11 Dessert Khas Ukraina yang Rasanya Menggugah Selera

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Desember 2021

Selain memiliki makanan utama yang lezat, kuliner Ukraina juga mempunyai makanan penutup yang tak kalah enaknya. Dessert khas Ukraina terdiri dari beragam jenis makanan manis yang terbuat dari ceri, kacang-kacangan, madu, susu karamel, cokelat, serta bahan-bahan lainnya.

Ukraina mendapat banyak pengaruh budaya yang sebagian besarnya dari Uni Soviet dan Kekaisaran Austro-Hungaria. Selain itu, negara ini juga kedatangan imigran dari Eropa tengah. Maka tak heran jika dessert khas Ukraina bisa dijumpai di negara seperti Rusia dan negara-negara Eropa Timur lainnya.

Seperti apa makanan penutup khas Ukraina? Kalau penasaran, ikuti ulasannya di bawah ini. Penyuka makanan manis, pastikan untuk tidak ketinggalan bahasan ini.

Baca juga: 10 Makanan Khas Ukraina, Sajikan Kelezatan Khas Eropa Timur

1. Tort Kievsky

Tort Kievsky

Kievsky tort merupakan kue tradisional dari negeri Uni Soviet yang aslinya berasal dari Kiev. Kue ini bukan kue sponge biasa. Kievsky tort adalah kue yang diisi dengan meringue dengan rasa kacang yang teksturnya renyah dan airy. Teknik pembuatan kue ini pertama kali dibuat di Pabrik Gula Karl Marx pada tahun 1956.

Walaupun awalnya jenis kacang yang digunakan untuk meringue adalah kenari, para pembuatnya kemudian menggantinya dengan kacang mete, lalu berubah lagi jadi hazelnut. Lapisan nutty meringue tersebut dipadukan dengan buttercream coklat dan vanila manis.

Biasanya kue ini diberi taburan hazelnut cincang dan sebelum dihidangkan dibiarkan dingin sehingga krimnya mempunyai tekstur yang lembut seperti mousse. Kue sponge manis ini umumnya dihidangkan pada acara-acara khusus karena proses pembuatannya yang lama.

2. Perepichka

Perepichka

Perepichka adalah dessert khas Ukraina lainnya yang juga merupakan street food yang populer. Makanan ini semacam roti yang dibuat dari adonan beragi dan diberi sosis yang lembut di dalamnya. Seluruh campuran bahan itu kemudian digoreng dan biasanya dihidangkan saat panas tanpa diberi bumbu apa pun.

Versi pertama street food yang jadi favorit di Kyiv ini muncul pada tahun 1981 di sebuah kedai kecil yang berada di Jalan Bohdan Khmelnytsky. Outlet makanan berupa kedai-kedai kecil yang bersahaja menjadi semacam tempat bagi penduduk lokal dan turis untuk mendapatkan perepichka.

3. Kutia

Kutia

Kutia merupakan sejenis puding gandum manis khas Ukraina yang biasa dihidangkan sebagai bagian dari 12 menu makanan khas makan malam Natal.

Uniknya, suguhan yang sehat ini dipercaya sudah ada jauh sebelum kedatangan agama Kristen di negara ini. Puding ini dibuat dari bahan seperti gandum, kacang-kacangan, beri, kismis, madu atau gula dan biji poppy.

Selain terkenal di Ukraina, puding ini juga populer di Rusia, Belarusia dan Polandia. Pada malam Natal, sebelum menikmati hidangan lezat ini, umumnya semangkuk kecil kutia disimpan di luar ruangan sebagai pemberian kepada Father Frost, versi bangsa Slavia untuk Sinterklas.

Sesudahnya beberapa kutia dilemparkan ke langit-langit rumah dan jumlah butiran kutia yang menempel di langit-langit dipakai untuk memprediksi kemakmuran pertanian di tahun depan.

4. Paska

Paska

Di Rusia, paska tradisional Ukraina dikenal juga dengan nama kulich. Hidangan ini berupa roti Paskah yang rasanya manis dan harum. Makanan populer di Ukraina ini kaya akan telur dan mentega. Umumnya roti ini berbentuk silinder. Roti ini kerap kali diperkaya dengan jus jeruk atau kulit, jahe, vanila, rum dan terkadang safron.

Beberapa varian paska lainnya ada yang menggunakan kismis, ceri maraschino atau manisan buah. Dahulu permukaan roti umumnya dihiasi dengan hiasan yang cukup meriah, seperti mawar maupun salib. Namun versi modern kerap kali diberi lapisan dengan glasir putih telur murni, taburan warna-warni maupun biji poppy.

Roti jenis ini, selain terkenal di Ukraina dan Rusia, juga biasa disantap di Georgia, Rumania, Bulgaria, Slovakia dan Serbia. Biasanya paska dibawa ke gereja tepat di waktu pagi Paskah. Saat itu roti tersebut diberkati dan kemudian dibagikan di antara anggota keluarga di rumah.

5. Bublik

Bublik

Bublik merupakan nama yang biasa dipakai di negara-negara Eropa Timur, khususnya Ukraina serta Rusia kalau menyebut roti bundar yang beragi. Roti ini mirip dengan bagel dalam banyak hal. Sebelum dipanggang, adonan roti ini harus dibenamkan dalam air sesaat dan ditaburi dengan biji poppy, wijen, maupun gula.

Dipercaya kalau bublik dibuat di kalangan penduduk Yahudi pada masa Tsar Rusia, tapi bentuknya yang sekarang ini adalah khas Ukraina. Dahulu roti ini dijual menggunakan gerobak jalanan.

Di sana roti ini dijajarkan di tali dan ditawarkan kepada pelanggan. Biasanya bublik disantap sebagai camilan maupun sebagai pendamping untuk minum kopi atau teh. Di Eropa, terdapat banyak roti semacam bublik. Di Polandia ada obwarzanek Polandia dan di Rusia ada baranki.

6. Sochnyky

Sochnyky

Sochnyky merupakan dessert khas Ukraina yang terbaik. Makanan penutup yang rasanya nikmat ini mirip dengan cheesecake. Keju cottage merupakan bahan yang banyak digunakan dalam kuliner Ukraina, tak terkecuali dalam sochnyky. Makanan berbentuk kerucut kecil ini dibuat dari adonan manis yang lembut dan diisi dengan keju cottage.

Ini merupakan salah satu pilihan paling populer di toko roti kota yang besar bersama dengan roti poppy. Sochnyky semakin populer di era Uni Soviet dan masih tetap bertahan sampai saat ini. Makanan penutup ini terlihat sedikit mirip dengan varenyky karena berbentuk bulan sabit.

Namun perbedaan yang jelas di antara keduanya yaitu pada cara memasaknya. Sochnyky dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. Proses memanggang yang tepat akan menghasilkan sochnyky dengan rasa yang enak. Dessert yang rasanya manis ini pembuatannya mudah. Bahan-bahannya adalah krim asam yang disebut smetana dalam bahasa Ukraina, dan keju cottage, tepung, dan telur.

Supaya terasa lebih enak, makanan penutup ini bisa ditambahkan gula bubuk. Sebelum dimasukkan ke dalam oven, pastikan untuk mengolesnya dengan campuran kuning telur dan air. Sochnyky berisi isian yang beragam, misalnya apel, keju cottage, beri, dan lainnya. Dessert ini dihidangkan dengan white coffee.

7. Nalysnyky

Nalysnyky

Nalysnyky merupakan salah satu contoh terbaik dessert khas Ukraina. Makanan ini kadang-kadang tidak begitu banyak diulas oleh pengulas makanan lokal. Kalau berkunjung ke rumah-rumah orang Ukraina sekarang ini, pasti ditemukan gulungan kecil ini di lemari esnya. Pada dasarnya hidangan ini berupa crêpes yang digulung tipis dan diberi keju cottage.

Terkadang nalysnyky diberi selai, atau dalam bahasa Ukraina disebut varennya, untuk memberikan tambahan rasa manis. Naslynyky dimasak dengan api kecil dan selain dengan keju cottage bisa diisi juga dengan madu, Nutella, bahkan diisi dengan jamur dan daging. Namun selama berabad-abad keju cottage manis tetap jadi yang klasik.

Dalam kehidupan sehari-hari naslynyky bisa disantap sebagai makanan untuk sarapan, teman untuk hidangan utama ketika makan siang serta makan malam juga selama perayaan. Biasanya, orang Ukraina menggulung nalysnyky menjadi bentuk tabung atau bisa juga dibentuk jadi segitiga.

8. Kartoshka

Kartoshka

Dalam bahasa Ukraina, kartoshka diterjemahkan jadi sesuatu seperti "terbuat dari kentang". Akan tetapi, kartoshka mirip dengan brigadeiro dari Brasil. Kartoshka dibuat dari remah kue ataupun kue kering.

Remah-remah ini kemudian direkatkan menggunakan mentega, bubuk kakao, sgushyonka (susu kental manis) dan mungkin diberi percikan rum atau cognac.

Pembuatannya dimulai dengan menghancurkan biskuit terlebih dulu sampai menjadi tepung, sesudah itu remahan kue kemudian dicampur dengan mentega cair, coklat bubuk, susu kental manis serta gula.

Campuran ini kemudian dibuat jadi bola-bola yang di akhir digulungkan dalam parutan kelapa. Kartoshka tidak perlu dipanggang, hanya perlu diistirahatkan di lemari es sebentar.

9. Verhuny

Kue ini disebut juga dengan nama “angel wings” dan rasanya manis. Kue kering yang manis dengan bentuk yang imut ini merupakan dessert khas Ukraina yang populer. Cara pembuatannya sangat sederhana.

Adonan verhuny dipelintir jadi berbentuk pita kemudian digoreng. Sesudah diangkat dari penggorengan diberikan taburan gula bubuk untuk rasa manis ekstra.

Beberapa ibu rumah tangga menambahkan horilka, rum ataupun minuman beralkohol lainnya untuk memperkuat rasa. Verhuny tradisional dari Ukraina hanya digoreng menggunakan lemak babi. Keunikan hidangan adalah adonan ini dibuat tanpa ragi sehingga cocok untuk Prapaskah, diet, maupun sekadar camilan manis.

10. Pampushky

Pampushky

Ini merupakan makanan untuk perayaan. Biasanya pampushky dibuat selama liburan musim dingin. Dessert khas Ukraina ini pembuatannya mudah. Makanan berbentuk donat ini bisa diberi isian ataupun tidak. 

Biasanya jika diisi, donat ini akan diberi isian selai atau biji poppy. Ibu-ibu di Ukraina memiliki cara memasak yang berbeda dengan menggunakan bermacam resep.

Karena itulah pampushky kadang-kadang bisa juga diisi dengan ceri atau cokelat. Donat ini dihidangkan dengan ditambah taburan gula bubuk di atasnya serta krim asam. Dessert ini cocok untuk menemani secangkir teh.

11. Babka

Babka

Selain paska dan bublik, Ukraina juga memiliki jenis roti lainnya yang disebut babka. Di Ukraina, roti manis ini disantap saat Paskah. Roti ini mirip dengan panettone dari Italia karena berbentuk silindris. Crust bagian bawah roti yang diiris tidak dimakan.

Kismis ditambahkan pada adonan saat pembuatan. Babka dipanggang dalam suhu tinggi terlebih dulu supaya adonan mengembang dan membentuk crust yang keras. Setelah itu suhu diturunkan supaya bagian luarnya tidak gosong.

Roti ini mirip dengan paska dalam hal bentuk tapi untuk urusan rasa roti ini lebih manis dibandingkan paska. Babka juga merupakan salah satu makanan yang selalu ada saat perayaan pagi Paskah versi Ukraina.

Itulah 11 dessert khas Ukraina yang menarik. Makanan manis dari negara ini bisa juga dijumpai di negara-negara Eropa timur lainnya, khususnya Rusia. Keju cottage adalah bahan yang banyak digunakan selain madu, susu kental, kacang-kacangan dan cokelat.

Dessert khas Ukraina bermacam-macam jenisnya, ada roti, puding, donat, kue kering juga pancake. Dari semua makanan penutup di atas mana yang ingin kamu coba?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram