10 Oleh-Oleh Khas Jepang yang Unik dan Wajib Dibeli

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 Juli 2020

Jepang adalah salah satu negara di Asia yang selalu menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara, tak terkecuali wisatawan dari Indonesia. Biaya hidup yang tinggi tak menjadi penghalang bagi para wisatawan untuk mengunjungi negara tempat asal tokoh kartun Hello Kitty dan Doraemon ini. Dan kota yang paling jadi sering tujuan wisata adalah Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

Sampai saat ini, Jepang selalu menjadi kiblat fashion bagi beberapa negara di Asia. Meskipun mode fashion Jepang terbilang nyentrik, toh tetap saja gaya fashion dan style kawula muda Jepang banyak diikuti oleh masyarakat di negara-negara yang ada di Asia, seperti Hong Kong, Singapura, Thailand, dan Indonesia.

Ketika berlibur ke Jepang, Anda tidak perlu pusing soal makanan. Pasalnya, makanan khas Jepang tentu sudah akrab di lidah kita. Contoh makanan Jepang yang banyak dijual di negara kita adalah sushi, bento, dan ramen. Selain itu, Japanese Cuisine memiliki cita rasa yang tak jauh berbeda dengan masakan khas Asia lainnya.

Nah, puas berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Negeri Sakura, kini tiba saatnya untuk berburu beberapa oleh-oleh khas Jepang untuk saudara dan sahabat yang ada di Indonesia. Apa saja ya oleh-oleh yang khas dari Jepang? Ini rangkumannya versi Keluyuran!

1. Yukata

oleh-oleh khas jepang yukata

Yukata adalah pakaian tradisional Jepang. Yukata adalah bentuk dari kimono yang tidak formal. Dahulu, masyarakat Jepang menggunakan Yukata jika hendak mandi di pemandian umum. Namun kini yukata digunakan pada saat festival musim panas, misalnya saat pesta kembang api, matsuri, atau menari saat perayaan obon.

Membawakan yukata sebagai oleh-oleh khas Jepang untuk teman dan keluarga di rumah merupakan ide yang cukup baik. Pasalnya, harga yukata ini jauh lebih murah dibanding kimono formal sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

2. Edo Furin

Edo Furin

Jika Anda penggemar film kartun atau komik Jepang, Anda tentu sudah mengenal benda yang satu ini. Edo furin (Wind Bell / Glass Bell) adalah bola kacang kecil yang dijadikan gantungan di depan jendela rumah orang-orang Jepang.

Apabila tertiup angin, gantungan ini akan berbunyi seperti lonceng. Suaranya yang lembut membuat suasana musim panas di dalam rumah jadi terasa kental seperti di Jepang. Edo furin adalah salah alternatif cindera mata yang unik, lucu, dan khas Jepang.

3. Tokyo Banana

Tokyo Banana

Pisang dari Tokyo? Bagaimana rasanya ya? Tunggu dulu, Tokyo Banana bukanlah buah pisang yang dipanen di Tokyo. Ini merupakan sebuah nama untuk cake lembut berisi krim yang diolah dari buang pisang. Rasanya yang lezat pasti akan membuat siapa saja yang mencobanya ketagihan.

Akhir-akhir ini, Tokyo Banana selalu menjadi incaran para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jepang. Tentunya, cake yang lezat ini sangat pantas untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Harga kue ini tidak terlalu mahal, 4 buah Tokyo Banana dijual dengan harga ¥ 483 atau sekitar 50 ribuan rupiah.

4. Anime Stuff

digimon figurine

Anda pasti setuju jika kami mengatakan Jepang adalah surganya anime, bukan? Nah, tentu sangat mudah menemukan barang-barang berbau anime di Jepang, seperti komik, kostum cosplay, dan masih banyak lagi.

Bawakan barang-barang tersebut untuk sahabat atau keluarga Anda yang gemar dengan anime. Tentu saja harga anime stuff di sana jauh lebih murah jika Anda membelinya di sini.

Carilah anime stuff di otaku shop. Keluyuran akan memberi beberapa rekomendasi mengenai otaku shop yang ada di Jepang, yakni Liberty di Akihabara, Gojira-ya di Suginami-ku, Mandarake yang berada di Nakano-ku, dan Akiba Culture Zone di Chiyoda-ku.

5. Gantungan Kunci dengan Tema Jepang

gantungan kunci jepang

Jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk membeli oleh-oleh, maka gantungan kunci merupakan salah satu cindera mata dengan harga yang terjangkau. Pilih beberapa gantungan kunci bertema Jepang untuk dijadikan oleh-oleh.

Gantungan kunci ini sangat bervariasi, mulai dari gantungan bermotif pohon sakura, bangunan yang menjadi landmark di Jepang, geisha, hingga Gunung Fuji. Harga untuk gantungan kunci ini juga bermacam-macam, semakin bagus bahan dan kualitasnya maka semakin mahal pula harga keychain tersebut.

6. Bubuk Mandi

Bubuk Mandi

Jepang memiliki tradisi yang sangat unik, yakni berendam di dalam air panas. Bahkan, bathup di rumah penduduk Jepang sebagian masih sangat tradisional, yakni terbuat dari kayu. Selain itu, di Negeri Sakura ini Anda akan banyak menemukan tempat-tempat pemandian air panas.

Nah, oleh karena itu tak ada salahnya Anda membawa tradisi unik khas Jepang ini ke Indonesia melalui buah tangan berupa bubuk mandi. Bubuk mandi ini biasanya digunakan untuk campuran air panas yang ada di dalam bathup.

Di beberapa toko atau minimarket di Jepang terdapat berbagai merk bubuk mandi yang ditawarkan. Harganya relatif murah, hanya dengan ¥100 atau sekitar 11 ribuan rupiah Anda sudah dapat membeli sebungkus bubuk mandi dengan aroma yang menyenangkan.

7. Maneki Neko

Maneki Neko

“Kucing keberuntungan” begitulah biasanya Maneki Neko disebut. Masyarakat Jepang biasa memajang Maneki Neko di toko atau tempat usaha mereka. Patung kucing dengan satu tangan teracung ke atas ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

Wah, jika Anda ingin berbagi keberuntungan ini ke kerabat yang ada di tanah air, tak ada salahnya Anda membeli Maneki Neko untuk oleh-oleh. Meskipun di Indonesia juga banyak yang menjualnya, namun Maneki Neko asli jepang tentu lebih unik dan menarik.

8. Daruma

Daruma

Sama seperti Maneki Neko, Daruma juga dipercaya dapat membawa keberuntungan, lho. Hanya saja jika Maneki Neko memiliki rupa yang lucu, Daruma ini memiliki tampilan yang sedikit garang. Bentuknya biasanya agak bulat lonjong dan didominasi dengan warna merah.

Boneka atau mainan khas Jepang ini sendiri terinspirasi dari salah satu tokoh Buddha bernama Bodhidharma. Bagian dalam Daruma kosong dan pajangan ini tidak memiliki kaki dan tangan. Sepintas Daruma ini nampak mirip dengan Matryoshka, boneka asal Rusia.

9. Bakiak Jepang

geta

Geta adalah nama untuk bakiak khas Jepang. Sandal tradisional yang terbuat dari kayu ini dipakai bersamaan dengan yukata atau kimono. Jadi, Anda bisa membelikan bakiak ini untuk melengkapi yukata yang sudah dibungkus untuk oleh-oleh.

10. Sumpit

Hashi Mikura

Sumpit adalah alat makan yang sangat umum digunakan. Tak hanya di Jepang, sumpit juga digunakan di Cina dan Korea. Namun, di Jepang ada sebuah toko yang menawarkan sumpit dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna.

Toko tersebut adalah Hashi Mikura. Di toko ini, Anda bisa request sumpit yang ditulisi nama, tanggal, atau pesan tertentu. Jangan khawatir soal kualitas, karena semua sumpit yang dijual di sini memiliki kualitas yang sangat tinggi.

11. Randoseru

Randoseru

* sumber: japanesian.id

Jika Anda doyan menonton dorama atau drama Jepang, mungkin Anda sudah tidak aneh melihat tas sekolah khas anak TK dari Jepang ini. Nah, tas khas anak TK ini memiliki sebutan yakni Randoseru. Banyak orang memburu tas unik satu ini.

Keunikannya tentu saja karena hanya digunakan oleh anak-anak TK dan SD di Jepang. Bentuknya kotak, ukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, warnanya pun beragam. Namun, kebanyakan Randoseru memiliki warna merah dan hitam. Nah, berniat untuk membeli tas ini sebagai oleh-oleh unik?

12. Sensu

Sensu

* sumber: japanesian.id

Anda tahu Sensu? Ya, Sensu adalah istilah dari Jepang untuk kipas khas dari Negeri khas Jepang ini. Sensu memang terlihat seperti kipas biasa pada umumnya, namun nyatanya Sensu memiliki ukiran yang beda dari kipas lainnya lho.

Biasanya Sensu akan dilukis dengan gambar-gambar pemandangan Jepang yang asri seperti Gunung Fuji atau pohon Sakura. Jika Anda tertarik membelinya maka Anda bisa siapkan dana kisaran 60 ribu rupiah per-kipas. Namun, harga juga tergantung dari gambar serta kualitas kipasnya ya.

13. Hanko

Hanko

* sumber: japanesian.id

Hanko adalah sebuah cap yang biasa digunakan orang Jepang ketika akan melakukan tanda tangan. Jadi, mereka tidak akan menyiapkan pulpen untuk melakukan tanda tangan, mereka akan menggunakan cap sebagai tanda tangan khas mereka.

Tentu saja cap setiap orang berbeda dan disesuaikan dengan nama masing-masing pemilik cap. Nah, Hanko ini juga bisa dibuat cap atas nama Anda dalam bahasa Jepang untuk diberikan sebagai oleh-oleh yang unik. Tertarik?

14. Sake

Sake

* sumber: japanesian.id

Sudah tidak aneh dong dengan yang namanya Sake? Ya, minuman yang cukup populer di seluruh dunia ini berasal dari Jepang. Nah, Anda juga bisa membawakan Sake sebagai buah tangan yang unik dari Jepang. Namun, jika Anda membeli Sake sebagai buah tangan maka harus siap menguras dompet agak dalam ya.

15. Boneka Geisha

Boneka Geisha

* sumber: japanesian.id

Action Figure anime sudah sangat biasa di Jepang, bagaimana kalau diganti dengan action figure atau boneka yang berbentuk Geisha? Lebih unik dan lebih kerasa Jepangnya bukan? Boneka Geisha juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang unik dan menarik.

Tak heran, banyak wisatawan juga berburu boneka Geisha ini sebagai buah tangan dan mereka bawa pulang ke Negara asalnya. Ya, memang boneka Geisha ini dijual dengan harga bervariasi, paling murahnya berkisar 3000 yen atau sekitar 300 ribuan, cukup menguras dompet, ya? 

Dari daftar oleh-oleh khas Jepang di atas, manakah yang menarik perhatian Anda? Anda bisa menjadikan oleh-oleh asal Negeri Sakura ini sebagai referensi untuk membeli buah tangan atau sekedar menitip ke kerabat yang akan pergi ke Jepang. Bahkan saat ini sudah banyak yang menjual oleh-oleh khas negara jepang ini secara online.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram