10 Fakta Negara Brunei Darussalam yang Menarik Diketahui

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Brunei Darussalam adalah salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Negara yang bertetangga dengan Indonesia ini adalah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Brunei Darussalam adalah negara yang memiliki banyak keunikan.

Selain dikenal karena keindahan Masjidnya, negara dengan sistem pemerintahan Kesatuan Islam Monarki absolut ini juga dikenal karena keramahan penduduknya. Jika kamu tertarik untuk  berpelesir ke Brunei, kamu wajib tahu fakta menarik mengenai negara Brunei Darussalam. Apa saja hal-hal yang unik ada di sana? Simak ulasannya berikut ini!

1. Negara Terkaya di ASEAN

1. Negara Terkaya di ASEAN

Brunei Darussalam adalah salah satu negara terkaya yang terletak di Asia Tenggara. Sumber kekayaan negara Islam tersebut diketahui berasal dari cadangan minyak dan gas alam.

Brunei Darussalam tercatat memiliki kekayaan sekitar 28 miliar dollar US atau setara dengan Rp 411 triliun. Angka tersebut digadang-gadang melebihi kekayaan Ratu Elizabeth di Inggris, bahkan hingga 50 kali lipat.

Negara yang beribu kota di Bandar Seri Begawan ini diketahui memiliki pendapatan nasional yang cukup tinggi, yaitu mencapai 71.802 dolar AS atau setara Rp 1,050 miliar. Dengan jumlah tersebut tidak salah bila kemudian negara Brunei disebut sebagai negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi di kawasan ASEAN.

2. Memberikan Jaminan Pendidikan dan Medis Gratis

Memberikan jaminan pendidikan dan medis gratisSumber: abcadalima.blogspot.com

Di saat kehidupan masyarakat di beberapa negara yang di dunia dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Masyarakat Brunei Darussalam sendiri terbilang cukup beruntung. Mengingat pemerintah negara yang dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah ini menjamin kesejahteraan masyarakatnya dengan sangat baik.

Bahkan hal itu bisa dirasakan langsung oleh penduduk dengan jaminan pendidikan dan juga layanan medis dari pemerintah secara gratis. Selain itu, pembebasan pajak bagi masyarakatnya menjadi bukti lain bahwa negara pemilik istana termegah di dunia ini sangat memperhatikan kehidupan penduduknya.

3. Pemimpin Terlama di Asia

Berbicara mengenai Brunei Darussalam, tidak lengkap bila tidak membahas sosok pemimpin karismatik yang telah berhasil membawa negara seluas 5.765 km² ke puncak kejayaan, yaitu Sultan Hassanal Bolkiah. Ia merupakan sultan Brunei yang ke-29. Sultan Hassanal sendiri adalah putra sulung dari Sultan Brunei ke-28, yaitu Begawan Sultan Sir Muda Omar Ali Saifuddin III.

Pria yang diangkat sebagai raja pada tahun 1967 merupakan pemimpin negara monarki terlama ke-2 di dunia setelah Ratu Elizabeth II. Selain sebagai pemimpin kerajaan, Ia juga merangkap sebagai Menteri Pertahanan, Perdana Menteri, dan Menteri Keuangan Brunei Darussalam.

4. Melarang Penjualan Alkohol

Melarang penjualan alkoholSumber: eatthis.com

Sebagai negara Islam, Brunei Darussalam terbilang cukup ketat dalam menjalankan Syariah. Di negara dengan jumlah penduduk sekitar 437.479 jiwa pada tahun 2020 tersebut memiliki aturan yang cukup tegas mengenai minuman alkohol.

Brunei Darussalam diketahui merupakan salah satu negara yang melarang keras penjualan dan konsumsi alkohol di negaranya. Konsumsi alkohol sendiri biasanya hanya untuk orang yang bukan beragama Islam.

Dan itu sangat diatur oleh pemerintah. Selain harus melapor ke petugas bea cukai yang ada di bandara, jumlah alkohol yang dibawa juga dibatasi, yaitu hanya 2 botol dan 12 kaleng bir setiap orang. Bagi warganya yang Muslim nekat untuk minuman alkohol atau menjual, maka akan dihukum sesuai syariah, yaitu dicambuk.

5. Memiliki Tingkat Obesitas yang Tinggi

Jika Amerika Serikat dikenal sebagai negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia, maka di Asia Tenggara, Brunei menjadi negara yang memiliki tingkat obesitas tertinggi. Menurut data resmi yang dikeluarkan oleh pihak kementerian kesehatan Brunei Darussalam. Sekitar tiga dari 10 orang dewasa yang ada di Brunei memiliki masalah obesitas atau kelebihan berat badan.

Selain itu, menurut survei yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Strategi dan Kebijakan Brunei mengatakan bahwa 17% dari para remaja dengan rentang usia antara 13-17 tahun mengalami masalah obesitas. Meski begitu, pemerintah Brunei sendiri kerap mengingatkan warganya untuk tetap menjalankan hidup sehat.

6. Memberlakukan Hukum Syariah

Brunei Darussalam adalah negara pertama di Asia Tenggara yang menjalankan hukum pidana syariah di tingkat nasional sejak tahun 2013. Metode hukuman yang digunakan untuk pelanggar pun disesuaikan berdasarkan kasus yang dilakukan.

Hukuman tersebut antara lain cambuk bagi pemabuk, hukuman rajam sampai mati dan cambuk kepada pelaku LGBT dan perzinaan, potong tangan atau kaki bagi para pelaku kejahatan pencurian, dan hukuman penjara karena berpakaian tidak sesuai dengan gender.

Meski hukum syariah kerap menjadi kontroversi di sejumlah negara, tetapi negara yang dikenal dengan tingkat kejahatan rendah ini tetap menjalankan hukum tersebut bagi setiap warganya.

7. Negara dengan Tingkat Kepemilikan Mobil Tertinggi di Dunia

Sebagai salah satu negara terkaya di dunia, Brunei disebut sebagai negara dengan rasio kepemilikan mobil tertinggi di dunia. Hal itu berdasarkan survey yang dilakukan pada tahun 2015, dimana di negara tersebut tercatat angka kepemilikan mobil masyarakat Brunei Darussalam, yaitu 615 unit mobil per 1000 orang.

Sultan Hassanal Bolkiah sendiri diketahui memiliki lima ribu koleksi mobil, yang terdiri dari berbagai merek ternama dunia. Beberapa koleksinya tersebut antara lain; 530 Mercedes-Benz, 360 Bentley, 360 Ferrari, 180 BMW, 160 Porsche, 170 Jaguar, 130 Rolls Royce, dan 20 Lamborghini. Ia sendiri disebut sebagai salah satu orang yang memiliki mobil terbanyak di dunia.

8. Penduduknya Fasih Bahasa Inggris

Penduduknya fasih bahasa InggrisSumber: iexplore.com

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang secara resmi digunakan untuk berkomunikasi antar suku bangsa. Bila sebagian besar masyarakat yang ada Asia tidak terlalu fasih menggunakan bahasa Inggris. Di Brunei, bahasa Inggris menjadi bahasa kedua yang mereka kuasai setelah bahasa Melayu.

Hampir 90% masyarakat yang ada di Brunei Darussalam diketahui menguasai bahasa Inggris. Penduduk Brunei sendiri terdiri dari suku Melayu dengan jumlah presentasi sekitar 66,3%, Tionghoa 11,2%, Dayak 3,4 % dan 19,1% berasal dari suku campuran.

9. Melepas Sepatu saat Bertamu

Melepas sepatu saat bertamu

Selain di Indonesia, di Brunei juga memiliki tradisi unik yang biasa dilakukan saat berkunjung atau bertamu ke rumah orang. Masyarakat Brunei ketahui kerap melepaskan sepatu yang mereka gunakan sebelum memasuki rumah orang lain. Kebiasaan membuka sepatu sendiri memang sudah menjadi kebiasaan yang kerap dilakukan oleh masyarakat Melayu dan beberapa suku lain di Asia.

Selain untuk menjaga rumah tetap bersih dari berbagai kotoran, kebiasaan itu juga dilakukan sebagai bentuk tindakan sopan santun saat bertamu ke rumah orang lain. Jadi, jangan heran kalau kamu melihat kebiasaan tersebut saat berada di Brunei Darussalam.

10. Rokok Haram di Brunei

Rokok haram di Brunei

Selain minuman beralkohol, merokok di tempat umum haram dilakukan di Brunei Darussalam. Beberapa orang yang tertangkap melanggar aturan, bahkan harus membayar denda dengan nominal yang cukup tinggi. Jika di beberapa negara kerap disediakan smoking area bagi para perokok, di Brunei sendiri hal tersebut tidak akan pernah ditemukan.

Di sana sendiri terdapat Satgas Penegakan Hukum Brunei Darussalam yang kerap berpatroli dan menangkap para pelanggar aturan yang merokok di ruang publik. Bagi mereka yang melanggar, denda yang dikenakan sebagai hukuman cukup beragam. Mulai dari 1,2 juta hingga 36 juta, atau mendapat hukuman berupa 3 bulan kurungan penjara.

Demikian 10 Fakta Negara Brunei Darussalam yang berhasil kami rangkum. Setiap negara memiliki fakta unik yang terkadang jarang diketahui orang lain. Informasi mana yang menurutmu paling menarik tentang negara Brunei? Tulis komentarmu di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram