Curug Dago, Air Terjun yang Pernah Dikunjungi Raja Thailand

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Curug Dago merupakan tempat wisata air terjun yang cukup terkenal. Keindahan air terjun serta kentalnya unsur sejarah di dalamnya adalah dua daya tarik utama tempat ini. Dibanding air terjun lainnya, air terjun satu ini cukup pendek yaitu hanya setinggi 12 meter saja. Walau begitu, keindahan air terjun ini janganlah diragukan.

Keindahan Curug Dago bisa dilihat dari curahan airnya yang deras, dua tebing yang menghimpitnya, serta bebatuan di atas dua tebing itu yang telah dilapisi lumut.

Menurut sejarah, curug ini sudah pernah dikunjungi raja-raja Thailand. Terutama di masa yang lampau. Hal itu dibuktikan oleh adanya beberapa spot menarik di curug ini. Untuk bahasan lengkapnya, akan kami bahas pada subjudul di bawah ini!

Spot Menarik dan Fakta Menarik di Curug Dago

Spot Menarik dan Fakta Menarik di Curug Dago

* sumber: tourbandung.id

Tak banyak spot yang tersedia di Curug Dago. Walau demikian, satu spot yang ada sudah cukup membuat Curug Dago tampak menarik. Adapun spot yang dimaksud adalah Pondok dan Prasasti Bersejarah

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, kalau curug satu ini punya unsur sejarah yang kental. Unsur sejarah itu bisa dilihat dari adanya spot berupa pondok bersejarah. Pondokan yang ada di Curug Dago ini ada dua buah, serta letaknya saling berdekatan. Keduanya juga sama-sama berwarna kemerahan.

Spot Menarik dan Fakta Menarik di Curug Dago 2

* sumber: sanjayatour.com

Di dalam kedua pondokan itu, terdapat batu prasasti dari raja-raja Thailand yang pernah ke curug ini. Prasasti pada pondokan pertama bertuliskan nama Raja Chulalongkom II alias Raja Rama V.

Raja Thailand tersebut pertama kali datang ke Curug Dago pada 19 Juni 1896. Selain dilengkapi batu prasasti bertuliskan raja Rama V, pondokan pertama juga berisi foto-foto dari raja Rama V.

Seperti pondokan pertama, pondokan kedua juga berisi prasasti berisikan nama raja Thailand. Adapun raja Thailand yang dituliskan pada prasasti tersebut adalah raja Prajadhipok alias Rama VII.

Selain memiliki spot menarik, Curug Dago juga punya sejumlah fakta menarik. Fakta-fakta menarik tersebut adalah:

  • Aliran air di Curug Dago masih terhubung dengan sungai Cikapundung
  • Curug Dago sudah dikenal sejak abad ke-20. Tepatnya, saat Indonesia masih bernama Hindia-Belanda
  • Curug Dago mulanya terbentuk dari aliran lava letusan Gunung Tangkuban Perahu. Proses pembentukan itu terjadi sekitar 48 ribu atau 125 ribu tahun yang lalu

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

Curug Dago menerapkan harga tiket berbeda untuk turis lokal dan mancanegara. Untuk turis lokal, harga tiket yang diterapkan adalah Rp12.000. Adapun turis mancanegara harus bayar tiket Rp52.000. Curug Dago bisa kamu datangi setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

  • HTM : Rp12.000/orang (turis lokal), Rp52.000/orang (turis mancanegara).
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Fasilitas di Curug Dago

Fasilitas di Curug Dago

* sumber: www.mongabay.co.id

Walau bukan tempat wisata besar dan luas, Curug Dago punya beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan selama berada di Curug Dago. Berikut ini adalah fasilitasnya:

1. Tempat Parkir

Seperti halnya tempat wista lainnya, Curug Dago juga punya tempat untuk parkir. Tempat parkirnya sendiri tidaklah terlalu luas.

Fasilitas ini hanya cocok untuk tempat parkir motor saja. Jadi, kami sarankan untuk naik motor saja saat hendak ke tempat wisata ini. Tarif parkir yang diterapkan pada fasilitas ini adalah Rp. 5 ribu.

2. Taman Bermain Mini

Fasilitas ini cocok buat mereka yang masih anak-anak. Taman bermain mini Curug Dago sendiri letaknya persis di seberang plang “Prasasti Curug Dago”. Fasilitas ini bisa diakses tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

3. Rumah Makan dan Fasilitas Lainnya

Kalau kamu lapar saat piknik ke Curug Dago, kamu jangan khawatir. Pasalnya, Curug Dago menyediakan fasilitas berupa rumah makan.

Makanan yang ditawarkan fasilitas ini cukup beragam. Mulai dari makanan ringan semisal kacang goreng dan gorengan, hingga makanan berat seperti nasi beserta lauk pauknya. Harganya sendiri cukup terjangkau.

Masih ada beberapa fasilitas lain di Curug Dago. Dua di antaranya adalah tempat duduk di sekitar wilayah curug, serta gazebo yang cocok dijadikan tempat beristirahat.

Alamat dan Akses Transportasi

Curug Dago berada persis di Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135. Masih satu wilayah dengan Taman Hutan Raya Ir. Juanda. Seperti tempat wisata lainnya, Curug Dago juga bisa dikunjungi via kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

  • Kendaraan Umum

Untuk kendaraan umum, kamu bisa naik angkot jurusan Caringin – Dago. Naiklah hingga ke Jalan Dago Pakar Barat. Agar tidka bingung, kamu bisa kasih tahu supir kalau kamu mau turun di jalan tersebut.

Sesampainya di Jalan Dago Pakar Barat, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 1,5 km. Kalau tidak mau capek, kamu bisa naik ojek.

  • Kendaraan Pribadi

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, kami sangat menyarankan untuk naik motor sebagai kendaraan pribadimu. Adapun rute yang mesti diambil adalah rute yang mengarah ke seberang Terminal Dago.

Sesampainya di sana, kamu bakal menemukan persimpangan dua jalan. Ambilah jalan sebelah kiri. Ikuti jalan tersebut hingga betul-betul sampai di Curug Dago.

  • Alamat : Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135.

Hotel di Sekitar Curug Dago

Sebelum dan setelah dari Curug Dago, kamu bisa menginap di hotel sekitar. Ada empat hotel di sekitar Curug Dago yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menginap nanti.

  • Wood Hotel, Ciumbuleuit No. 125, Pangrango Tower Parahyangan Residence Complex, Hegarmanah, Cidadap, Bandung, Jawa Barat 40141. 2 km dari Curug Dago.
  • RedDoorz Dago Pakar, Jalan Cipaheut Kidul No. 3, Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat 40191. 1,2 km dari Curug Dago.
  • The Silk Dago, Jalan Ir. H. Juanda No. 392 – 394, Dago, Kecamatan Coblong, Bandung, Jawa Barat 40135, 930 meter dari Curug Dago.
  • RedDoorz Dago Golf, Jalan Raya Golf Dago No. 2B, Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat. 740 meter dari Curug Dago.

Tips Berwisata di Curug Dago

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat piknik ke Curug Dago. Tips-tips itu bisa diterapkan supaya kamu bisa piknik di Curug Dago dengan nyaman. Simak tipsnya berikut ini ya!

  • Kenakanlah pakaian hangat selama di Curug Dago. Terutama bila berkunjung saat cuaca agak mendung. Di waktu tersebut, udara di Curug Dago biasanya cenderung agak dingin.
  • Pakailah sepatu atau sandal bersol karet agar kamu tidak terpeleset. Akses jalan di Curug Dago sendiri memang terkenal licin.
  • Curug Dago dilengkapi anak tangga yang mengarah ke dasar curug. Jika menuruni tangga tersebut, janganlah terburu-buru agar kamu tidak terjatuh.

Demikianlah informasi soal Curug Dago. Salah satu curug indah yang bersejarah. Semoga bisa menjadi referensimu saat piknik ke tempat wisata ini. Terima kasih.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *