7 Curug di Tasikmalaya dengan Pemandangan Alam yang Indah

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Bukan cuma Sukabumi saja yang punya curug dengan pemandangan yang memanjakan mata. Di Tasikmalaya, selain wisata pantainya yang indah, kamu pun bisa mengunjungi curug-curug alias air terjun yang pemandangannya tidak kalah cantik, lho. Wisata air tidak selalu tentang kolam renang atau pantai, rasakan sensasi berbeda dengan mengunjungi curug atau air terjun.

Nah, kali ini, Keluyuran akan membahas tentang tujuh curug di Tasikmalaya yang punya pemandangan super duper indah. Sekali berkunjung ke sana, kamu bakalan ketagihan. Curug mana sajakah itu? Simak langsung saja pembahasan berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya.

1. Curug Dengdeng

curug dengdeng curug di tasikmalaya

Tasikmalaya ternyata punya tempat wisata berupa curug alias air terjun dengan pemandangan yang sangat amat cantik. Ya, Curug Dengdeng namanya. Curug yang bentuknya mirip bedengan ini punya tiga tingkatan dengan tinggi yang berbeda-beda.

Tingkatan pertama dari Curug Dengdeng memiliki ketinggian lebih dari 12 meter. Sementara yang kedua 11 meter dan yang ketiga tingginya mencapai 9 meter. Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun ini, kamu harus turun ke bagian bawah curug.

Sayangnya, Curug yang berlokasi di Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah ini kurang cocok untuk dipakai bermain air atau berenang. Saat musim penghujan tiba, arusnya tergolong deras dan saat airnya surut, ada banyak lobang yang bisa membahayakan nyawa.

Untuk bisa masuk ke curug yang kabarnya pernah jadi tempat pertarungan dua tokoh legenda dengan ilmu linuwih di masa lalu ini, kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja. Dan saat berkunjung kemari, kamu nggak usah khawatir bakal kelaparan, karena di sini ada banyak pedagang yang menjajakan makanan.

  • Alamat: Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya

2. Curug Cimanintin

curug di tasikmalaya cimanintin

Kecamatan Salopa yang berada di sebelah selatan Tasikmalaya juga punya satu air terjun yang tak kalah mempesona. Adalah Curug Cimanintin, curug atau air terjun dengan ketinggian melebihi 15 meter yang dikelilingi tebing dan pohon rindang.

Pemandangan yang ditawarkan di curug yang airnya sangat amat jernih ini sangat amat memanjakan mata. Bukan hanya di curugnya saja, saat diperjalanan menuju lokasi curug pun, kamu akan dibuat terkesima dengan pemandangan khas pedesaan yang masih asri. Di mana ada sawah-sawah hijau yang membentang, hingga rumah-rumah panggung yang sederhana, namun tetap berdiri kokoh di sana.

Baik perjalanan menuju curug atau pun menikmati keindahan curug itu sendiri bisa memberikan pengalaman yang luar biasa selama berlibur. Nah, buat kamu yang butuh beristirahat dari segala rutinitas dan aktivitas yang tak kunjung berhenti, wajib banget untuk datang ke sini. Dijamin, kamu akan merasa lebih segar saat kembali ke rumah nanti.

  • Alamat: Tanjungsari, Salopa, Tasikmalaya
  • Nomor Telepon: 0816-4689-3566
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00-17.00 WIB

3. Curug Ciparay

curug ciparay curug di tasikmalaya

Curug Ciparay adalah salah satu curug di Tasikmalaya yang tergolong populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Ada dua air terjun alias curug yang berbeda di sini. Satu di antaranya memiliki debit air yang besar, satu lagi tidak.

Tak jarang, para pengunjung menikmati liburan atau waktu senggang mereka di curug ini. Ada yang berenang, ada juga yang hanya sekadar berfoto-foto ria di spot foto yang disediakan pengelola. Sebagian dari wisatawan pun ada yang menikmati hangatnya semangkuk mie instan setelah puas melihat kecantikan dari Curug Ciparay.

Tertarik untuk berkunjung kemari? Cukup siapkan dana Rp. 5.000,- saja, ya. For your info, curug ini punya fasilitas umum yang terbilang lengkap. Ada toilet dan musala, tempat makan dan tempat parkir. Sayang, akses jalan menuju curug cukup sulit, terutama bagi para pengguna kendaraan roda empat. Jadi, kalau kamu bawa mobil ke sini, harus hati-hati, ya.

  • Alamat: Parentas, Cigalontang, Tasikmalaya
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000,- per orang

4. Curug Batu Blek

curug batu blek

Curug Batu Blek yang ada di kaki Gunung Galunggung pun memiliki pesonanya tersendiri. Banyak wisatawan yang rela melewati jalan setapak dan hutan dengan jarak tempuh satu jam dari loket karcis, hanya untuk melihat indahnya pemandangan curug ini.

Ya, sebelum bisa menikmati keindahan dari Curug Batu Blek, kamu yang menggunakan kendaraan roda empat tak bisa masuk hingga loket karcis karena jalannya sempit. Jadi, kamu harus berjalan cukup jauh untuk bisa mencapai loket karcis.

Kalau kamu yang menggunakan kendaraan roda dua, sih, masih bisa menempuh perjalanan sampai ke loket karcis. Sayangnya, setelah itu kamu harus rela berjalan kaki untuk menuju curug. Namun, tenang saja, semua rasa lelah sehabis berjalan akan terbayar dengan pemandangan dari keindahan alam yang tiada duanya di Curug Batu Blek.

Gimana, kamu penasaran ingin mengunjungi tempat yang satu ini? Untuk bisa memasuki area Curug Batu Blek, kamu hanya perlu membayar tiket atau karcis masuk dengan kisaran harga di bawah Rp. 10.000,- saja. Hayo, ada yang mau?

  • Alamat: Santanamekar, Kec. Cisayong, Tasikmalaya
  • Harga Tiket Masuk: Di bawah Rp. 10.000,- per orang

5. Curug Gado Bangkong

curug gado bangkong

Selain Curug Batu Blek, di Kecamatan Cisayong juga ada satu curug lagi yang nggak boleh terlewat dan wajib untuk dikunjungi. Namanya Curug Gado Bangkong. Serupa dengan Curug Batu Blek, akses jalan menuju Curug Gado Bangkong pun terbilang ekstrim dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Tapi, semua perjuangan untuk menuju curug benar-benar bisa terbayarkan setelah kamu sampai di sana. Ya, sesampainya di Curug Gado Bangkong, kamu bisa berfoto ria dan bersantai menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan.

Kalau kamu ingin mengenyangkan perut, ada tempat makan yang menjual makanan tradisional berupa nasi liwet yang lezat. Dan buat kamu yang hobi berkemah, di sini pun tersedia lahan untuk perkemahan yang terbilang aman.

Jika kamu ingin mengunjungi Curug Gado Bangkong, cukup siapkan dana Rp. 5.000,- saja untuk biaya tiket masuknya. Tarif tersebut tidak termasuk biaya parkir untuk kendaraan bermotor, ya.

  • Alamat: Santanamekar, Kec. Cisayong, Tasikmalaya
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000.- per orang

6. Curug Badak

curug badak

Masih di Kecamatan Cisayong, namun di desa yang berbeda, ada satu curug lagi yang nggak kalah populer dan tentu saja pemandangannya juga bakal bikin kamu terpana. Yup, Curug Badak namanya.

Saat memutuskan untuk mengunjungi lokasi di mana curug ini berada, sebaiknya siapkan mental dan fisikmu dulu, ya. Mengapa? Karena jalan yang harus kamu lalui untuk menuju Curug Badak pun tidak mudah. Kamu harus berjalan cukup jauh dari tempat parkir menuju curug. Jalannya pun tidak begitu mulus, malah cenderung curam dan terjal.

Namun setidaknya di tengah perjalanan kamu bisa rehat sejenak di bawah pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Jangan lupa isi baterai ponsel dan kameramu hingga penuh, agar kamu bisa foto-foto sampai puas. Baik di area hutan pinus, maupun saat tiba di curug.

Ada biaya yang harus kamu keluarkan untuk memasuki kawasan Curug Badak. Tapi tenang, nggak mahal, kok. Harga tiketnya masih di bawah Rp. 10.000,- untuk satu orang. For your information, fasilitas di kawasan Curug Badak terbilang lengkap, lho.

Selain tempat parkir, ada juga musala, toilet, tempat makan hingga kedai kopi yang menyediakan aneka sajian kopi yang bervariasi. Selain itu, ada pula camping ground yang aman untuk dipakai berkemah. Gimana, mau mencoba berkunjung ke sini?

  • Alamat: Sukamukti, Kec. Cisayong, Tasikmalaya
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB

7. Curug Sawer

curug sawer

Sensasi seperti disawer bisa kamu rasakan saat berenang dan mandi di bawah guyuran air Curug Sawer. Ya, mungkin karena itulah mengapa curug ini diberi nama sedemikian rupa. Debit air curug ini terbilang deras, terutama saat musim hujan tiba.

Meski terbilang berbahaya, para pengunjung malah lebih menyukai untuk datang kemari saat musim penghujan tiba. Nah, kalau kamu tertarik untuk melakukan hal serupa, sebaiknya berhati-hati saja, ya. Oh ya, untuk bisa memasuki Curug Sawer, kamu tidak akan dikenakan tiket masuk.

  • Alamat: Mandalamekar, Jatiwaras, Tasikmalaya

Nah, itulah ketujuh curug di Tasikmalaya dengan pemandangan yang tiada duanya. Kalau kamu tertarik untuk menikmati indahnya ketujuh curug di atas, jangan lupa ajak orang-orang tercinta, ya.

Adakah di antara kamu yang sudah pernah berkunjung ke salah satu atau bahkan semua curug yang masuk dalam daftar? Jika iya, silakan bagikan pengalamanmu dengan pembaca Keluyuran lainnya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram