Jelajah Alam Jawa Tengah, Ini 10 Tempat Wisata di Temanggung

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Temanggung merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo. Sebagian besar wilayah di Temanggung merupakan dataran tinggi, dan sebagian masuk ke dalam bagian Dataran Tinggi Dieng. Temanggung dikenal dengan wisata alamnya yang menarik.

Kabupaten Temanggung menjadi kota perlintasan yang menghubungkan Semarang – Purwokerto dan Semarang – Yogyakarta. Temanggung menjadi lebih dikenal dengan adanya jalur pendakian Gunung Sindoro yang merupakan rangkaian dari 3S di Jawa Tengah.

Di Temanggung, ada banyak tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Ingin tahu apa saja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!

1. Embung Kledung

Embung Kledung

* sumber: camerawisata.com

Embung Kledung merupakan tempat wisata di Temanggung yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Dalam bahasa Jawa, “Embung” berarti “Bendungan”. Embung ini sebelumnya merupakan lahan tembakau yang akhirnya menjadi bendungarn air dan tempat budidaya ikan. Di sini, kamu akan melihat pemandangan yang sangat menarik.

Embung Kledung menyajikan pemandangan berlatar gagahnya Gunung Sumbing. Letaknya yang berada di kaki gunung, membuat tempat ini memiliki udara yang dingin dan sejuk. Embung Kledung berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung. Jadi, selain dari Temanggung, kamu juga bisa mengakses melalui Wonosobo.

  • Alamat: Jl. Raya Parakan – Wonosobo KM. 12, Kledung, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp3.000/orang

2. Hutan Pinus Sigrowong

Hutan Pinus Sigrowong

* sumber: penakata.com

Temanggung memiliki hutan pinus yang tak lepas dari cerita sejarah. Namanya Hutan Pinus Sigrowong, atau disebut juga Taman Gua Sigrowong. Di hutan pinus ini terdapat sebuah gua dengan kedalaman 7 meter yang pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian para Tentara Pelajar di Temanggung pada tahun 1949 – 1950.

Kini, Hutan Pinus Sigrowong menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling diminati di Temanggung. Hutan yang masih rimbun dan asri menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu,  hutan pinus ini juga dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan event offroad sekelas nasional. Ada juga gazebo dan camp area yang nyaman, bisa untuk mengisi hari liburmu.

  • Alamat: Kandangan Rowo Seneng, Hutan, Gesing, Kandangan, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

3. Posong Kledung

Posong Kledung

Menyaksikan matahari terbit menjadi kegiatan yang menyenangkan ketika liburan. Di Temanggung, kamu bisa menyaksikan matahari terbit ditemani pemandangan tujuh gunung sekaligus. Posong Kledung menyajikan pemandangan alam berlatar Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu, Ungaran, Telomoyo, dan Muria dari kejauhan.

Waktu terbaik untuk datang ke Posong Kledung adalah pagi hari sebelum matahari terbit. Tempat ini buka mulai pukul 4 pagi. Jadi, kalau kamu ingin melihat sunrise maka datang lebih awal, ya. Karena dari tempat parkir sampai ke tempat untuk melihat sunrise membutuhkan waktu 1 jam dengan berjalan kaki.

  • Alamat: Jl. Sindoro, Tlahap, Temanggung, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 04.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp7.000/orang

4. Alam Sewu

Alam Sewu

Alam Sewu merupakan destinasi wisata alam di Temanggung dimana kamu bisa menyaksikan sunrise dan sunset di tempat yang sama. Selain itu, kamu bisa melihat Kabupaten Temanggung dari ketinggian. Jika datang saat pagi hari sebelum matahari terbit, maka kamu akan melihat Temanggung yang diselimuti kabut.

Perjalanan menuju Alam Sewu, kamu perlu melalu jalur berbatu, berkelok, dan menaiki bukit. Setibanya di Alam Sewu, kamu akan melihat pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi yang berdampingan, serta gagahnya Gunung Sindoro. Kamu bisa melihat pemandangan lebih jelas dari gardu pandang yang disediakan pengelola wisata.

  • Alamat: Giripurno, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

5. Sedengkeng Pass

Sedengkeng Pass

* sumber: travelingyuk.com

Menikmati pemandangan kota dari ketinggian menjadi salah satu yang wajib dilakukan ketika liburan ke Temanggung. Sedengkeng Pass merupakan destinasi wisata yang masih terbilang baru, tetapi menyajikan pemandangan indah menyenangkan bagi siapapun. Berada di ketinggian 1823 meter di atas permukaan laut, kamu bisa melihat Temanggung lebih luas.

Sedengkeng Pass menyajikan pemandangan gagahnya Gunung Sindoro dari kejauhan, dan lembah Sumbing yang memesona dengan udara sejuk khas pegunungan. Pengelola wisata sudah menyediakan spot gardu pandang untuk melihat pemandangan lebih jelas lagi. Tak hanya bersantai di sini, kamu pun bisa berkemah dengan spot yang menarik.

  • Alamat: Peterangan, Kledung, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 05.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000 / Camp : Rp10.000

6. Mijil Loka

Mijil Loka

* sumber: nyero.id

Tak hanya Sedengkeng Pass, di Temanggung ada Mijil Loka yang menjadi tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit. Terletak di kaki Gunung Sindoro, Mijil Loka menyajikan golden sunrise yang sangat memesona. Dari puncak Mijil Loka, kamu dapat melihat Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, dan Merbabu dengan gagahnya.

Seperti halnya Sedengkeng Pass, pengelola wisata Mijil Loka juga menyediakan gardu pandang, dimana kamu bisa melihat pemandangan lebih luas dan bisa menjadi spot untuk berfoto. Pemandangan matahari terbit di Mijil Loka tak kalah indahnya dengan sunrise dari puncak gunung.

  • Alamat: Candisari, Bansari, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

7. Curug Titang

Curug Titang

Berada di kaki gunung, Kabupaten Temanggung menyimpan banyak air terjun menarik yang bisa dikunjungi. Salah satu diantaranya adalah Curug Titang. Air terjun ini masih satu aliran dengan Sungai Lungge di Temanggung. Aliran air yang jernih dan area kolam alami yang cukup luas, membuat air terjun ini patut dikunjungi.

Jika kamu suka dengan aktivitas wisata air, tepat sekali datang ke air terjun ini. Curug Titang sering kali dijadikan sebagai area rafting. Selain itu, hal menarik dari Curug Titang adalah seding diadakan ritual keagamaan oleh masyarakat setempat sehari sebelum Ramadan dan saat hari raya Idul Fitri, maupun Idul Adha. Masyarakat akan mandi di sungai untuk menyambut hari suci tersebut.

  • Alamat: Jl. Raya Temanggung Tembarak, Ketitang, Nampirejo, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

8. Bukit Sikendil

Bukit Sikendil

* sumber: travel.kompas.com

Terletak di area pegunungan, Temanggung memiliki gunung tinggi serta bukit yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk latihan mendaki. Bukit Sikendil, atau disebut juga dengan Gunung Kendil merupakan bukit dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Bukit Sikendil bisa diakses melalui Kabupaten Temanggung atau Kabupaten Wonosobo.

Bukit Sikendil dikenal dengan sunrise yang memesona. Dari puncak Bukit Sikendil, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan empat gunung tinggi di Jawa Tengah. Yakni Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Selain itu kamu juga akan disuguhkan pemandangan Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran.

  • Alamat: Sibajag, Candiroto, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

9. Candi Pringapus

Candi Pringapus

Kabupaten Temanggung tidak lepas dari cerita sejarah yang memiliki nilai budaya dan edukasi. Terdapat berbagai candi di Temanggung, salah satunya adalah Candi Pringapus. Candi yang dibangun pada tahun 850 Masehi ini terdapat arsitektur Hindu Syiwa. Candi Pringapus dibangun untuk memuja Dewa Syiwa dan merupakan replika Mahameru.

Candi Pringapus berdiri di atas lahan seluas 29,86 m2. Terdapat Prasasti Argapura dengan angka 852 M yang dinilai sebagai tahun terselesaikannya pembangunan Candi Pringapus. Candi ini terlihat sangat indah dengan pahatan yang sangat halus, sehingga Candi Pringapus dinilai memiliki citra seni yang sangat tinggi. Kamu perlu mengunjungi tempat ini jika senang dengan wisata sejarah.

  • Alamat: Pringapus, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

10. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro

* sumber: www.superadventure.co.id

Gunung Sindoro merupakan salah satu dari rangkaian Triple-S Jawa Pulau Jawa yang diantaranya ada Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet. Gunung ini cukup terkenal di kalangan pendaki. Diantara rangkaian Triple-S, Gunung Sindoro memiliki ketinggian paling rendah, yaitu 3.152 meter di atas permukaan laut.

Pendakian Gunung Sindoro yang paling terkenal adalah jalur Kledung yang berada di Kabupaten Temanggung. Pendakian akan melalui 3 pos sebelum akhirnya sampai di Puncak Gunung Sindoro. Puncak Sindoro merupakan dataran di bibir kawah dengan luas 210 x 150 meter. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan gagahnya Gunung Sumbing.

  • Alamat: Sigaplok, Kledung, Kabupaten Temanggung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp15.000/orang

Itulah 10 tempat wisata di Temanggung yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi libur akhir pekan. Tak hanya Gunung Sindoro saja yang menjadi primadona, rupanya Temanggung memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Yuk, liburan ke Temanggung!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *