10 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Saat Berada di Medan

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Medan adalah kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya dan menjadi kota terbesar di luar Pulau Jawa. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Medan memiliki fasilitas kota yang sangat lengkap mulai dari jalan tol, stasiun kereta, pelabuhan, hingga bandara.

Kota Medan merupakan ibukota dari Provinsi Sumatra Utara yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 2 juta jiwa dengan beragam suku dan agama. Tak hanya itu, Kota Medan juga merupakan salah satu Kota yang memiliki daya tarik tinggi karena beberapa destinasi menarik terdapat di sana. Salah satunya adalah Danau Toba yang melegenda berkat cerita rakyat yang terjadi di sana.

Bukan hanya tempat wisata, Medan juga kaya akan oleh-oleh khasnya, lho. Jadi, para pelancong yang berkunjung ke Medan tak usah khawatir dan kebingungan mencari oleh-oleh khas Medan. Apa saja oleh-oleh khas Medan yang sangat recommended? Di bawah ini Keluyuran akan mengulasnya untukmu!

1. Bika Ambon

Youtube

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=zSkcvoeJBfk

Siapa, sih yang tak kenal Bika Ambon? Ya, sedikit unik, Bika Ambon bukanlah makanan yang berasal dari Ambon, melainkan makanan khas asal Medan, Sumatra Utara.

Menjadi salah satu makanan khas asal Medan, Bika Ambon ini cocok dijadikan oleh-oleh bagi kamu yang berkunjung ke Kota Medan. Memiliki tekstur khas dengan isinya yang berongga, Bika Ambon dengan rasa manisnya yang pas menjadi pilihan utama sebagai objek buruan oleh-oleh.

Selain rasanya yang lezat, Bika Ambon mudah ditemukan di beberapa titik di Kota Medan dengan berbagai ukuran dan harga. Yang jelas, Bika Ambon ini sangat recommended dijadikan oleh-oleh karena rasanya tang nikmat serta Kue yang satu ini merupakan ciri khasnya Kota Medan.

2. Durian Ucok

Durian Ucok

* sumber: traveltodayindonesia.com

Ada team durian disini? Ya, bagi kamu para pecinta durian, rupanya Medan adalah tempat yang cocok untuk berburu durian, lho. Di Medan terdapat kedai durian yang memiliki daging lembut serta rasa manis yang lezat bernama “Durian Ucok”.

Di kedai Durian Ucok, selain bisa menyantap duriannya di tempat, kamu bisa membawa durian tersebut sebagai oleh-oleh, lho. Tak usah khawatir akan durinya yang tajam serta baunya yang menyengat, karena Durian Ucok yang akan dibawa sebagai oleh-oleh akan dipacking sebaik mungkin agar terlihat rapi dan tidak terlalu menyengat baunya.

3. Pancake Durian Medan

Pancake Durian Medan

* sumber: dapurku.co.id

Tak hanya buah duriannya saja yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh, tetapi juga olahan duriannya yang tak kalah nikmat seperti yang satu ini. Durian diolah menjadi pancake yang memiliki tekstur lembut serta aromanya yang sedap juga rasa manisnya yang khas mampu memikat kamu para pecinta buah yang memiliki duri ini.

Pancake durian khas Medan memiliki bentuk berbeda dari pancake pada umumnya karena pancake ini dibuat menyerupai dadar gulung. Pancake durian khas Medan dibuat dengan beberapa varian diantaranya yaitu coklat, pandan, mocha, dan original.

4. Kain Ulos

Kain Ulos

* sumber: kainulosmamaimanuel.blogspot.com

Oleh-oleh khas Medan tak hanya berupa makanan saja akan tetapi terdapat juga yang berupa kebutuhan sandang yaitu “Kain Ulos”. Kain kebanggaan Kota Medan ini merupakan oleh-oleh yang tahan lama sehingga sangat direkomendasikan untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh. Kain Ulos merupakan kain khas yang biasa digunakan oleh masyarakat pada acara-acara adat yang diselenggarakan ataupun pernikahan.

Bentuknya dibuat menyerupai selendang yang bisa digunakan sebagai hiasan kepala atau diselempangkan di badan. Kain Ulos memiliki tekstur lembut dengan motif serta warna beragam yang bisa kamu pilih sesuai selera.

5. Teri Medan

Teri Medan

* sumber: vibizmedia.com

Berbeda dari teri biasanya, teri Medan memiliki ukuran yang lebih kecil. Meskipun ukurannya yang kecil, namun teri Medan tetap digemari dan diburu oleh banyak orang karena rasa gurihnya yang lezat.

Teri khas Medan diolah dengan menambahkannya sambal kacang yang membuat teri ini semakin menggugah selera berkat aromanya yang sedap serta rasanya yang juara. Teri yang satu ini sudah populer dijadikan buah tangan oleh para pelancong karena selain lezat, teri ini mudah ditemukan dan kemasannya praktis untuk dibawa.

Tak hanya teri yang sudah diolah, bahkan bagi kamu yang ingin membawa teri ini secara mentah untuk dimasak di rumah, sangat bisa sekali karena beberapa penjual menawarkan teri Medan mentah dengan berbagai ukuran dan harga.

6. Ikan Sale

Ikan Sale

* sumber: www.omiyago.com

Mendengar kata “sale” banyak diantara kita yang langsung tertuju pada sale pisang. Tapi tunggu sebentar, ada yang unik pada oleh-oleh khas Medan yang satu ini karena berupa sale namun dengan bahan lain yaitu ikan.

Wah, seperti apa, ya? Ikan sale merupakan olahan ikan asal Medan yang dimasak dengan cara diasapi atau dijemur. Ikan yang dimasak bukan sembarang ikan, akan tetapi hanya ikan lele limbat yang bisa digunakan.

Ikan sale ini bisa dimasak sesuai selera namun biasanya dimasak menjadi gulai atau hanya digoreng saja. Rasanya yang lezat sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk kamu bawa sepulang berkunjung dari Medan. Ikan sale ini juga cocok disantap sebagai teman pendamping nasi, lho.

7. Lemang

Lemang

* sumber: dinipriantiputri.wordpress.com

Ada yang kurang rasanya jika kamu pergi ke Medan tanpa menyantap makanan khasnya yaitu lemang. Lemang merupakan makanan khas medan berbentuk menyerupai lontong yang memiliki rasa gurih dan lezat. Lemang sendiri terbuat dari ketan, santan, garam sebagai bumbu penyedapnya, serta dibungkus dengan daun pisang untuk menjaga isinya ketika dibakar.

Di Medan, lemang menjadi santapan wajib ketika berbuka puasa atau sahur karena karbohidrat yang terkandung pada ketannya dipercaya mampu memberikan dampak positif bagi tubuh berupa energi agar tidak mudah lelah dan lapar.

Tak hanya bisa disantap di tempat, lemang juga dapat dibawa pulang, lho. Jadi, tak usah khawatir jika kamu ingin menjadikan lemang khas Medan ini sebagai oleh-oleh untuk dirimu sendiri atau orang terkasihmu.

8. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

* sumber: www.pegipegi.com

Bagi kamu para pecinta kopi, tak ada salahnya mencoba kopi kas Medan bernama “Kopi Sidikalang” yang sudah mendunia ini. Sesuai dengan namanya, Kopi Sidikalang tumbuh di daerah Sidikalang, sebuah daerah di Medan dengan ketinggian 1472 meter di atas permukaan laut. Daerah Sidikalang terkenal karena tanahnya yang subur sehingga kopi dengan kualitas yang sangat baik tumbuh di sana.

Kopi Sidikalang memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi sehingga disebut-sebut sebagai rajanya kopi dari Sumatra. Memiliki rasa yang lezat serta aroma khasnya yang sedap, Kopi Sidikalang dikemas sebaik mungkin dan banyak ditawarkan sebagai oleh-oleh khas Medan.

9. Manisan Jambu

Manisan Jambu

* sumber: pegimakan.id

Di Indonesia, terdapat banyak sekali olahan buah yang dibuat sebagai manisan agar lebih tahan lama. Begitu pula di Medan. Ya, Medan memiliki manisan khas yang tak kalah enak dan menarik dibandingkan manisan-manisan asal kota lain di Indonesia.

Manisan Medan ini lebih memilih jambu sebagai bahan dasarnya karena dipercaya memiliki rasa yang lezat ketika dijadikan manisan. Benar saja, manisan jambu khas Medan ini memiliki rasa yang lezat dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Tak hanya lezat, manisan jambu ini sangat berkhasiat terutama bagi para penderita DBD karena dipercaya mampu meningkatkan produksi trombosit dalam tubuh.

10. Tempe Medan

Tempe Medan

Ternyata, Medan memiliki tempe khas,. Meskipun sama-sama tempe, tetapi tempe Medan memiliki keunggulan tersendiri yaitu memiliki kacang kedelai yang lebih besar serta isi yang lebih padat.

Selain itu, rasanya juga lebih gurih dan renyah ketika digoreng. Tak heran, jika tempe Medan ini banyak disukai oleh orang-orang tak terkecuali mantan Presiden Republik Indonesia, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Karena rasanya yang lezat dan gurih, tempe Medan ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk kamu bawa pulang dan diolah di rumahmu sesuai selera. Dijamin, deh tempe ini sangat worth dan akan membuatmu ketagihan saat menyantapnya.

Itu dia beberapa referensi oleh-oleh khas Medan yang bisa kamu bawa pulang selepas berkunjung dari Kota Medan. Oleh-oleh khas Medan seperti yang telah kami paparkan di atas tentu saja sangat recommended dan dijamin tak akan membuatmu kecewa karena kualitasnya yang sangat baik.

Tak hanya makanan, bahkan kebutuhan sandang pun dapat dijadikan oleh-oleh khas Medan karena Medan memiliki beberapa pakaian khas dengan kualitas tinggi.

Semoga setelah membaca pemaparan di atas mengenai oleh-oleh khas medan dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi kita semua dan menjadi referensi bagi kamu yang tengah kebingungan mencari oleh-oleh khas Medan. Kunjungi juga artikel toko kue di Medan ini untuk mencari oleh-oleh lainnya di Kota Medan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *