10 Boneka Khas Jepang yang Unik & Cocok untuk Oleh-Oleh

Ditulis oleh Anggie Warsito

Selain kaya akan tempat wisata dan manga, Jepang juga kaya akan boneka tradisionalnya. Boneka tradisional di Jepang sendiri punya bentuk yang khas, sehingga membuat mereka tampak begitu otentik. Tak hanya itu, sejumlah boneka tradisional khas Jepang juga punya nilai historis dan bahkan mistis di dalamnya.

Kalau kamu piknik ke Jepang dan bingung mau beli oleh-oleh apa, maka boneka khas Jepang sepertinya cocok untuk buah tanganmu nanti. Kebetulan, di sini terdapat beberapa rekomendasi boneka tradisional khas Jepang yang bisa kamu beli nanti di sana.

1. Daruma

Daruma

* sumber: asahiimports.com

Kalau kamu suka nonton Benteng Takeshi, bentuk boneka ini mungkin tak asing buatmu. Di Jepang sana, boneka ini konon dipercaya dapat menjadi jimat keberuntungan yang dapat membantu mewujudkan cita-cita kita.

Daruma sendiri merupakan perwujudan pendeta Bodhidharma. Umumnya, boneka ini berwarna merah. Namun, kadang kala boneka ini juga diberi warna lain seperti kuning, hijau, maupun putih. Usut punya usut, boneka ini juga punya versi perempuannya, lho. Adapun versi perempuan dari boneka ini adalah Ehime Daruma yang berarti Putri Daruma.

2. Ningyo

Ningyo

* sumber: bp-guide.id

Boneka ini terhitung boneka tertua di Jepang, dan bahkan dunia. Boneka ini sudah ada sejak berabad-abad silam, tepatnya pada tahun 1000 masehi. Boneka ini mulanya dipakai sebagai mainan untuk anak-anak beserta ibunya.

Adapun Ningyo sendiri merupakan boneka yang memiliki pelbagai bentuk, mulai dari bayi, anak-anak, kaisar, hingga dewa dan setan. Semua bentuk tersebut terilhami dari pelbagai macam cerita sejarah dan legenda yang ada di Jepang.

3. Hakata Ningyo

Hakata Ningyo

* sumber: bp-guide.id

Berbeda dengan Ningyo, boneka satu ini bentuknya lebih spesifik, yakni berupa sesosok perempuan cantik. Semua bagian boneka ini terbuat dari tanah liat, mulai dari badan boneka hingga cat untuk bonekanya.

Nama boneka ini sendiri diambil dari Hakata, yang merupakan salah satu daerah di kota Fukuoka, Jepang. Menurut sejarah, boneka ini pertama kali dibuat oleh pemimpin Hakata saat itu, Kuroda Nagasama.

4. Gosho Ningyo

Gosho Ningyo

* sumber: www.lasieexotique.com

Kalau Hakata Ningyo adalah boneka perempuan, maka Gosho Ningyo adalah boneka berbentuk sesosok bayi yang lucu. Ciri khas utama dari boneka ini adalah bentuknya yang serupa bayi lucu yang gendut, dan di bawahnya terdapat kain gofun berwarna kemerahan.

Menurut sejarah, boneka ini mulanya dipakai sebagai hadiah untuk para tamu kaisar zaman dulu. Selain itu, menurut pihak Museum Nasional Kyoto, sosok boneka ini konon terinspirasi oleh Saga Ningyo yang merupakan sesosok boneka naga putih tak berbusana. Kini, boneka ini dapat ditemui di pelbagai toko cinderamata. Jadi, kamu pun bisa membeli boneka ini sebagai oleh-olehmu nanti.


5. Hina Ningyo

Hina Ningyo

* sumber: livejapan.com

Ini adalah boneka khas Jepang lainnya yang cukup legendaris. Bagaimana tidak, boneka ini dibuat dan sudah ada sejak abad 18 silam. Mulanya, boneka ini hanya dibuat dari rumput atau kertas semata. Namun, seiring waktu, boneka ini mulai dibuat dengan bahan yang jauh lebih kuat.

Di Jepang, boneka ini lazim dipakai pada festival boneka di Jepang. Festival yang diperingati pada 3 Maret ini merupakan momen menyambut musim bunga persik, sekaligus ajang perayaan bagi tiap anak perempuan di Jepang.

Pada festival tersebut, para keluarga yang punya anak perempuan akan memasang satu set penuh Hina Ningyo. Di depan satu set boneka tersebut, mereka pun berdoa agar kebahagiaan selalu menaungi anak perempuan mereka.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, boneka ini memang terdiri atas satu set penuh. Dalam satu setnya, terdiri atas berbagai jenis boneka, mulai dari kaisar, permaisuri, pemusi, hingga para dayang. Kalau dilihat dari setnya, boneka ini sepertinya ingin menggambarkan prosesi upacara perkawinan tradisional Jepang, tepatnya di abad 18 silam.

6. Teru Teru Bozu

Teru Teru Bozu

* sumber: scdc.binus.ac.id

Di beberapa anime atau film Jepang, boneka satu ini seringkali muncul dan biasanya digantung persis di jendela rumah. Di Jepang, boneka ini memang lazim diletakkan seperti itu. Konon, dengan meletakkan boneka ini dengan cara tersebut, maka cuaca cerah akan datang atau hujan akan terhenti dengan sendirinya.

Boneka ini terbuat dari kertas atau kain putih yang di atasnya diberi benang. Benang tersebut nantinya akan dipakai untuk menggantung boneka ini di jendela rumah.

7. Karakuri

Karakuri

* sumber: soranews24.com

Jauh sebelum hadirnya robot-robot canggih di masa sekarang, Jepang ternyata pernah membuat robot klasik di abad 18 silam. Dan, Karakuri adalah robot klasik tersebut. Karakuri sendiri merupakan boneka sekaligus robot tradisional yang mampu melakukan sejumlah hal, mulai dari memanah, menyajikan teh, hingga menari.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram