Yuk, Liburan ke 10 Tempat Wisata di Sekitar Purwodadi!

Ditulis oleh Riastri Herliana

Jawa Tengah memiliki beragam potensi wisata yang menarik untuk dieksplor. Salah satunya di Purwodadi. Purwodadi adalah kecamatan di Kabupaten Grobogan yang berada di jalur alternatif dari Semarang ke Surabaya dan menjadi penghubung antara kota-kota di Pantura, dengan Kota Surakarta.

Purwodadi dijuluki sebagai kota yang tidak pernah tidur. Di sini mudah ditemukan beragam kuliner baik pagi maupun malam hari. Sebagai kota lintas, Purwodadi selalu ramai dikunjungi. Jika sedang berada di Purwodadi, yuk kunjungi 9 tempat wisata di sini!

1. Candi Joglo Purwodadi

Candi Joglo Purwodadi

Purwodadi memiliki tempat bersejarah yang menyajikan karakteristik Bali di tanah Jawa. Candi Joglo namanya. Candi ini memadukan budaya Jawa dan Bali, dimana pada bagian arsitektur gapura kental dengan ciri bangunan khas Bali. Sementara setelah masuk ke kawasan candi, terdapat rumah tradisional Jawa Tengah, yaitu Rumah Joglo.

Candi Joglo merupakan candi Hindu yang dilengkapi dengan dupa dan bunga sesaji pada beberapa titik. Di sini, kamu bisa mengenal sejarah Pulau Jawa, terutama Kerajaan Medang Kamulan. Terdapat benda bersejarah yang merupakan peninggalan Kerajaan Medang Kamulan, dan bisa melihat seni tari khas Bali dan wayang orang dari Jawa Tengah.

  • Alamat : Jl. Pemuda Sukoharjo, Sukoharjo, Krangganharjo, Toroh, Kabupaten Grobogan
  • Operasional : 08.00 – 21.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000

2. Ayodya Bloombang Waterpark

Ayodya Bloombang Waterpark

*

Suka dengan wisata air? Bisa datang ke Ayodya Bloombang Waterpark. Taman bermain air ini menjadi salah satu ikon wisata Purwodadi yang selalu menyita perhatian wisatawan. Di sini tersedia dua buah kolam besar yang dilengkapi dengan berbagai permainan, mulai dari family slide, twin slide, Jacuzzi, hingga tower slider setinggi 7 meter.

Ayodya Bloombang Waterpark merupakan kolam renang berstandar internasional yang dijamin kemanannya, dan tentunya seru untuk dikunjungi dengan keluarga. Bagi anak usia di bawah 5 tahun, disediakan kolam anak yang aman dan lengkap dengan permainan seru.

  • Alamat : Komplek SPBU Nglejok, Jl. A. Yani No.1, Porong, Kuripan, Purwodadi, Kabupaten Grobogan
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp15.000

3. Air Terjun Widuri

Air Terjun Widuri

*

Menikmati pemandangan alam di tempat yang tidak jauh dari kota Purwodadi, salah satunya ada Air Terjun Widuri. Air terjun setinggi 50 meter ini berjarak sekitar 21 km dari Purwodadi, mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Air terjun ini masih dikembangkan pembangunannya yang dikelola langsung oleh masyarakat setempat.

Jalur menuju Air Terjun Widuri, kamu perlu melewati jalan yang berliku dan kondisi jalan yang tidak mulus. Namun sesampainya di air terjun, langsung disuguhkan dengan derasnya aliran air terjun yang menyegarkan dan memesona.

  • Alamat : Dokoro, Wirosari, Kabupaten Grobogan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

4. Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen

Jika kamu suka dengan destinasi wisata yang unik, datang saja ke Api Abadi Mrapen yang ada di Kabupaten Grobogan. Fenomena unik ini berasal dari gas alam yang keluar dari perut bumi, tersulut api secara terus menerus. Sehingga api tersebut tak pernah padam meskipun diguyur hujan.

Api Abadi Mrapen kerap dijadikan sebagai obor dalam Upacara Hari Waisak bagi umat Buddha. Selain itu, dijadikan sebagai sumber cahaya pada obor Asian Games 2018. Namun, kabarnya api abadi ini sudah padam total pada akhir September lalu. Meski begitu, kamu tetap bisa mengunjunginya untuk mempelajari sejarah dan ilmu geologi yang ada.

  • Alamat : Mrapi, Manggarmas, Godong, Kabupaten Grobogan
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000

5. Master Park Purwodadi

Master Park Purwodadi

Mencari tempat rekreasi bersama keluarga yang seru untuk anak-anak? Di Purwodadi, ada Master Park yang sudah ada sejak tahun 2016. Meski terbilang baru, Master Park menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak disukai wisatawan karena memiliki hiburan yang lengkap.

Master Park menyediakan beragam wahana yang mengedukasi. Salah satunya ada bekas pesawat yang bisa kamu eksplor. Jika biasanya pesawat hanya dijadikan sebagai hiasan, di sini kamu bisa melihat interior pesawat, lengkap dengan kabin untuk pilot. Selain itu, di sini juga ada waterpark yang lengkap dengan wahana seru.

  • Alamat : Jl. Gajah Mada, Kuripan, Purwodadi, Kabupaten Grobogan
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp15.000 – Rp18.000
  • Kontak : (0292) 4273 333

6. Puncak Pelangi Gunung Ulo

Puncak Pelangi Gunung Ulo

*

Ingin melihat pemandangan dari ketinggian? Di Purwodadi, ada Puncak Pelangi Gunung Ulo yang sudah terkenal. Tempat wisata yang diresmikan pada tahun 2018 ini menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian, dan dilengkapi dengan gardu pandang yang unik.

Tak hanya pemandangan yang indah saja, Puncak Pelangi Gunung Ulo juga dilengkapi dengan wahana flying fox, camping ground, dan aktivitas seru lainnya. Tak heran meski masih baru, Puncak Pelangi Gunung Ulo sudah ramai dikunjungi baik oleh pengunjung dari dalam maupun luar kota Grobogan.

  • Alamat : Blimbing, Dokoro, Wirosari, Kabupaten Grobogan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000

7. Simpang Lima Purwodadi

Simpang Lima Purwodadi

Bagi kamu yang sedang melewati Purwodari dari arah Solo menuju Kudus, ataupun sebaliknya, pasti akan melewati Simpang Lima Purwodadi. Simpang Lima ini yang menjadi persimpangan antara Cepu – Semarang dan Kudus – Surakarta. Lokasinya strategis dan sering menjadi tempat singgah bagi wisatawan.

Simpang Lima Purwodadi bukan sekadar persimpangan saja, tetapi ad ataman kota yang berfungsi sebagai tempat rekreasi, maupun olahraga. Ada pula jajanan tepi jalan yang bisa kamu coba. Di seberangnya ada Masjid Jami’ Jabalul Khoir yang bisa kamu gunakan untuk ibadah.

  • Alamat : Jl. Gn. Kendeng, Simpang Utara, Purwodadi, Kabupaten Grobogan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Air Terjun Gulingan

Air Terjun Gulingan

Selain Air Terjun Widuri, ada pula Air Terjun Gulingan yang berada di Desa Sedayu. Destinasi wisata yang satu ini berjarak sekitar 15 km dari kota Purwodadi. Terbilang dekat dan mudah untuk dijangkau. Air Terjun Gulingan memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan aliran air yang cukup deras.

Air Terjun Gulingan cocok dikunjungi bagi kamu yang suka dengan aktivitas hiking. Menuju ke sini, harus berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh karena jalurnya tidak bisa diakses oleh kendaraan bermotor. Tak perlu khawatir tersesat, setiap 500 meter akan ada petunjuk yang mengarahkan ke Air Terjun Gulingan.

  • Alamat : Sedayu, Grobogan, Kabupaten Grobogan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Alun-Alun Purwodadi

Alun-Alun Purwodadi

Tak hanya Simpang Lima, kamu juga bisa kunjungi Alun-Alun Purwodadi yang letaknya di tengah kota dan mudah dijangkau. Alun-Alun Purwodadi dilengkapi dengan sentra kuliner khas Grobogan dan aneka jajanan lain yang bisa kamu coba. Alun-Alun ini biasa dijadikan sebagai tempat rekreasi saat libur akhir pekan.

  • Alamat : Brambangan, Purwodadi, Purwodadi, Kabupaten Grobogan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Purwodadi tak hanya dikenal dengan makanan khasnya saja, yaitu swike. Namun ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat melintasi jalur alternatif Semarang – Surabaya ini. Di antara 9 destinasi di atas, mana yang paling kamu suka? Yuk, liburan ke Purwodadi!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram