10 Tempat Wisata di Padang Sidempuan yang Menyejukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kota yang satu ini, berada di Pulau Sumatera. Memiliki nama yang mirip dengan Ibukota Sumatera Barat, tidak jarang yang mengira kota ini berada di Provinsi Sumatera Barat. Kota Padang Sidempuan, merupakan kota kecil yang berada di Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Meskipun terbilang kecil, Padang Sidempuan disebut sebagai kota terbesar di wilayah Tapanuli.

Sumatera Utara tidak hanya memiliki makanan khas yang lezat. Di sana juga terdapat banyak tempat wisata alam yang indah, masih asri, dan tidak kalah dengan tempat wisata lainnya yang sudah banyak diketahui. Meski jarang dikunjungi wisatawan, 10 destinasi yang Keluyuran rekomendasikan ini perlu kamu kunjungi ketika traveling ke Kota Padang Sidempuan.

1. Tor Simarsayang

Tor Simarsayang

* sumber: reskyuty.blogspot.com

Wisata alam masih menjadi incaran bagi traveler domestik dan mancanegara. Di Sumatera ada banyak wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya, Tor Simarsayang yang berlokasi di Batang Ayumi Julu, Kota Padang Sidempuan. Tempat yang menyajikan keindahan perbukitan yang asri, akan memberikan kesejukan dan dapat menyegarkan pikiran.

Tor Simarsayang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Padang Sidempuan. Setelah itu, kamu perlu berjalan kaki sekitar 4 km untuk sampai di puncak bukit dengan pemandangan yang sangat indah. Waktu yang tepat berkunjung ke sini adalah pada waktu sore jelang malam hari. Kamu bisa menyaksikan indahnya kerlap-kerlip lampu kota pada malam hari di atas bukit.

Beralamat di Jalan Sutan Syahrir, Batang Ayumi Julu, Sitataring, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin liburan singkat di Padang Sidempuan.

2. Aek Sijorni

Aek Sijorni

* sumber: sportourism.id

Sesuai dengan namanya, Aek Sijorni merupakan air terjun yang sangat jernih. Baik hujan maupun musim kemarau, Aek Sijornih tetap memiliki aliran air yang jernih. Air terjun ini berlokasi di Jalan Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Jika menggunakan kendaraan, kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, dilanjutkan dengan berjalan kaki 30 menit.

Kamu akan melewati jembatan gantung sepanjang 25 meter sebelum mencapai lokasi. Dengan perjalanan cukup panjang, kamu akan disuguhkan pemandangan air terjun yang jernih dan sejuk. Di sana, kamu bisa mandi dan bermain air. Cocok untuk bersantai setelah menempuh perjalanan dari Kota Padang Sidempuan.

Jika ingin mengunjunginya, tempat wisata ini buka setiap hari jam 08.00 – 17.30, kamu bisa kunjungi tempat ini untuk menenangkan pikiran.

3. Goa Sayur Matinggi

Goa Sayur Matinggi

* sumber: anthonynh.blogspot.com

Padang Sidempuan memiliki gua yang disebut sebagai ‘gua perawan’ karena belum banyak dikunjungi wisatawan, bahkan banyak yang belum mengenal tempat ini. Berada dalam satu kecamatan yang sama dengan Aek Sijorni, yaitu Kecamatan Sayur Matinggi, gua di Tapanuli Selatan ini berpotensi untuk dijadikan tempat wisata dan akan menarik banyak pengunjung.

Goa Sayur Matinggi memiliki tinggi 8 meter dan lebar 9 meter. Dengan bebatuan stalaktit dalam gua yang terlihat warna-warni, gua ini benar-benar memperlihatkan keindahannya. Kamu perlu menempuh waktu 2 jam dari simpang ruas Jalan Lintas Sumatera Padang Sidempuan – Sumatera Barat untuk mencapai Goa Sayur Matinggi.

Berlokasi di Kawasan Aek Badak Jae, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Goa Sayur Matinggi masih memiliki akses yang tertutup sehingga perlu bertanya pada warga sekitar untuk bisa sampai ke gua ini.

4. Air Terjun Silima-Lima

Air Terjun Silima-Lima

* sumber: travelingyuk.com

Air terjun ini, cukup terkenal di Padang Sidempuan. Kamu perlu menempuh waktu 1 jam dari pusat kota untuk sampai di air terjun yang cantik ini. Setelah itu, kamu perlu berjalan kaki melewati perkebunan karet, dan semakin dekat dengan lokasi, kamu perlu berhati-hati karena akan melalui turunan dengan jurang yang dalam di kiri dan kanan.

Setelah menempuh perjalanan panjang dan melelahkan, kamu akan disuguhkan air terjun yang indah dan akan membayar semua lelah yang kamu alami. Memiliki ketinggian 80 meter, Air Terjun Silima-Lima berada di antara dua gunung. Sehingga pemandangannya akan memanjakan kamu selama berada di sana.

Berlokasi di Maju Mambe, Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, air Terjun Silima-Lima bisa kamu kunjungi setiap hari, dengan akses yang cukup mudah dari tempat parkir. Karena di sana sudah tersedia anak tangga untuk menuju ke air terjun.

5. Sipenggeng Rock

Sipenggeng Rock

* sumber: jalanwisata.id

Tempat wisata ini memiliki pesona yang indah. Sebuah sungai dengan air yang jernih menjadi daya tarik tempat ini. Diapit dengan batu, memungkinkan kamu untuk berfoto di pinggir sungai yang mengalir cukup deras.

Berada di kawasan dengan banyak destinasi wisata, Sipenggeng Rock bisa jadi pilihan destinasi bagi kamu yang ingin berlibur dengan keluarga maupun sahabat. Harga tiket masuk tempat wisata ini Rp10.000 saja dan berlaku untuk setiap hari.

Sipenggeng Rock berlokasi di Desa Sipenggeng, Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan. Tempat wisata yang terbilang baru ini bisa kamu kunjungi kapan saja. Di sana masih cukup sepi wisatawan. Cocok bagi kamu yang ingin liburan dengan suasana tenang.

6. Air Terjun Sampuran Damparan

Air Terjun Sampuran Damparan

* sumber: id.wikipedia.org

Padang Sidempuan memiliki beberapa wisata air terjun yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Sampuran Damparan. Air terjun ini memiliki aliran air yang bersih dan jernih. Masih sepi pengunjung, kamu bisa merasakan private waterfall di sini.

Lokasinya berada di tengah hutan dan perbukitan. Kamu perlu berjalan kaki dengan jarak 500 meter dari tempat parkir kendaraan. Jalur yang dilalui adalah turunan, tanjakan bukit, dan jembatan yang dibuat secara manual oleh warga setempat. Kamu perlu berhati-hati ketika melintasi jalur ini. Meski begitu, lelahmu akan terbayar dengan keindahannya.

Air Terjun Sampuran Damparan berlokasi di Desa Damparan, Saipar Dolok Hoe, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Kamu akan disuguhkan pemandangan air terjun yang memesona di tengah hutan.

7. Danau Tao

Danau Tao

* sumber: www.pariwisatasumut.net

Danau ini disebut sebagai ‘saudara kembar’ Ranu Kumbolo yang berlokasi di Jawa Timur. Danau ini memiliki pemandangan yang memukau, dengan kontur perbukitan dan hutan kecil mengelilingi. Dengan luas 2 hektare, Danau Tao akan membuatmu terkagum dengan pemandangannya.

Danau dengan warna kehijauan ini merupakan salah satu habitat ikan lonjing. Meskipun belum terdapat penginapan di sekitar sini, Danau Tao tetap menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika kamu berwisata ke Tapanuli Bagian Selatan.

Danau Tao berlokasi di Batang Onang Baru, Batang Onang, Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Tempat yang seru bagi kamu yang suka dengan kegiatan berkemah di alam bebas. Kamu akan dibuat takjub dengan keindahan yang disajikan di sini.

8. Danau Siais Batangtoru

Danau Siais Batangtoru

* sumber: sopopanisioan.blogspot.com

Danau terbesar kedua di Sumatera Utara, danau ini terletak di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola, Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Danau Siais Batangtoru memiliki pemandangan alam yang tak kalah dengan tempat wisata di Padang Sidempuan lainnya. Dikelilingi perbukitan dan hutan yang luas, danau ini bisa dijadikan tempat berkemah.

Lokasi wisata ini berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Padang Sidempuan. Di sana, tidak hanya danau, kamu bisa menyambangi air terjun di sekitar Danau Siais. Jadi, kamu bisa mendapat lebih dari satu destinasi ketika berwisata ke danau kedua terbesar di Sumatera Utara ini.

Jika ingin ke sana, ada dua jalur yang bisa kamu lalui, pertama jalur Parsariran, dan yang kedua jalur Napa. Jalur Napa masih cukup rusak sehingga akan memakan waktu yang lama. Normalnya, perjalanan menuju Danau Siais hanya 2,5 jam dari Kota Padang Sidempuan

9. Candi Bahal

Candi Bahal

* sumber: buddhazine.com

Candi Bahal terletak di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak. Lokasinya, berada di Gung Tua, yang terdiri dari 3 candi, di antaranya Candi Bahal I, Candi Bahal II, dan Candi Bahal III. Sebelum sampai di Candi Bahal I, kamu akan melihat Candi Pulo yang saat ini sudah runtuh, dengan menyisakan puing-puing di sekitar candi.

Candi Bahal yang berwarna merah bata, akan membuatmu berdecak kagum, karena candi ini memiliki warna yang berbeda dengan candi pada umumnya. Di sini, kamu bisa menemukan ukiran unik yang berada di dinding serta reruntuhan. Kemudian pada puncaknya, terdapat patung yang bentuknya seperti badan manusia.

Terletak di Desa Bahal, Padang Bolak, Portibi, Kabupaten Padang Lawas, kamu perlu menempuh waktu kurang lebih 3 jam dari Kota Padang Sidempuan. Candi Bahal cocok dikunjungi bagi kamu yang senang wisata sejarah.

10. Puncak JB Padangsidimpuan

Puncak JB Padangsidempuan

* sumber: deskgram.net

Tempat wisata yang namanya merupakan singkatan dari Puncak Jalan Baru Padang Sidempuan ini berada di kawasan Bypass Batunadua – Padang Sidempuan Tenggara. Tempat ini merupakan objek wisata yang hits di sini karena banyaknya cafe yang bisa kamu temui sepanjang jalan, dan lokasinya yang berada di kota, sangat mudah diakses untuk sekedar bersantai.

Tidak hanya pemandangan indah saja yang bisa kamu dapatkan di sini, namun juga bisa menikmati kuliner. Jagung bakar, mi goreng, mi rebus, dan kopi bisa kamu nikmati sambil bersantai melihat pemandangan. Tempat wisata yang dekat dan murah ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin liburan tanpa menguras kantong

Puncak JB, berlokasi di Baruas, Padang Sidempuan Batunadua, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Jarak yang tidak jauh dari pusat kota, ini merupakan tempat yang tepat untuk kamu kunjungi bersama pasangan, atau keluarga.

Bagaimana, sudah ada rencana ke Padang Sidempuan? Atau ingin kulineran di Sumatera Barat? Bisa langsung cek artikel 10 Makanan Khas Sumatera Barat ini. Semoga referensi dari Keluyuran bisa bermanfaat, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *