keluyuran web banner

Mau Liburan Berkesan? Inilah 7 Tips Liburan Murah ke Flores!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 4 Januari 2021

Flores merupakan sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menjadi pulau terbesar. Flores terdiri dari 8 kabupaten, di antaranya Manggarai Barat atau dikenal dengan Labuan Bajo, Manggarai yang dikenal dengan Kota Ruteng, Manggarai Timur, Ngada dikenal dengan Bajawa, Nagekeo, Ende, Sikka dikenal dengan Maumere, dan Flores Timur yang dikenal dengan Larantuka.

Flores memiliki guguran pulau kecil di barat dan timur yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan. Flores dikenal dengan habitat komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo yang terletak di sisi barat Pulau Flores. Sedangkan di timur, ada Pulau Lembata, Alor, dan Adonara karena itulah Flores selalu menarik untuk dikunjungi.

Ketika memutuskan untuk traveling, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Selain waktu libur, budget juga menjadi salah satu hal penting yang membuat orang berpikir dua kali untuk liburan ke luar pulau. Padahal ada banyak alternatif yang bisa dicoba untuk menekan budget dan lebih hemat pengeluaran selama traveling.

Apalagi Flores, khususnya Labuan Bajo begitu terkenal, dan sudah banyak transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Flores. Jika kamu memiliki budget lebih dan waktu liburan yang singkat, transportasi pesawat terbang bisa menjadi pilihan. Namun, bagaimana jika tidak memiliki budget lebih untuk menggunakan transportasi udara?

Kali ini, Keluyuran akan memberikan tips liburan murah ke Flores yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman untuk menikmati keindahan di timur Indonesia. Cara ini cukup efektif dan berkesan ketika kamu mencobanya. Tips yang saat ini dibahas, untuk keberangkatan dari Pulau Jawa dan beberapa kota yang memiliki akses pelabuhan. Jika kamu berasal dari kota lain, bisa disesuaikan dengan kota asalmu.

1. Gunakan Kereta Api

Gunakan Kereta Api

Bagi yang berangkat dari Bandung, Jakarta, Jogja, ataupun Semarang, bisa gunakan moda transportasi kereta api dari kota asal ke Surabaya. Cara yang satu ini efektif untuk menekan biaya dengan waktu yang tebilang cepat. Sesampainya di Surabaya, bisa gunakan kapal laut atau pesawat terbang.

Penerbangan dari Surabaya ke Labuan Bajo jauh lebih murah dibandingkan dari Jakarta atau kota lain di Pulau Jawa. Jadi jika kamu ingin mencoba transportasi yang cepat dan terjangkau, bisa ikuti cara yang satu ini.

2. Gunakan Bus

Gunakan Bus

Alternatif kedua, bisa gunakan bus antar kota antar provinsi sampai Surabaya. Cara ini efektif dilakukan oleh wisatawan yang berasal dari Jawa Timur. Karena Surabaya merupakan akses termudah untuk menuju ke luar pulau, jadi cara yang efektif untuk menekan budget adalah dengan memakai bus menuju ke Surabaya.

Sama halnya dengan kereta api, setibanya di Surabaya kamu bisa memilih alternatif perjalanan laut atau udara. Dari Terminal Bungurasih ke Bandara Internasional Juanda maupun ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bisa gunakan bus DAMRI dengan harga yang terjangkau.

3. Naik Kapal Laut

Naik Kapal Laut

Jika kamu memiliki waktu yang panjang untuk traveling, transportasi laut bisa kamu coba. Ada banyak alternatif yang bisa digunakan. Penyeberangan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sangat lengkap, mulai dari kapal Pelni, kapal swasta, kapal ASDP, hingga kapal untuk pengangkutan barang.

Kapal yang melayani penyeberangan dari Surabaya ke Labuan Bajo, ada Pelni KM. AWU dan KM. Tilongkabila. Sedangkan kapal swasta ada KM. Swarna Bahtera, KM. Niki Sae, dan KM. Niki Barokah. Jadwal penyeberangannya memang tidak menentu, kamu harus menghubungi contact person untuk mengetahui jadwal keberangkatan dari Surabaya menuju Labuan Bajo.

Lama perjalanan dari Surabaya ke Labuan Bajo beda-beda setiap kapalnya. KM. Niki Sae dan KM. Niki Barokah dikenal memiliki waktu tempuh paling cepat, hanya sekitar 26 jam saja. Sedangkan kapal lain memakan waktu sekitar 36 – 40 jam perjalanan. Jika dibayangkan, memang cukup lama waktu tempuhnya namun ketika dijalankan, tidak membosankan.

Harga tiket penyeberangan dari Surabaya ke Labuan Bajo bervariasi, mulai dari Rp300.000 – Rp500.000 untuk kelas ekonomi. Harga yang paling murah sebenarnya kapal Pelni, tapi Pelni waktu tempuhnya terbilang lama karena tidak melakukan penyeberangan langsung, melainkan akan berhenti di beberapa pelabuhan seperti Benoa Bali, dan Bima Sumbawa.

Tak hanya penyeberangan ke Labuan Bajo, jika kamu ingin ke Danau Kelimutu, bisa gunakan KM. Mahkota Nusantara atau KM. Swarna Bahtera yang melayani penyeberangan Surabaya – Ende. Harga tiketnya sekitar Rp450.000 – Rp600.000, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pesawat terbang.

Namun, perjalanan dari Surabaya ke Ende memakan waktu lebih lama, sekitar 56 jam. Sedangkan ke Larantuka atau Maumere, kamu bisa gunakan kappal Pelni dengan waktu sekitar 4 hari. Harga tiket dari Surabaya ke Maumere dan Larantuka sekitar Rp500.000 – Rp700.000 sekali jalan. Jika berasal dari Sulawesi atau daerah lain yang memiliki akses transportasi laut, bisa gunakan kapal Pelni dengan tujuan Labuan Bajo.

Bagi kamu yang ingin mencoba traveling dengan cara yang berbeda, transportasi kapal laut ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Sepanjang perjalanan, kamu bisa berkenalan dengan penumpang lain yang berasal dari berbagai daerah. Jadi, kamu bisa mengenal masyarakat Flores sebelum tiba di Pulau Flores.

4. Melintasi Jalur Darat NTB – NTT

Melintasi Jalur Darat NTB – NTT

Takut dengan perjalanan laut yang lama, atau lebih suka touring? Jalur darat dari Pulau Jawa ke Flores bisa kamu coba. Jika kamu dari Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur, bisa melewati jalur Banyuwangi – Bali – Lombok – Sumbawa – Flores. Cara ini sering digunakan backpackers sebelum adanya penyeberangan langsung dari Surabaya ke Labuan Bajo.

Melintasi jalur darat ini, efektif dilakukan jika kamu malas menunggu jadwal kapal yang tidak menentu, atau tidak betah berada di kapal dalam waktu lama. Apalagi jika kamu suka touring, cara ini efektif untuk menikmati perjalanan menuju ke Flores karena jalur Trans Sumbawa terkenal sebagai surganya para rider.

Menikmati jalur darat menuju Flores tak hanya bisa dilakukan menggunakan motor. Ada juga bus dari Jakarta menuju Bima yang bisa kamu coba. Kemudian dari Bima, dilanjutkan menuju Pelabuhan Sape dan melakukan penyeberangan menggunakan kapal ferry menuju Labuan Bajo.

5. Cek Tiket Promo

Cek Tiket Promo

Alternatif terakhir yang bisa kamu coba untuk liburan murah ke Flores adalah dengan mencari tiket promo. Ada banyak promo dari berbagai maskapai dan aplikasi pemesanan tiket yang bisa kamu gunakan. Saat ada promo penerbangan, bisa langsung memesan untuk tanggal yang diinginkan.

Tiket promo biasanya bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Kamu perlu mempersiapkan biaya dari jauh hari agar saat hari keberangkatan hanya memikirkan budget selama di Flores.

6. Pilih Penginapan Murah

Pilih Penginapan Murah

Di berbagai kota di Indonesia, sudah disediakan banyak penginapan murah untuk menekan budget selama melakukan perjalanan, mulai dari hostel, hotel bintang 2, sampai homestay dengan harga terjangkau. Di Flores juga sudah disediakan banyak penginapan murah yang ramah di kantong para pejalan.

Labuan Bajo menyediakan penginapan dengan range harga mulai dari Rp85.000/orang/malam. Penginapan tersebut ada yang berbentuk hostel dan hotel. Sedangkan di Kota Ruteng, ada beberapa penginapan murah dengan harga Rp80.000/orang/malam. Di Ende ada penginapan mulai dari Rp50.000/orang/malam untuk satu kamar berkapasitas dua orang.

Tak hanya menginap di penginapan, di beberapa daerah di Flores juga sudah menyediakan rumah singgah bagi para backpacker yang membutuhkan tempat menginap. Rumah singgah bukan hanya menyediakan tempat gratis untuk menginap, tetapi juga bisa mendapat teman baru dari berbagai daerah.

7. Makanan Murah

Makanan Murah

Sebenarnya, Flores terbilang mahal untuk urusan makanan. Di sana, tidak banyak warung nasi seperti di Jawa, dan kalau pun ada, harganya terbilang cukup mahal. Kamu perlu mengakali bagaimana menekan budget untuk makanan.

Berdasarkan pengalaman, di Flores lebih murah makanan Padang dibandingkan makanan Jawa. Jadi, kamu bisa menekan budget dengan membeli masakan Padang yang mudah ditemukan di Flores. Range harga untuk sekali makan, mulai dari Rp10.000/porsi. Terbilang murah dibandingkan makanan Jawa yang bisa Rp20.000/porsi.

Itulah 7 tips liburan murah ke Flores yang bisa kamu coba. Perjalanan dalam waktu yang panjang sangat memungkinkan untuk liburan dengan budget terbatas. Dengan sistem backpacking atau hitch hiking dengan menumpang kendaraan juga bisa menekan budget untuk liburan. Yuk, lakukan perjalanan yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga berkesan!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram