10 Festival Tahunan di India yang Meriah dan Penuh Warna

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Juli 2021

India merupakan negara yang memiliki banyak festival keagamaan dan juga kebudayaan. Hal itu mungkin sering kamu lihat di saat melihat drama seri India yang tayang di Indonesia. Festival  menjadi peristiwa penting yang selalu dirayakan dengan penuh suka cita oleh masyarakatnya.

Festival-festival yang mereka lakukan juga banyak menarik banyak wisatawan untuk datang dan menyaksikannya. Ragam festivalnya selalu penuh dengan kemeriahan dan juga warna-warni. Berikut ini beberapa festival yang cukup terkenal dan penting bagi masyarakat India. 

1. Festival Holi

10 Festival Tahunan di India yang Meriah dan Penuh Warna 1

Festival Holi mungkin merupakan festival yang hampir di kenal di seluruh dunia. Festival ini dikenal juga dengan nama festival warna. Makna dari festival Holi sendiri berubah seiring berjalannya waktu. Awalnya festival Holi adalah perayaan yang dilakukan oleh wanita yang sudah menikah.

Para wanita yang telah menikah itu akan berdoa untuk kesehatan keluarganya. Tetapi selain dari itu festival ini merupakan perayaan kemenangan kebaikan melawan kejahatan. Seperti dalam mitologinya di saat pengikut Sri Krishna dapat mengalahkan monster Holika dengan ketaatannya.

Festival Holi di daerah Braj India dirayakan sebagai sebuah festival dalam memperingati cinta antara Radha dan juga Krishna. Perayaan ini biasa dirayakan di awal musim semi, karena itu Holi juga disebut dengan festival musim semi. Musim semi merupakan perayaan penuh warna dalam keyakinan Hindu.

2. Festival Diwali

10 Festival Tahunan di India yang Meriah dan Penuh Warna 2

Festival Diwali merupakan festival yang dikenal dengan nama festival cahaya.   Pada festival Diwali kamu dapat melihat ada banyak cahaya yang dinyalakan. Cahaya itu berasal dari lilin, kembang api, serta api unggun yang menerangi langit India. Perayaan ini dilangsungkan selama lima hari lamanya.

Perayaan Diwali di India bagian utara merupakan perayaan yang berasal dari kisah di saat Sri Rama kembali ke Ayodhya setelah berhasil mengalahkan Rahwana. di India bagian selatan Diwali merupakan perayaan berasal dari kisah saat Sri Krishna mengalahkan monster Narakasura.

Sedangkan di India Bagian Barat Diwali berasal dari kisah Dewa Wisnu yang berhasil mengembalikan raja monster Bali kembali memerintah dunia bawah. Dari kisah-kisah di atas  Diwali sesungguhnya adalah festival yang dirayakan untuk mengingat saat kejahatan berhasil dikalahkan oleh kebaikan.

Pada saat perayaan Diwali masyarakat India biasanya akan mengenakan pakaian baru. Selain itu mereka juga akan menghiasi rumah dengan lampu minyak dan rangoli atau hiasan dilantai dari serbuk berwarna. Mereka melakukan pemujaan untuk dewi kemakmuran dan kekayaan, Dewi Lakshmi.

3. Festival Durga Puja

10 Festival Tahunan di India yang Meriah dan Penuh Warna 3

Durga Puja merupakan satu festival yang cukup penting di India, festival ini merupakan perayaan untuk pemujaan pada Dewi Durga. Festival ini biasanya dirayakan di daerah seperti Bengal dan Assam. Perayaannya berlangsung selama 10 hari di bulan September-Oktober.

Perayaan Durga Puja merupakan festival yang memperingati kemenangan dari Dewi Durga melawan Mahishasura yang mampu berubah bentuk. Pada festival Durga Puja tak hanya Dewi Durga tapi juga melibatkan dewa-dewi lainnya seperti Lakshmi, Saraswati, Ganesha, dan juga dewa perang Kartikeya.

Pada akhir festival masyarakat akan membawa patung Dewi Durga ke sungai untuk direndamkan ke alam air. Hal ini dipercaya bahwa Dewi Durga akan kembali ke Kailash tempat Dewa Siwa berada. Pada hari ini biasanya orang kan saling berkunjung dan membagikan permen atau juga hadiah.

4. Festival Janmastami

10 Festival Tahunan di India yang Meriah dan Penuh Warna 4

Festival Janmashtami merupakan perayaan yang dilakukan dalam memperingati hari kelahiran dari Sri Krishna. Sri Krishna dipercaya sebagai reinkarnasi dari Dewa Wisnu yang datang kebumi dengan membawa harapan akan kebebasan dari penguasa yang tiran yang jahat.

Acara ini dirayakan dengan berdoa dan juga puasa yang berlangsung hingga tengah malam yang dilakukan di kuil-kuil Dewa Wisnu. Patung Dewa Krishna akan dimandikan dan juga diberi dekorasi dengan beragam ornamen. Selain itu juga biasanya patungnya akan dikenakan pakaian yang baru.

Puncak dari festival ini adalah Dahi Handi, yaitu perayaan yang melibatkan banyak orang dengan membentuk piramida manusia. Susunan manusia piramida ini bertujuan untuk meraih pot berisi yogurt yang telah digantung di ketinggian. Kompetisi ini dapat kamu saksikan di banyak daerah.

5. Festival Navaratri dan Dussehra

10 Festival Tahunan di India yang Meriah dan Penuh Warna 5

Festival Navaratri juga merupakan festival yang dirayakan untuk memuja Dewi Durga. Hanya saja jika Durga Puja banyak di rayakan di daerah seperti Bengal, Assam, Bihar dan Odisha, maka Navaratri di rayakan hampir di seluruh India. Sejarah awalnya pun sama tentang pertarungan dari Dewi Durga.

Seperti halnya Durga Puja, Navaratri juga diawali dengan ritual puasa lalu diikuti dengan do’a-doa dengan mengharapkan perlindungan pada kesehatan dan harta benda mereka. Navaratri merupakan festival yang bertujuan untuk membersihkan pemikiran dari hal-hal negatif dan tetap murni.

Pada akhir perayaan Navaratri yaitu pada hari kesepuluh disebut dengan Dussehra, sama juga dengan hari akhir hari perayaan Durga Puja. Festival ini dirayakan dengan cara yang berbeda bergantung dari daerahnya masing-masing. Tetapi miliki makna yang sama yaitu kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Baca juga: Makanan Khas India Paling Enak dan Menggugah Selera

6. Festival Ganesh Chaturthi

10 Festival Tahunan di India yang Meriah dan Penuh Warna 6

Festival Ganesh Chaturthi merupakan perayaan yang dilakukan untuk memperingati hari kelahiran dari Dewa Ganesha. Perayaan ini paling semarak dirayakan di daerah Maharastra yang dianggap sebagai tempat kelahiran festival ini. Festivalnya biasanya berlangsung selama 10 hari lamanya.

Pada festival Ganesha ini biasanya masyarakat akan membuat patung dewa Ganesha yang dibuat dengan ukuran yang cukup besar dan dihias dengan beragam ornamen yang indah. Patung ini nantinya akan di arak menuju tepian laut dan dicelupkan ke dalam air pada hari terakhir perayaan atau Visarjan.

Festival Ganesh Chaturthi ini dirayakan masyarakat dengan memasang Patung Dewa Ganesha di rumah masing-masing. Selain itu juga ada patung yang diarak dan diiringi dengan nyanyian dan juga tarian. Dewa Ganesha sendiri adalah dewa ilmu pengetahuan, kebijaksanaan dan juga kemakmuran.

7. Festival Kumbh Mela

10 Festival Tahunan di India yang Meriah dan Penuh Warna 7

Festival Kumbh Mela juga merupakan satu festival besar di India, sebuah ritual ziarah yang dilakukan setiap 12 tahun sekali oleh umat Hindu. Festival ini merupakan perayaan yang dapat dihadiri banyak orang hingga jumlahnya dapat mencapai 60 juta orang dalam satu waktu sekaligus.

Festival ini berlangsung selama tiga hari di pertemuan Sungai Gangga dan Sungai Yamuna yang terdapat di Desa Kumbh. Desa ini akan dikunjungi oleh banyak orang untuk melakukan ritual mandi pagi. Prosesi mandi di awali terlebih dahulu oleh orang suci yang telanjang dan dilumuri oleh abu.

Pada kepercayaan umat Hindu dengan mandi di sungai ini maka mereka akan diberkati. Selain itu juga perayaan ini dipercaya akan membersihkan diri kita dari setiap dosa yang telah dilakukan. Prosesi mandi ini juga dipercaya akan membawa mereka pada jalan keselamatan.

8. Festival Pushkar Camel Fair

10 Festival Tahunan di India yang Meriah dan Penuh Warna 8

Festival Pushkar Camel Fair adalah perayaan yang dilakukan di  sebuah gurun kecil di daerah Pushkar Rajasthan. Perayaan Pushkar ini biasanya diadakan setahun sekali di bulan November. Pada awalnya kegiatan Festival Pushkar sendiri adalah sebuah kegiatan jual beli hewan ternak.

Tetapi saat ini kegiatan ini berubah menjadi kegiatan turisme yang juga memperlihatkan keindahan dari budaya daerah Rajasthan. Pada festival ini ada banyak pertunjukan yang dihadirkan. Pertunjukan itu meliputi pacuan unta, kontes kecantikan unta, serta lomba kumis dan turban terbaik.

9. Festival Mahashivratri

Festival Mahashivratri merupakan festival yang diadakan untuk Dewa Siwa yang dikenal sebagai dewa kehancuran dalam agama Hindu. Mahashivatri dikenal sebagai peristiwa pernikahan dari Dewa Siwa dengan Dewi Parwati. Para pengikut Dewa Siwa akan melakukan meditasi, berpuasa, dan bernyanyi.

Para pengikutnya ini akan menghias kuil dengan hiasan dengan lampu dan juga bunga, selain itu para pengikutnya akan terjaga sepanjang  malam dengan bernyanyi lagu-lagu pujaan untuk Dewa Shiwa.  Tempat terbaik untuk menyaksikan festival ini adalah di kota Haridwar dan juga Varanasi.

10. Festival Rakhsa Bandhan

Festival Rakhsa Bandhan dilakukan di Bulan Shravana pada kalender Hindu. Festival ini merupakan perayaan ikatan antara saudara dengan mengikatkan gelang tali dari saudara perempuan pada saudara laki-lakinya. Ikatan gelang tali itu memiliki makna keselamatan dan kemakmuran.

Gelang tali yang diikatkan itu biasa disebut dengan rakhi. Gelang talinya sendiri dibuat dari benang wol dengan beragam warna. Setelah mengikatkan rakhi biasanya saudara laki-lakinya akan menerima manisan dan juga hadiah. Festival ini tak hanya antara adik kakak saja, sepupu atau teman juga bisa.

Itulah beberapa festival besar di India yang selalu menarik banyak orang untuk datang berkunjung. Kebanyakan dari festival ini merupakan cara mereka memaknai hidup di saat kebaikan akan selalu menang melawan kejahatan. Setiap festivalnya membawa makna akan keselamatan dan kemakmuran.

Festival-festivalnya yang penuh dengan keramaian dan juga warna-warni ini menarik banyak orang untuk datang melihat dan merasakannya sendiri. Perayaan yang mereka lakukan sarat akan nilai-nilai budaya dan nilai-nilai religius yang menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan pada kehidupan masyarakatnya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram