10 Tempat Wisata di Lahat, Destinasi Asyik untuk Berlibur

Ditulis oleh Siti Hasanah

Lahat merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Selatan yang memiliki kondisi alam yang menarik. Kota kabupaten ini memiliki julukan sebagai kota 1000 air terjun.

Daerah ini menjadi destinasi wisata yang pas untuk berlibur karena di sini terdapat bermacam-macam objek wisata. Tempat wisata di Lahat berhasil menarik wisatawan lokal untuk berkunjung ke kabupaten ini.

Destinasi wisata di kabupaten ini tak hanya menawarkan wisata alam tapi juga tempat wisata buatan. Umumnya wisatawan lokal akan menghabiskan waktu akhir pekannya di tempat-tempat wisata di Lahat.

Untuk yang berlibur ke Lahat ada yang datang bersama keluarga atau yang melakukan solo trip, berikut ini beberapa tempat wisata di Lahat yang bisa dikunjungi.

Baca juga: 8 Wisata Pantai di Sumatera Selatan yang Mesti Dikunjungi

1. Taman 1000 Bunga Rumphon Cabe

Taman 1000 Bunga Rumphon CabeSumber: instagram.com
  • Alamat: Desa Lebuay Bandung, Kec. Merapi Timur, Kab. Lahat, Sumatera Selatan
  • Jam Buka: 09.00 - 18.00
  • Telepon: 0852-6888-7888
  • HTM: mulai Rp5.000/orang

Kabupaten yang memiliki motto "Seganti Setungguan" ini mempunyai beragam tempat wisata yang hits dan populer di kalangan orang muda. Taman 1000 Bunga Rumphon Cabe merupakan salah satu tempat wisata di Lahat yang banyak dikunjungi oleh kaum remaja juga keluarga.

Taman bunga yang berada di Merapi Timur ini memiliki rumah pohon dan taman bunga celosia yang berwarna merah, kuning serta ungu.

Bunga-bunga ini mekar sepanjang tahun. Tempat ini sudah dilengkapi dengan jalur pedestrian sehingga pengunjung dengan leluasa bisa menikmati taman bunga.

Taman Bunga Rumphon Cabe juga mempunyai berbagai spot foto yang membuat tempat ini menjadi semakin indah. Rumah pohon adalah bangunan yang paling digemari oleh wisatawan.

Untuk masuk ke rumah pohon, tersedia tangga kecil. Pengunjung bisa dengan leluasa masuk ke dalam rumah pohon tersebut.

2. Curup Buluh Lahat

Curup Buluh LahatSumber: instagram.com
  • Alamat: Lubuk Seloy, Gumay Ulu, Kab. Lahat, Sumatera Selatan
  • Jam buka: 07.00 - 18.00
  • HTM: Rp3.000/orang

Wisata Curup Buluh Lahat berada di Desa Lubuk Selo yang terletak di Kecamatan Gumay Ulu. Objek wisata ini berada tepat di sebelah barat Kota Lahat. Untuk menuju tempat wisata di Lahat ini dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam dan jaraknya sekitar 58,8 km melalui jalan lintas Sumsel.

Walaupun letaknya agak jauh dari pusat kota, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Mereka tertarik datang ke sini karena pesonanya yang masih alami serta air terjun tujuh tingkatnya.


Meskipun wisatawan harus menuruni 1.000 tangga, minat pengunjung untuk datang berkunjung ke air terjun ini tidak surut. Di tempat wisata ini juga tersedia fasilitas dan prasarana yang cukup memadai. Karena itu, jangan lewatkan untuk datang ke tempat wisata ini.

3. Bukit Besar

  • Alamat: Ds. Tanjung Beringin, Kecamatan Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatera Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

Bukit besar adalah salah satu tempat wisata di Lahat yang terletak di Desa Perangai, Kec. Merapi Selatan. ketinggian Bukit Besar sekitar 1.700 mdpl.

Untuk bisa menikmati pemandangan di bukit ini, wisatawan harus rela berjalan sekitar 3 jam untuk bisa sampai ke puncaknya. Jalannya didominasi oleh track dengan kemiringan 45-60 derajat.

Bukit besar merupakan salah satu tempat favorit para pendaki karena ketika tiba di puncak bukit, mereka akan menyaksikan pemandangan indah serta hamparan padang sabana hijau.

Saat cuaca cerah, wisatawan pun bisa menikmati panorama Bukit Telunjuk yang tampak jelas dari bukit ini. Mereka juga bisa merasakan sensasi berada di negeri atas awan ketika berada di puncaknya.

4. Danau Biru Keban

Danau Biru KebanSumber: instagram.com
  • Alamat: Desa Keban, Kec. Lahat, Kab. Lahat, Sumatera Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0812-7892-4252
  • HTM: Gratis

Tempat wisata di Lahat juga ada yang berupa danau. Objek wisata ini bernama Danau Biru Keban. Danau ini ditemukan pada sekitar tahun 2019 yang lalu sehingga tempat ini masuk ke dalam daftar tempat wisata terbaru. terlebih lagi, danau ini masih alami dan visualnya sangat indah.

Keberadaan Danau Biru ini mulai muncul sesudah adanya kegiatan pertambangan terbuka yang dilakukan beberapa tahun silam.

Tanah bekas galian batu bara ini akhirnya meninggalkan ceruk atau lubang yang lumayan luas. Kemudian saat hujan terjadi berkepanjangan, akhirnya lambat laun ceruk ini terisi oleh air hujan.

Dari pusat Kabupaten Lahat jarak tempuh menuju danau sekitar 11,6 kilometer. Hingga saat ini, wisatawan yang datang ke danau ini kebanyakan adalah komunitas motor juga sepeda. Sebenarnya wisatawan umum juga dapat berkunjung ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi.

5. Bukit Serelo

  • Alamat: Desa Padang, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatera Selatan
  • HTM: gratis

Lebih dikenal dengan sebutan Gunung Jempol ataupun Gunung Telunjuk, Bukit Serelo mempunyai pesona alam yang luar biasa. Bentuk objek wisata ini cukup unik karena jika dilihat dari kejauhan tampak seperti jempol atau telunjuk. Ini merupakan ciri khas bukit ini.

Inilah karya alam yang berupa pahatan dengan estetika yang tinggi sehingga hasilnya adalah sebuah karya seni yang luar biasa. Tempat wisata di Lahat ini membuat banyak orang rela datang ke sini meskipun harus menempuh perjalanan yang jauh.

6. Pelancu Ulak Pandan

  • Alamat: Desa Ulak Pandan, Merapi Barat, Lahat
  • Jam Buka: 08.00 - 18.00
  • Telepon: 0812-7320-6309
  • HTM: Rp5.000

Sebagai destinasi rekreasi serta spot outbound, Pelancu Ulak Pandan merupakan tempat wisata di Lahat yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini letak tepatnya ada di Kecamatan Merapi Barat. Tempat rekreasi ini dibangun oleh Karang Taruna dengan menggunakan dana desa.

Di sini tersedia wahana liburan serta sarana outbond dengan paket yang lengkap, seperti flying fox, taman foto, wahana permainan air, dan pojok rumah baca. Selain itu, tempat ini juga memiliki wisata rekreasi air yang dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung.

Untuk wisatawan yang berminat untuk liburan dan mencoba wahana yang tersedia di sini akan dipungut biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga tiket ini murah sehingga membuat pusat rekreasi ini terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram