10 Air Terjun di Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Desember 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia memiliki banyak sekali air terjun yang tersebar di seluruh provinsi. Masing-masing memiliki bentuk, ketinggian, serta kontur berbeda-beda. Menariknya, air terjun bisa membawa kesenangan tersendiri bagi pencintanya.

Jawa Barat memang terkenal akan potensi air terjun. Begitu pula kawasan Jawa Tengah. Nah, saatnya giliran kamu untuk eksplor Jawa Tengah tentang keberadaan air terjun yang tak kalah cantik dan eksotis. Bisa dimulai dengan 10 air terjun di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi ini.

1. Curug Nangga

Curug Nangga

* sumber: detikpiknik.blogspot.com

Biasanya, air terjun hanya memiliki satu tingkat saja, berbeda dengan Curug Nangga. Curug yang berada di Banyumas ini memiliki, tak tanggung-tanggung, tujuh tingkat! Masing-masing tingkat memiliki ketinggian berbeda mulai dari 10-20 meter.

Penamaan air terjun ini  berdasarkan keberadaan tujuh tingkat yang membuatnya terlihat seperti tangga. Sebenarnya Curug Nangga dikenal luas pada 2015 karena unggahan di media sosial. Keunikannya ini memang menarik untuk dikunjungi. Agar bisa menikmati Curug Nangga, kamu perlu membayar tarif masuk sebesar Rp3.000 per orang.

  • Alamat: Desa Petahunan, Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB
  • Harga: Rp3.000 per orang

2. Curug Bengkawah

Curug Bengkawah

* sumber: www.gotravelly.com

Bila kamu akan mengunjungi Pemalang, wajib berkunjung ke air terjun cantik ini. Curug Bengkawah memang ramai dikunjungi tapi tetap indah dan memberikan sensasi saatnya melihatnya sendiri. Kamu hanya perlu menyiapkan Rp2.000 sebagai tiket masuk per orang.

Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meter dengan kedalaman kolam sampai 3 meter. Jadi, jangan coba-coba berenang saat mengunjungi Curug Bengkawah. Kamu memang perlu memacu adrenalin kamu untuk bisa sampai ke sini. Namun semua peluh terbayarkan dengan pesona yang disuguhkan.

  • Alamat: Jalan Sikasur-Simpur, Karangmulyo, Pemalang, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 06.00 – 18.00 WIB
  • Harga: Rp2.000 per orang

3. Curug Jenggala

Curug Jenggala

* sumber: amazingindonesia.id

Salah satu hal yang membuat Curug Jenggala ini menarik adalah adanya selfie deck berbentuk hati dengan latar air terjun. Kehadiran selfie deck ini tentu menarik perhatian para pengunjung, termasuk kamu. Tak sedikit yang datang ke Curug Jenggala hanya untuk berfoto di sini, lho.

Untuk bisa sampai ke Curug Jenggala tak perlu berjalan dengan rute sulit. Cukup mengikuti jalan setapak dan papan petunjuk. Kemudian siapkan hati melihat pemandangan indah selama perjalanan. Setelah itu akan kamu temukan tiga aliran air dimana ada satu aliran utama yang lebih besar. Tertarik? Kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

  • Alamat: Jalan Pangeran Liboro, Dusun III Kalipagu, Baturaden, Banyumas
  • Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 per orang

4. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

* sumber: www.gotravelly.com

Bila kamu menyukai tantangan, coba ke Air Terjun Jumog. Air Terjun memiliki 116 anak tangga yang perlu kamu lalui. Namun, tempat yang baru buka tahun 2014 menyajikan keindahan magis. Bila dilihat, air terjun dengan ketinggian 30 meter ini seperti terbelah padahal tidak. Kalau beruntung, kamu akan menemukan pelangi di depan mata.

Selain itu, jangan lewatkan kesempatan mencicipi kuliner unik di warung yang berdiri di kawasan Air Terjun Jumog. Kuliner unik itu adalah Sate Kelinci serta Sate Landak dengan harga terjangkau. Tak masalah bila kamu coba sesekali, kan? Kamu bisa menikmati semua ini dengan membayar harga tiket masuk dulu sebesar Rp5.000 per orang.

  • Alamat: Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 08.00 – 16.30 WIB
  • Harga: Rp5.000 per orang

5. Curug Lawe

Curug Lawe

Berada di kawasan Gunung Ungaran, tepatnya di tanah Perhutani KPH Kedu Utara, Curug Lawe memancarkan kecantikan khas. Suasananya masih alami. Saat trekking, kamu akan menemui segerombolan kera. Tapi, jalur trekkingnya masih ramah dijajaki.

Keunikan dari Curug Lawe adalah bentuk lahan yang melengkung hampir 270 derajat dengan air terjun utama berada di tengah. Air terjun utama ini dikelilingi oleh air terjun berjumlah sekitar 25 buah. Maka dari itu, tempat ini dinamakan Curug Lawe.  Menikmatinya, kamu perlu membayar tarif masuk yang ditetapkan sebesar Rp5.000 per orang.

  • Alamat: Desa Kalisidi, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 07.00 – 15.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 per orang

6. Curug Tujuh Bidadari

Curug Tujuh Bidadari

* sumber: www.gotravelly.com

Curug Tujuh Bidadari bisa dibilang mulai dikenal sejak pertengahn 2010. Setelah itu kawasan ini dibuat ramah pengunjung dengan membuka akses jalan serta fasilitas yang memadai. Tapi jangan samakan dengan Curug Bidadari yang ada di Bogor, ya. Curug ini berada di Semarang.

Air terjun pada curug ini ada tiga tingkatan dengan ketinggian sekitar 14 meter. Selain itu, tiap tingkat memiliki jarak 6-7 meter dibawahi dengan kolam jernih. Kamu bisa mandi untuk membiarkan air sejuk membasuhi raga. Selain bermain air, kamu bisa juga berkemah, lho. Siapkan Rp 5.000 per orang untuk membayar tiket masuk.

  • Alamat: Tlawah, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 per orang

7. Air Terjun Songgo Langit Jepara

Air Terjun Songgo Langit Jepara

* sumber: www.gotravelly.com

Bayangkan air terjun cantik ditambah dengan pemandangan aneka kupu-kupu. Indah. Pemandangan seperti itu yang bisa disuguhkan oleh Air Terjun Songgo Langit di Jepara. Ketinggian air terjun sendiri mencapai 80 meter dengan lebar 2 meter. Selain itu, sekeliling area terdapat pepohonan rimbun ijo royo-royo menyejukan mata.

Untuk menikmati suasana di Air Terjun Songgo Langit, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp2.000 per orang. Jangan khawatir, akses untuk ke sini pun sudah cukup baik. Kamu bisa membawa kendaraan roda dua atau roda empat.

  • Alamat: Desa Bucu, Kembang, Jepara, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 24 jam
  • Harga: Rp2.000 per orang

8. Curug Sewu

Curug Sewu

* sumber: www.gotravelly.com

Di Kendal, ada satu air terjun yang bisa kamu datangi. Ia tak hanya memberikan satu tingkat tapi ada tiga tingkat dengan perbedaan ketinggian. Masing-masing memiliki ketinggian 15, 45, serta 20 meter. Di sini kamu juga akan menemukan gardu pandang, kolam renang, taman bermain, sampai kebun binatang!

Untuk menikmati Curug Sewu, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Dilanjutkan membayar antara Rp5.000 sampai Rp10.000 untuk masuk ke area curugnya. Untuk parkir kendaraan dimulai dari Rp2.000 per kendaraan.

  • Alamat: Patean, Kendal, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga: mulai Rp5.000 per orang

9. Curug Kali Plumbon

Curug Kali Plumbon

* sumber: ksmtour.com

Jika kamu mencari curug yang tak biasa, bisa kunjungi Curug Kali Plumbon. Lokasinya berada diantara Dusun Grigak dan Plumbon. Ada dua tingkat ketinggian mencapai 15 meter dengan formasi air terjun bertumpuk. Selain itu, curug ini berada di aliran Sungai Grigak dengan dasar batu-batuan. Kamu pun bisa melihat ijo royo-royo terhampar di sekitar curug ini.

  • Alamat: Desa Plumbon, Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 24 jam
  • Harga: Gratis

10. Air Terjun Superman’s Big Sister

Air Terjun Superman’s Big Sister

* sumber: www.jejakpiknik.com

Air Terjun Superman’s Big Sister diperuntukan untuk kamu yang sangat menyukai tantangan. Rute yang dilewati sangat menantang. Ini karena lokasinya ada di Goa Barat. Ditambah lagi mayoritas zona gelap pada Goa Barat semakin menaikan adrenalin.

Di balik tantangan tersebut tersimpan keindahan yang menanti, yaitu Air Terjun Superman’s Big Sister. Air Terjun Superman’s Big Sister tak hanya satu tapi banyak sekali. Maka dari itu penduduk setempat menamakannya Air Terjun Superman’s Big Sister. Ketinggian air terjun ini mulai dari 8 meter sampai 32 meter.

Agar bisa menikmati tantangan sekaligus pesona di tempat ini memang perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000 per orang. Ini termasuk dengan pelampung, helm, sepatu khusus caving, serta pemandu. Ini diperlukan karena medannya menantang tapi bisa ditaklukan.

  • Alamat: Jalan Palamarta, Desa Jatijajar, Kebumen, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 07.00 – 21.00 WIB
  • Harga: Rp50.000 per orang

 Jadi saat kamu mengunjungi Jawa Tengah bisa memasukan salah satu atau dua dari daftar di atas sebagai tempat tujuan wisata. Bila kamu memiliki air terjun yang belum terjamah di kawasan Jawa Tengah atau kawasan lain, yuk tinggalkan di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *