Pesona Gunung Manglayang yang Ramah Bagi Pendaki Pemula

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Belum pernah mendaki gunung, tetapi ingin belajar mendaki? Gunung Manglayang bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memulai sebelum mendaki ke gunung yang lebih tinggi. Gunung Manglayang memiliki ketinggian 1818 meter di atas permukaan laut. Meski tidak terlalu tinggi, bukan berarti gunung ini bisa dianggap remeh.

Gunung Manglayang merupakan gunung dengan pemandangan teringah dari serangkaian Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, dan Bukit Tunggul. Gunung Manglayang sering dijadikan sebagai tempat untuk latihan bagi pendaki pemula. Terdiri dari tiga jalur yang bisa dipilih dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Secara administratif, Gunung Manglayang masuk ke dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Gunung Manglayang merupakan gunung api tidak aktif yang belum diketahui kapan terakhir kali meletus. Jika tertarik mendaki Gunung Manglayang, simak dulu informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini, ya!

Spot Menarik di Gunung Manglayang

Spot Menarik di Gunung Manglayang

Gunung Manglayang menjadi salah satu gunung favorit bagi warga kota Bandung dan sekitarnya. Selain ramah bagi pendaki, kamu bisa melihat pemandangan Bandung dan Sumedang dari ketinggian. Inilah spot menarik yang ada di Gunung Manglayang.

1. Wana Wisata Batu Kuda

Wana Wisata Batu Kuda

* sumber: www.kompasiana.com

Bagi pendaki yang berencana mendaki Gunung Manglayang via jalur Batu Kuda, kamu perlu tahu bahwa kawasan ini bukan hanya sebagai pintu masuk ke Puncak Gunung Manglayang saja, melainkan sebagai salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Bandung.

Wana Wisata Batu Kuda akan dilewati ketika hendak mendaki Gunung Manglayang. Jika kamu naik dan turun lewat jalur yang sama, bisa jadikan tempat ini sebagai tempat untuk beristirahat sambil menikmati sejuknya hutan pinus yang masih asri. Di sini, kamu juga bisa camping dan melakukan beragam aktivitas menarik.

2. Bukit Papanggungan

Bukit Papanggungan

* sumber: cliffklie.blogspot.com

Mendaki gunung menjadi hal yang menyenangkan karena bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Salah satu spot menarik dari Gunung Manglayang adalah Bukit Papanggungan. Saat pagi hari, kamu bisa melihat kabut yang menyelimuti Bandung.

3. Puncak Timur Gunung Manglayang

Puncak Timur Gunung Manglayang

* sumber: www.jalanjalanyuk.com

Gunung Manglayang memiliki dua puncak, yang pertama ada Puncak Timur yang terletak di sisi timur dari Gunung Manglayang. Area ini menjadi tempat favorit untuk menikmati pesona matahari terbit, dimana kamu akan melihat matahari muncul dari sela-sela pegunungan dan perbukitan di timur Kabupaten Bandung.

4. Curug Cilengkrang

Curug Cilengkrang

* sumber: urbanradiobandung.com

Butuh kesegaran selepas mendaki? Di kaki Gunung Manglayang terdapat Curug Cilengkrang yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Curug yang tidak terlalu tinggi ini memiliki struktur batu berundak yang mengalirkan air dari mata air alami Gunung Manglayang. Di sini kamu bisa menemukan sekumpulan monyet yang mendiami kawasan Curug Cilengkrang.

5. Puncak Gunung Manglayang

Puncak Gunung Manglayang

* sumber: www.travelndate.com

Sudah membahas Puncak Timur, inilah puncak tertinggi dari Gunung Manglayang dengan ketinggian 1818 meter di atas permukaan laut. Tak seperti puncak gunung pada umumnya, di Puncak Gunung Manglayang areanya tertutup dan ditumbuhi banyak pohon pinus. Di sini terdapat makam keramat. Meski begitu, keindahannya tetap tidak berkurang.

Fasilitas

Fasilitas

* sumber: beritabaik.id

Gunung Manglayang sebagai tempat favorit bagi pendaki pemula, menyediakan beragam fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tempat camping sampai tempat parkir yang cukup luas. Berikut ini fasilitas yang akan didapatkan ketika liburan ke Gunung Manglayang.

1. Jalur Pendakian

Gunung Manglayang memiliki tiga jalur pendakian resmi, yaitu jalur Batu Kuda di Cileunyi, jalur Palintang di Ujung Berung, dan terakhir jalur Baru Beureum di Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Jalur yang paling umum didaki adalah Batu Kuda dengan Baru Beureum. Kedua jalur tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu sulit, dan cukup menanjak. Ketiga jalur pendakian tidak memiliki shelter atau pos pendakian karena jaraknya cukup singkat dengan waktu tempuh sekitar 2 – 3 jam saja.

 2. Area Camping

Gunung Manglayang memiliki area camping di beberapa titik. Mulai dari di Wana Wisata Batu Kuda, Baru Beureum, dan di Puncak Gunung Manglayang. Setiap area camping memberikan pengalaman yang berbeda-beda dengan suasana alami dan udara yang sejuk.

3. Warung Kopi Lia Batu Kuda

Lelah setelah mendaki, kamu bisa istirahat di Warung Kopi Lia yang berada di Batu Kuda. Warung sederhana ini menjajakan makanan berat, makanan ringan, hingga minuman hangat dan dingin. Cocok disinggahi selepas mendaki.

4. Café Lamping Manglayang

Selain Warung Kopi Lia, di kawasan Cilengkrang terdapat Café Lamping Manglayang yang lokasinya tidak jauh dari Curug Cilengkrang. Café ini bisa disinggahi setelah mendaki dan setelah bermain air di Curug Cilengkrang.

5. Lahan Parkir

Gunung Manglayang jalur Batu Kuda dan jalur Baru Beureum menyediakan lahan parkir yang cukup luas dengan penjagaan selama 24 jam. Jadi tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan di sini.

6. Fasilitas Lainnya

  • Toilet

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

 Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Gunung Manglayang tidak seramai gunung lainnya di Jawa Barat, tiket masuknya pun terbilang murah dibandingkan gunung lain. Berikut ini informasi harga tiket masuk ke kawasan Gunung Manglayang.

  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000/orang
  • Jam Operasional : 24 jam

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

* sumber: brisik.id

  • Alamat : Ciporeat, Cilengkrang, Kabupaten Bandung

Gunung Manglayang terletak jauh dari pusat keramaian kota, jadi hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi saja. Jika datang dari luar kota, maka disarankan menyewa motor atau mobil di Bandung kota.

Akses menuju Gunung Manglayang, dari Bandung kota mengarah ke Bandung Timur. Jika pendakian melalui Jalur Palintang, melewati Jalan Raya Ujungberung – Cigending, dilanjutkan ke Jalan Cigending, Palalangon, dan berakhir di Palalangon Palintang. Pendakian jalur ini, kendaran bisa dititipkan ke rumah warga sekitar.

Jika mendaki jalur Batu Kuda, pertama melewati Jalan Raya Cipadung, masuk ke Jalan Cikuda, dan diteruskan ke Cikoneng Satu. Akan lebih mudah jika menggunakan Google Maps karena jalur menuju ke sini cukup sulit dan bercabang.

Bagi yang berencana melewati jalur Baru Bereum, maka harus melewati Jalan Raya Jatinangor, setelah lewat Universitas Padjadjaran dilanjutkan ke Jalan Cikuda, Jalan Lurah Bintang, dan Jalang Manglayang. Kemudian ke Jalan Raya Bandung – Sumedang dan masuk ke Ciloa. Sampailah di Baru Beureum.

Penginapan Sekitar Gunung Manglayang

Penginapan Sekitar Gunung Manglayang

Puas menjelajah gunung, dan berencana menginap di sekitar Gunung Manglayang? Ada banyak penginapan yang bisa dipilih untuk sekadar istirahat dan menikmati suasana pegunungan lebih lama. Berikut ini daftar penginapan terdekat yang ada di sekitar Gunung Manglayang, Kabupaten Bandung.

1. Villa Palalangon

Jl. Palintang No.27, Cipanjalu, Cilengkrang, Kabupaten Bandung

Kontak : 0821-1544-4882

2. Bukit Cipulus Villa & Guest House

Cipulus, Cibiru, Cisurupan, Kabupaten Bandung

Kontak : 0858-9519-1415

3. Villa Lengkob Kiara Payung

Cileunyi Wetan, Cileunyi, Kabupaten Bandung

Kontak : 0821-2656-1200

4. Villa Paniisan

Ciloa, Sindangsari, Jatinangor, Sukasari, Kabupaten Sumedang

Kontak : 0813-2211-1018

5. Bumi Langgeng

Komplek Bumi Langeng Blok 43 No.10, Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung

Kontak : 0881-2265-880

6. RedDoorz Kampung Wisata Cigagak

Cigagak, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung

Kontak : (021) 8062 9666

Pendakian ke Gunung Manglayang sangat tepat bagi pemula. Meskipun kamu belum pernah mendaki sebelumnya, tak perlu khawatir dengan jalur pendakian dari gunung yang ketinggiannya kurang dari 2000 meter di atas permukaan laut ini. Sudah siap mendaki Gunung Manglayang?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *