10 Danau Terindah dan Eksotik di Indonesia yang Penuh Pesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia memang memiliki keindahan bentang alam yang beragam, dari gunung, laut, sungai, danau, dan juga yang lainnya. Satu dari keindahan alam yang dimilikinya adalah keindahan danau-danau yang jernih dan berwarna seperti laut. Berikut ini adalah beberapa keindahan dari danau yang berada di Indonesia yang musti kamu coba jelajahi.

1. Danau Framu – Papua Barat

Danau Framu – Papua Barat

Keindahan alam dari Papua tak hanya Raja Ampat saja, tetapi Papuan juga menyimpan satu potensi keindahan alam yang luar biasa. Satu diantara keindahan itu adalah danau Framu yang terletak di tengah hutan. Tepatnya di Kabupaten Maybrat kota Ayamaru, berjarak 260 km dari kota Sorong.

Perjalanan yang harus kamu tempuh ke tempat ini dihiasi oleh pemandangan hutan yang masih perawan. Waktu tempuh yang kamu perlukan sekitar 4-5 jam berkendara. Danau Framu yang kamu tuju separuhnya lagi harus kamu lewati dengan berjalan kaki, jadi siapkan stamina sebelum berangkat.

Perjalanan jauh dan lelahnya berjalan akan dibayar dengan pemandangan yang luar biasa. Sebuah danau yang berwarna biru cemerlang, dipadu dengan suasana sekitar yang masih asri. Keindahan danau ini akan membuatmu terpesona, dan membuat energimu terisi penuh.

  • Alamat : Distrik Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat
  • HTM : Rp50.000

2. Danau Labuan Cermin – Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin – Kalimantan Timur

Danau cermin merupakan satu tempat destinasi wisata yang ada di Kalimantan Timur, tepatnya berada di Desa Biduk-biduk, Kabupaten Berau. Danau ini dikelola oleh masyarakat setempat yang bekerja sama dengan lembaga yang menaunginya yaitu Lembaga Masyarakat Labuan Cermin.

Danau Labuan Cermin terkenal karena kejernihan airnya, dan juga dari warna airnya yang mirip dengan warna air laut. Kejernihan dari air danaunya, membuat kamu dapat melihat dasar danaunya. Tetapi jangan tertipu, danau yang layaknya cermin ini memiliki kedalaman 4- 5 meter.

Hal yang unik dari danau ini adalah adanya 2 lapisan air dalam satu danau, yaitu air asin dan juga air tawar. Air tawar berada di permukaan dan air asin berada di bawahnya. Untuk menikmati keindahan ini kamu dapat menyewa perahu dengan harga sekitar 100 ribu rupiah.

  • Alamat : Ds. Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Gratis

3. Danau Uter – Papua Barat

Danau Uter – Papua Barat

Danau Uter merupakan satu destinasi wisata yang belum banyak terjamah orang. Danau Uter ini berada di Distrik Aitinyo di Kampung Sris. Perjalanan menuju danau ini akan membawamu melewati hutan sekunder dan juga kebun-kebun milik warga. Dari kota Sorong perjalanannya sekitar 5 jam.

Danau yang masih asri dan belum terjamah banyak wisatawan ini masih terlihat jernih dengan airnya yang berwarna biru bening. Kejernihan dari danau ini membuat kamu dapat melihat dasar dari danaunya. Di dalam air kamu akan melihat ekosistem dari ikan-ikan berenang-renang riang.

Alam sekitar pun yang asri dan hijau begitu mendukung keindahan dari Danau Uter ini. Selain itu juga danau cantik ini dikelilingi oleh bukit kapur yang berwarna-warni. Keberadaannya yang masih belum diketahui banyak orang membuat kejernihan dan keindahan air danaunya tetap terjaga.

  • Alamat : Kp. Sris, Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat
  • HTM : Gratis

4. Danau Kaco – Jambi

Danau Kaco - Jambi

Danau Kaco merupakan satu keindahan alam yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Kerinci. Danau ini tidak begitu luas, ukurannya hanya 30 x 30 meter. Danau Kaco ini harus kamu tempuh dengan berjalan kaki dengan menembus hutan, tempatnya cukup sulit untuk ditemukan.

Ada legenda yang dipercaya masyarakat tentang danau ini. Pantulan cahaya di malam hari dari danau ini berasal dari intan permata yang merupakan tanda lamaran pada seorang putri yang tewas dibunuh ayahnya sendiri. Keindahan danau ini memang berbanding terbalik dengan kisah yang mengiringinya.

Danau ini terlhat cantik dengan air danaunya yang bening berwarna biru. Belum ada penelitian tentang mengapa danau ini memiliki air yang berwarna biru yang jernih. Untuk melihat keindahan danau ini kamu memerlukan pemandu wisata agar tidak tersesat di hutan.

  • Alamat : Dsn. Baru Lempur, Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Gratis

5. Danau Weekuri – Nusa Tenggara Timur

Danau Weekuri – Nusa Tenggara Timur

Weekuri merupakan sebuah danau yang berada di daerah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Akses menuju tempat ini cukup sulit, sehingga disarankan untuk kamu untuk menyewa kendaraan bermotor. Danau Weekuri ini berbatasan langsung dengan laut sehingga airnya asin dan juga payau.

Air dari Danau Weekuri ini sangat jerbih dengan warna toska tua, dan toska yang lebih terang.  Danaunya berbentuk lonjong dengan sekelilingnya berupa karang yang ditumbuhi pepohonan yang memberikan kesan sejuk. Selain itu, kamu dapat berenang-renang karena airnya tak begitu dalam.

Hal yang unik di danau ini adalah adanya air yang berasa hangat dan juga dingin. Letaknya yang jauh dari keramaian kota, membuat danau ini terasa tenang dan asri. Jika ingin menuju danau cantik ini kamu dapat menyewa kendaraan dengan harga 5-6 juta untuk mobil dan 100-150 ribu untuk motor.

  • Alamat : Ds. Kalenagoro, Kec. Kodi Utara, kab. Sumba Barat daya, Provinsi NTT
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Gratis

6. Danau Kelimutu – Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu - Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu merupakan danau yang sudah sangat dikenal banyak orang. Danau ini merupakan danau yang letaknya berada di puncak Gunung Kelimutu yang berada di Pulau Flores NTT. Danau yang dikenal dengan nama danau tiga warna itu berada di gunung berapi yang masih aktif.

Keindahan dari Danau Kelimutu ini di temukan oleh Lio Van Such Telen, seorang warga Belanda pada tahun  1915. Mereka takjub akan keindahan danau ini yang oleh warga lokal dianggap angker. Pada tahun 1992, ditanggal 26 Februari Gunung ini dijadikan tempat Konservasi Nasional Alam Kelimutu.

Danau kelimutu memiliki tiga warna, merah, biru, dan putih. Warna pada danau ini berubah-ubah dengan berjalannya waktu. Belum ada penelitian yang dapat menentukan penyebab yang pasti dari perubahan warna pada Danau kelimutu. Setiap peneliti memiliki versinya masing-masing.

  • Alamat : Ds. Pemo, Kec. kelimutu, kab. Ende, Provinsi NTT
  • HTM : Domestik Rp5.000, Mancanegara Rp150.000

7. Danau Biru – Sulawesi Tenggara

Danau Biru – Sulawesi Tenggara

Danau Biru ini teletak di Sulawesi Tenggara tepatnya berada di Kabupaten Kolaka. Danau ini memiliki luas sekitar 164 meter dengan kedalaman 7 meter. Danau ini memiliki air yang berwarna biru yang jernih, sehingga kamu dapat ber-snorkeling dan melihat keindahan dasar danau dengan ikan-ikan.

Setiap danau biasanya sering memiliki legendanya tersendiri, begitu pula dengan Danau Biru ini. Danau ini merupakan tempat berdiam putri raja di dalam hutan yang mencari kedamaian. Danau ini kini telah memiliki fasilitas dasar yang kamu perlukan saat beribur ke tempat yang asri ini.

  • Alamat : Ds. Walasiho, Kec. Wawo, Kab. Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara
  • HTM : Rp5.000

8. Danau Matano – Sulawesi Selatan

Danau Matano – Sulawesi Selatan

Danau Matano merupakan danau yang terletak di ujung Provinsi Sulawesi Selatan, yang berbatasan dengan Sulawesi Tengah. Danau ini dikategorikan sebagai danau terdalam seasia tenggara, dan danau terdalam di dunia di urutan ke delapan. Matano dikategorikan sebagai satu danau purba di dunia.

Danau ini memiliki air yang jernih, sehingga kamu bisa melihat kedasar danaunya di kedalaman 20 meter. Selain dalam, danau ini juga memililiki luas hingga 16.000 hektar. Di Matano juga terdapat goa yang berada di dasar danau. Goa ini juga menjadi tempat peninggalan perkakas zaman dahulu.

  • Alamat : Sorowako, Kab. Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara
  • HTM : Rp10.000

9. Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang sering dijadikan tempat singgah untuk orang yang ingin mendaki puncak Semeru. Danau Ranu Kumbolo merupakan danau yang letaknya berada dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Letak danaunya di ketinggian 2.400 mdpl.

Danau Ranu Kumbolo sendiri merupakan danau yang  memiliki cerita legenda, cerita misteri dan mitos yang mengitarinya. Legenda, misteri serta mitos menjadi sebuah kearifan lokal yang menjaga keletarian dan kebersihan dari danau ini. Kerifan lokal itu menjaga danau tetap terlihat indah

  • Alamat : Ds. Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kab. Tungangung, Provinsi Jawa Timur
  • HTM : Rp5.000

10. Danau Segara Anak – Nusa Tenggara Barat

Danau Segara Anak – Nusa Tenggara Barat

Danau segara anak merupakan danau yang letaknya berada di ketinggian gunung, tepanya berada di ketinggian 2010 mdpl. Danau ini memiliki keunikan, yaitu sebuah gunung yang berada di sudut danau yang bernama gunung Barujari. Gunung ini merupakan gunung yang masih aktif hingga kini.

Keindahan dari Danau Segara anak biasanya dilihat oleh para pendaki yang hendak menuju puncak Gunung Rinjani. Danau ini memiliki air danau yang berwarna biru. Hal itulah yang membuat danau ini diberi nama Segara Anak, atau juga bisa disebut juga dengan nama anak laut.

  • Alamat : Ds. Sembalun, Gunung Rinjani, Provinsi Nusa Tenggara Barat
  • HTM : Weekday Domestik Rp5.000, Mancanegara Rp150.000, Weekend Domestik Rp7.500, Mancanegara Rp250.000

Keindahan dari danau-danau ini akan membuat kamu menjadi takjub dengan kebesaran Tuhan. Semuanya trerlihat begitu indah dan memanjakan mata. Setiap danaunya akan meninggalkan kesan yang paling dalam. Keindahannya memikat, sehingga banyak orang yang ingin kembali  datang.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *