Keluyuran / Banten / Yuk, Kunjungi 10 Air Terjun di Banten yang Eksotis Ini!

Yuk, Kunjungi 10 Air Terjun di Banten yang Eksotis Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2019

Mau liburan ke tempat yang bisa menghilangkan penat sekaligus bisa bermain air? Kamu harus datang ke wisata alam air terjun yang ada di Banten. Banten memiliki banyak wisata alam air terjun yang eksotis!

Walaupun harus menempuh jarak yang cukup jauh, tapi rasa capek itu akan terbayarkan ketika kamu sudah sampai di lokasi air terjun. Aliran sungai yang jernih, suara gemericik air, udara yang sejuk dan bersih, serta pemandangan hijau yang akan selalu kita temui selama perjalanan.

Dijamin akan membuat liburanmu semakin seru! Mau tahu apa saja air terjun yang ada di Banten? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Curug Putri

Curug Putri (Copy)

Air terjun pertama yang paling populer adalah curug Putri. Tidak heran jika curug Putri disebut sebagai Little Green Canyon karena memiliki panorama alam yang sangat indah. Sepanjang perjalanan menuju curug Putri, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang indah dan udaranya yang sangat segar.

Karena curug Putri ini berada di kawasan Tahura, dari gerbang Tahura itu kamu harus menempuh perjalanan sejauh 250 meter dengan medan yang cukup menantang. Kamu bisa berjalan kaki maupun menggunakan motor trail. Yang menjadi daya tarik curug Putri adalah memiliki kolam dan aliran sungai yang masuk ke dalam celah antara tebing batu.

Nah, di itulah tempat yang pas untuk mengambil foto karena tebingnya memiliki gradasi warna yang sangat cantik. Untuk berkunjung kesana, tidak ada harga khusus, kamu hanya perlu membayar parkir dan tour guide lokal yang bisa disesuaikan dengan budget kamu.

  • Alamat: Kawasan Tahura Jl. Raya Carita, Sukarame, Carita, Kab. Pandeglang, Banten.
  • Telepon: 081211584343
  • Jam buka:  08:00 – 18:00 WIB
  • Harga: Rp15.000 (Parkir)

2. Curug Lawang

Curug Lawang (Copy)

* sumber: www.senengpiknik.com

Sama seperti air terjun sebelumnya, selama perjalanan menuju ke lokasi, kamu akan melewati hutan dan sawah yang luas. Sehingga akan membuat perjalanan kamu tidak membosankan. Sungainya yang bersih dan masih sangat alami membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang ke curug Lawang.

Untuk mencapai lokasi curug Lawang, kamu harus menempuh perjalan sejauh kurang lebih 10 kilometer dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua. Tetapi medannya cukup terjal dan berkelok. Jika kamu tertarik untuk berlibur di curug Lawang, sebaiknya bawa bekal sendiri dan datang pada hari biasa supaya tidak terlalu ramai.

  • Alamat: Kampung Cisirih, RT 01 RW 02, Desa Cikolelet, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.
  • Telepon: 087771856557
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp20.000 per orang

3. Curug Ciporolak

Curug Ciporolak (Copy)

Curug Ciporolak adalah air terjun yang berada pada aliran sub-das Cimadur yang memiliki ketinggian mencapai 100 meter. Curug Ciporolak memiliki ciri khas tersendiir yaitu air terjun yang berundak-undak pada bagian dasar sungainya. Selama perjalanan menuju lokasi, kita akan disajikan dengan pemandangan kebun teh Cikuya yang sangat indah.

Kita juga akan melewati persawahan warga dan melewati aliran sungai curug ini. Dari tempat warga, kita akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi. Tapi sampai di sana, kamu akan disajikan dengan pemandangan curug yang sangat indah serta airnya yang dingin dan segar.

  • Alamat: Kampung Lebak Picung, Hegarmanah, Cibeber, Kab. Lebak, Banten.
  • Telepon: 081311342105
  • Jam buka: 06:30 – 17:00 WIB
  • Harga: Rp20.000 per orang

4. Curug Cigumawang

Curug Cigumawang (Copy)

* sumber: ksmtour.com

Air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter ini berasal dari sumber mata air yang ada di gunung Buntu. Sisi kanan dan kirinya dilengkapi dengan tebing yang sangat indah. Selain bisa menikmati pemandangan air terjun, kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti camping dan outbond.

Selain itu, curug ini juga dilengkapi dengan fasilitas mushola dan toilet. Jika kamu tidak sempat menyiapkan bekal, disana juga terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Jika kamu menaiki motor, kamu dapat lebih cepat sampai ke lokasi dengan menempuh perjalanan sekitar 40 menit.

  • Alamat: Desa Bugel, Kec. Padarincang, Kab. Serang, Banten.
  • Harga: Rp15.000

5. Curug Cihear

Curug Cihear (Copy)

* sumber: udaindra.blogspot.com

Curug Cihear adalah air terjun yang berada dikawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 142 meter yang memiliki aliran air yang deras dan sangat indah. Untuk menikmati keindahan air terjun yang mengalir indah di tebing bebatuan ini, kamu harus melakukan hiking dan melewati hutan tropis serta tebing yang curam.

Tebing curug yang berundak inilah yang membuat curug Cihear menjadi daya tarik wisatawan dan menjadi spot foto utama. Kamu juga bisa bermain arum jeram di curug ini.

  • Alamat: Lebaksitu, Lebakgedong, Kab. Lebak, Banten.
  • Telepon: 082141249669
  • Harga: Kisaran Rp185.000 – Rp250.000 per paket

6. Curug Sawer

Curug Sawer (Copy)

* sumber: www.inews.id

Curug Sawer adalah air terjun yang memiliki keunikan sendiri, yaitu memiliki dua tingkat air terjun. Dan setiap tingkat air terjun tersebut memiliki nama masing-masing, tingkatan pertama bernama curug Lalakina yang memiliki tinggi 25 meter, sedangkan tingkat yang kedua adalah curug Bikang yang memiliki tinggi 7 meter.

Selain itu, di bagian bawah air terjun ini terdapat goa bawah air yang sangat panjang. Curug Sawer berlokasi di dekat pemukiman warga, jadi kamu bisa menempuh perjalanan dengan berjalan kaki maupun dengan menggunakan motor. Fasilitas disana pun lengkap, mulai dari toilet, mushola, area parkir, dan lain-lain.

  • Alamat: Desa Sanghiangdengdek, Kec. Pulosari, Kab. Pandeglang, Banten.
  • Harga: Rp2.500 per orang, Rp5.000 (Parkir)

7. Curug Betung

curug betung (Copy)

* sumber: alviansyahkuswidyatama.wordpress.com

Jika kamu sedang berada di kota Serang, jangan lupa mengunjungi curug Betung. Air terjun ini memiliki pesona yang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk menuju ke lokasi, kamu akan melewati jalan Anyer dan menempuh perjalanan cukup jauh. Sampai disana, kamu harus menitipkan kendaraan di dekat rumah warga.

Air terjun ini masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi orang. Sehingga membuat curug Betung ini cocok untuk menghilangkan penat dan menghirup udara segar. Curug Betung memiliki aliran sungai yang dipenuhi dengan bebatuan besar.

  • Alamat: Desa Kubang Baros, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.
  • Harga: Gratis

8. Curug Cikotak

Curug Cikotak (Copy)

Curug Cikotak memiliki pemandangan yang indah dan memberikan sensasi yang berbeda. Tempat wisata yang satu ini hampir selalu ramai dengan pengunjung walaupun saat weekday. Yang membuat air terjun ini menarik adalah di atas curug Cikotak terdapat dua air terjun yang tersembunyi yang masih jarang dikunjungi orang.

Fasilitas di air terjun ini pun cukup lengkap, mulai dari area parkir, mushola, toilet, dan warung makan. Untuk melakukan perjalanan ke air terjun ini kamu bisa mengunakan motor atau moibl dan menitipkannya di area parkir.

  • Alamat: Kampung Cikotak, Desa Cibojong, Kec. Padarincang, Serang, Banten.
  • Harga: Rp15.000

9. Curug Kembar

Curug Kembar (Copy)

Sumber: https://twitter.com/infolabuan/status/849561012709797889?lang=ro

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki dua air terjun sekaligus. Curug Kembar memiliki tebing yang indah dikelilingi dengan pepohonan yang besar dan hijau. Air terjun ini berada di kawasan Perhutani. Dari area parkir yang disediakan warga, kamu harus berjalan sekitar satu jam untuk mencapai lokasi.

Curug Kembar sangat cocok untuk bermain air maupun hanya bersantai. Fasilitasnya pun hampir sama dengan curug lainnya, cukup lengkap. Kamu juga bisa camping di kawasan curug ini lho!

  • Alamat: Desa Cinoyong, Kec. Carita, Kab. Pandeglang, Banten.
  • Harga: Rp15.000 (Tiket masuk dan parkir)

10. Curug Leuwi Tomo

Curug Leuwi Tomo (Copy)

* sumber: bantenmythandtravel.blogspot.com

Curug Leuwi Tomo memiliki peson alam yang sangat indah. Untuk sampai ke lokasi, kamu membutuhkan jarak tempuh sekitar 30 menit dari perkampungan. Perjalanan ke air terjun ini menjadi tempat hiking favorit bagi banyak wistawan.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada disana, karena air terjun ini menydiakan fasilitas yang cukup lengkap. Kamu bisa berenang dengan aman dan puas karena air terjun ini memiliki aliran air yang jernih dan tidak ada bebatuan tajam di bawah air terjunnya.

  • Alamat: Kampung Cikupa Pamatang Kandis, Ramea, Mandalawangi, Kab. Pandeglang, Banten.
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp5.000 per orang

Itulah beberapa air terjun eksotis yang ada di Banten. Setelah tahu tempat-tempat tersebut, kira-kira air terjun mana nih yang akan kamu kunjungi? Jika kamu pernah mengunjungi salah satu air terjun di atas, silahkan berbagi cerita dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *