Sebelum Liburan ke Pangandaran, Yuk Simak Tips Ini Dulu!

Ditulis oleh Siti Hasanah

6. Sesuaikan Perbekalan Selama Berlibur

Sesuaikan Perbekalan Selama Berlibur

Sebelum berangkat, mempersiapkan bekal selama berlibur adalah hal yang wajib kamu lakukan. Susun barang yang akan kamu bawa dan perhatikan manfaatnya. Bawa barang yang sangat kamu butuhkan, lalu sesuaikan jumlahnya.

Ingat! Pangandaran adalah kawasan tropis, jadi pilih pakaian yang tidak terlalu tebal dan berbahan adem yang nyaman dikenakan. Persiapkan juga baju renang, kacamata dan peralatan lainnya seperti peralatan mandi dan produk kecantikan, jika diperlukan.

Lengkapi perbekalan dengan P3K mini yang berisi obat-obatan pribadi. Bawa juga tas khusus yang akan digunakan untuk memisahkan baju kotormu dengan baju bersih.

7. Selalu Waspada Ketika di Pantai

Selalu Waspada Ketika di Pantai

Bahaya itu tidak mengenal waktu dan tempat. Lengah sedikit, kita bisa tertimpa hal yang tidak diinginkan, baik itu kecelakaan atau hal lainnya, tidak terkecuali saat kamu berlibur di Pangandaran.

Pastikan kamu selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Jangan kenakan perhiasan mencolok yang akan mengundang kejahatan. Tempatkan pula barang bawaanmu di tempat yang aman. Jika dirasa perlu, sewa loker di kawasan wisata untuk menyimpan barang bawaanmu.

Pilih barang yang sekiranya akan dibutuhkan selama menjelajahi Pangandaran, misalnya dompet, air minum dan ponsel saja. Tinggalkan barang lainnya di penginapan.

8. Bawa Tabir Surya dan Losion Anti Nyamuk

Bawa Tabir Surya dan Losion Anti Nyamuk

Kawasan wisata Pangandaran merupakan tempat yang masih asri di mana di sini banyak tetumbuhan tinggi dan suasana yang masih asri. Pemandangan seperti ini memang memanjakan mata, namun ada hal yang harus kamu hadapi di tempat ini, yakni nyamuk-nyamuk yang ganas.

Sebagai kawasan pantai tropis, nyamuk-nyamuk di Pangandaran besar-besar dan gigitannya tidak hanya meninggalkan sensasi gatal, melainkan juga panas. Oleh sebab itu, lengkapi perbekalanmu dengan anti nyamuk, baik itu yang berbentuk lotion atau spray.

Untuk siang hari, aplikasikan tabir surya secara berkala. Re-apply produknya setelah 4-5 jam untuk melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusak kulit.

9. Sediakan Uang Tunai Secukupnya

Sediakan Uang Tunai Secukupnya

Tips selanjutnya adalah berhubungan dengan uang dan bekal. Meskipun Pangandaran adalah objek wisata populer yang telah dikembangkan puluhan tahun yang lalu, namun tempat ini tidak dilengkapi dengan ATM yang bisa kamu temukan di setiap sudut Pangandaran.


ATM hanya ada di tempat-tempat tertentu yang lokasinya cukup jauh dari kawasan wisata. Nah, daripada repot dengan urusan uang, pastikan kamu menyiapkan uang tunai yang cukup selama di tempat ini.

Siapkan pula dana tidak terduga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama berlibur di Pangandaran. Dana ini akan jadi penyelamatmu saat kamu bertemu dengan hal lain di luar ekspektasi.

10. Gunakan Jasa Pemandu Wisata

 Gunakan Jasa Pemandu Wisata

Jika kamu ingin berlibur di Pangandaran dengan tujuan mengenal lokasi ini lebih detail, gunakanlah jasa pemandu wisata. Mereka akan menemani perjalananmu dan menunjukan lokasi-lokasi menarik dengan informasi yang lebih lengkap.

Selain itu, mereka akan menjadi penyambung lidah yang efektif terutama bagi kamu yang sama sekali tidak berbahasa Sunda. Pasalnya mayoritas masyarakat Pangandaran berasal dari suku Sunda di mana mereka menggunakan Bahasa Sunda dalam percakapan sehari-harinya.

Untuk bisa mendapatkan jasa pemandu wisata, kamu bisa hubungi agen wisata yang ada di Pangandaran. Selain itu, Paguyuban Pemandu Wisata Pangandaran juga menyediakan informasi seputar pemanduan yang kamu butuhkan.

Jika kamu tidak sempat menghubungi agen perjalanan, kamu bisa mendapatkan jasa pemanduan dari pengelola tempat wisata setempat.

Nah, itulah 10 tips berlibur ke Pangandaran yang bisa kamu lakukan sebagai bagian dari persiapan liburan. Persiapan yang matang akan membuat perjalananmu lebih terarah. Berlibur ke Pangandaran banyak menawarkan keseruan yang membuat liburanmu mengasyikan. Jadi, buatlah persiapan yang matang dan menyeluruh.

Jadi, siap berlibur ke pantai yang indah dengan pasir pantainya yang lembut? Nikmati waktu berhargamu dengan teman dan orang yang kamu sayangi agar liburanmu lebih berkesan. Selamat menikmati liburan di Pangandaran.

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram