Keluyuran / Tips Wisata di Korea / Cepat dan Mudah, Inilah Cara Mengajukan Visa Korea Selatan

Cepat dan Mudah, Inilah Cara Mengajukan Visa Korea Selatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2019

Setelah puas menjelajahi negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand yang bebas visa, sudah saatnya kamu mencoba mengunjungi negara Asia lainnya seperti Korea Selatan. Negara Korea Selatan memang masih menerapkan izin kunjungan atau visa bagi wisatawan Indonesia yang ingin berwisata ke negeri gingseng tersebut.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena pengajuan visa Korea Selatan tidak seribet yang kamu bayangkan. Dengan persiapan dan panduan yang tepat, pengajuan visa Korea Selatan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Dan kali ini Keluyuran akan membagikan panduan singkat bagi kamu yang hendak mengajukan visa Korea Selatan, baik secara mandiri maupun via travel agent.

 Jenis Visa

Visa Korea

Tentukan jenis visa berdasarkan berapa lama dan apa tujuan kamu mengunjungi negara Korea Selatan. Berikut ini adalah jenis visa Korea Selatan, berdasarkan berapa lama waktu kunjungan dan juga rincian biaya pembuatannya.

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 560.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari khusus TKI, Pelajar, Kursus Bahasa, dll) : Rp. 840.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.260.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 980.000,

Untuk visa kunjungan wisata biasa umumnya kamu hanya perlu mengajukan single visa dengan waktu kunjungan kurang dari 90 hari. Kecuali kamu sudah memiliki rencana traveling untuk beberapa kali kunjungan dalam kurun waktu berdekatan, maka sebaiknya kamu putuskan untuk mengajukan multiple visa atau double visa.

Perlu diketahui, jika pada akhirnya visa kamu dinyatakan tidak disetujui maka biaya pengajuan visa yang telah kamu bayarkan tidak dapat dikembalikan. Jadi, sebaiknya pastikan dokumen yang kamu ajukan valid dan sesuai dengan persyaratan yang diminta.

Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan dokumen merupakan hal utama dalam pengajuan visa Korea Selatan. Maka dari itu, persiapkan dengan teliti dan seksama, dan jangan sampai ada yang tertinggal. Lalu, apa saja dokumen untuk membuat visa Korea Selatan? Berikut rinciannya.

Visa Turis

form aplikasi visa

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas dan juga visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi). Pastikan paspor masih memiliki masa berlaku minimal 6 bulan dari tanggal keberangkatan. Lampirkan juga paspor lama jika ada. Selama proses pengajuan visa, paspor tidak bisa dipinjam. Jadi pastikan kamu tidak memiliki rencana ke luar negeri selama paspor kamu belum dikembalikan.
  • Formulir Aplikasi Visa. Unduh formulir aplikasi visa di link ini, dan isilah secara lengkap. Gunakan huruf kapital dalam pengisian, baik menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Korea. Gunakan tanda checklist dan hindari memberi tanda silang, bulat, atau bahkan mencoret jawaban pada pertanyaan pilihan berganda.
  • 1 Lembar Foto ( ditempel pada kolom foto di formulir aplikasi visa). Foto yang digunakan adalah foto terbaru yang diambil dalam 6 bulan terakhir. Ukuran fotonya sendiri adalah 35mm x 45 mm dengan latar putih dan angle wajah yang proporsional (tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh). Selain itu, tidak diperkenankan menggunakan topi atau aksesoris yang menghalangi wajah.
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja bagi karyawan
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi SIUP bagi wiraswasta
  • Fotokopi Bukti Keuangan:
    • Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21). Jika kamu tidak memiliki SPT Tahunan, maka kamu bisa membuat pernyataan di atas materai bahwa kamu memang tidak memiliki SPT Tahunan beserta alasannya.
    • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank. Dari pengalaman yang sudah-sudah, bukan besaran nominal yang menjadi bahan pertimbangan melainkan konsistensi dan flow keuangan secara berkala yang menunjukkan bahwa kamu memang memiliki penghasilan tetap di Indonesia dan tidak berniat mencari pekerjaan di Korea Selatan secara ilegal dengan menggunakan visa wisata.

Keterangan Tambahan

  • Bagi yang masih berstatus mahasiswa wajib melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua.
  • Bagi anak yang masih berusia 18 tahun kebawah, harus disertai dengan fotokopi KTP orang tua dan melampirkan surat sponsor dari kedua orang tua. Kemudian, di form aplikasi visa juga harus dibubuhi oleh tanda tangan orang tua.
  • Bagi ibu rumah tangga atau yang belum memiliki pekerjaan atau penghasilan sendiri harus melampirkan bukti keuangan milik suami atau keluarga.
  • Jika istri akan pergi tanpa suami, maka harus melampirkan surat ijin dari suami ( di atas materai 6000 ). Dan apabila akan membawa anak, maka lampirkan juga fotokopi akte kelahiran anak.
  • Dan bagi para pengusaha yang mau membawa asisten rumah tangga, maka wajib menyerahkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)

Perlu diingat bahwa tiket, reservasi hotel, dan juga itinerary tidak termasuk dalam persyaratan visa korea. Jadi, jika kamu tetap melampirkan reservasi pesawat, dan hotel, hal tersebut tetap tidak akan mempengaruhi pertimbangan visa kamu akan diterima.

Setelah dokumen kamu siapkan, susunlah urutan berkas tersebut sesuai panduan yang tertera di sini, agar mempercepat dan memudahkan verifikasi data pada berkas yang kamu serahkan. Pihak Kedubes Korea pun berhak untuk meminta dokumen tambahan apabila berkas yang telah kamu serahkan masih dinilai belum lengkap.

Untuk jenis visa yang lain seperti visa bisnis atau visa grup tour, kamu bisa temukan informasi lengkapnya di sini.

Cara Mendaftarkan Visa

Kedubes Korea Selatan

* sumber: backpackstory.me

Tidak sulit untuk melakukan proses pendaftaran Visa ke Korea. Untuk yang masih bingung, maka bisa baca step-by-step caranya di bawah ini:

Pendaftaran dan Pengambilan

Setelah dokumen lengkap, kamu bisa mendaftarkan visa secara langsung ke kantor Kedubes Korea Selatan yang beralamat di Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950. Untuk jam operasional pendaftaran visa dimulai dari jam 09.00-11.30 wib. Sedangkan untuk  pengambilan visa dibuka mulai pukul 13.30-16.30 wib.

Begitu tiba di sana, kamu akan diarahkan untuk mengambil nomor antrean. Satu orang bisa mengurus 10 visa sekaligus, selama dokumen sudah lengkap, ya! Setelah namamu dipanggil dan penyerahan dokumen, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran visa secara tunai. Setelah itu kamu akan mendapatkan tanda terima untuk pengambilan visa jika visa disetujui.

Lama proses pengajuan kurang lebih minimal 6 hari kerja, terhitung satu hari setelah dokumen diserahkan. Namun, proses bisa melebihi 6 hari kerja apabila dokumen dianggap belum lengkap dan akan digelar sesi interview jika dibutuhkan. Pengajuan juga dapat berlangsung lebih lama jika bertepatan dengan hari besar atau acara penting Korea Selatan. Jadi, sesuaikan waktu pendaftaran visa dengan jadwal keberangkatan jangan sampai terlalu mepet.

Cek Status Pengajuan Visa

Cek status visa korea

Setelah proses pendaftaran visa selesai, kamu bisa mengetahui status visa kamu secara online melalui link ini. Cara pengecekkannya sangat mudah, yaitu cukup dengan memasukkan nomor aplikasi, nama, dan tanggal lahir. Setelah kamu mendapatkan konfirmasi approval (biasanya lewat sms), kamu bisa mendatangi Kedubes sesuai jadwal pengambilan dengan membawa tanda terima yang kamu terima pada saat pendaftaran.

Pengajuan Visa Via Travel Agent

Tidak jauh berbeda dengan pengajuan visa Korea Selatan secara mandiri, travel agent hanya membantu mewakilkan penyerahan berkas yang telah kamu siapkan ke Kedubes Korea Selatan. Tidak ada hal yang berbeda baik berkas maupun lama prosesnya. Hanya saja, biaya yang kamu keluarkan tentunya akan lebih besar karena menggunakan jasa pihak ketiga.

Mengajukan visa via travel agent sangat disarankan bagi kamu yang berada di luar kota Jakarta guna menghemat waktu dan tenaga. Dengan tarif yang lebih mahal, rasanya sepadan daripada kamu harus bolak balik menempuh perjalanan berjam-jam hanya untuk menyerahkan berkas.

Nah, cukup sederhana, bukan? Jadi sudah tidak perlu ragu lagi ya untuk mengurus pembuatan visa dan bersiap berwisata ke negeri para oppa kesayangan kamu! Hunting tiketnya, urus visanya, dan selamat berlibur!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar