Keluyuran / Singapura / Inilah 10 Tips Berkunjung ke Universal Studio Singapore

Inilah 10 Tips Berkunjung ke Universal Studio Singapore

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Juni 2019

Mengunjungi Universal Studio Singapore adalah itinerary wajib yang harus kamu kunjungi ketika berlibur di Singapura. Apalagi bagi kamu yang pertama kali traveling ke negeri singa, rasanya berfoto dengan latar bola dunia bertuliskan “Universal” saja tidak cukup seru. Di theme park super besar ini, terdapat banyak sekali wahana seru yang diperuntukkan bukan hanya bagi anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Terletak di dalam kawasan Resort World Sentosa, untuk menuju ke Universal Studio Singapore sangatlah mudah. Terdapat beberapa alternatif transportasi yang bisa kamu pilih mulai dari bus, monorail Sentosa Express, sampai dengan berjalan kaki. Kamu bisa temukan detail informasi mengenai transportasi ke USS di artikel panduan lengkap menuju ke Universal Studio Singapore.

Universal Studio Singapore ini adalah taman bermain outdoor yang sangat luas dan cukup menguras tenaga untuk mengelilinya. Khususnya bagi kamu yang sebelumnya belum pernah mengunjungi Universal Studio Singapore, ada baiknya kamu simak beberapa tips dan trick berikut ini supaya pengalaman kamu selama berada di Universal Studio Singapore menjadi menyenangkan, bukan melelahkan.

1. Beli Tiket secara Online

Ticket USS

* sumber: beloghuruhara.blogspot.com

Sekarang ini sudah banyak sekali situs di tanah air yang menjual tiket USS secara online. Selain harga yang ditawarkan lebih murah, kamu juga tidak perlu repot-repot lagi mengantri di loket pembelian tiket USS lalu harus mengantri lagi di antrian pintu masuk.

Jika kamu telah membeli tiket secara online, maka yang harus kamu lakukan hanya menunjukkan electronic ticket yang kamu miliki, lalu scan barcode, dan silakan masuk.

2. Datang pada Weekdays atau Low season

Universal Studios Singapore

Pada akhir pekan atau musim liburan (peak season), jumlah pengunjung di tempat bermain populer USS ini akan sangat ramai dan padat sekali. Jika kamu memiliki jatah cuti yang fleksibel, sebaiknya pilihlah hari kerja biasa agar jumlah pengunjung tidak membludak. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa dan puas berkeliling karena antrian di tiap wahana tidak akan terlalu panjang.

3. Datang Lebih Pagi atau Sekitar Jam 4 sore

Foto depan USS

* sumber: www.mysuitcasejourneys.com

Universal Studio Singapore mulai dibuka pada jam 10 pagi. Dan pada jam tersebut pengunjung pun sudah ramai mengantri di pintu masuk. Datang lebih pagi akan memberikan kamu keuntungan tersendiri. Selain mengantisipasi antrian di setiap wahana yang semakin siang semakin mengular, kamu pun bisa leluasa untuk berswafoto dengan latar Globe USS dalam kondisi yang masih sepi.

Namun jika kamu ingin terhindar dari antrian panjang mengular di beberapa wahana favorit seperti Transformer the ride atau Revenge of the Mummy, kamu lebih baik datang pada sore hari karena umumnya pengunjung sudah lelah dengan wahana yang ekstrim dan bahkan sebagian pengunjung sudah banyak yang pulang. Jadi meskipun kamu hanya memiliki beberapa jam saja sebelum tutup, tapi banyak wahana yang bisa kamu naiki tanpa antrian.

4. Ambil Peta

guide map universal studio singapore

* sumber: rodadanroti.com

Tidak jauh setelah kamu melewati pintu masuk, kamu akan menemukan sebuah booth kecil dimana kamu dapat mengambil peta untuk mengetahui keseluruhan lokasi dan juga fasilitas yang tersedia di Universal Studio Singapore.

Mengapa mengambil peta ini penting? Karena theme park raksasa ini terdiri dari 7 zona tematik yang jaraknya cukup berjauhan. 7 zona tematik tersebut di antaranya yaitu Zona Hollywood, Newyork, Sci-fi City, Ancient Egypt, The Lost World, Far Far Away, dan terakhir adalah Madagascar.

Dengan mengambil peta ini, kamu bisa dengan mudah dalam menentukan arah dan memperhitungkan jarak dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain itu, kamu juga tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat atau fasilitas yang sedang kamu cari seperti keberadaan toilet, musholla, restoran, tempat makan, toko souvenir, dan masih banyak lagi.

5. Tentukan Wahana yang Ingin Dinaiki

Battlestar_Galactica_(USS)

* sumber: universal-theme-parkpedia.fandom.com

Sebaiknya kamu sudah memiliki list wahana apa saja yang paling ingin kamu coba. Dengan banyaknya wahana dan waktu antri yang lama, kamu tentu tidak dapat mencoba keseluruhan wahana hanya dalam waktu satu hari. Maka dari itu, carilah informasi sebelumnya mengenai wahana seru USS yang direkomendasikan untuk dicoba, supaya kamu tidak bingung ketika sudah tiba di lokasi.

Kebanyakan wahana di USS adalah sejenis roller coaster dengan packaging yang berbeda. Hampir di semua zona, terdapat wahana roller coaster, sebut saja Transformers the ride, Puss in Boots, Revenge of the Mummy, dan masih ada beberapa roller coaster lainnya yang terdapat di zona berbeda. Jadi, tentukan dulu ya wahana yang kamu sukai.

6. Cek Jadwal Roadshow dan Photo Session

show-schedule USS

* sumber: trevallog.com

Setelah mengetahui setiap lokasi di USS melalui peta, selanjutnya adalah mengetahui jadwal dari banyak pertunjukkan menarik seperti road show, karnaval, dan meet and greet untuk berfoto dengan para karakter USS seperti Minions, Madagascar, Transformers dan masih banyak lagi. Brosur jadwal kegiatan pertunjukkan di USS ini bisa kamu temukan di tempat kamu mengambil peta.

7. Bawa botol minum sendiri

Tempat isi air minum di Singapura

Mengelilingi universal studio yang luasnya sekitar 20 hektar ini, tentunya kamu butuh asupan air minum yang banyak agar tidak dehidrasi. Apalagi dengan cuaca di Singapura yang terbilang panas dan banyaknya kawasan dengan langit terbuka akan dengan mudah membuat kamu kegerahan dan haus.

Namun, para traveler tentu sudah sangat paham bahwa harga air minum di Singapura berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan di tanah air, apalagi di tempat wisata seperti USS. Untuk itu sebisa mungkin kamu harus dapat menghemat pengeluaran untuk membeli air minum dengan membawa botol minum sendiri.

Di tiap area peristirahatan dan toilet yang ada di USS, terdapat tempat pengisian air minum untuk para pengunjung. Umumnya di tiap zona tematik, tempat untuk mengisi air selalu ada. Jadi, kamu bisa mengisi ulang tempat minum kamu sambil berkeliling tanpa takut kehausan atau membeli air minum dengan harga 2 dollar singapura.

8. Kenakan Pakaian dan Alas kaki yang Nyaman

OOTD di USS

* sumber: www.lifebeforetarzan.com

Ingat, berkeliling dan mencoba banyak wahana di Universal Studio Singapore akan membuat kamu berjalan kaki seharian dan juga kegerahan. Jadi, kenakanlah pakaian dan alas kaki ternyaman versi kamu. Jangan sampai hanya karena kebutuhan foto, kamu memaksakan mengenakan outfit yang malah membuat kamu terganggu.

Sepatu atau sandal yang ringan, kaos dan pakaian yang santai dengan model yang simpel cocok sekali digunakan untuk menjelajah theme park semacam ini.

9. Bawa Topi dan Payung

Universal Studio Hollywood

Memiliki iklim dan cuaca yang kurang lebih sama dengan di Indonesia, cuaca di Singapura bisa sangat terik. Namun tidak jarang, di tengah cuaca panas pun hujan bisa turun secara tidak terduga. Maka, mengingat sebagian kawasan USS adalah di luar ruangan dengan langit terbuka, kamu sangat disarankan untuk membawa topi atau payung untuk melindungi kamu dari panas terik matahari, atau dari hujan yang dapat mengguyur sewaktu-waktu.

10. Bawa Jas Hujan atau Baju Ganti

Hujan di USS

* sumber: duopanda.blogspot.com

Jika kamu akan menaiki wahana Jurassic Park Rapids Adventure, kamu wajib sekali untuk membawa jas hujan sekali pakai atau baju ganti. Kenapa? Karena wahana air yang mirip dengan wahana “arum jeram” di Dunia Fantasi Jakarta ini, akan membawa kamu mengelilingi arus sungai dengan efek goncangan-goncangan dan track meluncur yang menyebabkan air berhamburan dan membuat kamu kebasahan.

Di area tempat antrian masuk, jas hujan dijual dengan harga 5 SGD atau sekitar Rp 50 ribu. Akan lebih hemat jika kamu membelinya di tanah air yang hanya Rp 10 ribu saja, apalagi bentuk dan kualitasnya sama persis dengan yang kamu temukan di USS. Perbedaannya adalah pada jas hujan di USS terdapat logo USS di bagian belakangnya. Selain itu jas hujan juga berguna jika hujan turun di USS.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Universal Studio Singapore. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat dan membuat perjalanan kamu semakin menyenangkan dan berkesan.

Oh iya, kalau kamu ingin mengunjungi tempat wisata gratis yang ada di Singapura, berarti kamu harus baca artikel 10 Tempat Wisata Gratis di Singapura ini. Selamat liburan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar