Wisata Seru di Atlantis Land, ‘Disneyland’-nya Surabaya

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin berkunjung ke Disneyland tapi belum kesampaian? Tenang, Surabaya punya ‘Disneyland’ kok. Yang dimaksud di sini adalah Atlantis Land, sebuah penggabungan antara water park dan theme park yang dibuka pada tahun 2017. Konsep dari Atlantis Land ini adalah tempat wisata untuk semua usia. Jadi, mulai anak-anak hingga lansia bisa berkunjung ke tempat ini.

Terletak di kawasan Kenjeran, Atlantis Land menawarkan sejumlah wahana air dan non-air. Taman wisata yang dibangun di atas lahan seluas 15 hektar ini mengusung konsep dunia fantastik. Jangan heran jika saat kemari kamu akan melihat bangunan berupa kastil yang menyerupai kastil ala Disneyland.

Berencana untuk berwisata di Atlantis Land dalam waktu dekat? Yuk, simak dulu informasi lengkap seputar tempat wisata ini!

Wahana dan Spot Populer

Ketika memasuki bagian depan Atlantis Land kamu akan disambut dengan maskot berupa patung kodok yang membawa trisula dan latar belakang berupa bangunan yang mirip dengan Taj Mahal di India. Patung kodok tersebut berada tepat di depan kolam air mancur. Setiap sore hari akan digelar pertunjukan Dancing Water Fountain atau air mancur menari.

Selanjutnya, ada beberapa wahana menarik yang ditawarkan oleh Atlantis Land, seperti:

1. Tornado dan Boomerang Slide

Atlantis Land 2

* sumber: travelspromo.com

Wahana utama yang ditawarkan di Atlantis Land adalah water park-nya. Kalau kamu kemari membawa anak-anak, jangan lewatkan taman airnya yang super seru ini. Selain untuk anak, water park di Atlantis Land juga cocok untuk remaja maupun orang dewasa.

Di dalam taman air Atlantis Land terdapat wahana Tornado dan Boomerang Slide, seluncuran berbentuk corong yang memungkinkan kamu meluncur di ketinggian 30 meter menggunakan ban khusus. Tornado dan Boomerang Slide termasuk salah satu wahana ekstrem yang tidak diperkenankan untuk dimainkan oleh anak-anak di bawah umur atau lansia.

Untuk anak-anak sebaiknya berenang saja di kolam air yang ada di bawah wahana ini. Namun, anak-anak yang bermain di water park Atlantis Land ini sebaiknya didampingi oleh orang dewasa.

2. Wahana Permainan

Atlantis Land 3

Layaknya theme park pada umumnya, Atlantis juga memiliki sejumlah wahana permainan. Adapun wahana permainan yang terdapat di sini adalah Flying Chair Swing Ride, Space Fighter, Disco Pang-Pang, Carousel, Happy Car, Star Dancer dan masih banyak lagi.

Jumlah wahana permainan di sini mungkin tidak terlalu banyak, tapi kamu tak perlu membayar karcis lagi ketika hendak memainkannya karena sudah termasuk dengan tiket masuk yang dibeli di awal.

3. Dino Land

Atlantis Land 4

* sumber: radarsurabaya.jawapos.com

Dino Land juga merupakan wahana favorit di Atlantis Land. Pengunjung bisa naik kereta dan berkeliling taman dengan replika dinosaurus berukuran besar. Ada begitu banyak jenis dinosaurus yang terdapat di wahana ini. Bahkan, dinosaurus tersebut bisa bergerak-gerak, lho.

Dino Land akan memberikan pengalaman kembali ke zaman purbakala. Boleh dibilang wahana yang satu ini mirip dengan Jurassic Park.

4. Istana Es

Atlantis Land 5

* sumber: jatimnet.com

Wahana menarik yang ditawarkan oleh Atlantis Land memang seolah tak ada habisnya. Kali ini ada Istana Es, sebuah wahana yang mengajakmu untuk masuk ke dalam dunia es bersalju. Tak tanggung-tanggung, suhu udara dalam Istana Es mirip dengan suhu di Kutub Utara, yakni -15 derajat celcius.

Yang membuat kamu semakin merasakan sensasi berada di Kutub Utara adalah bangunan-bangunan yang terbuat dari es asli. Nah, ingin merasakan sensasi dingin seperti berada di Kutub Utara? Kamu wajib mencoba masuk ke wahana Istana Es ini!

5. Istana Patung Lilin

Atlantis Land 6

*Sumber: https://www.instagram.com/atlantislandofficial/?hl=id

Tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk melihat patung lilin di Madame Tussauds. Di Surabaya juga ada istana patung lilin meskipun koleksi patungnya mungkin tak sebanyak di Madame Tussauds.

Di Istana Patung Lilin kamu bisa melihat koleksi patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal dunia, seperti Jackie Chan, Mr. Bean, Madonna, sampai dengan Lady Gaga. Tentunya kamu juga diperbolehkan untuk berfoto dengan patung-patung lilin ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Atlantis Land 1

Sedikit berbeda dengan theme park lainnya, Atlantis Land menjual satu jenis tiket, yakni tiket masuk yang bisa dipakai untuk menggunakan semua wahana yang ada di dalamnya. Sebagai pengunjung, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli tiket lagi ketika ingin menggunakan satu wahana tertentu.

Tiket yang dibeli di awal ini juga termasuk untuk melihat berbagai atraksi atau pertunjukan, seperti Air Mancur Menari, 3D Visual “Dunia Bawah Laut”, Parade Badut Maskot, Freestyle Motor, dan Globe of Death.

  • Harga Tiket Masuk: Rp 100.000/orang (Senin – Jumat), Rp 125.000/orang (Sabtu, Minggu, dan Hari Besar)
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 10:00 – 18:00 WIB

Fasilitas

Atlantis Land 7

* sumber: steemit.com

Sebagai tempat wisata yang digarap dengan serius oleh pengelolanya, fasilitas yang tersedia di Atlantis Land sangat lengkap. Bahkan, untuk keperluan beribadah atau makan, pengunjung tidak perlu pergi ke luar area tempat wisata karena semua sudah tersedia di dalamnya. Berikut adalah fasilitas yang bisa dipakai di Atlantis Land:

  • Ruang Ganti dan Ruang Bilas: Ini merupakan fasilitas yang bisa dipakai untuk pengguna water park. Jika ingin berganti pakaian atau sekadar membilas diri usai berenang, ruang bilas yang tersedia cukup nyaman.
  • Minimarket: Ketika ingin membeli kebutuhan berupa minuman, obat-obatan, atau bahkan pakaian renang, minimarket yang tersedia di Atlantis Land ini menjual berbagai keperluan.
  • Lapangan Futsal: Fasilitas yang satu ini berbayar dan di luar harga tiket masuk yang sudah dibeli. Lapangan futsal indoor di Atlantis Land disewakan dengan tarif Rp 40.000/jam.
  • Tempat Fitness: Bagi kamu yang ingin berolahraga, kamu bisa memakai tempat fitness yang tersedia. Namun, penggunaan tempat fitness ini bersifat berbayar dan di luar harga tiket masuk Atlantis Land.
  • Lahan Parkir
  • Toilet Umum
  • Mushola

Baca juga: Yuk, Jalan-Jalan ke Tempat Wisata di Surabaya Ini!

Alamat dan Akses Transportasi

Atlantis Land 8

* sumber: pariwisataku.com

  • Alamat: Jl. Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Telepon: (031) 3816135

Berlokasi di Surabaya Utara, Atlantis Land ini terletak di pinggir Kota Surabaya. Lokasinya sangat dekat dengan Pantai Ria Kenjeran. Jadi, kamu bisa berpelesir ke Pantai Ria Kenjeran, Pagoda Tian Ti, dan Klenteng Sanggar Agung yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Berikut adalah panduan akses transportasi untuk menuju ke Atlantis Land:

  • Mobil

Akses menuju ke Atlantis Land tidak terlalu sulit. Jika menggunakan GPS, kamu akan diarahkan untuk melewati jalan umum yang aksesnya bagus dan memang banyak dilewati kendaraan. Mengingat lokasinya berada di Surabaya Utara, jarak tempuh dari Jembatan Suramadu ke Atlantis Land ini hanya 18,9 KM atau sekitar 22 menit saja jika naik mobil.

  • Motor

Pengguna motor yang datang ke Atlantis Land juga akan diarahkan melewati jalan umum jika kamu menggunakan panduan GPS. Tak perlu khawatir saat membawa sepeda motor ke tempat wisata ini karena Atlantis Land turut menyediakan lahan parkir sepeda motor yang aman.

  • Transportasi Umum (Bus dan Angkutan Kota)

Untuk menuju Atlantis Land dari Bandara Juanda Surabaya, gunakan bus Damri dengan tujuan Terminal Purabaya Bungurasih. Dari Terminal Purabaya, lanjutkan naik bus kota menuju ke Terminal Joyoboyo. Selanjutnya, naiklah angkutan kota (bemo) denga tujuan Joyoboyo – Kenjeran untuk menuju Atlantis Land.

Di mana pun tempat asalmu, usahakan untuk naik angkutan kota dari Terminal Joyoboyo agar tidak tersasar. Intinya, meskipun kamu berasal dari Stasiun Gubeng atau Stasiun Pasar Turi, usahakan untuk menuju ke Terminal Joyoboyo dulu agar lebih mudah.

Hotel dan Penginapan di Sekitar Atlantis Land

Atlantis Land 9

* sumber: inspirasipagi.id

Agaknya cukup sulit untuk mencari hotel atau penginapan yang benar-benar dekat dengan Atlantis Land. Jarak minimal penginapan dari tempat wisata ini sekitar 1-2 KM. Artinya, kalau berjalan kaki dari hotel ke Atlantis Land tentu akan membuang waktu dan tenaga. Gunakan transportasi online untuk mencapai Atlantis Land dari hotel terdekat.

Berikut adalah sejumlah hotel yang lokasinya lumayan dekat dengan Atlantis Land:

  • Franks Hotel (Bintang 2), Jl. Raya Mulyosari No.37, Kalisari, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur – Jarak sekitar 2,1 KM
  • Collection O 15 Taman Melati Merr Surabaya (Bintang 3), Dukuh Sutorejo, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur – Jarak sekitar 2,9 KM

Jika kamu mencari hotel bintang 3 ke atas yang lokasinya di sekitar Atlantis Land, kamu tidak akan menemukannya karena rata-rata jaraknya di atas 4-5 KM. Penginapan yang tersedia di sekitar tempat wisata ini berupa kos harian atau homestay.

Nah, itulah berbagai informasi mengenai Atlantis Land. Semoga informasi di atas bisa menjadi petunjuk bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini. Jika ada informasi lain yang belum dibahas di artikel ini, silakan tambahkan di kolom komentar yang tersedia, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *