9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika mendengar kata Papua, apa yang ada di pikiranmu? Pulau yang berada di ujung timur Republik Indonesia ini terbagi menjadi dua provinsi, Papua dan Papua Barat. Keduanya menyimpan banyak kekayaan alam yang masih alami, bahkan belum banyak dikenal orang. Selain Raja Ampat di Sorong, Papua Barat, ada pula Jayapura yang merupakan Ibukota Provinsi Papua.

Kota Jayapura dapat dikatakan sebagai kota paling maju di Papua. Di sini terdapat Mall dan coffee shop yang biasa digunakan anak muda untuk nongkrong. Meski begitu, Jayapura tetap memiliki objek wisata yang recommended. Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan 10 tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Jayapura. Apa saja sih?

1. Danau Sentani

9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling 1

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?reload=9&v=BcI4E_bvfDo

Danau ini pasti sudah tidak asing didengar, karena termasuk danau yang indah di Indonesia. Danau Sentani memiliki luas 104km, melingkupi 24 desa dengan berbagai kesenian serta budaya yang menarik. Kesenian budaya di Danau Sentani dikenal semenjak diselenggarakan event tahunan Festival Danau Sentani yang diadakan setiap pertengahan bulan Juni.

Sesuai dengan namanya, Danau Sentani berada di Sentani, Ibukota Kabupaten Jayapura dan berada di kawasan Pegunungan Cagar Alam Cyclops. Dari Kota Jayapura kamu perlu menempuh kurang lebih 26 km atau sekitar 50 menit menggunakan kendaraan untuk menuju ke Sentani. Jika melalui jalur udara, kamu hanya butuh 15 menit dari Bandar Udara Sentani.

  • Alamat : Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

2. Bukit Teletubbies

9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling 2

* sumber: valenthuba.blogspot.com

Papua dengan alamnya yang masih asri, terdapat banyak bukit-bukit yang cantik. Salah satunya Bukit Teletubbies yang berada di Waibu, Jayapura. Bukit ini masih masuk ke dalam kawasan Danau Sentani, Pengunungan Cagar Alam Cyclops, dan Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora. Kamu membutuhkan waktu 15 menit dari Bandara Sentani untuk sampai di bukit cantik ini.

Apabila datang pada musim kemarau, daun-daun di bukit ini berwarna kuning kecokelatan, dan jika datang pada musim hujan daun di bukit berwarna hijau menyejukkan. Disarankan untuk berkunjung pada pagi hari. Karena selain cuaca belum mulai panas, cahaya matahari akan mempercantik foto-fotomu!

  • Alamat : Doyo Lama, Waibu, Jayapura, Papua
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

3. Teluk Youtefa

9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling 3

* sumber: wisatamy.blogspot.com

Berada di ujung timur Indonesia, Kota Jayapura memiliki teluk dengan pesona alam yang indah, alami, dan belum terjamah manusia. Yaitu, Teluk Youtefa. Teluk ini berada di wilayah garis pantai Kota Jayapura. Di sini, kamu dapat melihat perpaduan gunung, pantai, hutan mangrove, serta wisata budaya.

Teluk Youtefa cukup mudah dicapai. Dari Kota Jayapura, kamu hanya perlu menempuh jarak 4 kilometer melalui ruas Jayapura – Entrop. Selain rute tersebut, bisa melalui ruas Jayapura – Abepura dengan jarak 13km, dan waktu tempuh sekitar 25 menit. Lebih jauh memang, namun kamu bisa singgah di beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

  • Alamat : Enggros, Wai Mhorock, Abepura, Kota Jayapura, Papua
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

4. Pantai Holtekamp

9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling 4

* sumber: catatanruslan.com

Suka bermain di pantai? Pantai Holtekamp perlu dijadikan sebagai salah satu destinasi jika kamu berkunjung ke Jayapura. Pantai dengan pasir putih keabuan dan dihiasi pohon kelapa ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Di sini sudah terdapat banyak penjual makanan dan minuman yang bisa dinikmati sembari bersantai di pinggir pantai.

Jarak yang cukup jauh dari Kota Jayapura, kamu memerlukan waktu 1.5 jam untuk sampai di Pantai Holtekamp. Di sini terdapat laguna atau muara di seberang pantai, dan jembatan Holtekamp yang merupakan landmark Jayapura.

  • Alamat : Kampung Holtekamp, Holtekam, Muara Tami, Jayapura, Papua
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 18.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp 20.000/mobil

5. Danau Imfote

9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling 5

* sumber: rentalmobilsentani.blogspot.com

Sudah tahu, di Papua terdapat danau berbentuk love? Danau tersebut merupakan Danau Imfote. Untuk melihat keindahannya dengan bentuk yang unik, kamu perlu naik ke atas bukit yang mengelilingi Danau Imfote. Dari sana, telaga berbentuk love dikelilingi perbukitan hijau yang cantik akan sangat terlihat jelas.

Jika ingin berkunjung ke sini, ada dua jalur yang bisa ditempuh; jalur darat dan air. Melalui jalur darat dari kota Jayapura, ditempuh sejauh 36km dengan waktu 1 jam 15 menit. Melewati Kecamatan Genyem, Kabupaten Jayapura. Rute air bisa ditempuh menggunakan perahu dari Pelabuhan Yahim di belakang Bandara Sentani, ke Pelabuhan Kawi.

  • Alamat : Atabar, Ebungfau, Kabupaten Jayapura, Papua
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

6. Pantai Pasir 6 Angkasa

9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling 6

* sumber: www.pantainesia.com

Bagi pecinta pantai berpasir putih, kamu perlu berkunjung ke Pantai Pasir 6 di Jayapura Utara. Birunya air laut dengan pasir putih dan pemandangan bukit di sekitar pantai, sungguh indah dipandang. Karang di pantai ini cukup tajam, kamu perlu berhati-hati apabila hendak berenang di pantai. Tentu, harus hati-hati dengan ombak yang terkadang besar.

Pantai Pasir 6 Angkasa bisa kamu tempuh dari pusat Kota Jayapura dengan jarak 20km dan waktu tempuh 44 menit menggunakan kendaraan. Jalan yang dilalui cukup bagus, namun setelah mendekati area pantai kondisi jalan merupakan tanah merah dan bebatuan. Lelahnya di perjalanan, akan digantikan dengan indahnya Pantai Pasir 6.

  • Alamat : Jalan Angkasa Raya, Tanjung Ria, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp 10.000/motor

7. Kali Biru Genyem

9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling 7

* sumber: kang-dana.blogspot.com

Sudah tahu Kali Biru di Jogja? Ternyata, Jayapura juga memiliki kali dengan air berwarna kebiruan. Namanya, Kali Biru Genyem. Di sini kamu akan disuguhkan air sungai jernih yang mengalir deras berwarna biru. Tidak hanya pemandangan alamnya yang indah, namun masyarakat di sekitar sini akan dengan ramah menyambut pengunjung.

Jika ingin berkunjung ke Kali Biru Genyem, kamu memerlukan waktu 3 jam dari pusat Kota Jayapura, dengan medan yang cukup terjal. Jalur yang akan dilalui merupakan pegunungan dan perbukitan. Meski cukup sulit dilalui, namun pemandangan yang disuguhkan selama dalam perjalanan pun akan memanjakan mata. Tertarik?

  • Alamat : Berab, Nimbokrang, Jayapura, Papua
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp 10.000/motor, Rp 50.000/mobil

8. Pantai Yakoba

9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling 8

* sumber: www.triptrus.com

Berkunjung ke pantai yang indah dan sepi, mungkin dambaan setiap orang yang berlibur dengan tujuan menenangkan diri. Maka, Pantai Yakoba merupakan tempat yang cocok. Garis pantai yang tak lebih dari 80 meter ini tergolong pantai yang sepi. Bahkan, banyak warga lokal yang tidak mengetahui keberadaan pantai ini.

Pantai Yakoba memiliki pasir putih yang sangat halus, air laut yang biru dan jernih, serta ombak yang tenang. Tempat yang tepat bagi kamu yang ingin melepas penat dan menikmati pantai dengan tenang. Meski sepi, sekitar pantai ini terdapat beberapa penduduk yang tinggal. Disarankan kamu tidak datang sendiri, dan berbaur dengan masyarakat di sini.

  • Alamat : Argapura, Jayapura Selatan, Kota Jayapura
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

9. Skouw

9 Tempat Wisata di Jayapura yang Menarik untuk Travelling 9

* sumber: travelingyuk.com

Jayapura merupakan kota di ujung timur Indonesia yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke perbatasan Indonesia – Papua Nugini, bisa datang ke Skouw, merupakan batas antara dua negara. Di sini terdapat gapura dan pagar pembatas antara Indonesia dan Papua Nugini.

Sudah dibenahi dengan sangat baik, kini Skouw menjadi tempat wisata bagi pelancong yang datang ke Jayapura. Terdapat mercusuar yang jika kamu naik ke atas sini, dapat melihat Indonesia dan Papua Nugini dari ketinggian. Jarak Kota Jayapura – Skouw ditempuh sejauh 59km. Merupakan tempat yang wajib dikunjungi jika berwisata ke Jayapura.

  • Alamat : Kampung Mosso, Muara Tami, Kota Jayapura, Papua
  • Waktu Operasional :  Setiap hari, 08.00 – 16.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp 10.000/orang

Jayapura yang merupakan kota besar di Papua, memiliki destinasi yang tentu tidak akan bisa dilupakan. Setelah ini, sudah ada rencana keluyuran ke Jayapura? Semoga referensi dari Keluyuran bisa berguna buat kamu yang akan berlibur ke timur Indonesia! Kunjungi juga artikel tempat wisata di Papua ini untuk memperoleh informasi wisata lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *