Keluyuran / Wisata Surabaya / Inilah 6 Pantai di Surabaya yang Indah dan Harus Dikunjungi

Inilah 6 Pantai di Surabaya yang Indah dan Harus Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2019

Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan, karena tempat ini memang sangat bersejarah. Ingat, kan, perjuangan arek-arek Suroboyo (pemuda-pemuda Surabaya) dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia ketika zaman penjajah? Tapi, bukan cuma itu saja daya tarik kota ini.

Wisata alam di Surabaya begitu banyak pilihannya. Jika Anda ingin berkunjung ke pantai elok di Surabaya, Anda datang ke tempat yang tepat, karena kami akan mengajak Anda Keluyuran ke pantai-pantai di Surabaya yang recommended banget untuk dikunjungi. Berikut adalah tempat-tempatnya.

1. Pantai Kenjeran Lama

* sumber: www.hargatiket.net

Pantai Ria Kenjeran dibagi dua, yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Perbedaannya sebenarnya hanya terletak pada kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana.

Di Pantai Kenjeran Lama, Anda bisa melakukan kegiatan wisata pantai seperti pada umumnya, yaitu bermain di tepi pantai, naik perahu, bermain pasir, menikmati kuliner di sekitar pantai dan sebagainya. Sedangkan Pantai Kenjeran Baru lebih kepada wisata selfie dan tempat bermain di darat, karena banyaknya bangunan Tionghoa di sana.

Jadi, kalau Anda mau berwisata pantai yang konvensional ya perginya ke Pantai Kenjeran Lama. Di sini, Anda bisa menyewa perahu untuk menikmati suasana laut. Saking banyaknya peminat, kadang pengunjung sampai mengantri untuk bisa menaiki perahu.

Biaya sewanya adalah Rp 30 ribu/kapal pada hari-hari biasa (bukan musim liburan). Anda bisa juga menyewa perahu rombongan yang sewa per kapalnya dihargai Rp 100.000.

Untuk berwisata di Pantai Kenjeran Lama, kamu bisa membayar sekitar Rp15.000 per orang, sedangkan untuk Pantai Kenjeran Baru dikenakan biaya sekitar Rp25.000 per orang. Perbedaan harga ini tentu dikarenakan oleh fasilitas yang berbeda. Jadi, jangan lupa siapkan bujet yang cukup serta kondisi fisik agar bisa menjelajahi kedua pantai ini sepuasnya ya!

  • Alamat: Jalan Raya Pantai Lama no. 12, Kenjeran, Kec. Bulak
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • Telepon: –
  • HTM: Rp 15 ribu, belum biaya menyewa perahu

2. Pantai Papuma

* sumber: anekatempatwisata.com

Rekomendasi yang ke-2 adalah Pantai Papuma. Adalah sebuah pantai yang menjadi tujuan wisata banyak orang. Lokasinya terletak di Kabupaten Jember, provinsi Jawa Timur. Nama Papuma sendiri sebenarnya merupakan sebuah singkatan, yaitu “Pasir Putih Malikan”.

Pantai yang dikelilingi bukit ini aman untuk anak-anak bermain dan berenang. Pantai ini berbentuk cekung, sehingga menjorok ke daratan. Ombaknya juga tenang dan airnya jernih, pasti hepi banget kalau snorkeling di sini. Kalau tidak mau masuk ke air juga tak apa, Anda bisa berfoto-foto, naik perahu dan lain sebagainya.

Kalau capek dan lapar, tinggal melipir ke kafe, restoran dan resort di sekitar pantai. Anda bisa juga camping di sekeliling pantai, loh! Tenang saja, sudah ada banyak penjaga di sanam jadi aman. Suhu udaranya juga tidak terlalu dingin karena berada di pinggir pantai.

  • Alamat: Jalan Raya Lojejer, Area Kebun, Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • Telepon: –
  • HTM: Rp 7 ribu weekdays, Rp 10 ribu weekends. Parkir Rp 1 ribu motor, Rp 6 ribu mobil.

3. Pantai Dalegan

* sumber: blog.darmawisataindonesia.co.id

Pantai berpasir putih dan berombak tenang ini bernama Pantai Dalegan. Terletak di Delegan, Campurejo, Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pantai ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, karena pasir putihnya lembut dan ombaknya tenang.

Anda bisa melakukan banyak hal di sini, seperti bermain pasir, berenang, berjemur, naik perahu, naik banana boat, hingga memancing. Fasilitas yang disediakan pun lengkap.

  • Alamat: Rejodadi, Delegan, Campurejo, Panceng, Kabupaten Gresik
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • Telepon: –
  • HTM: Rp 2.500 untuk anak-anak dan Rp 3.500 untuk dewasa.

4. Mangrove Wonorejo

* sumber: travelingyuk.com

Wisata pantai tidak harus selalu di area pantainya. Mangrove Wonorejo adalah sebuah ekowisata mangrove, tempat yang sempurna untuk “ngadem” di pantai. Tempat ini disebut juga sebagai Hutan Bambu Surabaya.

Ketika memasuki wilayahnya, Anda akan disambut dengan hutan yang hijau dan rimbun. Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara Anda berjalan-jalan di hutan ini karena sudah ada trek yang aman, bahkan ketika air laut sedang pasang.

Selain menikmati keindahan alamnya, Anda bisa juga mempelajari vegetasi mangrove dan satwa yang hidup di ekosistem tersebut. Tak perlu bertanya pada pemandu wisata atau pun petugas, karena ada informasi di setiap sudut lintasan. Psst, Anda bisa juga naik perahu di sini, loh!

  • Alamat: Jalan Wonorejo Timur No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Telepon: (031) 8796880
  • HTM: Sewa perahu Rp 15 ribu anak-anak dan Rp 25 dewasa, sewa speed boat Rp 300 ribu/6 orang

5. Pantai Klayar

Sama dengan pantai-pantai sebelumnya, Pantai Klayar memiliki pasir putih. Bedanya, pantai ini dikelilingi tebing dan batu karang. Pantai ini masih satu garis dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata lebih lama dari Pantai Klayar.

Pantai ini dihiasi deretan pohon kelapa, bukit-bukit menjulang di pinggir pantai yang bisa didaki juga oleh wistawan untuk melihat keindahan pantai dari atas bukit. Pantai ini terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Tempat ini berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah.

Ombaknya cukup besar jadi sebaiknya jangan berenang di sini. Cukup nikmati pemandangan ketika ombak besar menempa celah batu karang saja yang akan terlihat seperti air mancur. Ketika ada atraksi alami dari si air mancur ini kadang terdengar siulan juga, makanya sering disebut sebagai Seruling Laut.

  • Alamat: Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan
  • Jam buka: 06.00 – 16.00
  • Telepon: –
  • HTM: Rp 7 ribu anak-anak Rp 10 ribu dewasa. Parkir Rp 2 ribu motor Rp 5 ribu mobil Rp 10 ribu bis.

6. Pantai Buyutan

* sumber: mytrip123.com

Pantai Buyutan terletak di Pacitan, yang di mana sejak dari dulu terkenal dengan sebutan kota seribu goa. Seperti yang bisa Anda harapkan, banyak sekali goa di sini, menawarkan ikon wisata yang berbeda dari pantai-pantai lain.

Uniknya lagi, pantai di sini ada habitat kera-nya. Ketika akan masuk ke pantai ini, Anda akan melewati tebing karang yang di sepanjang jalannya banyak kera berekor panjang. Kera-kera ini ramah dan bisa diajak selfie juga.

Tapi, jangan sekali-kalinya Anda memberi mereka makan atau berjalan sambil membawa makanan, karena kera-kera tersebut sangat sensitif dan akan merebut makanan Anda, mereka juga bisa berubah jadi agresif setelahnya. Selain kera, di Pantai Buyutan juga ada air terjun mini jika Anda terus berjalan ke arah timur. Air terjun ini berasal dari aliran sungai yang jatuh langsung ke laut!

  • Alamat: Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan
  • Jam buka: 06.00 – 16.00
  • Telepon: 0821-1330-6232
  • HTM: Gratis. Parkir Rp 5 ribu motor Rp 10 ribu mobil. Sewa tenda untuk camping Rp 15 ribu.

Ya, itulah enam pantai di Surabaya yang wajib Anda kunjungi. Anda yang sedang membutuhkan vitamin sea langsung saja melipir ke sana kalau ada kesempatan, ya! Selain keenam pantai ini, apakah Anda punya pantai yang ingin banget Anda kunjungi di Surabaya? Atau, apakah Anda tahu pantai lainnya yang recommended? Beri tahu kami di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *