keluyuran web banner

10 Pantai di Karanganyar dengan Pemandangan Memesona

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Januari 2021

Pantai merupakan destinasi wisata alam yang menjadi tujuan orang berlibur. Keindahan laut dan fasilitas yang ditawarkan pihak pengelola menjadi daya tarik yang menggugah minat para pelancong berkunjung ke pantai. Salah satu kota dengan pantai yang indah ada di Karanganyar.

Pantai-pantai di kota yang berbatasan dengan Sukoharjo, Solo dan Boyolali ini tak kalah cantik dengan pantai-pantai di daerah timur Indonesia. Berikut ini merupakan deretan pantai di Karanganyar yang bisa menjadi referensi destinasi wisatamu untuk berlibur.

1. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Penampakan Pantai Sadranan yang indah dan birunya air laut berpadu dengan sempurna menciptakan pemandangan yang memanjakan mata. Kalau cuaca bagus, warna langit yang cerah menambah pemandangan pantai yang bisa dijadikan latar berfoto.

Suasana senja di pantai ini begitu romantis. Tunggulah sampai langit berubah warna. Pemandangan langit dengan lembayung yang indah akan membuat kamu betah berada di pantai ini.

Belum puas dengan langit senja di Pantai Sadranan? Kamu bisa mencoba snorkeling di lautnya yang berombak tenang. Keindahan bawah laut dari pantai yang memiliki gili atau pulau kecil ini beragam.

  • Alamat: Sadranan, Sidoharjo Tepus GunungKidul
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp10.000

2. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng

* sumber: visitingjogja.com

Gunung kidul merupakan salah satu daerah yang memiliki beragam destinasi wisata. Baik itu objek berupa wisata alam dan budaya selalu ramai oleh pengunjung. Kalau kamu sedang berlibur di daerah Gunung Kidul, jangan lupa singgah di Pantai Sadeng.

Pantai yang bermuara ke sungai Bengawan Solo purba ini ini mempunyai pemandangan laut yang biru menyejukan. Mirip dengan Pantai Baron di Yogya.

  • Alamat: Songbanyu, Girisubo Pacitan Gn Kidul
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

3. Pantai Solong

Pantai Solong

* sumber: jember-berbagi.blogspot.com

Berwisata ke Pantai Solong bukanlah ide yang buruk. Pasalnya pantai dengan ombak yang tenang ini menyuguhkan pemandangan indah dengan fasilitas resort yang lengkap. Kalau diperhatikan Pantai Solong mirip dengan Pantai Indrayanti di Jogja.

Bagi kamu yang menyukai liburan dengan fasilitas lengkap nan mewah kamu dapat memilih akomodasi hotel dan penginapan yang kamu inginkan. Penginapan dan hotel yang ada di sana memiliki paket liburan yang bermacam-macam.

  •  Alamat: Sukowidi, Klatak Kalipuro Banyuwangi
  • Jam buka: 24 jam

4. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan

Ingin berlibur ke pantai dengan pasir pantai yang bersih dan lembut? Pantai Bandengan bisa menjadi pilihan destinasi wisatamu. Garis pantai yang luas dan lebar memungkinkan para pengunjung beraktitvitas di pantai.

Akses menuju pantai Bandengan tidaklah sulit. Lokasinya strategi sehingga dapat dicapai dari berbagai daerah. Selain itu, pantai Bandengan merupakan salah satu pantai yang mempunyai fasilitas wahana permainan yang lengkap.

Selain bermain pasir di pantai, pengunjung dapat menyewa wahan air seperti bahana boat dan jetski. Untuk menikmati wahana ini kamu tinggal menghubungi petugas yang berjaga di sekitar pantai.

  • Alamat: Ds. Bandengan, Jepara, Jawa Tengah
  • Jam buka: 06.00-18.00
  • HTM: Rp2.000-Rp7.000

5. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron

* sumber: www.iqbalkautsar.com

Bagi pengunjung yang ingin berlibur ke pantai dengan suasana tenang dan alami, kamu bisa berkunjung ke Pantai Pecaron di desa Srati ini. Pantai ini masih terjaga keasliannya. Belum mengalami perubahan dan pengelolaan modern.

Pantainya tidak bergitu luas dan sedikit berbatu namun tak mengurangi keindahan pantai dengan warna air lautnya yang biru jernih. Pantai ini dikelilingi pepohonan yang dapat digunakan sebagai tempat berteduh jika ingin beristirahat.

Meskipun belum banyak fasilitas penunjung yang memadai namun, pantai ini merupakan sebuah pantai bagi kamu yang ingin berlibur tanpa keramaian.

  • Alamat: Desa Drati, Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 Jam

6. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

* sumber: jejakpiknik.com

Pantai di sekitar Karanganyar yang satu ini unik. Air laut di pantai ini tidak akan membuat badanmu lengket layaknya ketika kita bermain di air laut. Meskipun kamu bermain air dalam waktu lama, tubuhmu tidak akan meraksakan lengket akibat kandungan garam air laut.

Hal tersebut disebabkan karena Pantai Banyutowo merupakan tempat bertemunya sungai air tawar dengan air laut asin. Jadi, kandungan garamnya tidak sepekat air laut pada umumnya.

  •  Alamat: Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kab Wonogiri, Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp2.000

7. Pantai Bopong Puring

Pantai Bopong Puring

* sumber: www.inibaru.id

Pantai Bopong Puring adalah pantai dengan panorama laut yang indah. Pasir Pantai Bopong Puring tidak berwarna putih, melainkan berwarna kecoklatan. Namun, pasirnya lembut dan aman bagi siapa saja untuk bermain di pantai ini.

Pantai yang berada di kecamatan Puring ini memiliki laguna yang dikelilingi oleh tanah berundak yang mirip bukit-bukit kecil. Dari jauh, laguna tersebut terlihat seperti dekorasi pantai yang menambah cantik Pantai Bopong Puring.

  •  Alamat: Desa Surorejan, Kecamatan Puring Kebumen, Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp2.000

8. Pantai Menganti

Pantai Menganti

* sumber: happy-bus.id

Pantai Menganti yang berlokasi tak jauh dari Karanganyar ini disebut memiliki kesamaan penampakan pantai dengan pantai di New Zealand. Pasir pantainya berwarna putiih, lembut dan bersih.

 Ombak di pantai Menganti tak begitu tinggi. Cocok buat kamu yang ingin berlibur di tempat yang menawarkan ketenangan. Fasilitas di pantai Menganti terbilang lengkap. Akomodasi hotel dan penginapan tersedi cukup banyak.

Pantai dengan pemandangan biru laut yang cantik ini dilengkapi dengan gazebo untuk bersantai menikmati pemandangan laut. Ada spot foto cantik yang bisa kamu gunakan untuk membuat foto kenang-kenangan liburanmu juga.

  • Alamat: Desa Karangwudur, Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah
  • Jam buka: 07.00-17.00 WIB
  • HTM Rp10.000

9. Pantai Nampu

Pantai Nampu

Di Desa Dringo Wonogiri ada sebuah pantai dengan pemandangan pantai yang cantik. Deburan ombak yang tinggi seakan memacu adrenalin untuk terus mengekplorasi pantai dari ujung ke ujung. Masyarakat sekitar menamai pantai ini dengan nama Pantai Nampu.

Pantai Nampu memiliki garis pantai yang panjang membentang. Pasir putih menghampar luas membentuk gradasi warna yang indah jika terlihat dari jauh.

Untuk mencapai bibir panti kamu harus menuruni anak tangga yang tidak begitu banyak namun cukup melelahkan bagi yang tidak suka olahraga. Tapi, kelelahan akibat meniti anak tangga yang tidak seberapa itu terbayar dengan keindahan laut yang tersaji di depan mata.

Alamat: Desa Dringo Gunturharjo Paranggupito Wonogiri, Jawa Tengah

  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

10. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan

* sumber: www.hipwee.com

Ada cerita yang menyebar dari mulut ke mulut mengenai mitos pantai Sembukan di Paranggupito ini. Konon, pantai ini merupakan pantai yang erat kaitannya dengan sang Ratu penguasa laut Kidul, Nyi Roro Kidul.

Pantai ini kerap dijadikan sebagai tempat bermeditasi dan ritual terhadap Nyai Ratu. Upacara ritual dan hajat syukur yang dilakukan di pantai ini menjadi atraksi menarik dari pantai sembukan.

Dalam rangkaian ritual hajat syukur biasanya dihelat astraksi wayang dan larung sebagai bagian dari ritual rutin yang dilakukan masyarakat setempat.

Meskipun pantai Sembukan sarat akan cerita mistis dan tradisi leluhur yang masih dilakukan hingga sekarang, keindahan pantai ini tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai destinasi berlibur.

Pantai Sembukan memiliki pantai dengan pasir yang indah. Meskipun berbatu, namun tak menjadikan pantai ini tidak menarik. Sebaliknya, batu-batuan yang muncul di sudut-sudut pantai menjadi manik-manik yang mempercantik pasir pantai.

  • Alamat: Paranggupito Wonogiri, Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

Indah bukan pantai di Karanganyar ini? Lengkapi informasi mengenai pantai-pantai yang hendak kamu kunjungi sebelum memutuskan untuk pergi ke pantai-pantai ini. Dengan begitu liburan kamu akan teratur dan dapat menikmati masal liburan dengana baik. Selamat berlibur!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram