10 Danau Indah yang Berada di Ketinggian di Indonesia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 26 Desember 2020

Bentang alam Indonesia yang begitu beragam, dari gunung, laut, dan pantainya yang indah. Alam Indonesia juga menyimpan keindahan pada danau-danaunya yang esksotis. Danau-danau yang berada di ketinggian pegunungan.

Ingin tahu danau di Indonesia yang memiliki pemandangan sangat menarik? Berikut ini ulasan beberapa danau yang berada di ketinggian di Indonesia.

1. Danau Degeli Jagali – Papua (4.300 mdpl)

Danau Degeli Jagali – Papua (4.300 mdpl)

Danau Degeli Jagali merupakan danau yang berada yang jauh berada di pedalaman Papua. Danaunya tidak berada pada jalur pendakian menuju Puncak Cartenz. Jalur pendakian dari Ugimba menuju puncak Cartenz berbelok ke kanan, sedangkan jalur ke danau ini berbelok ke kiri.

Warna dari air Danau Degeli Jagali ini tak hanya berwarna biru, ada juga yang bergradasi warna hijau toska. Tak hanya warna danaunya saja yang istimewa. Tetapi mitos yang berkembang di seputar danau ini juga menarik. Danau ini yang jauh dari aktivitas manusia ini dianggap dapat mencelakakan orang.

Siapa pun yang berlaku tidak pantas, seperti merusak alam, berkata-kata kasar maka mereka akan mengalami kecelakan. Bahkan di sekitaran danau dipercaya terdapat banyak tengkoraknya. Kearifan lokal itulah yang mungkin menjaga keindahan danau Degeli Jagali tetap terjaga hingga kini.

  • Alamat : Pegunungan Jayawijaya, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua
  • Jam Buka : -
  • HTM : -

2. Danau Habema – Papua (3.321 mdpl)

Danau Habema – Papua (3.321 mdpl)

Danau Habema yang berada di Kota Wamena ini, terkenal sebagai satu danau yang berada di ketinggian di Indonesia. Keindahan dari danau ini adalah pemandangan dari gunung yang bersatu sebagai latarnya. Pada pagi harinya kamu dapat merasakan udara disekitar danau yang sangat segar.

Danau Habema ini juga masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Lorentz. Ukuran dari danau ini sekitar 225 hektar, sayangnya kamu tidak dapat bermain air atau berenang di danau ini. Hal tersebut dikarenakan suhu dari danau ini yang dingin sehingga tidak memungkinkan digunakan bermain air.

Tetapi kamu tetap dapat mengabadikan keindahan Habema dengan lensa kameramu. Disarankan untuk mengunjungi danau ini di musim panas, karena pada saat musim hujan suhunya akan sangat dingin. Jika kamu ingin berkunjung siapkan pakaian yang dapat membuat kamu tetap hangat.

  • Alamat : Taman Nasional Lorentz, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Prov. Papua
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Gratis (Biaya transport dan guide)

3. Danau Telaga Dewi – Sumatera Barat (2.760 mdpl)

Danau Telaga Dewi – Sumatera Barat (2.760 mdpl)

Danau Telaga Dewi merupakan danau yang berada di kawasan Gunung Singgalang di Sumatera Barat. Gunung ini sudah tidak aktif tetapi masih tetap diminati oleh para pendaki karena keindahan danaunya. Jalur menuju danau ini cukup menanjak sehingga perlu stamina ekstra.

Selain pemandangan yang indah dari danau ini, hal yang unik adalah mitos yang dimiliki oleh danau Telaga dewi ini. Masyarakat mempercayai bahwa jika kamu mengunjungi telaga ini sebanyak tujuh kali dan membasuh wajah dengan air telaganya, maka kamu akan menjadi awet muda.

  • Alamat : Gunung Singgalang, Kabupaten Agam, Prov. Sumatera Barat
  • HTM : Rp10.000
  • Parkir : Rp 20.000

4. 13 Danau di Gunung Talamau – Sumatera Barat (2.750 mdpl)

13 Danau di Gunung Talamau – Sumatera Barat (2.750 mdpl)

Gunung Talamau merupakan gunung yang memiliki telaga atau danau terbanyak. Gunung Talamau sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.920 mdpl, dan termasuk gunung yang sudah tidak akif. 13 danau di Gunung ini memiliki legendanya masing-masing, sehingga membuat gunung ini terasa angker.

13 Danau di gunung ini adalah Talago Biru, Buluah Parindu, Cinduo Mato, Lumuik, Imbang Langik, Mande Rubiah, Puti Sangka Bulan, Puti Bungsu, Rajo Dewa, Satwa Siuntang , Tapian Sutan Bagindo, Tapian Puti Mambang Surau. Disemua danau itu tidak diperbolehkan untuk mandi ataupun mencuci.

  • Alamat : Gunung Tamalau, Ds. Pinaga, Kec. Kinali, Kabupaten Pasaman, Prov. Sumatera Barat
  • HTM : Rp10.000

5. Danau Kumbang – Jambi (2.702 mdpl)

Danau Kumbang – Jambi (2.702 mdpl)

Danau Kumbang merupakan danau yang berada di Provinsi Jambi, tepatnya berada di Gunung Masurai. Danau belum sepopuler Ranu Kumbolo, tetapi keindahannya tak kalah cantiknya. Danau cantik ini berada di ketinggian 2.702 mdpl, dengan sekeliling danau masih diselimuti lebatnya hutan hijau.

Danau yang lokasinya berada di ketinggian yang tentunya harus kamu tempuh dengan mendaki gunung, dengan titik awal pendakian berada di Desa Sungai Lalang. Air dari danau ini jernih dan terasa sejuk. Lelahnya perjalan menuju danau akan terbalas dengan suasana yang menenangkan.

  • Alamat : Gunung Masurai, Ds. Jangkat, Sungai Lalang, Sungai Tenang, Kabupaten merangin, Sumatera Barat
  • Jam Buka : -
  • HTM : -

 6. Danau Ranu Kumbolo – Jawa Timur (2.469 mdpl)

Danau Ranu Kumbolo – Jawa Timur (2.469 mdpl)

Danau Ranu Kumolo merupakan tempat yang jadi tempat favorit bagi pendaki untuk beristirahat sebelum kembali untuk mendaki. Banyak orang juga yang sengaja datang hanya untuk berkemah di danau ini. Perjalanan menuju Ranu Kumbolo harus kamu tempuh dengan jalan kaki.

Air dari Ranu Kumbolo disucikan oleh masyarakat, dan sering juga digunakan untuk kepentingan ritual keagamaan. Maka dari itu pendaki dilarang untuk mandi, mencuci atau buang air di danau. Kamu juga harus tetap menghargai kearifan lokal yang dipercayai oleh masyarakat setempat.

Selain terkenal akan keindahannya, Ranu Kumbolo juga memiliki mitos yang berhubungan dengan ikan mas yang terdapat di danaunya. Ikan mas tersebut dipercaya sebagai dewi penunggu dari Ranu Kumbolo. Selain itu juga terdapat tanjakan cinta untuk orang yang sedang mencari pasangan.

  • Alamat : Ds. Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kab. Tulungagung, Provinsi Jawa Timur
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

7. Danau Ranu Regulo – Jawa Timur (2.256 mdpl)

Danau Ranu Regulo – Jawa Timur (2.256 mdpl)

Walau tak setenar Ranu Kumbolo, danau Ranu Regulo pun layak untuk kamu kunjungi. Momen yang paling ditunggu di Ranu Regulo adalah menunggu saat matahari terbit. Keindahan dari matahari terbit di Ranu Regulo ini benar-benar terlihat cantik, dengan langit yang dihiasi semburat warna merah muda.

Suasana dari danau ini hampir mirip dengan ranu yang lainnya. Air dari danaunya jernih dan di sekelilingnya terdapat tumbuhan hijau. Udara di Ranu ini juga cukup dingin jadi disarankan untuk menggunakan pakaian yang cukup tebal. Pagi hari kamu akan ditemani kabut yang menyelimuti danau.

  • Alamat : Ds. Ranupani, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Provinsi Jawa Timur
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp19.000

8. Danau Tage – Papua (2.192 mdpl)

Danau Tage – Papua (2.192 mdpl)

Danau Tage merupakan danau yang letaknya berdekatan dengan Danau Paniai dan juga Danau Tigi. Ketiga danau ini ditemukan oleh seorang pilot asal Belanda yang bernama Letnan Wissel. Danau Tage memiliki luas sekitar 150 hektar dan kedalaman danaunya sekitar 75 km.

Danau Tage memiliki pinggiran danau yang berbatu dan berpasir  putih di pinggiranya. Airnya pun terlihat jernih, kamu bisa bermain-main dipinggiran danau yang kedalamannya kurang dari 4 meter. Di danau ini juga terdapat ikan yang kamu ajak bermain karena ikannya terbilang jinak.

  • Alamat : Kab. Paniai, Provinsi Papua
  • Jam Buka : 24 Jam

9. Danau Segara Anak – Nusa Tenggara Barat (2.010 mdpl)

Danau Segara Anak – Nusa Tenggara Barat (2.010 mdpl)

Danau Segara anak merupakan danau yang biasa digunakan oleh pendaki untuk bermalam sebelum mendaki ke puncak Gunung Rinjani. Di dalam danau segara anak ini terdapat sebuah gunung berapi yang masih aktif bernama Gunung Barujari, letaknya berada di sebelah  sisi  danau.

Banyak mitos yang  terdapat disegera anak anai ini, satu diantaranya adalah mitos umur panjang, jika kamu melihat danau tampak besar, dan juga sebaliknya jika kamu melihat dananunya terlihat kecil , maka kemungkinan yang melihatnya juga akan berusia cukup  pendek.

7-8 jam adalah waktu yang diperlukan untuk kamu menempuh tempat danau ini, jalan menuju danau ini kamu harus mempersiapkan stamina yang kuat. Kegiatan yang dapat kamu lakukan di danau ini satu diantaranya adalah memancing. Pastikan untuk membawa alat pancingmu dari rumah.

  • Alamat : Ds. Sembalun, Gunung Rinjani, Provinsi Nusa Tenggara Barat
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Senin-Jumat Domestik Rp5.000, Mancanegara Rp150.000, Sabtu-Minggu Domestik Rp7.500, Mancanegara Rp250.000

10. Danau Gunung Tujuh – Jambi (1.983 mdpl)

Danau Gunung Tujuh – Jambi (1.983 mdpl)

Danau Gunung Tujuh merupakangdanau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Luas dari Danau Gunung tujuh ini sekitar 12.000 hektar, dengan kedalamann mencapai 40 meter. Danau Gunung Tujuh juga berfungsi untuk mengairi ladang dan persawahan warga setempat.

Nama Gunung tujuh yang disandang oleh danau ini karena danaunya dikelilingi oleh tujuh gunung. Gunung yang mengelilingi danau ini adalah Gunung Tujuh, Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panjang, dan Gunung Madura Besi.

Danau ini memiliki air yang jernih, dengan panorama di sekelilingnya yang indah. Di Danau ini kamu juga dapat menyewa sampan yang akan membawamu menjelajahi danaunya yang luas. Selain itu kamu tidak boleh melewatkan momen saat matahari terbit dengan cantik dijajaran gunung-gunung.

  • Alamat : Ds. Pelompek, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci,  Provinsi Jambi
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Gratis

Itulah beberapa danau yang berada di ketinggian di Indonesia. Setiap danau memiliki keindahan dan cerita nya masing masing. Begitu pula dengan mitos-mitos yang melingkupi danau-danaunya. Setiap danau tersebut memiliki nilai-nilai kerifan lokal yang sebaiknya dihormati oleh para pengunjung agar danaunya tetap terjaga kelestariannya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram