10 Tempat Wisata di Italia yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Italia adalah sebuah negara Eropa yang terkenal akan karya seni dan makanannya. Negara yang jago sepak bola ini juga sangat populer di dunia karena memiliki banyak tempat indah yang menarik untuk dikunjungi.

Italia tidak hanya menawarkan wisata seni yang sangat memukau, tetapi juga wisata alam yang tidak kalah menakjubkan. Sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Laut Mediterania yang megah, Italia juga dianugerahi pantai-pantai yang memanjakan mata. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Italia yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke sana.

1. Koloseum

Koloseum

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Ini adalah salah satu objek wisata di Italia yang sudah sangat populer di seluruh dunia, sehingga harus Anda kunjungi ketika sedang berlibur ke negeri Pizza tersebut. Koloseum sendiri adalah sebuah ampiteater atau gelanggang terbuka yang dibangun oleh Kekaisaran Romawi, tepatnya pada masa pemerintahan Vespasian pada tahun 72 M.

Bangunan bersejarah tersebut dulunya berfungsi sebagai tempat untuk tontonan dan pertunjukan publik (umumnya sebagai arena gladiator), yang disebutkan mampu menampung puluhan ribu orang. Di bawah lantai Koloseum yang terbuat dari kayu terdapat terowongan, kamar, sel, dan lorong untuk gladiator, pekerja, binatang liar, dan penyimpanan.

  • Alamat: Piazza del Colosseo, 1, 00184 Roma RM, Italia
  • Jam buka: Setiap hari (08:30-19:00)
  • Nomor telepon: +39 06 3996 7700

2. Kota Venesia

Kota Venesia

* sumber: pixabay.com

Venesia adalah sebuah kota di timur laut Italia yang juga menjadi salah satu destinasi liburan utama para pelancong dari seluruh dunia. Atraksi utama yang ditawarkan oleh kota kepulauan ini adalah kanal-kanalnya yang berfungsi sebagai jalanan utama kota yang dihubungkan oleh labirin lorong-lorong sempit.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati banyak bangunan tua dan bersejarah yang indah. Grand Canal adalah kanal yang paling terkenal dan salah satu situs yang paling banyak difoto di Venesia. Cara terbaik untuk menyaksikan banyak istana megah di Venesia, yang bagian depannya menghadap ke air, adalah dengan menyusuri sepanjang Grand Canal dengan bus air Vaporetto.

  • Alamat (Balai Kota Venesia): Ca’ Farsetti, San Marco 4136 – Venesia – Italia
  • Jam buka: Setiap hari (setiap tempat wisata di Venesia memiliki jam operasional yang berbeda)
  • Nomor telepon: (+39) 041-2748111

3. Kota Pompeii

Kota Pompeii

* sumber: pixabay.com

Objek wisata yang satu ini menampilkan reruntuhan sebuah kota tua yang hancur akibat letusan Gunung Vesuvius pada tahun 79 Masehi. Akan tetapi, letusan dahsyat tersebut meninggalkan banyak harta karun dalam bentuk kesenian, seperti lukisan dinding dan mosaik yang terbungkus dalam lava yang sudah mendingin.

Penggalian yang dilakukan dalam kurun waktu beberapa abad telah mengungkapkan sisa-sisa rumah, pasar, pemandian, kuil, teater, jalanan, dan sisa-sisa manusia. Pengunjung dapat mengunjungi situs tersebut, berjalan di sepanjang jalan-jalan tua yang diliputi jejak-jejak kereta, dan melihat teknologi yang digunakan oleh orang Romawi lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

  • Alamat (area arkeologis): Porta Marina Superiore (Via Villa dei Misteri) | Piazza Immacolata, Piazza Porta Marina inf., 80045 Pompeii, Italia
  • Jam buka: Senin-Jum’at (09:00-19:30), Sabtu, Minggu (08:30-19:30)
  • Nomor telepon: +39 081 857 5347

4. Menara Pisa

Menara Pisa

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/houseofhall/

Pisa adalah sebuah kota yang terletak di Italia bagian tengah yang menyuguhkan sejumlah atraksi wisata, di mana salah satu yang paling terkenal adalah Menara Pisa. Bangunan tersebut populer di seluruh dunia bukan karena keindahannya, melainkan karena kecacatannya. Ya, menara tersebut berdiri miring alias tidak tegak lurus seperti bangunan tinggi pada umumnya!

Menara Miring Pisa yang pembangunannya kira-kira dimulai pada tahun 1100-an ini berdiri di Piazza dei Miracoli, sebuah lokasi yang berbagi dengan Katedral Romawi Santa Maria Assunta  yang indah. Hingga saat ini pengunjung masih dapat menaiki tangga menara untuk menikmati pemandangan kota yang menakjubkan.

  • Alamat: Piazza del Duomo, 56126 Pisa PI, Italia
  • Jam buka: Selasa-Minggu (10:00-18:00)
  • Nomor telepon: +39 050 835011

5. Danau Como

Danau Como

* sumber: pixabay.com

Italia tidak hanya tentang bangunan bersejarah dan keseniannya saja, tetapi juga tentang alamnya yang sangat indah. Salah satu objek wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan di Italia adalah Danau Como dikelilingi oleh pegunungan dan dibatasi oleh kota-kota kecil yang indah.

Danau yang kecantikannya telah terkenal sejak zaman Romawi ini memiliki banyak vila dan istana mewah di sepanjang pantainya yang berhutan. Selain itu, banyak di antaranya juga yang dikelilingi oleh taman yang terbuka untuk umum. Selain indah, kawasan Danau Como juga memiliki iklim yang ringan, dengan karakteristik yang mirip dengan Mediterania.

  • Alamat: Lombardy, Italia
  • Jam buka:
  • Nomor telepon:

6. Pantai Amalfi

Pantai Amalfi

* sumber: pixabay.com

Italia juga mempunyai wisata pantai sangat populer yang menarik untuk dikunjungi. Adalah Pantai Amalfi, bentangan garis pantai yang menakjubkan di sepanjang Semenanjung Sorrentine, selatan Napoli dan Sorrento, yang telah diakui sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO!

Di sana Anda bisa menikmati keindahan pantai sekaligus kota-kota di tepi bukit yang dibangun tidak stabil di sepanjang lereng gunung yang curam dan menurun ke laut. Kota-kota utama di kawasan ini adalah Positano dan Amalfi, dengan katedralnya yang berwarna-warni. Anda dapat menjelajahi pantai yang keren tersebut melalui jalan darat atau jalur laut dengan perahu.

  • Alamat: 84011 Amalfi, Provinsi Salerno, Italia
  • Jam buka:
  • Nomor telepon:

7. Duomo Santa Maria del Fiore

Duomo Santa Maria del Fiore

* sumber: commons.wikimedia.org

Duomo Santa Maria del Fiore atau Katedral Santa Maria del Fiore yang terletak di kota Firenze (Florence dalam bahasa Inggris) adalah objek wisata Italia lainnya yang terkenal di kalangan turis internasional. Bangunannya yang megah dan tinggi terlihat sangat mendominasi cakrawala kota yang indah tersebut.

Bagian yang paling terkenal dari katedral yang dibangun di antara abad ke-13 dan ke-15 ini adalah kubah yang besar. Katedral Santa Maria del Fiore juga memiliki campanile atau menara lonceng katedral yang berdiri dekat di sampingnya. Bangunan setinggi 82 meter itu dapat didaki oleh pengunjung yang ingin menikmati pemandangan kota yang fantastis dari platform tontonannya.

  • Alamat: Piazza del Duomo, 50122 Firenze FI, Italia
  • Jam buka: Senin, Selasa, Rabu dan Jumat (10:00-17:00), Kamis (10:00-15:30, tergantung pada bulan), Sabtu (10:00-16:45), Minggu dan hari libur nasional: (13:30-16:45)
  • Nomor telepon: +39 055 230 2885

8. Cinque Terre

10 Tempat Wisata di Italia yang Menarik untuk Dikunjungi 1

* sumber: pixabay.com

Cinque Terre adalah objek wisata bernuansa alam lainnya yang populer untuk dikunjungi. Tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat memanjakan mata, mulai dari pantai yang indah dengan bukit-bukit dan tebing terjal yang menghadap ke Laut Mediterania yang megah hingga bangunan-bangunan dengan cat warna-warni.

Kawasan wisata ini terdiri dari beberapa desa yang cantik yang dapat dicapai dengan beberapa cara, seperti berjalan kaki di jalur yang disediakan atau menggunakan moda transportasi setempat. Jika Anda ingin menikmati pemandangan yang spektakuler di Cinque Terre, maka menjelajah antar desa dengan berjalan kaki sangat direkomendasikan.

  • Alamat: Lombardy, Italia
  • Jam buka:
  • Nomor telepon:

9. Pulau Capri

Pulau Capri

* sumber: pixabay.com

Capri adalah sebuah pulau berbatu yang curam dengan tebing-tebing terjal yang diselimuti oleh hutan pinus yang hijau dan berbagai tanaman lainnya. Di antara banyaknya spot wisata yang populer di Pulau Capri, satu yang paling terkenal dan banyak dikunjungi turis adalah Blue Grotto.

Blue Grotto hanyalah salah satu gua laut yang ada di pantai Pulau Capri. Apa yang membuatnya spesial adalah pantulan biru air laut yang menerangi bagian dalam gua. Hal itu terjadi karena sinar matahari masuk melalui rongga-rongga gua yang terbuka. Beberapa vila dan taman terbuka untuk turis, serta jalan setapak yang sangat menarik untuk dijelajahi.

  • Alamat: Provinsi Napoli, Italia
  • Jam buka:
  • Nomor telepon:

10. Pantheon

Pantheon Italia

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/pocheco/

Pantheon adalah sebuah bangunan bersejarah peninggalan bangsa Romawi yang masih terawat dengan baik. Tempat ini dibangun dengan gaya arsitektur khas Romawi yang indah, membuatnya layak untuk dikunjungi ketika Anda sedang liburan ke Italia.

Salah satu hal unik dari Pantheon adalah proporsi bangunannya yang tepat, dengan tinggi yang sama dengan diameternya, dan seberkas cahaya yang menembus ruangan dari atas kubah, memberikan karakter yang unik pada ruangan. Di dalam bangunan ini terdapat makam raja-raja Italia dan orang-orang terkenal lainnya.

  • Alamat: Piazza della Rotonda, 00186 Roma RM, Italia
  • Jam buka: Senin-Sabtu (08:30-19:15), Minggu (09:00-17:45)
  • Nomor telepon:

Nah, itulah beberapa tempat wisata terkenal dan populer di Italia yang mesti Anda kunjungi saat sedang liburan ke sana. Jadi, tempat mana dulu yang pertama kali ingin Anda kunjungi di Italia?

Nah, selain tempat wisata di Italia, kami juga pernah membahas seputar tempat wisata yang menarik di Brazil. Untuk mengetahuinya, Anda bisa cek rekomendasinya di artikel 10 Tempat Wisata di Brazil ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *