10 Makanan Khas India Paling Enak dan Menggugah Selera

Ditulis oleh Linda

Makanan khas India sudah sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Tanpa kita sadari, makanan seperti nasi biryani dan roti canai merupakan makanan yang berasal dari negara yang memiliki julukan “Anak Benua” ini. Jadi, boleh dibilang bahwa sebenarnya makanan India memang bisa diterima oleh lidah masyarakat Indonesia.

Ada banyak makanan khas India yang sangat enak dan populer di kalangan wisatawan mancanegara. Masyarakat India juga sama dengan masyarakat Indonesia, mereka senang menggunakan rempah-rempah yang banyak di setiap masakannya agar cita rasanya lebih lezat. Penasaran dengan 10 makanan khas India yang paling terkenal? Keluyuran akan memberikan informasinya di bawah ini.

10 Makanan Khas India Paling Enak

1. Ayam Tandoori

Ayam Tandoori Makanan Khas India

Dari sekian ratus makanan khas India yang ada, salah satu yang paling populer di Indonesia dan negara-negara lain adalah ayam tandoori. Ayam panggang khas India ini adalah menu wajib ketika Anda pergi ke restoran India atau berkunjung langsung ke negaranya.

Tandoori adalah nama dari cara memasak ayam tersebut. Ayam ini dimasak dengan bumbu dan rempah pilihan sampai meresap ke dalam dagingnya, lalu ayam dipanggang di dalam oven dengan temperatur yang tinggi. Ayam tandoori sangat cocok disajikan dengan nasi biryani.

2. Biryani

Biryani

Nasi biryani sebenarnya tidak disajikan di India saja. Beberapa negara di timur tengah juga menyajikan biryani sebagai makanan utama. Namun, nasi biryani dari India ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang disajikan di timur tengah. Rempah-rempah yang dipakai untuk memasak biryani ini benar-benar “India” banget.

Beras yang dipakai untuk membuat nasi biryani adalah beras basmati yang ukurannya lebih panjang dan teksturnya lebih kering dari nasi putih biasa. Beras akan direbus di dalam panci, lalu saat sudah setengah masak bumbu-bumbu seperti ketumbar hingga kapulaga akan dimasukkan ke dalamnya. Biryani sangat cocok dijadikan sebagai pengganti nasi putih ketika Anda menyantap hidangan khas India lainnya.

3. Dosa

Dosa

Anda tidak akan “berdosa” kalau menyantap “dosa” yang satu ini kok. Ya, dosa adalah nama makanan khas India yang tampilannya mengingatkan kita pada kue lekker atau crepe. Makanan ini terbuat dari kombinasi kacang dan beras yang sudah melalui proses fermentasi.

Dosa memiliki rasa yang manis dan renyah. Hidangan ini biasa disajikan dengan kentang yang sudah dibumbui. Ketika memesan dosa di restoran, umumnya Anda akan diberikan beberapa macam saus dan sambal untuk menyantap dosa. Makanan ini termasuk tinggi karbohidrat tetapi rendah lemak dan kalori, lho.

4. Tikka Masala

Tikka Masala

Belum ke India kalau belum menyantap kari khas negara tersebut. India memiliki beberapa jenis kari yang terkenal, salah satunya adalah tikka masala. Ini merupakan kari ayam khas India dengan cita rasa yang unik karena dimasak dengan yogurt dan tomat.

Bagi Anda yang suka menyantap kari dengan rasa dan aroma yang kuat, tikka masala ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Kuahnya yang kental dan gurih akan membuat kita semakin berselera makan. Anda bisa menyantap tikka masala dengan nasi putih atau biryani. Sebagai variasi, daging ayam yang biasa dipakai untuk membuat kari ini juga bisa diganti dengan daging kambing atau ikan.


5. Naan

Naan

Selain roti canai, ternyata India juga memiliki jenis roti lainnya yang tak kalah lezat, namanya adalah naan. Roti pipih ini dibuat dari tepung ragi, kemudian adonannya dipanggang dalam oven tradisional dari tanah liat yang bernama tandoor.

Perlu Anda ketahui bahwa masyarakat India lebih suka menyantap naan sebagai pengganti nasi putih atau biryani. Naan biasa disantap dengan lauk utama lainnya, seperti ayam tandoori atau kari. Jadi, kalau Anda bosan menyantap nasi putih, Anda bisa mengombinasikan lauk yang Anda pesan dengan roti naan ini.

6. Kati Roll

Kati Roll

India juga kaya dengan food street. Makanan kaki lima di India memang sangat beragam. Namun, yang paling terkenal di kalangan wisatawan adalah kati roll. Sepintas makanan ini memang mirip kebab dari Turki. Apalagi di bagian dalam kati roll juga berisi daging kambing yang dipanggang.

Kati roll memiliki rasa yang unik karena roti paratha yang membungkus dagingnya terasa renyah dan gurih. Sementara itu, daging panggang di dalamnya juga sangat wangi dan lezat. Makanan ini bisa menjadi cemilan untuk mengganjal perut di saat Anda sedang jalan-jalan menelusuri India.

7. Papri Chaat

Papri Chaat

Satu lagi makanan khas India yang biasa disajikan di restoran cepat saji atau kaki lima, namanya papri chaat. Biasanya makanan ini disajikan sebagai makanan pembuka. Akan tetapi, banyak juga masyarakat yang menyantap papri chaat ini sebagai cemilan saat sedang santai.

Papri chaat memiliki tekstur seperti pangsit goreng. Jika pangsit goreng diisi dengan daging ayam atau udang, papri chaat ini diisi dengan kentang rebus, kacang polong rebus, dan saus yogurt. Perpaduan rasa gurih sekaligus asam dari yogurt akan menghasilkan cita rasa yang enak dan pasti membuat Anda ketagihan.

8. Pakora

Pakora

Dilihat dari penampilannya, pakora ini mirip dengan bakwan jagung dari Indonesia. Makanan khas India ini biasa disajikan sebagai menu pembuka. Bahan untuk membuat pakora ini adalah tepung, rempah-rempah, dan sayuran. Rasanya benar-benar renyah dan gurih.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram