamu bisa menempuh waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Kedung Goro bisa dibilang sebagai tempat wisata yang tersembunyi karena akses menuju ke sini cukup sulit.

Perjalanan ke Kedung Goro, kamu perlu menyusuri jalan setapak, melewati susunan tebing batu, serta melewati aliran sungai yang jernih. Pemandangan sepanjang perjalanan menuju Kedung Goro sangat memanjakan mata dengan suasana yang masih sangat asri. Setibanya di Kedung Goro, kamu bisa berenang dan melompat dari atas tebing batu.

  • Alamat : Jl. Raya Wonosegoro, Bolo, Wonosegoro, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

5. Bukit Kinasih

Bukit Kinasih

* sumber: ngadem.com

Selain Bukit Gancik, di Boyolali juga ada Bukit Kinasih yang terletak di New Selo. New Selo merupakan kecamatan di Kabupaten Boyolali yang letaknya di lereng Gunung Merbabu, dan dijadikan sebagai basecamp oleh pendaki yang akan mendaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Seperti halnya Bukit Gancik, Bukit Kinasih juga dilengkapi dengan gardu pandang dimana kamu bisa melihat pemandangan Kabupaten Boyolali dari ketinggian. Dengan sejuknya udara di New Selo, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari Bukit Kinasih.

  • Alamat : Dusun I, Senden, Selo, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.000
  • Kontak : 0831-4838-1149

6. Taman Wisata Sedayu Indah

Taman Wisata Sedayu Indah

Boyolali memiliki destinasi menarik dimana wisata alam dan religi bisa kamu lakukan di sini. Taman Wisata Sedayu Indah namanya, atau dikenal juga dengan nama Sendang Sedayu. Sendang merupakan kolam alami dari pegunungan yang biasa dipakai untuk mandi, hingga mencuci baju.

Sendang Sedayu merupakan salah satu peninggalan Keraton Surakarta yang sudah ada sejak zaman penjajahan dan sering digunakan sebagai tempat meditasi. Sendang Sedayu pernah dijadikan sebagai tempat peristirahatan pembuat keris yang terkenal, yaitu Mpu Supo. Sendang Sedayu kini menjadi salah satu obyek wisata menarik di Boyolali.

  • Alamat : Kalangan, Klego, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

7. Tretes Taman Tani

Tretes Taman Tani

Tretes Taman Tani atau dikenal juga dengan istilah Triple-T merupakan salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan panorama alam sangat cantik. Tretes Taman Tani masih terbilang baru diresmikan sebagai tempat wisata, meski begitu tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi untuk wisata keluarga.

Tretes Taman Tani memiliki taman bunga yang indah dengan pemandangan gagahnya Gunung Merapi, serta terlihat Desa Selo dari kejauhan. Tretes Taman Tani merupakan hasil usaha gotong royong masyarakat setempat untuk menikmati pesona Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

  • Alamat : Desa Gebyog, Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0857-4314-0338

8. New Selo

New Selo

Selo merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Boyolali. Kecamatan ini mengalami kerusakan yang sangat parah akibat erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Kini, kondisi Selo sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, hingga dibuatlah tempat bernama New Selo yang menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kabupaten Boyolali.

New Selo tak hanya memiliki Bukit Kinasih yang sudah dibahas di poin ke-5 saja. Di sini, pengunjung bisa menikmati personal Gunung Merapi dan Merbabu yang sangat indah. Terdapat Oemah Bamboo yang menjadi tempat dimana kamu bisa menikmati pesona Kabupaten Boyolali. New Selo juga menjadi tempat persinggahan bagi pendaki gunung.

  • Alamat : Dusun III, Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Gunung Merapi

Gunung Merapi

* sumber: foto.inilah.com

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten. Gunung Merapi dijadikan sebagai taman nasional sejak tahun 2004. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.968 meter di atas permukaan laut.

Gunung Merapi semula memiliki tiga jalur pendakian, diantaranya Babadan, Selo, dan Kineharjo. Namun akibat letusan Gunung Merapi pada tahun 2010, jalur Babadan dan Kineharjo tidak bisa digunakan lagi, kini pendaki hanya bisa melewati jalur Selo di Kabupaten Boyolali. Pendakian Gunung Merapi dari basecamp sampai puncak memakan waktu 4 – 6 jam.

  • Alamat : Suroteleng, Selo, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000
  • Kontak : 0813-2769-1368

10. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

* sumber: www.nativeindonesia.com

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung api tipe strato di Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Gunung Merbabu masuk ke dalam wilayah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga. Gunung Merbabu memiliki lima jalur pendakian, salah satunya jalur Selo.

Pendakian Gunung Merbabu paling umum dilakukan melewati jalur Selo yang dikenal ramah bagi pemula. Terdapat 5 pos pendakian, serta 2 puncak, yaitu Puncak Syarif dan Puncak Kenteng Songo yang menjadi puncak tertinggi dari Gunung Merbabu. Sepanjang pendakian Gunung Merbabu sampai puncak, pendaki akan disuguhkan pemandangan Gunung Merapi yang gagah.

  • Alamat : Suroteleng, Selo, Kabupaten Boyolali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp15.000
  • Kontak : 0812-7824-7737

Sekian ulasan tentang 10 destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke Boyolali. Selain mendaki gunung, kamu pun bisa bermain air di sumber air alami dan menikmati pemandangan Boyolali dari ketinggian. Menarik sekali bukan? Yuk, liburan ke Boyolali!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *