8 Taman Nasional di Kalimantan, Benteng Pelindung Primata

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 16 Februari 2021

Saat mendengar kata Kalimantan maka yang terlintas adalah hutannya yang lebat seperti hutan amazon. Hutan Kalimantan yang menjadi paru-paru dunia ini memiliki pesona yang luar biasa. Keindahan alamnya yang masih alami, dan juga rumah bagi hewan endemiknya seperti orangutan.

Keindahan dari alamnya yang masih alami, sangat menarik untuk di eksplorasi. Flora dan faunanya menawarkan kecantikan yang menakjubkan dari alam Indonesia. Tertarik untuk melihatnya? Berikut ini ulasan Taman Nasional di Kalimantan dengan keanekaragaman hayatinya yang memperlihatkan kecantikan dari alam Indonesia.

1. Taman Nasional Tanjung Puting (Kalimantan Tengah)

Taman Nasional Tanjung Puting (Kalimantan Tengah)

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) awalnya adalah Suaka Margasatwa Sampit yang  telah ditetapkan pada zaman Kolonial Belanda. Selain itu pada tahun 1977 suaka margasatwa Tanjung Puting ini telah dimasukan oleh UNESCO sebagai cagar Biosfir di Indonesia dengan luas 415.040 hektar.

Kawasan TNTP  adalah habitat bagi hewan-hewan endemik seperti orangutan, bekantan, lutung merah, dan masih banyak hewan dilindungi lainnya. TNTP merupakan sebuah tempat koservasi bagi orangutan terbesar di dunia, dengan jumlah orangutan mencapai sekitar 40 ribu ekor.

Perjalan yang harus kamu tempuh ke TNTP ini harus ditempuh dengan menggunakan kapal tradisional dengan waktu tempuh 2 jam. Tidak terdapat banyak fasilitas penunjung di tempat ini, dikarenakan untuk menjaga kealamian hutannya. Di tempat ini kamu dapat melihat orangutan di habitat aslinya.

  • Alamat : Tlk. Pulai, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
  • Website : https://tntanjungputing.org/
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Weekday WNI Rp5.000, WNA Rp150.000, Weekend WNI Rp7.500, WNA Rp225.000

2. Taman Nasional Kutai (Kalimantan Timur)

Taman Nasional Kutai (Kalimantan Timur)

Taman Nasional Kutai (TNK) merupakan taman yang terletak di daerah Kutai Timur dan Daerah Bontang. TNK memiliki kaya akan ragam jenis pohon yang menjadikannya sasaran rentan terhadap illegal logging dan juga perambahan. Perambahan ini menyebabkan terjadinya penyusutan area hutan.

TNK merupakan kawasan dengan hutan hujan tropis yang dataran rendah yang menjadi paru-paru dunia. TNK merupakan rumah bagi satwa-satwa liar seperti orangutan, beruang madu, buaya, macam dahan dan yang lainnya. Hal ini yang membuat para peniliti banyak datang ke Taman Nasional Kutai.

TNK ini, dapat  menghasilkan 199.177 ton oksigen yang dapat dihirup oleh 297.943.500  penduduk perhari. Oleh karenanya sangat penting untuk menjaga kelestarian hutannya beserta flora dan faunanya. Agar generasi mendatang dapat tetap menghirup udara segar di masa depan nanti.

  • Alamat : Kab. Kutai Timur, Kab. Bontang, Provinsi Kalimantan Timur
  • Website : https://tnkutai.org/
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : WNI Rp1.500, WNA Rp15.000

3. Taman Nasional Gunung Palung (Kalimantan Barat)

Taman Nasional Gunung Palung (Kalimantan Barat)

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) merupakn taman nasional yang mendapat julukan “Taman Eden”. Hal itu dikarenakan keanekaragaman flora dan fauna yang kaya dan unik. Keunikan dari flora dan fauna di TNGP adalah warna-warni yang dimiliki oleh setiap satwa dan juga tumbuhannya.

Flora yang paling unik dari TNGP adalah angrek hitam yang mekar di bulan Februari hingga April. Hutan yang dimiliki TNGP adalah hutan primer yang menjadikan kawasan ini berfungsi sebagai tempat penelitian. Tetapi kamu juga tetap dapat berwisata di kawasan Taman Nasional Gunung Palung ini.

  • Alamat : Padu Banjar, Kec. Simpang Hilir, Kab. Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : WNI Rp2.000-10.000, WNA Rp20.000 – Rp50.000

4. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (Kalbar)

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (Kalbar)

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) merupakan dua buah cagar alam yaitu Cagar Alam Bukit Baka dan Cagar Alam Bukit Raya. Taman nasional ini letaknya berada di Provinsi, yaitu Provinsi kalimantan Tengah dan kalimantan Barat. TNBBR memiliki fungsi sebagai tempat tangkapan air.

TNBBBR sebagai tempat tangkapan air tentunya memiliki destinasi wista yang berhubungan dengan air. Di TNBBBR ini kamu dapat merasakan sensasi mandi air panas di Sumber Air Panas Sepan Apoi. Bagi pencinta adrenalin kamu dapat mengadu nyali dengan berarung jeram di Sungai Ella.

  • Alamat : Ranau Malam, Serawai, Sintang Regency, Provinsi Kalimantan Barat
  • Website : https://bukitbakabukitraya.org/
  • Telepon : (0565) 23521
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

5. Taman Nasional Betung Kerihun (Kalimantan Barat)

Taman Nasional Betung Kerihun (Kalimantan Barat)

Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) merupakan taman nasional yang berbatasan dengan taman nasional Malaysia dan masuk kedalam kawasan Heart of Borneo (HoB). TNBK ini memiliki luas sekitar 816.693,40 hektar. TNBK ini menjadi rumah bagi flora dan fauna langka dan endemik dari kawasan ini.

TNBK yang kaya dengan daerah pegunungan dan daerah aliran sungai cocok untuk orang yang senang berpetualang. Kamu bisa melakukan kegiatan mendaki atau panjat tebing untuk yang senang pergi ke hutan. Kamu juga bisa melakukan arung jeram atau dan semua jenis permainan air lainnya.

  • Alamat : Jl. Piere Tendean, Sibau Hulu, Kec. Putussibau Utara, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
  • Website : http://tnbkds.menlhk.go.id/index.php/profil/sejarah-kawasan.html
  • Telpon/ Fax : +62 56722282 / +62 56721935
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00
  • HTM : WNI Rp1.500, WNA Rp15.000

6. Taman Nasional Kayan Mentarang (Kalimantan Utara)

Taman Nasional Kayan Mentarang (Kalimantan Utara)

Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) terletak di sepanjang perbatasan Indonesia dan Malaysia dengan luas kawasan sekitar 1,27 hektar. TNKM merupakan taman nasional yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan juga ruang  dan sumber hidup bagi masyarakat etnis Dayak.

TN Kayan Mentarang merupakan satu taman nasional yang pengelolaannya menggunakan sistem kolaboratif. Taman ini dikelola bersama dengan masyarakat setempat dengan menggunakan  kearifan lokal yang mereka miliki. Hal ini dilakukan untuk menjaga  sumber daya alam di taman nasional ini.

  • Alamat : Jl. Pusat Pemerintahan Pemda Malinau, Tanjung Belimbing, Kab. Malinau, Kalimantan Utara
  • Website : https://kayanmentarangnationalpark.com/
  • Telpon/ Fax : (0553) 2022758
  • Jam Buka : Senin – Jumat 07.30 – 16.00 Sabtu – Minggu Tutup
  • HTM : WNI Rp5.000, WNA Rp150.000

7. Taman Nasional Danau Sentarum (Kalimantan Barat)

Taman Nasional Danau Sentarum (Kalimantan Barat)

Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) merupakan taman nasional yang dikukuhakan sebgai cagar biosfer bersama dengan Taman Nasional Betung Kerihun di tahun 2018 oleh UNESCO. Luas dari kawasan ini sekitar 132.000 hektar untuk luas zona intinya, dan temasuk ke dalam Heart Of Borneo.

Danau Sentarum sendiri meupakan sebuah daerah hamparan banjir terluas di Asia Tenggara. Kawasan Danau Sentarum ini sejatinya merupakan daerah tangkapan air. Hal unik dari danau ini adalah warnanya yang seperti air teh, hal itu dikarenan zat tannin dari hutan gambut di sekitar area danau.

  • Alamat : Nanga Leboyan, Sentarum, Nanga Leboyan, Danau Sentarum, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
  • Website : https://kayanmentarangnationalpark.com/
  • Telepon : 0561751346
  • Jam Buka : Sabtu – Minggu Tutup, Senin – Jumat 08.00 – 16.00
  • HTM : Rp15.000 – 20.000

8. Taman Nasional Sebangau (Kalimantan Tengah)

Taman Nasional Sebangau (Kalimantan Tengah)

Taman Nasional Sebangau (TNS) merupakan tempat dimana kamu dapat menyusuri sungai koran yang warnanya kehitaman. Memasuki hutannya kamu dapat melihat kegiatan orangutan dari dekat. Hasil hutan di TNS ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dari hasil kayu, dan juga tumbuhan obatnya.

Kekayaan yang dimiliki hutannya juga menjadikan hutan ini rentan terhadap ancaman pembalakan liar. Jika tertarik menyusuri sungai dan menjelajah hutannya, kamu dapat nyewa sebuah speedboat atau perahu. Sepanjang menyusuri sungai matamu akan dimanjakan dengan panorama pohon rasau.

  • Alamat : Jl. Mahir Mahar KM. 1.2, Paduran Sabangau, Sebangau Kuala, Paduran Sabangau, Kec. Sebangau Kuala, Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • Website : https://www.tnsebangau.com/
  • Telepon : 0811-5233-525
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00
  • HTM : WNI Rp5.000, WNA Rp150.000

Itulah beberapa Taman Nasional di Kalimantan yang dapat kamu kunjungi untuk berwisata atau pun untuk mengadakan penelitian. Keragaman hayati ini harus dijaga agar generasi mendatang masih dapat menikmati keindahan dan manfaatnya. Semua keindahan alam itu memiliki manfaat yang teramat besar untuk kelangsungan hidup manusia di planet bumi ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram