8 Wisata Pantai di Sumatera Selatan yang Mesti Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bentang alam yang dimiliki oleh negara Indonesia begitu beragam. Keindahan yang disajikan di darat dan di lautnya tidak mudah kamu lupakan. Begitu juga dengan bentang alam dari Sumatera Selatan yang menghadirkan pantai-pantai yang unik dan tidak biasa.

Kalau ingin untuk wisata pantai dengan pemandangan memesona, berikut ini adalah beberapa pantai yang dapat kamu kunjungi di Sumatera Selatan.

1. Pulau Maspari

Pulau Maspari

Wisata pantai yang satu ini menawarkan berbagai macam keindahan yang musti kamu rasakan. Pantai dari Pulau Maspari ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih hamparan pasir putih yang cantik. Selain itu batu karang yang tersebar di pinggir pantai membuat pantainya terlihat eksotis.

Pantai dari Pulau Maspari ini cocok untuk orang yang senang dengan kegiatan snorkeling ataupun diving. Air lautnya jernih dengan ombak yang bersahabat. Selain itu yang unik adalah pasir pantainya yang berbentuk seperti ikan pari yang dapat berubah sesuai dengan hembusan angin.

Selain memiliki keindahan yang mempesona Pulau Maspari merupakan tempat konservasi  penyu. Penyu yang bertelur di pulau ini adalah jenis penyu sisik yang merupakan hewan langka yang dilindungi. Hal itu karena tak banyak penyu yang dapat bertahan hingga dewasa.

  • Alamat : Ds. Sungai Lumpur, Kec. Cengal. Kab. Ogan Komering Ilir, Prov. Sumatera Selatan
  • Jam Buka : –
  • HTM : –

2. Pantai Tanjung Carat

Pantai Tanjung Carat

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=aF0o-VRyEEI

Pantai Tanjung Carat merupakan pantai yang sangat unik, hal itu karena pantai ini hanya terlihat di bulan Februari sampai Agustus. Fenomena pantai dadakan ini terjadi karena terjadinya air laut yang surut. Selain di bulan itu pantai tidak terlihat kaerna adanya air laut yang pasang dan ada angin barat.

Saat air laut surut kamu dapat melihat pasir pantainya yang berwarna hitam yang membentang dengan pajang. Lokasi dari Pantai Tanjung Carat ini tidak jauh dari Desa Sungsang IV. Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini kamu dapat menggunakan speedboat atau perahu.

  • Alamat : Ds. Sungsang IV, Kec. Banyuasin II. Kab. Banyuasin, Prov. Sumatera Selatan
  • Jam Buka : –
  • HTM : –

3. Pantai Bongen

Pantai Bongen

Pantai Bongen memang berbeda dari pantai yang lainnya, karena sesungguhnya Pantai Bongen ada hanya disaat musim kemarau. Air sungai musi yang menyusut merubah sungai menjadi telihat seperti pantai. Pantai Bongen adalah sebutan masyarakat untuk pantai yang berpasir ini.

Pantai musiman ini mengundang banyak orang untuk melihat fenomena unik ini. Di sini orang dapat bermain pasir sama seperti di pantai sambil menikmati matahari yang sedang tenggelam. Sejak pertengahan tahun 2019 pemerintah mulai memanfaatkannya menjadi destinasi wisata.

Keindahan Pantai Bongen, banyak menarik wisatawan domestik untuk datang dan menjadikan pantainya sebagai tempat untuk berswafoto. Kini pemerintah pun mengadakan Fesival Pasar Bongen dengan berbagai perlombaan, agar pariwisata dari daerah ini menjadi lebih terkenal lagi.

  • Alamat : Ds. Ngulak, Kec. Sanga Desa. Kab. Musi Banyuasin, Prov. Sumatera Selatan
  • Jam Buka : –
  • HTM : Gratis

4. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh

Pantai Jodoh juga sesungguhnya bukanlah pantai yang memiliki deburan ombak laut. Pantai jodoh sesungguhnya adalah sungai yang sangat luas, tetapi memiliki penampakan seperti pantai pada umumnya yang memiliki pasir pantai. Hal yang menarik dari pantai ini tentu saja mitos disekelilingnya.

Ada kepercayaan di masyarakat jika sepasang kekasing datang berkunjungke pantai ini, mereka akan memiliki hubungan yang langgeng. Mitos yang berkembang di masyarakat ini mengakibatkan banyak pasangan muda mudi yang datang ke pantai ini, dan juga pasangan yang melakukan foto prewedding.

  • Alamat : Ds. Tanjung Turung, Kec. Abad. Kab. Penukal Abad Lematang Ilir , Prov. Sumsel
  • Jam Buka : –
  • HTM : Gratis

5. Pantai Tanjung Menjangan

Pantai Tanjung Menjangan

Sumber: https://www.facebook.com/pantai.tanjung.menjangan/photos/a.343321209355810/343321212689143

Pantai yang cantik ini merupakan pantai yang belum lama ditemukan. Pantai Tanjung Menjangan merupakan pantai yang berada di Kecamatan Ogan Kemiring Ilir, lebih tepatnya berada di pesisir Tanjung Menjangan. Pantai yang cantik ini belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai yang indah ini memiliki pasir pantai yang putih dan juga bersih. Selain itu pantai ini juga memiliki air yang jernih dengan terumbu karang yang cantik. Kamu dapat snorkeling atau diving untuk melihat keindahan terumbu karang beserta biota-biota laut yang lainnya.

  • Alamat : Ds. Sungai Lumpur, Kec. Cengal. Kab. Ogan Kemiring Ilir , Prov. Sumatra Selatan
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

6. Pantai Supi

Pantai Supi

* sumber: salatinetajudin.blogspot.com

Pantai Supi sama dengan kebanyakan pantai yang berada di Sumatera Selatan merupakan sebuah sungai yang memiliki penampakan seperti pantai di pesisir laut yang memiliki pasir pantai. Pantai ini menjadi satu aset wisata alam dari Kecamatan Sungai Pinang, tepatnya di Desa Sungai Pinang.

Tempat ini memiliki pasir pantai yang cukup bersih, sehingga masyarakat dapat bermain pasir di pantai ini, sembari melihat keindahan bentang alamnya. Pantai ini biasanya hadir di saat musim kemarau di saat air sungainya surut. Pantai ini akan hilang kembali di saat air sungai kembali pasang.

  • Alamat : Ds. Sungai Pinang, Kec. Sungai Pinang. Kab. Ogan Kemiring Ilir ,Sumatera Selatan
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

7. Pantai Pasir Payuputat

Pantai Pasir Payuputat

Pantai Pasir Payuputat merupakan Sungai Lematang yang memiliki bentangan pasir yang berwarna coklat yang cukup luas. Pantai yang satu ini letaknya berada di Kecamatan Prabumulih. Tempat ini sering dijadikan tempat untuk event balap perahu tradisional yang mengundang banyak wisatawan.

Waktu yang tepat untuk menikmati pantai ini adalah disaat matahari sedang terbenam. Panorama dari pantai Pasir payuputat ini berlokasi di Kelurahan Payuputat, Kecamatan Prabumulih Barat. Menikmati senja ditemani dengan hamparan pasir yang luas  dapat kamu nikmati di pantai ini.

  • Alamat : Kel. Payuputat, Kec. Prabumulih Barat. Kab. Prabumulih , Prov. Sumatra Selatan
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

8. Pantai Dermaga Sungai Gerong

Pantai Dermaga Sungai Gerong

Melihat Pantai Dermaga Sungai Gerong pada siang hari mungkin tidak kan memberiku kesan yang luar biasa. Kamu harus mendatangi pantai yang satu ini disaat malam hari, maka semuanya akan tampak berbeda. Malam hari kamu akan dimanjakan oleh kilauan lampu yang menghiasi area pantai.

Selain itu kamu dapat melihat kapal pertamina yang berlalu lalang di Area Sungai Garong. Di tempat ini terdapat sebuah dermaga yang terbuat dari kayu yang bisa yang tempat yang biasa digunakan sebagi latar untuk berswafoto, disertai dengan jutaan cahaya yang menghiasi pantai di malam hari.

  • Alamat  : Kec. Banyuasin I. Kab. Banyuasin Regency , Prov. Sumatra Selatan
  • Jam Buka : –
  • HTM : –

Itulah beberapa pantai yang ada di Sumatera Selatan yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda yang membuatnya menjadi unik. Pantai ini juga dapat kamu kunjungi untuk susana pantai yang berbeda. Sebagian memang masih baru dan masih banyak diperlukan pembenahan agar lebih baik dan nyaman untuk dikunjungi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *