10 Tips Backpacker Ke Singapura Yang Menyenangkan

Ditulis oleh Linda

Singapura adalah negara tetangga yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Selain Kuala Lumpur dan Thailand, Singapura adalah negara favorit yang banyak disinggahi oleh wisatawan dari Indonesia. Namun, beberapa backpacker pemula masih ragu untuk menjelajahi Singapura, karena biaya hidup di negeri singa ini digadang-gadang cukup tinggi.

Walaupun biaya hidup di Singapura lebih tinggi dari Indonesia dan Thailand, tapi para backpacker tetap bisa berlibur di negara ini kok. Ada beberapa tips backpacker ke Singapura yang akan membuat liburan Anda menyenangkan walaupun dengan budget terbatas.

1. Dapatkan Tiket Murah Ke Singapura

Tiket promo dengan harga super hemat bisa Anda dapatkan jika Anda membelinya untuk keberangkatan jauh-jauh hari yaitu sekitar beberapa bulan atau bahkan satu tahun sebelum hari H. Beberapa maskapai penerbangan low cost carrier seperti Air Asia, Scoot, dan Jetstar Asia adalah maskapai yang paling sering menawarkan tiket promo tujuan Singapura.

Rajin-rajinlah memantau dan hunting tiket pesawat baik melalui online atau datang langsung ke acara travel fair yang digelar oleh beberapa maskapai penerbangan.

2. Booking Penginapan Murah Saat Di Indonesia

penginapan singapura

Manfaatkan situs booking hotel yang sudah banyak tersedia untuk memesan penginapan murah di Singapura. Walaupun biaya hidup di Singapura cukup tinggi, tapi Anda masih bisa menemukan tempat menginap sejenis hostel berkonsep dormitory dengan shared bathroom dengan tarif 200 ribuan per malam.

Jika Anda ingin menginap di hotel namun tetap hemat, maka sangat disarankan Anda berangkat bersama teman agar bisa sharing cost untuk biaya kamar hotel yang dibanderol mulai dari 700 ribuan.

Anda bisa memilih penginapan di kawasan Bugis, Lavender, atau di Little India. Hindari memesan hotel di kawasan elit, seperti Marina Bay, karena harga hotel di kawasan tersebut cukup tinggi, sementara sebagai backpacker Anda harus lebih menghemat pengeluaran.

3. Siapkan Itinerary Sebelum Berangkat

Budget-Breakdown-Singapore

* sumber: www.phenomenalglobe.com

Setelah Anda memiliki tiket pesawat dan penginapan murah, saatnya untuk merencanakan perjalanan selama Anda berada di Singapura. Itinerary sangat penting agar daftar tempat yang ingin Anda kunjungi dapat disesuaikan dengan waktu yang Anda miliki dengan perhitungan budget yang jelas.

Buatlah daftar tempat wisata dengan lokasi yang berdekatan sehingga bisa Anda kunjungi dalam satu waktu. Kemudian pelajarilah dan catat terlebih dahulu mengenai rute perjalanan, jam operasional, dan transportasi menuju tempat tersebut beserta biaya masuknya jika ada. Hal ini mengantisipasi supaya Anda tidak tersesat dan membuang-buang waktu liburan menjadi sia-sia. Selain itu, itinerary juga mengantisipasi supaya Anda tidak over budget ketika traveling.

Contohnya saja jika Anda berencana untuk mengunjungi Merlion Park, Anda bisa sekaligus menghabiskan waktu seharian untuk berkeliling di kawasan yang masih berdekatan dengan mengunjungi Singapore River (Raffles Place), Helix bridge, Marina Bay Sands, dan juga Esplanade atau Gardens by the Bay. Selain menghemat tenaga dan waktu, cost untuk transportasi pun tentu menjadi lebih hemat.


Hindari juga memaksakan jadwal jika tidak cukup waktu apalagi ketika berbenturan dengan jadwal kepulangan Anda. Keterlambatan check-in di Bandara dapat mengakibatkan Anda ketinggalan pesawat dan tentunya akan dikenakan charge extra yang cukup mahal untuk perubahan jadwal penerbangan.

4. Beli Sim Card Lokal

Sim Card Singapore

Karena Anda adalah seorang backpacker, maka tidak ada tour guide yang akan memandu perjalanan Anda selama di Singapura. Jadi, meskipun Anda telah mempersiapkan itinerary yang lengkap, namun tidak menutup kemungkinan hal tak terduga dapat terjadi sehingga merubah rencana perjalanan Anda. Untuk itu, penting sekali untuk memiliki akses internet guna mencari opsi pengganti.

Daripada mengandalkan roaming kartu seluler tanah air yang sangat mahal, ada baiknya Anda membeli sim card lokal khusus turis yang cukup terjangkau yaitu sekitar 12 SGD. Dengan masa aktif kurang lebih selama 7 hari, Anda juga bisa berbagi akses internet dengan teman-teman seperjalanan Anda.

Ada beberapa merk sim card lokal yang bisa Anda temukan diantaranya M1, Star Hub, dan Sing Tel. Ketiganya kurang lebih menawarkan kecepatan internet yang relatif sama dan bonus telfon gratis selama beberapa puluh menit. Anda bisa membeli sim card ini lebih murah via online kemudian Anda tinggal mengambilnya ketika tiba di bandara Changi. Atau, Anda pun dapat membelinya langsung di counter bandara Changi.

Tidak perlu khawatir karena bingung cara aktivasinya, karena staff disana akan membantu Anda untuk mengaktifkan kartu tersebut. Anda hanya perlu menunjukkan paspor Anda untuk keperluan aktivasi.

5. Tukarkan Uang Ketika Masih Di Indonesia

dollar singapura

Tips backpacker ke Singapura ini sejatinya juga berlaku ketika Anda hendak berlibur ke negara lain. Usahakan untuk menukar rupiah dengan dollar Singapura saat Anda masih berada di tanah air. Di Singapura, tentunya Anda bisa menemukan money changer, tetapi membawa dollar Singapura dari tanah air akan lebih baik untuk berjaga-jaga, siapa tahu saat baru menginjakkan kaki di Singapura Anda harus mengeluarkan dana mendadak.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram