10 Varian Dessert Khas Polandia yang Menggiurkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Oktober 2021

Dessert khas Polandia merupakan suguhan bagi para pecinta kuliner yang suka dengan makanan manis. Berada di Eropa tengah, Polandia juga terkenal dengan makanan penutup. Salah satu dessert klasik dari Eropa Tengah adalah strudel, yang populer sekali di wilayah tersebut juga Polandia.

Kuliner Polandia terlihat sederhana, tapi ternyata penuh dengan pengaruh dari beberapa negara lainnya, sebut saja Austria dan Jerman. Berikut ini adalah dessert khas Polandia favorit yang sangat digemari di negara tersebut. Lihat daftar menunya berikut ini.

1. Szarlotka

Szarlotka

Pai apel merupakan dessert favorit sepanjang waktu. Makanan penutup ini memiliki banyak variasi resep. Dessert khas Polandia ini dinamakan szarlotka yang katanya berasal dari bahasa Prancis. Dalam bahasa Inggris namanya adalah 'charlotte', yang merujuk pada kue abad ke-18 yang berupa tumpukan buah-buahan tebal di bawah irisan roti yang dipanggang di oven.

Penciptanya adalah Marie Antoine Careme dan dessert khas Polandia ini datang ke negara ini pada abad ke-19. Pai apel Polandia sekarang ini biasanya mempunyai bagian dasar atau pertengahan yang renyah. Di dalamnya terdapat kismis, kayu manis serta cengkeh.

Namun tiap orang mempunyai resep favoritnya sendiri. Kue ini biasa dijumpai di menu pencuci mulut kafe dan restoran, dan terkadang disajikan hangat dengan krim kocok.

2. Paczki

Dalam bahasa Polandia donat dinamakan dengan pączek (tunggal) dan pączki (jamak). Paczki merupakan salah satu dessert khas Polandia yang bisa dibeli di toko-toko roti.

Suguhan ini merupakan kue ragi dengan bentuk bulat dan diisi dengan salah satu dari beragam isian misalnya, manisan mawar atau stroberi, minuman beralkohol, budyn (puding/blancmange Polandia), keju dadih manis atau cokelat.

Makanan penutup khas Polandia ini digoreng sampai mencapai warna kecoklatan dan dihidangkan dengan topping gula icing, gula bubuk, atau cokelat. Selain itu, sering kali juga diberi taburan kulit jeruk. Paczki merupakan salah satu dessert yang sangat tradisional. Camilan ini muncul di Polandia pada zaman Raja Augustus III dari Polandia (paruh pertama abad ke-18).

3. Pierniki

Pierniki

Kue jahe Polandia, pierniki, tak hanya sekadar makanan. Pierniki merupakan suvenir popular untuk dibeli saat mengunjungi kota-kota seperti Kraków atau Toruń. Kue jahe ini sangat bervariasi tergantung pada wilayah tempat orang tersebut berada. Kue ini biasanya lebih berupa kue kering daripada kue basah.

Kue souvenir terkenal ini seringnya berbentuk hati ditambah pesan kasih sayang yang tertulis di atasnya dibuat menggunakan royal icing yang kaku. Variasi pierniki yang populer di antaranya diberi rasa dengan kacang-kacangan atau buah-buahan kering.

Sementara itu ada juga variasi lainnya yang dilapisi dengan coklat dan di tengahnya diberi selai plum manis. Konsistensi pierniki beragam, ada yang keras dan rapuh atau lembut dan kenyal.

4. Faworki

Faworki

Faworki dari Polandia ini bentuknya berupa kue kering goreng renyah yang mirip sekali dengan kue chrusciki dalam hal rasa juga penampilan. Dessert khas Polandia ini dibuat dari adonan tebal dan elastis yang berbahan tepung, kuning telur, krim serta perasa yang berbeda.

Adonan digulung jadi tipis dan dibentuk persegi panjang kemudian masing-masing bagian dipelintir dalam bentuk yang mirip dengan dasi kupu-kupu. Ketika digoreng, pastry berubah jadi camilan yang ringan, renyah, dan berongga.

Biasanya kue ini ditaburi dengan gula bubuk. Faworki umumnya dibuat untuk acara-acara khusus dan biasanya disantap sebagai makanan lezat di hari Fat Thursday, hari terakhir musim karnaval.

5. Mazurek

Mazurek

Mazurek merupakan dessert khas Polandia yang berbentuk kue pipih dengan menggunakan beragam dasar dan topping. Kue ini umumnya dipanggang untuk Paskah. Ciri khas kue ini yaitu tingginya hanya 1 atau 2 sentimeter. Walaupun sejarah mazurek tidak banyak diketahui, diyakini kalau kue ini terinspirasi oleh dessert manis Turki yang dibawa ke negara ini pada awal abad ke-17.

Biasanya kue ini terasa sangat manis sehingga kuenya sering dipotong jadi kotak-kotak kecil. Kue ini memiliki banyak variasi sehingga adonan bisa berupa adonan getas, adonan bolu, adonan makaronikowe atau adonan marzipan.

Adonan diberi taburan manisan, kacang atau selai, dan permukaan mazurek diberi hiasan berupa buah kering atau segar, lapisan gula, kacang, cokelat, kismis, atau permen.

6. Makowiec

Makowiec

Dikenal juga sebagai roti biji poppy, makowiec adalah kue biji poppy yang merupakan dessert khas Polandia. Kue ini dibuat dari adonan beragi yang diisi dengan poppy tumbuk. Tambahan yang paling khas di antaranya adalah kismis, almond atau kenari. Kue panggang ini biasa diolesi lapisan gula serta kulit jeruk.

Dahulu, kue biji poppy ini merupakan makanan penutup tradisional yang dibuat untuk Paskah dan Natal. Dalam tradisi Kristen, bunga poppy, yang berisi ribuan biji dalam satu kepalanya, merupakan simbol panen serta kesuburan. Karenanya dahulu, orang Polandia dan Slavia lainnya percaya kalau makan kue biji poppy di saat liburan akan membawa keberuntungan dalam hidup.

7. Ziemniaczki

Ziemniaczki

Ziemniaczki, atau bajaderki, merupakan bagian dari sejarah masa lalu Polandia. Saat semuanya masih sederhana dan makanan bukanlah sesuatu untuk disia-siakan atau dibuang. Ziemniaczki adalah dessert khas Polandia yang berupa sisa-sisa makanan manis lainnya yang sudah disimpan di dapur atau di etalase toko penjual makanan manis.

Ini merupakan kombinasi dari semua sisa-sisa makanan manis dan kemudian dibuat jadi sesuatu yang baru. Suguhan yang kaya rasa dan lembut ini mirip dengan rumball dari Amerika Utara. Bajaderki sering dibuat dari kakao, hazelnut, cokelat, dan terkadang, rum. Biasanya kue ini dilapisi dengan kacang yang dicincang halus atau serpihan kelapa untuk tekstur.

Ziemniaczki bisa ditemukan di tiap toko penjual makanan manis di Polandia dan biasanya kuenya bervariasi dari satu toko ke toko yang lain. Walaupun dessert khas Polandia ini sederhana dalam asal-usul dan bahannya, makanan penutup ini mempunyai cita rasa yang disukai oleh kebanyakan orang Polandia.

8. Rurki

Rurki

Di Polandia, dessert ini biasa disebut rurki atau rurki z kremem. Dessert khas Polandia yang manis ini adalah sejenis krim gulung yang dibuat dari kue tipis yang umumnya diisi dengan krim kocok maupun krim kue. Kue ini sering diberi sebutan dessert torpedo karena bentuknya yang khas. Selain di Polandia, di negara lain juga terdapat tradisi pembuatan makanan manis ini.

Rurki asal usulnya kerap kali dihubungkan dengan Turki dan Bulgaria, yang di kedua negara tersebut, makanan penutup ini masing-masing dikenal dengan nama torpil tatlısı dan funiiki s krem. Terdapat banyak variasi dari kelezatan manis ini, mulai dari bahan yang digunakan untuk persiapannya, tekstur, penampilan, dan rasa roll, dan jenis krim untuk isian kuenya.

Di Polandia, rurki krim roll biasanya berbentuk panjang dan renyah. Tekstur seperti wafer berbentuk tabung yang diberi isian krim kocok yang kental dan manis. Ini merupakan street food yang popular.

9. Kołaczki

Kołaczki

Foldover dari Polandia yang disebut kołaczki ini merupakan dessert khas Polandia yang jadi favorit lainnya. Untuk membuatnya dibutuhkan banyak waktu, jadi kue ini biasanya muncul dalam acara-acara khusus, khususnya pada waktu Natal.

Kołaczki bisa memiliki bentuk bulat, persegi, atau wajik. Selain itu adonannya bisa lapisan atau mengembang. Biasanya isinya terdiri dari aprikot, blueberry, stroberi, prune, raspberry, almond, keju manis, biji poppy, atau bahkan nanas.

10. Karpatka

Karpatka

Karpatka merupakan dessert khas Polandia yang bahannya adalah pâte choux, yakni jenis adonan yang digunakan dalam pembuatan krim puff juga éclairs. Nama kue ini diambil dari nama geografisnya karena saat kue ini diberi taburan dengan gula bubuk, karpatka nampak seperti Pegunungan Carpathian yang tertutup salju.

Pâte choux adalah adonan telur, tepung, mentega, serta gula yang dimasak, kemudian dipanggang tanpa diberi rasa secara merata sehingga mirip dengan rantai pegunungan. Bagian tengah diisi dengan isian krim dan bagian atas diberi gula bubuk yang terlihat seperti "salju."

Deretan dessert khas Polandia ini begitu menggiurkan dan bisa buat orang jadi ngiler. Beberapa kue manis ini mirip dengan makanan manis yang ada di Indonesia, seperti paczki atau ziemniaczki. Untuk para penyuka makanan manis, ini tentunya bisa menambah referensi dessert untuk dicoba.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba dessert khas Polandia yang disebutkan di atas? Kira-kira mana dessert yang membuatmu ngiler?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram