Liburan Singkat ke 9 Tempat Wisata Dekat Stasiun Malang

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Malang merupakan kota administrasi di Jawa Timur yang dikenal dengan pariwisatanya. Kota Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Jawa Timur. Kota Malang memiliki titik tertinggi 667 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika kota yang dijuluki sebagai ‘Kota Apel’ ini memiliki suhu yang cukup dingin.

Malang menyimpan banyak sekali destinasi wisata menari mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kota, hingga wisata kuliner bisa kamu temukan di sini. Tak perlu jauh-jauh mencari tempat wisata, di dekat Stasiun Malang Kota Baru juga ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi.

Ingin liburan singkat ke Malang? Kunjungi 9 tempat wisata dekat Stasiun Malang berikut ini dulu yuk!

1. Alun-Alun Tugu

Alun-Alun Tugu

Alun-Alun Tugu merupakan alun-alun pertama yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Kota Malang. Alun-Alun Tugu disebut juga sebagai Alun-Alun Bundar, berjarak kurang lebih 300 meter dari Stasiun Malang Kota Baru. Alun-Alun Tugu dibangun pada tahun 1920 pada zaman penjajahan Belanda. Hal unik dari Alun-Alun ini adalah kolam teratai yang mengelilingi tugu.

Alun-Alun Tugu lokasinya berdekatan dengan Balai Kota Malang. Tepatnya berseberangan langsung dengan Balai Kota. Alun-Alun ini berada di tengah-tengah jalan yang menjadi simpang antara Jalan Suropati, Jalan Majapahit, Jalan Kertanegara, serta Jalan Kahuripan. Alun-Alun Tugu merupakan simbol kekuasaan kolonial Belanda di Kota Malang.

  • Alamat : Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

2. Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo

* sumber: jelajahmalangku.blogspot.com

Tiba di Stasiun Malang, kamu bisa mengunjungi salah satu taman di Kota Malang yang letaknya berseberangan dengan Stasiun Malang, tepatnya di ujung Jalan Kertanegara. Taman yang satu ini tentu tidak asing bagi pengguna transportasi online, karena Taman Trunojoyo merupakan tempat dimana transportasi online menaikkan penumpang.

Jika kamu tak memiliki waktu banyak di Kota Malang, atau ingin bersantai sejenak sambil menunggu waktu keberangkatan kereta, maka Taman Trunojoyo bisa jadi pilihan. Taman Trunojoyo terdapat dua bagian yang terpisahkan oleh jalan raya. Ada Taman Trunojoyo Utara dan Taman Trunojoyo Selatan.

  • Alamat : Jl. Trunojoyo, Klojen, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

3. Kampung Tridi

Kampung Tridi

* sumber: catatanwisata.com

Bergeser ke sisi selatan Stasiun Malang Kota Baru, terdapat Kampung Tridi. Tempat ini mulanya dikenal sebagai perkampungan yang kumuh dan tidak terawat. Namun akhirnya, perkampungan di tengah kota Malang ini dihiasi dengan mural berwarna-warni yang memiliki nilai seni tinggi.

Kampung Tridi mulai dibuat pada tahun 2016 sebagai keperluan untuk acara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Warga setempat mengecat tembok yang kemudian sisa dari cat tersebut digunakan untuk membuat gambar ikan hiu dan monyet pada gapuranya. Karena hasilnya cukup unik, akhirnya dibuatlah lukisan tiga dimensi pada dinding rumah yang sangat menarik.

  • Alamat : Jl. Temenggungan Ledok, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang
  • Operasional : 08.00 – 19.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang

4. Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung unik yang satu ini, tentu tidak asing lagi. Kampung Warna-Warni Jodipan atau disebut juga Kampung Pelangi merupakan pemukiman penduduk yang sangat unik. ratusan rumah di Kampung Jodipan dicat dengan 17 warna cerah yang bermacam-macam. Tak hanya dindingnya saja, atap rumah pun dicat dengan warna yang cerah.

Tak jauh beda dengan Kampung Tridi, Kampung Jodipan mulanya merupakan perkampungan yang kumuh yang tidak terawat. Kemudian delapan mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapat tugas Public Relation 2 yang akhirnya menggagas ide untuk mengubah Kampung Jodipan menjadi lebih berwarna.

  • Alamat : Jodipan, Blimbing, Kota Malang
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang

5. Kampung Biru Arema

Kampung Biru Arema

Tak hanya Kampung Warna-Warni Jodipan saja yang berwarna unik. Tepat di seberang Kampung Jodipan, terdapat Kampung Biru Arema yang setiap bangunannya dicat berwarna biru, identitas dengan tim sepak bola Arema.

Kampung Biru Arema diresmikan pada tahun 2018 yang diresmikan Walikota Malang sebagai kampung tematik. Selain cat bangunan berwarna biru yang terkesan unik, Kampung Biru Arema juga akan dibangun Museum Arema yang berisikan sejarah mengenai klub sepak bola Arema dan ikon legenda Arema.

  • Alamat : Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

6. Brawijaya Edupark Senaputra

Brawijaya Edupark Senaputra

Jika membawa anak-anak ketika berlibur ke Kota Malang, tak ada salahnya untuk menikmati wahana di Brawijaya Edupark Senaputra. Taman rekreasi ini menyediakan wahana yang cocok untuk anak usia playgroup, TK hingga SD seperti bianglala kecil, komedi putar, hingga kolam renang anak.

Brawijaya Edupark Senaputra terletak tidak jauh dari Alun-Alun Tugu dan Alun-Alun Kota Malang. Sangat strategis dan tentunya mudah diakses dari Stasiun Malang Kota Baru. Ruang terbuka hijau yang juga menjadi taman bermain anak ini ramai dikunjungi terutama pada libur akhir pekan.

  • Alamat : Jl. Kahuripan No. 1, Klojen, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp12.000 – Rp15.000

7. Kampoeng Heritage Kajoetangan

Kampoeng Heritage Kajoetangan

Jika sebelumnya sudah membahas tentang kampung unik yang berwarna-warni, kini saatnya membahas kampung yang sangat unik di Kota Malang. Kampoeng Heritage Kajoetangan merupakan sebuah kampung yang terdapat banyak sekali bangunan tua yang masih terawat hingga saat ini.

Kampoeng Heritage Kajoetangan memiliki spot yang sangat menarik. Mulai dari bangunan-bangunan dengan model rumah tua hingga peralatan rumah antik bisa kamu temukan di sini. Berfoto di sini tidak dikenakan biaya, tetapi ada beberapa spot yang dikenakan biaya. Spot foto ini sangat klasik dan menarik.

  • Alamat : Jl. Arif Rahman Hakim, Kauman, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

8. Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang

* sumber: dolandolen.com

Jalan-jalan ke satu kota, rasanya tak lengkap jika tidak mampir ke Alun-Alun kota. Tak jauh dari Stasiun Malang Kota Baru, terdapat Alun-Alun Kota Malang yang jaraknya hanya 1 km dari Alun-Alun Tugu. Ruang terbuka hijau ini ditumbuhi pepohonan yang meneduhkan. Alun-Alun Malang Kota Baru berseberangan dengan Masjid Agung Malang dan pusat perbelanjaan.

Alun-Alun Kota Malang dilengkapi dengan kursi permanen, wahana bermain anak, serta aneka jajanan yang bisa menemani waktu santai di Malang. Alun-Alun Kota Malang selalu ramai dikunjungi untuk sekadar rekreasi atau kuliner.

  • Alamat : Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

9. Masjid Agung Jami’ Kota Malang

Masjid Agung Jami’ Kota Malang

Masjid Agung Jami’ Malang merupakan masjid besar di Kota Malang yang letaknya berseberangan dengan Alun-Alun Kota Malang. Masjid ini dibangun di atas lahan 3.000 m2, dan dibangun dalam dua tahap. Pertama, Masjid Agung Jami’ Malang dibangun pada tahun 1890 dan tahap kedua dibangun pada tahun 1903.

Masjid Agung Jami’ Malang berbentuk bujur sangkar dengan perpaduan dari dua gaya, yaitu bangunan gaya Jawa dan gaya Arab. Terdapat pilar sejumlah 20 buah dan empat soko guru yang dibuat dari kayu jati. Uniknya, di sini wilayah suci atau sakral dibedakan ketinggiannya. Masjid Agung Jami’ Malang wajib dikunjungi bagi umat muslim yang berkunjung ke Malang.

  • Alamat : Jl. Merdeka Barat No. 3, Kauman, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

Itulah 9 destinasi wisata di Kota Malang dekat stasiun yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Kota Malang. Jika tidak memiliki waktu banyak untuk explore Malang, atau menjadikan Kota Malang sebagai transit sebelum ke Banyuwangi, maka informasi di atas dapat membantu agar waktu singkatmu di Malang bisa lebih menyenangkan. Yuk, dolanan nang Ngalam!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram