Keluyuran / Wisata Jawa Tengah / 8 Destinasi Wisata Alam di Salatiga, Kota Terindah di Jawa Tengah

8 Destinasi Wisata Alam di Salatiga, Kota Terindah di Jawa Tengah

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2019

Salatiga merupakan kota kecil yang terletak di selatan Kota Semarang dan merupakan jalur lintas Semarang – Solo. Berada di daerah kaki Gunung Merbabu, Salatiga memiliki ketinggian antara 450 – 825 meter di atas permukaan laut, karena itu kota kecil ini berhawa sejuk dan udaranya segar. Gunung lain yang mengelilingi Salatiga yaitu Gajah Mungkur, Telomoyo, dan Payung Rong. 

Salatiga disebut sebagai kota terindah di Jawa Tengah dan nyaman untuk ditinggali karena kotanya tenang dan sejuk. Hal itu tak lepas dari banyaknya wisata alam yang terdapat di Kota Salatiga. Bagi kamu yang sering melintasi jalur Semarang – Solo, jangan lupa untuk kunjungi 8 tempat wisata alam yang ada di Kota Salatiga. Disimak, ya!

1. Air Terjun Umbul Songo 

a (Copy)

 

 

Air Terjun Umbul Songo terletak di perbatasan Kabupaten Semarang dan Salatiga, tepatnya berjarak 17.5km dari pusat Kota Salatiga. Diapit oleh Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo, wisata alam satu ini wajib kamu kunjungi. Jika kamu menggunakan mobil, membutuhkan waktu kurang lebih 35 menit untuk sampai di tempat wisata ini. 

Nama “Umbul Songo” diartikan sebagai sembilan mata air yang ditemukan oleh para wali pada zaman kerajaan Demak. Karena air terjun ini berasal dari beberapa mata air, yaitu sumber mata air Tekelan, Contrem Tayengan, Selodhuwur, Kopeng, Pang Jero, dan Kali Sati. Di sini terdapat pula bumi perkemahan yang bisa digunakan untuk pengunjung.

  • Alamat : Dukuh, Kopeng, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : 07.00 – 18.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000

 

2. Wisata Tlogo Plantation

b (Copy)

 

Ingin berwisata dengan nuansa kebun? Di Salatiga, terdapat Tlogo Plantation yang indah dan berhawa sejuk. Di sini, kamu bisa melakukan tour ke kebun kopi, mengajak anak berkebun, dan menginap di resort dengan nuansa alam. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap yang akan membantu liburanmu lebih menyenangkan.

Wisata Tlogo Plantation terletak di Tuntang, berjarak 11 km dari Kota Salatiga dan dapat ditempuh 25 menit menggunakan mobil. Setelah tiba di lokasi, kamu akan disambut dengan pemandangan hijaunya kebun dan pepohonan yang memberikan kesan teduh. Di sini juga terdapat kolam pemancingan dan kebun buah-buahan.

  • Alamat : Delik, Tuntang, Kabupaten Salatiga, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp40.000

 

3. Bukit Cinta

c (Copy)

 

Foto : https://bukanrastaman.com/2015/02/23/menikmati-pagi-di-bukit-cinta-rawa-pening/ 

Tak hanya Labuan Bajo, di Salatiga juga terdapat Bukit Cinta yang berada di kawasan Rawa Pening. Secara geografis, Bukit Cinta terletak di Kabupaten Semarang. Namun, karena lokasinya berada di sebelah selatan Kota Semarang dan dekat dengan Kota Salatiga, maka tempat ini bisa jadi pilihan ketika berlibur ke Jawa Tengah, khususnya Salatiga.

 Nama Bukit Cinta didapat dari pengunjung yang datang bersama kekasih dan menjadikan tempat ini untuk menghabiskan momen. Pemandangan bukit hijau dan Danau Rawa Pening dapat kamu lihat di sini. Kamu pun bisa menyewa perahu seharga Rp40.000 untuk berkeliling danau dan menikmati keindahan alam.

  • Alamat : Kebondowo, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp6.500/orang, Sabtu – Minggu Rp7.500/orang

 

4. Desa Wisata Tingkir Lor

d (Copy)

 

Foto : http://fedep.salatigakota.go.id/2015/02/24/preview-desa-wisata-tingkir/

Salatiga tak lepas dari udara yang sejuk dan asri. Di sini terdapat desa wisata yang berlokasi di Tingkir, Kota Salatiga. Lokasinya, cukup mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum maupun pribadi karena dekat dengan Gerbang Tol Salatiga, dan jika naik bus bisa turun di Terminal Tingkir. 

Meskipun terlihat seperti desa pada umumnya, di Desa Wisata Tingkir Lor terdapat banyak para pelaku usaha dari berbagai bidang. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Kota Salatiga di sini. Selain itu, kamu bisa bersantai di gazebo tengah sawah dan disuguhkan pemandangan gagahnya Gunung Merbabu dari arah barat.

  • Alamat : Tingkir Lor, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

 

5. Agrowisata Gunung Sari Kopeng

e (Copy)

 

Foto : https://travel.kompas.com/read/2019/03/12/110400827/menikmati-alam-utara-merbabu-di-agrowisata-kopeng-gunungsari

Ingin berwisata kebun? Di Salatiga, kamu perlu datang ke Agrowisata Gunung Sari Kopeng. Terletak di kaki Gunung Merbabu, disini kamu dapat menikmati udara khas pegunungan sambil berwisata petik jambu ataupun bersantai di taman bunga.

Agrowisata Gunung Sari Kopeng berdekatan dengan Umbul Songo, jadi ketika berkunjung ke sini kamu bisa mengunjungi keduanya dalam satu waktu. Tak hanya itu, di wilayah Kopeng cukup banyak tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Salatiga.

  • Alamat : Kopeng, Getasan, Kota Salatiga
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 20.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp15.000/orang

 

6. Sumber Mata Air Senjoyo

f (Copy)

 

Foto : https://www.instagram.com/p/BrXux8kFXJY/

Masih berada dalam satu kawasan lereng Gunung Merbabu, terdapat tempat yang merupakan kawasan resapan porus, dimana tempat ini mampu menyimpan air selama musim hujan. Hasil resapan air keluar melalui Umbul Senjoyo di Salatiga, sehingga air di kawasan ini memiliki tingkat kejernihan yang sangat tinggi.

Umbul Senjoyo dihidupi ikan koi yang berjumlah banyak. Di sini, kamu bisa memberi makan ikan, hingga berenang bersama ikan. Berada di ketinggian 650 mdpl, udara disini cukup sejuk dan airnya sangat segar. Tak heran tempat ini cukup ramai dikunjungi, terutama pada hari libur dan akhir pekan.

  • Alamat : Jalan Senjoyo IV, Kadipurwo, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp2.000/orang

 

7. Taman Kota Salatiga

g (Copy)

 

Foto : https://www.instagram.com/p/BbjVZx2BOci/

Bermain di taman kota atau Alun-Alun, merupakan hal yang sangat sering dilakukan oleh wisatawan dari luar kota. Sama halnya seperti Taman Kota Salatiga yang selalu ramai oleh pengunjung dari dalam dan luar kota. Di sini, terdapat Masjid Roudlotul Jannah, macam-macam tumbuhan, dan beberapa jenis hewan yang dapat mengedukasi anak.

Saat masuk ke area Taman Kota Salatiga, kamu perlu menuruni tangga dan dapat melihat sirkuit BMX yang biasa digunakan untuk bermain maupun mengadakan event komunitas penyuka BMX di Salatiga. Bagi yang membawa anak, di sini juga terdapat wahana permainan anak-anak. Dengan lengkapnya fasilitas yang ada, Taman Kota menjadi tujuan yang perlu dikunjungi.

  • Alamat : Kumpulrejo, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

 

8. Gunung Merbabu

h (Copy)

 

Foto : https://www.manusialembah.com/2015/09/pendakian-gunung-merbabu-3142-mdpl-via.html

Gunung ini sudah tidak asing di kalangan pendaki maupun non pendaki. Gunung yang secara administratif berada di Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Salatiga ini merupakan gunung api tipe Strato dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut. 

Pendakian ke Gunung Merbabu dapat dilakukan melalui jalur Selo, Wekas, Suwanting, Chuntel, dan Tekelan. Jalur Selo merupakan jalur paling digemari pendaki karena pemandangannya yang indah dan jalurnya tidak terlalu terjal. Jika ingin naik atau turun gunung melalui Salatiga, bisa menggunakan jalur Tekelan.  Gunung Merbabu, wajib kamu daki jika berlibur ke Salatiga.

  • Alamat : Boyolali, Magelang, Semarang, Salatiga, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp15.000/orang
  • Kontak : 0812-3284-2701 / 0276 – 3293341, Tekelan 0853-2500-8322, Selo 0812-7824-7737, Suwanting 0858-4050-4005, Wekas 0857-4054-0436

   Kota Salatiga ini cukup terkenal karena gerbang tol yang disebut sebagai gerbang tol terindah pertama di Indonesia. Salatiga menyimpan ragam wisata yang bisa dikunjungi dan tak hanya wisata alamnya saja yang menarik. Penasaran dengan Kota Salatiga? Kemas barangmu, dan yuk Keluyuran ke tempat wisata lainnya di Salatiga!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar