10 Tips Backpacker Ke Singapura Yang Menyenangkan

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Mei 2020

Singapura adalah negara tetangga yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Selain Kuala Lumpur dan Thailand, Singapura adalah negara favorit yang banyak disinggahi oleh wisatawan dari Indonesia. Namun, beberapa backpacker pemula masih ragu untuk menjelajahi Singapura, karena biaya hidup di negeri singa ini digadang-gadang cukup tinggi.

Walaupun biaya hidup di Singapura lebih tinggi dari Indonesia dan Thailand, tapi para backpacker tetap bisa berlibur di negara ini kok. Ada beberapa tips backpacker ke Singapura yang akan membuat liburan Anda menyenangkan walaupun dengan budget terbatas.

1. Dapatkan Tiket Murah Ke Singapura

Tiket promo dengan harga super hemat bisa Anda dapatkan jika Anda membelinya untuk keberangkatan jauh-jauh hari yaitu sekitar beberapa bulan atau bahkan satu tahun sebelum hari H. Beberapa maskapai penerbangan low cost carrier seperti Air Asia, Scoot, dan Jetstar Asia adalah maskapai yang paling sering menawarkan tiket promo tujuan Singapura.

Rajin-rajinlah memantau dan hunting tiket pesawat baik melalui online atau datang langsung ke acara travel fair yang digelar oleh beberapa maskapai penerbangan.

2. Booking Penginapan Murah Saat Di Indonesia

penginapan singapura

Manfaatkan situs booking hotel yang sudah banyak tersedia untuk memesan penginapan murah di Singapura. Walaupun biaya hidup di Singapura cukup tinggi, tapi Anda masih bisa menemukan tempat menginap sejenis hostel berkonsep dormitory dengan shared bathroom dengan tarif 200 ribuan per malam.

Jika Anda ingin menginap di hotel namun tetap hemat, maka sangat disarankan Anda berangkat bersama teman agar bisa sharing cost untuk biaya kamar hotel yang dibanderol mulai dari 700 ribuan.

Anda bisa memilih penginapan di kawasan Bugis, Lavender, atau di Little India. Hindari memesan hotel di kawasan elit, seperti Marina Bay, karena harga hotel di kawasan tersebut cukup tinggi, sementara sebagai backpacker Anda harus lebih menghemat pengeluaran.

3. Siapkan Itinerary Sebelum Berangkat

Budget-Breakdown-Singapore

* sumber: www.phenomenalglobe.com

Setelah Anda memiliki tiket pesawat dan penginapan murah, saatnya untuk merencanakan perjalanan selama Anda berada di Singapura. Itinerary sangat penting agar daftar tempat yang ingin Anda kunjungi dapat disesuaikan dengan waktu yang Anda miliki dengan perhitungan budget yang jelas.

Buatlah daftar tempat wisata dengan lokasi yang berdekatan sehingga bisa Anda kunjungi dalam satu waktu. Kemudian pelajarilah dan catat terlebih dahulu mengenai rute perjalanan, jam operasional, dan transportasi menuju tempat tersebut beserta biaya masuknya jika ada. Hal ini mengantisipasi supaya Anda tidak tersesat dan membuang-buang waktu liburan menjadi sia-sia. Selain itu, itinerary juga mengantisipasi supaya Anda tidak over budget ketika traveling.

Contohnya saja jika Anda berencana untuk mengunjungi Merlion Park, Anda bisa sekaligus menghabiskan waktu seharian untuk berkeliling di kawasan yang masih berdekatan dengan mengunjungi Singapore River (Raffles Place), Helix bridge, Marina Bay Sands, dan juga Esplanade atau Gardens by the Bay. Selain menghemat tenaga dan waktu, cost untuk transportasi pun tentu menjadi lebih hemat.

Hindari juga memaksakan jadwal jika tidak cukup waktu apalagi ketika berbenturan dengan jadwal kepulangan Anda. Keterlambatan check-in di Bandara dapat mengakibatkan Anda ketinggalan pesawat dan tentunya akan dikenakan charge extra yang cukup mahal untuk perubahan jadwal penerbangan.

4. Beli Sim Card Lokal

Sim Card Singapore

Karena Anda adalah seorang backpacker, maka tidak ada tour guide yang akan memandu perjalanan Anda selama di Singapura. Jadi, meskipun Anda telah mempersiapkan itinerary yang lengkap, namun tidak menutup kemungkinan hal tak terduga dapat terjadi sehingga merubah rencana perjalanan Anda. Untuk itu, penting sekali untuk memiliki akses internet guna mencari opsi pengganti.

Daripada mengandalkan roaming kartu seluler tanah air yang sangat mahal, ada baiknya Anda membeli sim card lokal khusus turis yang cukup terjangkau yaitu sekitar 12 SGD. Dengan masa aktif kurang lebih selama 7 hari, Anda juga bisa berbagi akses internet dengan teman-teman seperjalanan Anda.

Ada beberapa merk sim card lokal yang bisa Anda temukan diantaranya M1, Star Hub, dan Sing Tel. Ketiganya kurang lebih menawarkan kecepatan internet yang relatif sama dan bonus telfon gratis selama beberapa puluh menit. Anda bisa membeli sim card ini lebih murah via online kemudian Anda tinggal mengambilnya ketika tiba di bandara Changi. Atau, Anda pun dapat membelinya langsung di counter bandara Changi.

Tidak perlu khawatir karena bingung cara aktivasinya, karena staff disana akan membantu Anda untuk mengaktifkan kartu tersebut. Anda hanya perlu menunjukkan paspor Anda untuk keperluan aktivasi.

5. Tukarkan Uang Ketika Masih Di Indonesia

dollar singapura

Tips backpacker ke Singapura ini sejatinya juga berlaku ketika Anda hendak berlibur ke negara lain. Usahakan untuk menukar rupiah dengan dollar Singapura saat Anda masih berada di tanah air. Di Singapura, tentunya Anda bisa menemukan money changer, tetapi membawa dollar Singapura dari tanah air akan lebih baik untuk berjaga-jaga, siapa tahu saat baru menginjakkan kaki di Singapura Anda harus mengeluarkan dana mendadak.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya bawalah serta kartu ATM dan kartu kredit Anda. Namun, jangan gunakan kedua kartu ini bila tidak ada keperluan yang mendesak. Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar pengeluaran Anda saat liburan kali ini tidak membengkak.

6. Gunakan Transportasi MRT dan Bus

MRT Singapore

Sama seperti di Indonesia, tarif taksi di Singapura juga sama mahalnya, bahkan berkali-kali lipat lebih mahal dibanding daripada di Indonesia. Oleh karena itu, Keluyuran merekomendasikan Anda untuk naik MRT dan bus, transportasi umum yang nyaman dan paling murah di Singapura. Namun, untuk beberapa kasus darurat, seperti mengejar pesawat mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk naik Grab atau taksi.

Untuk naik MRT dan bus, disarankan Anda membeli kartu EZ Link terlebih dahulu yang tersebar di setiap stasiun MRT di Singapura. Selain lebih praktis, tarif yang dikenakan pun akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tiket satu kali jalan. Harga EZ link ini sendiri sekitar SGD 12 dengan rincian harga kartu SGD 5 dan saldo sebanyak SGD 7 yang bisa Anda gunakan. Jika saldo sudah tidak mencukupi, Anda bisa melakukan top up minimal SGD 10.

Untuk panduan cara menaiki MRT, simak selengkapnya dalam artikel Cara Menggunakan MRT di Singapura yang telah dirangkum oleh Keluyuran.

7. Hunting Makanan yang Murah

Es krim singapore

Di mana pun backpacker berada, hunting makanan murah adalah suatu  kegiatan wajib untuk meminimalisir pengeluaran. Ketika berlibur di Singapura, Anda bisa hunting makanan murah di pinggir jalan atau food court. Kunjungi kawasan Chinatown untuk dapat menikmati makanan enak dengan harga yang terjangkau.

Lantas, makanan apa saja yang terkenal di Singapura? Hainan Chicken Rice (Nasi Ayam Hainan) adalah salah satu makanan yang paling populer di Singapura. Namun, Anda pun bisa menemukan mie goreng, nasi lemak, dan masih banyak lagi.

Sesudah itu, Anda bisa melipir ke Orchard Road untuk mencari makanan penutup di pinggir jalan, yakni One Dollar Ice Cream. Es krim potong seharga SGD $1.2 ini biasa dijual oleh bapak-bapak paruh baya atau biasa dipanggil uncle.

8. Bawa Botol Minum Sendiri

tempat isi minum di changi

Selalu sedia botol minum sendiri ketika Anda sedang berjalan-jalan di Singapura. Ini adalah tips backpacker ke Singapura yang diterapkan oleh sebagian backpacker yang datang ke sini. Pasalnya, harga air mineral yang dijual di minimarket atau toko kelontong bisa mencapai Rp 25.000.

Dengan membawa botol berisi air minum Anda tidak perlu lagi membeli air mineral kemasan dengan harga yang mahal tersebut. Jika air minum habis, isilah di kran air minum yang biasa terdapat di tempat-tempat umum, seperti bandara, taman, atau stasiun MRT.

9. Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Universal Studios Singapore

Meskipun Singapura terkenal dengan biaya hidup yang mahal, namun banyak sekali tempat wisata gratis yang menarik yang bisa Anda kunjungi, sebut saja Merlion Park, Haji Lane, Singapore River, dan masih banyak lagi. Bahkan Anda juga bisa berfoto secara gratis dengan latar bola dunia Universal Studio Singapore.

Berbicara tentang Universal Studio Singapore memang sayang sekali jika Anda melewatkan kesempatan untuk merasakan keseruan wahana di tempat ini. Untuk menyiasati harga tiketnya yang cukup mahal, Anda bisa memanfaatkan promo tiket USS dengan harga yang lebih murah di beberapa situs internet. Selain itu, ada pula yang menjual tiket USS dengan program cicilan kartu kredit.

10. Berwisata Belanja Murah Di Singapura

Tiger Balm

Ayo, berburu oleh-oleh murah di Singapura! Jangan khawatir karena tidak semua toko di Singapura menjual barang dengan harga-harga yang mahal. Pertama, pertimbangkan terlebih dahulu jenis oleh-oleh yang ingin Anda cari. Keluyuran juga sempat mengulas beberapa oleh-oleh khas Singapura yag bisa Anda jadikan cindera mata. Sesudah itu, Anda bisa segera menuju ke tempat yang menjual oleh-oleh murah, seperti Bugis Street, Lucky Plaza, dan Mustafa Centre.

Singapura adalah negara terdekat dengan Indonesia. Anda hanya akan menempuh penerbangan selama 1-2 jam saja untuk sampai ke negeri singa ini. Jika Anda berencana untuk pergi ke Singapura, semoga tips backpacker ke Singapura dari Keluyuran ini bisa menjadi panduan untuk Anda yang ingin berlibur dengan dana terbatas.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram