keluyuran web banner

Ini Dia 6 Minuman Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 22 April 2021

Buat kamu yang belum tahu nih, Kota Palembang adalah kota yang dijuluki “Venice of the East” loh. Hal ini karena Kota Palembang memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Tidak asik rasanya jika berwisata ke suatu kota tanpa merasakan kuliner khasnya nih. Nah mencoba makanan khas di setiap kota pasti sudah biasa dong, tapi mencoba minuman khas sepertinya sering terlupakan.

Kota Palembang sendiri memang dikenal memiliki berbagai macam kuliner khasnya. Sebut saja Pempek Palembang yang kini sudah banyak sekali di jual di berbagai kota di Indonesia. Setelah mencoba Pempek tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba Es Kacang Merah khas Palembang. Minuman ini menjadi salah satu minuman yang wajib sekali dicoba atau Sarsaparilla yang juga legend sekali di Palembang.

Kali ini kita akan membahas mengenai minuman-minuman khas Palembang yang wajib kamu coba. Selain kedua minuman di atas Palembang memiliki beberapa minuman khas lainnya yang harus kamu coba. Informasi lebih lengkapnya bisa kamu dapatkan di bawah ini.

1. Es Kacang Merah

Ini Dia 6 Minuman Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba 1

Kacang Merah selalu menjadi bahan yang digunakan dalam banyak makanan di berbagai daerah. Di Palembang sendiri ada Es kacang merah menjadi salah satu minuman khas. Karena Es Kacang Merah ini tidak hanya menyegarkan tapi juga kaya akan kandungan proteinnya.  Es Kacang Merah ini sangat menyegarkan dan harus banget kamu coba jika berkunjung ke Kota Palembang. 

Di Palembang sendiri Es Kacang Merah biasanya disantap setelah selesai memakan pempek yang pedas. Rasa pedas dalam mulut bisa teratasi dengan rasa dingin, manis dari ES Kacang merah yang menyegarkan. Es Kacang Merah ini terdiri dari Kacang Merah, gula merah, kayu manis, susu kental manis dan serutan es. Kamu bisa menemukan es ini di berbagai tempat, untuk satu porsinya Es Kacang Merah dihargai Rp. 12.000 saja.

2. Teh Secang

Ini Dia 6 Minuman Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba 2

Buat kamu yang menyukai minuman herbal, kamu harus mencoba teh khas Palembang, yaitu Teh Secang. Teh Secang ini menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Palembang, apalagi para orang tuanya. Teh ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota Palembang yang bisa kamu bawa pulang kerumah. Teh Secang ini bisa kamu jadikan minuman saat sedang bersantai baik di pagi hari ataupun di sore hari.

Jika teh pada umumnya terbuat dari dedaunan, Teh Secang justru terbuat dari potongan kulit kayu Secang. Teh Secang selain dapat menghangatkan tubuh,  selain itu Teh Secang juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Teh Secang dipercaya berkhasiat untuk mengobati diabetes, disentri hingga diare. Teh Secang biasanya disajikan dalam keadaan hangat ditemani dengan camilan.

Sayangnya, Teh Secang ini ternyata mulai langka di Kota Palembang. Kini Teh Secang mulai terlupakan dan kalah saing dari minuman kekinian. Seperti soft drink dan juga berbagai kreasi minuman lainnya yang mulai digemari anak muda.

3. Es Jagung

Ini Dia 6 Minuman Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba 3

Setelah seharian berpanas-panasan dan lelah menjelajahi kota Palembang, kita pasti akan merasa haus. Agar rasa haus bisa teratasi kamu harus mencoba mencicipi Es Jagung khas Kota Palembang. Es Jagung khas Palembang ini memiliki rasa manis dan juga menyegarkan saat di minum. Minuman ini menjadi salah satu minuman yang disukai oleh masyarakat Palembang.

Sesuai namanya bahan utama dari es ini adalah jagung dan cara membuatnya pun ternyata sangat mudah. Jagung manis akan di blender hingga halus bersama dengan es batu dan diberikan gula agar lebih manis. Es Jagung ini menjadi jajanan pasar khas Palembang yang akan mudah kamu temui di berbagai tempat. Untuk harganya, tidak perlu khawatir karena harga Es Jagung ini sangat murah.

Baca juga: Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang

4. Sarsaparilla

Ini Dia 6 Minuman Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba 4

Sarsaparilla adalah minuman yang sempat menjadi primadona banget di kota Palembang. Di tahun 1980-an Sarsaparilla menjadi minuman paling hits dan banyak dikonsumsi orang-orang. Minuman ini memiliki ciri khas sendiri loh, karena orang-orang mengenal minuman ini dari kemasannya. Sarsaparilla dikemas dalam botol berwarna hijau dengan tutup botol berwarna merah dan ditandai dengan cap Kembang Apinya.

Minuman soda ini dulunya menjadi minuman khas orang Palembang yang harus ada setiap perayaan besar. Sarsaparilla akan menjadi minuman yang wajib ada saat Idul Adha dan Idul Fitri. Sayangnya, Sarsaparilla kini sudah jarang untuk ditemui hanya ada beberapa daerah yang masih menjualnya. Karena minuman ini kalah saing dari soft drink kekinian yang lebih disukai oleh anak muda.

Minuman ini masih misterius apakah sudah berhenti diproduksi atau masih ada. Karena saking susahnya untuk mencari Sarsaparilla di pasaran di Palembang. Jika kamu ingin mencoba, kamu mungkin harus datang ke daerah pesisir seperti Sekayu, Sungsang, Makarti, Mangun Jaya dan lainnya. Menurut beberapa orang, di daerah tersebut Sarsaparilla masih di jual di warung-warung.

5. Soda Sugus

Ini Dia 6 Minuman Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba 5

Saat mendengar nama ‘Sugus’ kita mungkin akan teringat dengan salah satu permen dengan nama yang sama. Tapi di Palembang, Sugus adalah nama dari minuman bersoda yang sempat menjadi minuman paling hits orang Palembang. Minuman bersoda Sugus diproduksi oleh PT. Djarum Emas Unggul, pada masanya minuman ini bersaing dengan Sarsaparilla.

Sugus ini menjadi minuman yang menyegarkan dan memiliki berbagai macam varian rasa. Di masyarakat Palembang sendiri, minuman Sugus ini dikatakan levelnya berada di atas Sarsaparilla. Dari situlah banyak orang yang meminum minuman ini agar terlihat lebih keren.Sayangnya meski legend banget, minuman soda Sugus juga bernasib sama dengan Sarsaparilla. 

Sugus mulai tersisihkan karena kalah dari minuman bersoda terkenal dari luar negeri. Apalagi belakangan masuknya minuman dari beberapa negara di Asia main membuat eksistensi Sugus tersingkirkan. Alhasil kamu mungkin akan kesulit untuk menemukan dan mencoba minuman ini. 

6. Kopi Besemah

Ini Dia 6 Minuman Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba 6

Kopi Besemah adalah kopi berjenis Robusta yang menjadi kopinya wong Palembang nih. Kopi ini dikenal karena baunya yang sangat wangi, biasanya kopi ini bisa ditemui di sekitar lereng Gunung Dempo. Karena kopi ini memang berasal dari dataran tinggi Besemah Kota Pagar Alam, kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat dan Empat Lawang.

Kopi Besemah ini bisa menjadi kopi khas Palembang dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh saat pulang. Nama Besemah sendiri berasal dari nama suku daerah Lahat dimana kopi ini berasal dan banyak ditemukan. Sayangnya meski menjadi minuman khas, nama kopi Besemah belum dipatenkan hingga sekarang.

Sedikit bercerita pada zaman penjajahan Belanda, Kopi Besemah adalah jenis kopi favorit Ratu Belanda. Konon katanya, dapur kerajaan Belanda secara khusus mendapatkan kopi Besemah dari kebun kopi di Pagaralam. Kebun kopi Pagaralam ini memang khusus yang untuk menciptakan kopi dengan kualitas terbaik. Kini kopi Besemah ini menjadi salah satu jenis kopi Indonesia yang sudah dikenal di mancanegara.

Gimana nih, sudah punya rencana dong kira-kira minuman mana nih yang akan kamu coba saat singgah di Palembang? Meski minuman-minuman di atas sangat khas, sayangnya beberapa minuman ini sulit untuk didapatkan. Mungkin kamu harus sengaja menjelajah Palembang sekalian mencari minuman-minuman khas tersebut.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram