keluyuran web banner

Batas Ukuran dan Berat Koper Kabin di 7 Maskapai Indonesia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Februari 2021

Ketika akan bepergian menggunakan pesawat, apakah kamu pernah mengalami kelebihan barang kabin sehingga terpaksa harus membayar biaya ekstra? Pasti kamu kesal dibuatnya. Nah, supaya kamu tak mengalami hal tak mengenakan seperti ini lagi, penting bagi kamu untuk tahu aturan tentang berat barang kabin masing-masing maskapai.

Artikel ini akan membahas tentang batas berat dan ukuran koper kabin tiap maskapai di Indonesia. Simak informasi selengkapnya berikut ini ya!

1. Lion Air

Lion Air

* sumber: mediaindonesia.com

Maskapai penerbangan Lion Air semenjak 1 September 2019 menerapkan aturan bagasi terbaru, yaitu bagasi 0 kilogram. Ini berarti kalau kamu menggunakan Lion Air untuk bepergian dan membawa barang bawaan untuk dibawa ke bagasi, maka kamu perlu membayar tarif bagasi ketika check-in.

Tarif yang diterapkan oleh maskapai penerbangan tersebut dihitung berdasarkan berat, waktu (yaitu kapan kamu berpergian), serta jarak tempuh yang akan dilalui. Supaya kamu tidak harus membayar bagasi, manfaatkan kabin bagasi untuk menyimpan barang-barang yang kamu bawa.

Adapun ketentuan dimensi barang yang dapat masuk ke kabin untuk maskapai Lion Air adalah panjang tidak lebih dari 40 sentimeter (cm), lebarnya 30 cm, serta tinggi 20 cm. Berat koper atau barang yang akan dibawa ke kabin, beratnya tidak boleh lebih dari 7 kilogram.

Kalau kamu memerlukan fasilitas bagasi untuk barang bawaanmu, ada batasan kuota yang diberikan oleh Lion Air bagi penumpangnya yang berminat untuk melakukan pembelian bagasi. Maksimal bagasi adalah 30 kg.

2. Sriwijaya Air

Sriwijaya Air

Sriwijaya Air semenjak satu Maret 2019 resmi melakukan pengurangan kuota bagasi gratis. Untuk kelas ekonomi ada penyesuaian bagasi yang awalnya 20 kg menjadi 15 kg, dan untuk pesawat ATR pengurangan dilakukan dari awalnya 15 kg menjadi 10 kg.

Untuk ukuran koper atau tas yang akan dibawa ke dalam kabin pesawat, Sriwijaya Air menerapkan aturan seperti ukuran tas atau koper adalah 56 cm x 33 cm x 23 cm serta beratnya tidak lebih dari 7 kg, Tas atau koper yang sesuai dengan peraturan ini yang dapat masuk ke dalam kompartemen atas kabin.

Sedangkan ukuran tas tangan yang boleh dibawa ke dalam pesawat adalah tas tangan yang muat untuk disimpan di bawah kursi penumpang sepanjang perjalanan. Penumpang akan dikenakan biaya sesuai tarif jika berat bagasi cuma-cuma mereka melebihi ketentuan.

Bagi bayi yang tidak duduk di kursi penumpang tidak memiliki fasilitas bagasi walaupun kereta bayi akan bisa dibawa tanpa dikenakan biaya. Sementara untuk alat-alat olahraga, setelah melakukan pembayaran biaya yang ditetapkan, barulah barang-barang tersebut bisa dibawa ke dalam pesawat.

Untuk alat-alat musik dengan ukuran yang melebihi dimensi bagasi kabin, jika masih dalam batas bagasi yang diperbolehkan, bisa dibawa ke dalam kabin apabila tempat duduk untuk peralatan musik tersebut sudah dibeli sesuai dengan tiket biaya perjalanan.

Kecuali bayi, penumpang diperbolehkan untuk membawa dua bawaan ke dalama kabin pesawat tanpa dikenakan biaya bagasi kabin tetapi harus memenuhi ketentuan yang berlaku. Untuk barang yang akan dibawa ke dalam pesawat, pilihannya antara lain koper kabin atau tas tangan atau tas laptop.

3. Batik Air

Batik Air

* sumber: www.airmagz.com

Maskapai penerbangan Batik Air memiliki fasilitas bagasi tidak terdaftar. Ini artinya penumpang yang masuk ke dalam pesawat bisa membawa barang berupa tas ke dalam kabin tanpa dipungut biaya bagasi kabin tetapi harus memenuhi ketentuan berat maksimal 7 kg.

Tiap penumpang yang masuk ke dalam pesawat juga diperbolehkan membawa satu tas, yang bisa berupa koper atau lainnya, satu tas tangan atau satu tas laptop. Untuk tas yang akan dimasukkan ke dalam kabis ukuran panjangnya tidak boleh lebih dari 40 cm, lebar 20 cm dan tinggi 30 cm.

Selain itu, Batik Air juga menyediakan fasilitas bagasi gratis untuk para penumpangnya. Untuk penumpang kelas bisnis, ketentuan berat bagasinya yaitu tidak boleh lebih dari 30 kg. Sementara untuk penumpang kelas ekonomi berat maksimal tidak boleh lebih dari 20kg.

Bagasi gratis tersebut bisa didapatkan hanya jika penumpang mematuhi peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh maskapai. Jadi pastikan barang bawaan untuk bagasi tidak melebihi ketetapan dari maskapai Batik Air.

4. Citilink

Citilink

* sumber: headtopics.com

Citilink menyediakan fasilitas bagasi terdaftar untuk tiap penumpangnya dengan ketentuan maksimal berat 20 kg. Citilink juga menentukan tarif bagasi yang disesuaikan dengan kapan penerbangan itu diberangkatkan, jarak yang ditempuh, dan berat dari setiap barang penumpang.

Maskapai ini menerapkan harga yang berbeda-beda untuk excess baggage atau kelebihan berat. Harga akan didasarkan pada waktu serta jarak penerbangan. Berat maksimal yang diterapkan oleh Citilink untuk penerbangan domestik pesawat A320 adalah 20kg dan pesawat ATR adalah 10 kg.

Citilink juga memberikan fasilitas bagasi di kabin dengan berat maksimalnya yaitu 7 kg. Sementara untuk dimensi tas atau koper yang bisa masuk bagasi pesawat A320 adalah 56 x 36 x 23 cm dan dimensi untuk pesawat ATR maksimal 41 x 34 x 17cm.

5. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia

Maskapai Garuda Indonesia menetapkan aturan bagasi yang terdiri dari dua kategori. Kategori pertama yaitu bagasi tidak terdaftar atau kabin. Untuk barang bawaan tidak terdaftar yang diperbolehkan untuk dibawa ke dalam kabin berat maksimalnya adalah 7 kg.

Bagasi kabin bisa ditaruh di bawah kursi penumpang atau di kompartemen di atas kepala. Adapun dimensi untuk tas atau koper yang masuk kabin adalah panjang 56 cm, tebal 23 cm, atau lebar 36 cm, tetapi jumlah ketiga dimensi itu tak boleh lebih dari 115 cm ataupun berat 7 kg.

Namun untuk Economy Class CRJ dan ATR terdapat pengecualian. Batas maksimumnya yaitu, panjang 41 cm, lebar 34 cm atau tebal 17 cm dengan persyaratan jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak boleh lebih dari 92 cm atau berat 7 kg.

Untuk kategori bagasi bebas biaya penerbangan domestik jumlah maksimalnya beragam. Untuk kelas first class dewasa berat maksimal bagasi adalah 40 kg. Sementara untuk kelas bisnis berat bagasi maksimal yaitu 30 kg dan kelas ekonomi seberat 20 kg.

Untuk anak-anak dan bayi di kelas first class bisnis dan ekonomi juga mendapatkan bagasi bebas biaya. Adapun ketentuannya adalah kelas first class maksimal berat bagasinya 20 kg dan untuk bisnis serta ekonomi mendapat jatah bebas bagasi dengan berat maksimal 10 kg.

Jika dibandingkan dengan penerbangan domestik, penumpang rute internasional ketentuan berat bagasi terdaftar gratisnya lebih besar. Khusus penumpang penerbangan internasional, berat bagasinya lebih besar dibanding penerbangan domestik. Kelas first class seberat 50 kg, bisnis 40 kg dan ekonomi 30kg.

6. Air Asia

Air Asia

* sumber: headtopics.com

Untuk maskapai penerbangan AirAsia Indonesia bagasi gratis hanya disediakan untuk penumpang domestik dengan berat maksimal 15 kg. Peraturan maskapai Air Asia akan mengenakan biaya kelebihan bagasi jika berat barang melebihi 15 kg.

Air Asia memberikan fasilitas bagasi kabin, tapi ukuran tas atau koper yang kamu bawa tidak boleh lebih dari tinggi 56cm, lebar 36cm, panjang 23cm. Barang yang dibawa harus bisa disimpan di bawah kursi di depan contohnya satu tas kecil satu atau tas laptop atau satu tas tangan dan berat maksimal 7 kg.

7. Scoot

Scoot

* sumber: www.jawapos.com

Maskapai berbiaya rendah yang merupakan bagian dari Singapore Airlines Group, Scoot, sekarang ini sudah beroperasi ke lebih dari 20 destinasi yang berada di seluruh wilayah Asia dan Australia. Maskapai penerbangan ini mempunyai opsi untuk bagasi terdaftar ke dalam tarif.

Kuota 20 kg disediakan untuk fly bag atau fly bag eat dan kuota 30 kg untuk ScootBiz. Tersedia pilihan kuota bagasi sampai 40 kg yang dibeli secara online jika kamu tak mau bayar lagi. Kamu bisa memilih dengan tak mengikutkan kuota bagasi terdaftar. Tiap kelebihan per kg akan kena biaya tambahan.

Sementara kelas ekonomi untuk bagasi kabin terbatas pada satu buah sampai 10kg, atau bisa juga dua buah termasuk tas tangan atau laptop dengan berat keseluruhan barang tidak lebih dari 10 kg. Sedangkan untik kelas bisnis, bisa membawa dua buah barang dengan berat tak lebih dari 15 kg.

Ukuran tas atau koper untuk bagasi kabin tidak boleh lebih dari 54 cm x 38 cm x 23 cm. Untuk penumpang ekonomi, kabin bagasi  ekstra sebesar 7 kg atau tambahan standar sebesar 10 kg.

Aturan mengenai berat maksimal yang disebutkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan  kebijakan dari tiap-tiap maskapai. Untuk mendapatkan informasi tambahan, kamu bisa membuka situs web resmi tiap-tiap maskapai penerbangan agar tak terlewatkan info terbaru dari mereka.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram