10 Makanan Khas Ukraina, Sajikan Kelezatan Khas Eropa Timur

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 September 2021

Makanan khas Ukraina termasuk dalam kelompok makanan Eropa Timur. Mungkin makanan khas Ukraina kurang begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia tetapi negara ini rumah bagi banyak hidangan popular yang dikenal secara internasional, seperti borscht Ukraina, salo, juga varenyky.

Selain itu, makanan Ukraina mempunyai banyak variasi di tiap daerahnya. Jadi jika kamu berkunjung ke 10 keluarga di Ukraina, kamu akan mencoba 10 jenis borscht. Makanan Ukraina juga banyak mendapat pengaruh dari negara lain, seperti Polandia, Turki atau Krimea. Yuk, simak daftar 10 jenis makanan khas Ukraina yang popular berikut ini!

1. Borscht

Borscht

Mungkin makanan khas Ukraina yang paling terkenal dan ikonik adalah borscht. Sup sederhana ini terbuat dari kaldu daging atau tulang ditambah dengan sayuran tumis serta jus bit yang difermentasi. Hidangan ini memiliki banyak variasi. Bahkan kaldunya bisa berbahan dasar ikan maupun sayuran. Pilihan sayurannya pun berbeda-beda dari tiap daerah ke daerah lainnya.

Sementara untuk bahan utamanya, bit dan jus bit yang difermentasi, wajib ada. Bahan utama ini memberi warna merah yang unik pada hidangan. Selain itu, bahan ini juga memberikan rasa manis dan asam. Sulit untuk dilacak asal mula hidangan ini. Asal borscht masih diperdebatkan cukup sengit walaupun sebagian besar terkait dengan Ukraina.

Terlepas dari asal-usulnya, borscht merupakan salah satu hidangan favorit di semua wilayah bekas Uni Soviet, khususnya di Polandia dan Rusia. Di negara-negara tersebut, borscht juga biasa dianggap sebagai hidangan nasional. Sementara itu di Polandia, borscht yang disebut dengan barczsz, dihidangkan dengan pangsit. Ini merupakan makanan pembuka malam Natal tradisional.

Tradisi menyiapkan borscht sudah lama melampaui batas-batas Eropa Timur karena adanya migrasi. Oleh karena itu, sekarang borscht banyak ditemukan di restoran Ukraina di seluruh dunia. Di Ukraina, makanan ini sering dihidangkan dengan roti ragi gurih yang dinamakan pampushki.

2. Varenyky

Varenyky

Masakan khas Ukraina kaya akan produk tepung karena banyaknya persediaan gandum dan sereal lainnya di negara ini. Varenyky sangat terkenal di Ukraina. Makanan ini berupa adonan yang dibentuk bulan sabit dengan isian asin atau manis. Untuk varenyky yang asin sering kali dibuat dengan kentang, kubis rebus, jamur atau daging.

Untuk isian manis, bahan yang sangat popular di antaranya keju cottage, buah-buahan, poppy, dan beri. Menariknya, nama makanan ini asalnya dari kata Ukraina "varyty", yang artinya "mendidih".

Secara tradisional varenyky masuk dalam daftar 12 hidangan prapaskah yang disiapkan oleh keluarga Ukraina untuk Malam Natal Suci. Di daerah Ukraina Barat, resep "love varenyky" yang berbentuk hati dan berwarna merah muda karena penambahan jus bit ke dalam adonan tetap dipertahankan.

Selain dalam sastra, varenyky juga memiliki tempat khusus dalam lagu-lagu rakyat Ukraina. Sebagai contoh, ada seorang kritikus yang menghitung penyebutan hidangan ini dalam tulisan Mykola Gogol yang disebut sekitar 86 kali. Di Kanada bahkan varenyk diabadikan dalam batu. Sebuah monumen setinggi 9 meter diberdirikan di sana untuk menghormatinya.

3. Banush

Banush

Ukraina Barat mempunyai beberapa resep unik yang tak umum di Ukraina wilayah tengah atau timur. Banush merupakan salah satu hidangan legendaris tersebut. Dahulu banush merupakan makanan khas Ukraina yang dikaitkan dengan kemiskinan. Namun sekarang makanan pokok ini dihidangkan di restoran terbaik di seluruh Carpathians.

Makanan ini dibuat dari bubur jagung, lemak babi goreng serta keju. Banush dimasak secara tradisional di atas api supaya bisa diasap dengan baik. Bahan tambahan yang sering dimasukkan ke dalam banush adalah jamur karena jamur membuat rasanya lebih kaya.

4. Holubtsi

Holubtsi

Holubtsi merupakan kubis gulung tradisional dari Ukraina. Makanan khas Ukraina ini khususnya disukai di Carpathians. Meskipun biasanya holubtsi diberi isian dengan daging cincang, makanan ini bisa juga dibuat vegetarian dengan menambahkan nasi atau soba.

Untuk melunakkan daunnya, kubis direbus kemudian diisi dengan daging babi maupun sapi cincang, bawang bombay yang dikaramelisasi dan wortel, jamur serta nasi. Sesudah itu, holubtsi direbus dan dihidangkan dengan diberi hiasan dill. Biasanya penyajiannya terdiri dari 2 sampai 3 potong karena holubtsi sangat mengenyangkan.

5. Kholodet

Kholodet

Hari libur di Ukraina tak akan lengkap tanpa kholodet. Nama makanan khas Ukraina ini diberikan penduduk setempat untuk makanan aspic, yaitu hidangan pembuka berupa jeli gurih bening yang terbuat dari kaldu daging atau ikan dan dicampurkan dengan daging. Daging yang cocok digunakan adalah daging babi, ayam, sapi muda, atau burung.

Kholodet yang nilainya tinggi adalah yang dibuat dari ayam jago. Dibutuhkan sekurangnya 4 jam untuk merebusnya. Sesudah itu daging disimpan di atas piring dan ditambahkan wortel, bawang putih, serta bumbu lainnya. Kemudian bahan tadi dituangi kaldu dan biarkan di tempat yang dingin sampai berubah menjadi jeli. Info pentingnya adalah tidak ada gelatin yang ditambahkan ke hidangan ini.

Tak hanya enak, kholodet juga baik untuk kesehatan. Namun, meskipun menyehatkan, jika dikonsumsi terlalu banyak akan menjadi tidak baik. Jadi kholodet ini harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena makanan ini agak berminyak disebabkan oleh lemaknya.

6. Koliva

Koliva merupakan hidangan tradisional yang berisi kombinasi berbagai bahan, di antaranya biji gandum rebus, gula, madu, biji wijen, kismis, kenari, almond, adas manis, dan biji delima. Hidangan ini dalam agama Kristen Ortodoks merupakan hidangan ritual yang dibuat untuk pemakaman, peringatan, Prapaskah, Slava, juga Natal. Ini karena koliva melambangkan kematian juga kebangkitan.

Biasanya bubur unik ini dihidangkan dengan taburan gula halus di atasnya. Sementara itu di tengahnya umumnya diberi lilin dan dinyalakan di awal kebaktian kemudian dipadamkan di akhir.

7. Salo

Salo

Makanan khas Ukraina yang tidak biasa ini kerap kali dianggap sebagai salah satu simbol utama Ukraina. Salo dibuat dari lempengan lemak (umumnya lemak babi) yang diawetkan dengan diberi rempah-rempah. Kebanyakan orang Ukraina lebih menyenangi makan salo tanpa kulit walaupun kulit babi tetap dibiarkan menempel.

Lembaran lemak tersebut dilumuri garam dan rempah-rempah seperti bawang putih, lada hitam, adas kering, marjoram, daun salam, kapulaga serta jinten. Kemudian bahan tadi dimasukkan ke dalam wadah yang ditaburi bumbu dan didiamkan dalam lemari es selama tiga sampai empat hari. Salo secara tradisional dihidangkan dengan borscht, roti gandum hitam, dan horilka (minuman beralkohol).

8. Piroshki

Piroshki

Piroshki, atau dikenal juga dengan nama "pyrizhky," kerap kali dianggap sebagai comfort food khas Ukraina. Bentuk kue tersebut seperti perahu dengan isian yang beragam. Untuk isian manis biasanya diisi dengan ceri atau apel, sedangkan isian gurih biasanya terdiri dari daging giling dan jamur.

Biasanya piroshki dimasak dengan cara dipanggang walaupun beberapa keluarga di Ukraina ada yang memilih untuk menggorengnya. Persiapan untuk membuatnya yaitu dimulai dengan pembuatan adonan yang kemudian dipipihkan. Sesudah itu adonan diisi dengan isian yang disukai. Lalu bagian tepinya dijepitkan.

Sesudah dimasak dalam oven sekitar 25 menit, piroshki pun siap disantap. Makanan Ukraina yang menyenangkan ini dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat.

9. Kotleta po-Kieivsky

Kotleta po-Kieivsky

Chicken Kiev atau Kotleta po-Kieivsky adalah makanan khas Ukraina yang terbuat dari dada ayam bertulang pipih yang digulung dan diberi mentega dingin dengan rempah, dilapisi tepung roti kemudian digoreng. Tidak ada yang tahu dari mana asalnya dan bagaimana namanya didapatkan walaupun hidangan ini sangat popular.

Banyak juga teori mengenai makanan ini yang dihubungkan dengan penciptaan makanan ini oleh koki Ukraina, Rusia, dan Prancis. Sempat meraih puncak popularitas di tahun 1970-an, tapi dengan cepat makanan ini tidak disukai lagi di akhir 1980-an dikarenakan kemunculan masakan nouvelle yang menggunakan teknik dan penyajian ala Prancis.

10. Kapusniak

Kapusniak

Kapusniak merupakan salah satu hidangan tertua dan paling penting di Ukraina. Dahulu makanan khas Ukraina ini disiapkan untuk pemakaman, pernikahan dan makan malam Natal. Sekarang orang Ukraina menyantap sup ini sepanjang tahun.

Bahan utama kapusniak yaitu asinan kubis. Sebelum dimasak asinan di cuci bersih untuk memberikan warna transparan pada sup kemudian dimasak dalam kaldu daging atau jamur dan diberi tambahan kentang, wortel, bawang, dan daun salam. Kapusniak secara tradisional disajikan dengan krim asam dan peterseli cincang.

Makanan khas Ukraina terlihat memiliki beberapa kemiripan dengan negara-negara Eropa Timur lainnya, seperti Rusia atau Polandia. Jadi tidak mengherankan jika menemui makanan yang sama di negara-negara tersebut tapi dengan nama yang berbeda.

Kalau tertarik untuk mencicipi makanan khas Ukraina, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah karena beberapa yang bahan dan cara pembuatannya mudah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram