10 Lokasi Syuting K-Drama yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 6 November 2021

Bingung mau ngapain selama liburan? Stok Kdrama sudah habis ditonton dan sekarang kamu terjebak dalam rasa bosan di kamar sendirian. Nah, apa kamu tidak sadar bahwa Kdrama banyak memberikan inspirasi padamu. Misalnya traveling. Kdrama tidak hanya menyajikan kisah menarik yang dikemas dengan apik sehingga membuat penonton rela menunggu dengan sabar sampai episode terakhir.

Beberapa Kdrama yang akan kami ulas berikut ini dijamin akan memberikan inspirasi traveling untukmu. Keindahan tempat yang dijadikan lokasi pengambilan gambarnya pun sudah bikin orang penasaran dan tergiur ingin mengunjunginya langsung. Cek informasi berikut ini sebelum kamu menyiapkan itinerary dan kebutuhan lain yang akan dibutuhkan saat traveling nanti.

Baca juga: Daftar Patung-Patung Ikonik di Korea

1. Descendant of The Sun – Yunani

Descendant of The Sun – Yunani

2016 yang lalu Descendant of The Sun membuat heboh dunia pertelevisian Korea dan negara-negara lain termasuk Indonesia. Para penggemar banyak yang tersihir dengan pesona Yoo Shijin (Song Joong Ki) dan Kang Moyeon (Song Hye Kyo).

Sampai sekarang kisah percintaan keduanya masih membekas di benak para penggemar Kdrama. Untuk itu kita sebagai penggemar drama tersebut harus berterima kasih pada Kim Eunsook yang telah menghadirkan kisah menarik Kapten Yoo dan Dokter Kang.

Tapi di luar itu, kekuatan Descendant of The Sun bukan hanya dari para pemain yang telah membawakan perannya masing-masing dengan sangat baik. Lokasi syuting drama ini pun ikut-ikutan membuat penggemar jatuh cinta. Misalnya saja Pantai Navagio dan Arachova di Yunani.  

Di salah satu episodenya terdapat adegan Kapten Yoo Shijin membawa Dokter Kang Moyeon mengunjungi pantai cantik yang juga dikenal sebagai pantai Shipwreck atau Smuggler’s Cove yang berada di lepas pantai Zakynthos, Yunani ini.

Alasan dibalik penamaan pantai yang ditutupi kerikil putih ini adalah karena adanya kapal penyelundup yang terdampar di pantai ini tahun 1982. Sampai sekarang kapal yang karam tersebut menjadi objek menarik dari pantai ini.

Satu-satunya transportasi yang bisa membawa kamu ke tempat ini adalah dengan naik perahu. Coba deh masukan tempat ini ke dalam buckelist traveling-mu. Nikmati keindahan laut biru yang cantik yang dikelilingi tebing gagah yang menawan. Kamu akan jatuh cinta pada tempat ini.

2. Memories of Alhambra – Granada, Spanyol

2. Memories of Alhambra – Granada, Spanyol

Kita terbang ke Spanyol sekarang, tepatnya ke kota Granada. Tempat ini dijadikan lokasi pengambilan gambar dari drama Memories of Alhambra. Park Shin Hye dan aktor ganteng Hyunbin menampilkan chemistry manis dalam drama yang mengangkat tentang game berbahaya ini.

Alhambra yang jadi lokasi syuting merupakan sebuah kompleks benteng istana yang berdiri di Bukit Sabikah, Granada, Spanyol. Benteng tersebut dibuat dengan gaya arsitektur Moor yang merupakan gaya arsitektur Islam.

Kini, benteng istana Alhambra merupakan sebuah destinasi wisata populer di Eropa. Bagian yang ikonik dari istana ini adalah komplek Pengadilan Singa (Patios de los Leones) yang dihiasi air mancur marmer yang keluar dari 12 patung singa.

Bersebelahan dengan kompleks Pengadilan Singa, ada Pengadilan Myrtles (Patio de los Arrayanes) yang dikelilingi kamar-kamar Istana Comares. Dua lokasi indah ini muncul dalam potongan adegan dalam drama tersebut.

Selain itu, kompleks alun-alun Mirador de San Nicolas adalah tempat lain di Granada yang akan bikin kamu gatal ingin segera terbang ke tempat ini. Kompleks alun-alun ini berada di Albaicin yang menyuguhkan view luar biasa dari kota Granada, Alhambra dan gunung yang mengelilinginya.

Semua tempat-tempat tersebut akan kamu lihat dalam drama yang juga dibintangi oleh Chanyeol. Kalau kamu beruntung, di kompleks ini kamu akan melihat penampilan apik dari penyanyi flamenco dengan atraksi gitarnya yang keren.

3. Encounter – Havana, Cuba

Encounter – Havana, Cuba

Encounter merupakan sebuah drama yang mempertemukan Park Bo Gum dengan Song Hye Kyo. Dalam sejarah Kdrama, Encounter menjadi drama pertama yang syuting di Cuba.

Cuba terkenal dengan pemandangan alamnya yang cantik dan bangunan dengan arsitektur klasiknya, mobil-mobil klasik dan live music serta mojito yang enak.

Kalau kamu berkunjung ke Cuba jangan lewatkan el Malecon. El Malecon adalah sebuah ikon kota tak resmi yang menghadirkan pemandangan yang sangat memanjakan matamu. Kamu bisa berjalan-jalan di jalur tepi laut yang langsung menghadap pantai. Lokasi ini berada di garis pantai utara kota Havana.

Duduk di pinggir pantai sambil menyesap rum dan menikmati pemandangan langit kala matahari surut adalah momen terbaik yang wajib kamu rasakan jika berada di Havana, cuba.

Sempatkan juga untuk berjalan-jalan di kota tua Havana, ibukota Cuba yang dipenuhi bangunan-bangunan bersejarah, museum, galeri dan gereja-gereja tua. Pesona klasiknya tidak akan membuat harimu bosan.

4. Crash Landing on You – Swiss

Crash Landing on You – Swiss

Setelah Descendant of The Sun, hadir Crash Landing on You yang juga membuat penggemar drama terpikat dengan lokasi syutingnya. Drama yang dibintangi oleh pasangan Hyunbin dan Son Yejin ini memang banyak mengambil tempat di Korea Selatan.

Namun, pengambilan gambar di Swiss-lah yang bikin orang tertarik untuk traveling ke tempat tersebut. Tempat tersebut adalah Danau Lungern di Obwalden, Swiss. Danau yang terlihat seperti dalam cerita fiksi ini benar-benar ada. Coba deh episode terakhir drama Crash Landing on You.

Danau Lungern adalah danau yang punya pemandangan yang luar biasa cantik dengan gugusan gunung yang mengesankan. Semuanya membentuk satu pemandangan yang tidak akan pernah bisa kamu lupakan jika berkunjung ke lokasi ini. Danau ini benar-benar tempat terbaik untuk berenang dan bermain air.

Di episode terakhir  kamu akan melihat lanskap Grindelwad yang menarik yang terletak di Pegunungan Alpen Bernese Swiss dan berbatasan dengan sisi utara Eiger dan Wetterhorn. Tempat ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan destinasi berbagai kegiatan musiman.

Selama musim dingin, Grindelwad adalah destinasi bermain ski terbaik, sementara ketika musim panas tiba, tempat ini adalah tempat favorit untuk paragliding, dayung dan kegiatan outdoor lainnya.

5. Goblin – Canada

Goblin – Canada

Siapa yang bisa melupakan adegan teleportasi Kim Shin saat ia bolak-balik ke Korea-Canada hanya dengan membuka pintu merah yang bikin kita tercengang? Pintu merah ikonik dalam drama Goblin pintu merah tersebut adalah sebuah pintu emergency di Theatre Pettit Champlain.

Sementara itu, pemandangan di Canada yang muncul dalam drama ini adalah kota Quebec. Dalam potongan adegan Goblin terlihat kota yang dipenuhi bangunan situs sejarah warisan dunia UNESCO.

Berjalan-jalan di kota ini akan menjadi traveling yang sangat menyenangkan. Setiap sudut kota dipenuhi bangunan yang sudah berusia lebih dari 400 tahun. Semuanya tampak indah dan. Jangan lupa kunjungi Chateau Frontenac, landmark kota Quebec yang menjadi objek paling favorit di sini.

6. Devilish Joy – China

Devilish Joy – China

Devilish Joy membuka kisahnya dengan adegan yang diambil di Hainan, China. Di pulau ini tampak pemandangan eksotik dari kombinasi sempurna antara laut biru dan resort indah yang dipadukan dengan arsitektur China tradisional dan modern.

Dalam drama ini dikisahkan Ju Gippeum (Song Hayoon) pergi ke Hainan untuk syuting iklan. Di sela-sela jadwalnya, ia kabur dari para kru dan berjalan-jalan di pulau ini sendirian.

Di pulau yang merupakan provinsi paling selatan di Republik Rakyat China ini Ju Gippeun bertemu dengan Gong Ma Seong (Choi Jinhyuk). Keduanya lantas menjadi semakin akrab setelah menghabiskan waktu di pulau cantik ini.

Dalam salah satu adegannya terlihat Gippeum dan Maseong berjalan-jalan di Haikou, kota film yang menawarkan wisata film set yang nyata. Nah, siapa yang tertarik dengan keindahan Hainan dan destinasi wisatanya?

7. Black Knight – Slovenia

Black Knight – Slovenia

Slovenia mempunyai banyak kastil megah dan klasik yang bisa kamu lihat dalam drama Black Knight. Misalnya saja Kastil Predjama. Sebagian adegan dalam drama yang dibintangi oleh Shin Sekyung dan Kim Raewon ini diambil di Kastil Predjama, Lembah Logar, Kranj, Ljubljana, Slovenia.

Drama ini menyuguhkan pemandangan klasik dan dramatis bagi drama bergenre laga, romantis dan misteri ini.

Teknik pengambilan gambar dari atas memperlihatkan pemandangan kastil dan kota Ljubljana yang eksotis. Benar-benar bikin ingin segera mengemas pakaian dan terbang ke Slovenia.

8. The Package – Perancis

The Package – Perancis

Jung Yonghwa dan Lee Yeonhee benar-benar menggoda para penggemar dengan adegannya dalam The Package di kota Paris, Perancis yang indah. Pemandangan kota di malam hari dengan kelap-kelip lampunya membuat kita berkhayal membawa pasangan dan menikmati momen romantis di sana.

The Package mengisahkan seorang pemandu wisata yang terdampar di kota Paris dan bertemu dengan laki-laki pecicilan. Lokasi yang diambil dalam drama ini kebanyakan adalah pemandangan kota di malam hari dan tempat-tempat wisata popular.

Lee Yonhee yang berperan sebagai Yoon Soso seperti membisiki penonton tentang spot-spot terbaik di kota paris untuk berjalan-jalan. Segera ambil pena dan kertas lalu catat lokasi-lokasi di Paris yang disinggahi oleh Yoon Soso dan wisatawan yang dipandunya.

9. Only You – Italia

Only You – Italia

Nah, kalau kamu ingin melakukan perjalanan ala backpacker, lokasi di dalam drama Only You ini bisa jadi referensi. Drama yang rilis tahun 2005 ini syuting di Italia. Di sini kamu tidak akan menemukan pesona Italia dengan objek wisatanya yang populer.

Sebaliknya, Only You menyuguhkan pemandangan lain dari pesona turisme Italia yang sering kali lihat promosi di media cetak dan digital. Di sini kamu akan melihat kehidupan masyarakat pinggiran Italia dan penduduk lokal ya dengan kehidupan sehari-harinya.

Namun, hal-hal sederhana yang terlihat dalam drama ini akan membuatmu jatuh cinta pada Italia dan masakan tradisional serta keramahan warganya.

10. Vagabond – Maroko, Portugal

Vagabond – Maroko, Portugal

Lee Seunggi dan Suzy pernah menggelitik para penggemar Kdrama berjiwa petualangan untuk datang ke Portugal dan Maroko. Lewat drama Vagabond yang dirilis tahun 2019 ini, Seunggi muncul dalam adegan di mana ia terlibat perkelahian dengan para penjahat di kota Tangier, Maroko.

Tangier mempunyai pemandangan kota yang cantik dengan bangunan-bangunan berbentuk kotak yang berjejer rapi. Kota ini punya pemandangan pasti bikin kamu jatuh cinta pada Maroko.

Selain Maroko, adegan dalam drama ini ada yang dilakukan di Portugal. Kamu akan melihat pemandangan cantik kota Lisbon dan Chefchaouen yang menjadi lokasi Suzy terlibat konflik dengan para penjahat saat ia menjalankan misinya. 

Menarik, ya? Itulah 10 Kdrama yang pasti akan membuatmu tertarik untuk traveling. Pemandangan indah yang ditangkap kamera benar-benar menggoda untuk segera berangkat. Ayo segera siapkan itinerary perjalananmu. Ajak pula teman atau orang-orang yang kamu sayangi agar liburanmu lebih berkesan.

Tak ada salahnya siapkan kejutan, misalnya saja nembak gebetan? Atau melamar sang pacar? Suasana romantis yang terbangun dari tempat tersebut bisa mendukung momen pentingmu lho.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram