Lewat Jalur Pantura? Kunjungi 9 Tempat Wisata di Pemalang Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pemalang merupakan kota kecil di Jawa Tengah yang letaknya berada di sebelah timur Tegal, dan di sebelah barat Pekalongan. Kalau kamu tinggal di Jawa Tengah dan sering mudik lewat jalur pantai utara, pasti sudah tidak asing dengan kota yang satu ini. Pemalang adalah salah satu kota yang akan kamu lewati jika melintasi jalur pantai utara.

Bicara soal pantai utara yang terkenal panas dan gersang, bukan berarti daerah ini tidak memiliki tempat wisata yang menarik. Jika di Semarang kamu bisa ke Kota Lama, di Pemalang kamu juga bisa lho kamu jadikan sebagai salah satu destinasi liburan. Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan 9 tempat wisata di Pemalang yang bisa dikunjungi bareng keluarga!

1. Kedung Mbulet

Kedung Mbulet

Kamu suka bermain air? Di Pemalang, ada Wisata Kedung Mbulet yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun dengan sumber air yang masih alami dengan suasana asri, asyik dikunjungi di tengah panasnya jalur pantai utara. Wisata Kedung Mbulet cukup ramai didatangi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Wisata Kedung Mbulet hampir tidak tersentuh pembangunan pemerintah. Jadi suasananya masih sangat alami. Meskipun jaraknya cukup jauh dengan Pemalang Kota, Kedung Mbulet menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Pemalang, ataupun sedang melewati kota ini.

  • Alamat : Dusun Sigenting, Walangsanga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

2. Rainbow Rafting Randudongkal

Rainbow Rafting Randudongkal

Kalau di Kedung Mbulet kamu bisa bermain air sambil bersantai, di tempat ini kamu bisa bermain air sambil menguji adrenalinmu. Namanya, Rainbow Rafting Randudongkal. Wisata bermain air dengan mengguanakn ban karet besar yang dibuat untuk melewati arus besar. Kamu perlu menggunakan helm dan life jacket agar selalu aman.

Track yang dilalui jaraknya berbeda-beda, mulai dari 5,5 km hingga 8,5 km. Kalau kamu suka menguji adrenalin, track 8,5 km pasti lebih seru! Kegiatan ini, bisa kamu lakukan di Kabupaten Pemalang. Jika kamu datang satu grup besar, kamu bisa menghubungi contact person untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

  • Alamat : Jl. Raya Moga – Randudongkal KM. 5 No. 99, Desa Kecepit, Moga, Warungpring, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket Masuk : Rp135.000 untuk track 6 km
  • No. Tlp : 0877 – 4999 – 4077

3. Pantai Widuri

Pantai Widuri

Berada di jalur pantai utara, Pemalang tentu tidak lepas dari wisata pantai yang bisa kamu kunjungi ketika melintasi jalur ini. Salah satunya Pantai Widuri. Namun, namanya pantai utara, berbeda dengan pantai selatan yang berpasir putih bersih. Pantai Widuri memiliki pasir hitam dan ombak yang cukup tenang. Meski begitu, pantai ini tetap worthed dikunjungi.

Pantai ini sebenarnya dikenal dengan Pantai Tlincing, nama Widuri diambil dari legenda Nyi Widuri, merupakan seorang wanita cantik yang hidup di desa sekitar pantai. Kini, desa tersebut dikenal dengan Desa Widuri. Di pantai ini, terdapat jembatan dermaga yang bisa kamu gunakan untuk berswafoto. Lengkap pula dengan berbagai fasilitas penunjang wisata lainnya.

  • Alamat : Jl. Yos Sudarso, Widuri, Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000

4. Curug Duwur Pemalang

Curug Duwur Pemalang

Bermain di air terjun di tengah panasnya jalur pantura, pasti sangat menyenangkan. Kalau kamu sedang melewati pantura, sempatkan untuk bermain di Curug Duwur, Pemalang. Curug ini lokasinya cukup jauh dari perkampungan warga. Meskipun begitu, warga di sekitar jalur menuju Curug Duwur akan menyambutmu dengan sangat ramah.

Sesuai dengan namanya, Curug Duwur ini cukup tinggi. Terletak di hutan antara perbukitan, suasana di Curug Duwur sangat alami dan sangat indah. Dari area parkir, kamu perlu berjalan kaki sekitar 30 menit melewati persawahan yang luas, dan bukit dengan pohon pinus yang menjulang. Udara di sini sangat sejuk!

  • Alamat : Dusun Karang Pucung, Wanarata, Bantarbolang, Kabupaten Pemalang
  •  Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  •  Harga Tiket Masuk : Rp5.000

5. Telaga Rengganis

Telaga Rengganis

Jika di Dieng ada Telaga Warna, Pemalang juga memiliki Telaga Rengganis. Tempat wisata yang menyajikan pemandangan telaga berwara hijau, dilengkapi dengan pepohonan yang menghiasi sekeliling. Cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Indahnya pemandangan yang disajikan, benar-benar membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Berjarak 60 km dari Kota Pemalang, jalur menuju Telaga Rengganis cukup menguras energi. Sesampainya kamu di sini, akan dimanjakan oleh pemandangan yang ada. Telaga ini memiliki luas 1 hektar dengan air yang masih jernih dan segar. Di sini sudah disediakan berbagai fasilitas penunjang wisata seperti toilet, tempat istirahat, serta musholla.

  • Alamat : Kadedelan, Gapura, Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000

6. Kebun Teh Semugih

Kebun Teh Semugih

Jika di Bandung ada Kebun Teh Ciater dan Kebun Teh Ciwalini, di Pemalang ada Kebun Teh Semugih yang dikelola oleh PTPN IX dengan luas 400 hektar. Dalam 400 hektar, kini hanya 280 hektar yang berproduksi dan menghasilkan daun teh. Sisanya masih dalam tahap regenerasi. Meski begitu, tempat ini wajib kamu kunjungi. Apalagi, jika senang bermain di kebun teh.

Jika kamu datang dari luar kota, tak perlu khawatir akan tempat menginap. Di sini sudah disediakan fasilitas penunjang wisata seperti diantaranya mushola, kamar mandi, penginapan, dan yang terpenting area parkir. Tempat ini juga menyediakan permainan outbound. Seru dijadikan destinasi pilihan ketika libur akhir pekan!

  • Alamat : Jl. Raya Moga – Pulosari KM. 02, Simadu Barat, Banyumodal, Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 21.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp3.500
  • No. Tlp : 0822 – 1405 – 9292

7. Gunung Mendelem

Gunung Mendelem

Kamu suka kegiatan mendaki? Di Pemalang, ada Gunung Mendelem yang memiliki ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut. Gunung ini, dikenal juga dengan Gunung Jimat. Itu karena, di Gunung Mendelem terdapat makam suami istri dari keturunan Raja Kebun Agung. Di sini biasa diadakan kegiatan ritual.

Selain itu juga, warga setempat yakin di Gunung Mendelem tersimpan benda-benda pusaka serta jimat keberuntungan yang menjadi keagungan dan kekuatan para pemimpin. Namun, kamu tak perlu takut. Gunung Mendelem tetap menyajikan indahnya pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

  • Alamat : Desa Mendelem, Belik, Kabupaten Pemalang. Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000

9. Curug Gong Randudongkal

Curug Gong Randudongkal

Jika sebelumnya membahas Rainbow Rafting Randudongkal, kini membahas curug atau air terjun yang masih berada di dalam satu kawasan. Yaitu, Curug Gong Randudongkal. Tempat ini masih terbilang baru dijadikan sebagai tempat wisata. Sebelumnya, hanya digunakan masyarakat setempat, dan terkadang ada yang melakukan ritual semedi.

Curug Gong memiliki bentu berundak-undak seperti anak tangga. Terdapat 12 undakan di air terjun ini. Di sini sudah disdiakan pula warung yang bisa kamu singgahi untuk sekadar membeli minum dan cemilan. Jika ingin berenang di sini, perlu berhati-hati karena kedalamannya yang paling dalam, mencapai 7 meter.

  • Alamat : Sawah Dan Hutan, Kajene, Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp3.000
  • No. Tlp : 0813 – 1036 – 2531

10. Bukit Kukusan

Bukit Kukusan

Kabupaten Pemalang, jaraknya tidak terlalu jauh dengan Gunung Slamet. Di sini, terdapat Bukit Kukusan yang letaknya berada di kaki Gunung Slamet. Jika kamu suka berswafoto, di sini terdapat rumah pohon yang bisa digunakan untuk berfoto, istirahat, dan melihat Gunung Slamet dari kejauhan.

Udara di sini sangat sejuk dan masih asri. Menjadi tempat yang cocok buat kamu yang suka dengan suasana khas pegunungan. Di sekitar sini pun terdapat beberapa bukit yang bisa kamu kunjungi. Jadi wisata ke Pulosari akan ada banyak bukit bukit cantik di kaki Gunung Slamet.

  • Alamat : Jl. Raya Moga – Guci, Gunung Sambung, Gambuhan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 17.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp3.000

Demikian informasi 9 tempat wisata di Pemalang yang wajib kamu kunjungi. Kota Pemalang, beda dengan Kota Malang ya. Semoga informasi dari Keluyuran berguna buat kamu yang berencana liburan ke Jawa Tengah atau hendak berpergian lewat jalur pantai utara.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *