Gunung Putri Lembang, Tempat Camping dengan View Indah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jalan-jalan ke Bandung, rasanya tak lengkap jika tidak menikmati udara dingin khas pegunungan. Di Bandung ada tiga tempat populer untuk menikmati udara dingin seperti Lembang, Ciwidey, hingga Pangalengan. Kali ini Keluyuran akan membahas tentang Gunung Putri, si kecil yang cantik yang terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Gunung Putri bisa juga disebut sebagai bukit karena ketinggiannya hanya 1587 meter di atas permukaan laut. Tak sulit mendaki ke gunung ini, hanya sekitar 15 – 30 menit dari tempat pakir kendaraan kamu sudah sampai di puncak dan menikmati pemandangan Bandung dari ketinggian. Tempat ini menjadi salah satu wisata favorit di Bandung.

Gunung Putri dikenal memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang memesona. Apalagi saat hari sedang cerah dan tidak hujan, kamu bisa melihat hamparan bintang yang cantik sehingga tak jarang pengunjung melakukan aktivitas camping untuk menikmati pemandangan di sini. Sebelum berkunjung ke Gunung Putri Lembang, simak artikel berikut ini, ya!

Spot Populer Gunung Putri Lembang

Meski tergolong kecil, pemandangan di Gunung Putri tak kalah dengan gunung lainnya. Saat malam hari, kamu bisa melihat bintang-bintang dan diterangi cahaya bulan yang indah. Pagi harinya, disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit dari sisi timur yang sangat memesona. Inilah spot populer yang membuatmu terpesona dengan keindahan Gunung Putri Lembang.

1. Spot Sunrise dan Sunset

Spot Sunrise dan Sunset

* sumber: astriacis.wordpress.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Gunung Putri dikenal memiliki spot sunset dan sunrise yang cantik. Karena itulah gunung kecil ini selalu ramai dikunjungi terutama pada saat libur akhir pekan. Menikmati secangkir kopi sambil menikmati pemandangan matahari terbit di Gunung Putri akan sangat menyenangkan.

2. City Lights dan Selimut Awan

City Lights dan Selimut Awan

* sumber: jejakpiknik.com

Pada malam hari, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan city lights Lembang dan Kota Bandung dari ketinggian. Sedangkan pada pagi harinya, disuguhkan dengan pemandangan selimut awan yang tehampar menutupi atap kota Bandung. Meskipun tidak terlalu tinggi, Gunung Putri menjadi salah satu negeri di atas awan yang ada di Bandung.

3. Camping

Camping

* sumber: www.wisatamantap.com

Aktivitas yang satu ini sangat sayang jika dilewatkan. Gunung Putri menjadi salah satu destinasi terbaik untuk camping. Selain pemandangan malam dan pagi hari yang memukau, area camping di Gunung Putri sangat luas sehingga mampu menampung banyak tenda dalam satu malam. Camping ceria di Gunung Putri pasti sangat menyenangkan.

Fasilitas 

Fasilitas 

* sumber: fourstar-holiday.com

Sudah tahu spot menariknya, lalu apa saja fasilitas yang ada di sini? Sebagai kawasan wisata, Gunung Putri dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai lho. Berikut ini fasilitas yang akan didapatkan ketika mengunjungi dan camping di Gunung Putri.

1. Warung

Lapar sebelum atau setelah beraktivitas di Gunung Putri, kamu bisa makan di warung yang terletak di area parkir Gunung Putri. Meski letaknya berada di bawah, warung ini sangat menolong setiap pengunjung, karena hanya membutuhkan waktu 15 – 30 menit saja dari puncak menuju warung.

2. Penyewaan Alat Camping

Tidak memiliki peralatan camping yang lengkap? Tak perlu khawatir. Di Gunung Putri sudah tersedia penyewaan alat camping, mulai dari sleeping bag, matras, kompor gunung, hingga tenda. Jadi akan memudahkan kamu saat berencana liburan ke Gunung Putri.

3. Lahan Parkir

Kawasan wisata Gunung Putri Lembang menyediakan lahan parkir yang cukup luas dan mampu menampung motor dalam jumlah banyak, dan beberapa area bisa digunakan untuk menampung kendaraan roda empat. Di sini, kamu juga bisa menitipkan helm jika takut hilang saat ditinggal mendaki Gunung Putri.

4. Fasilitas Lainnya

Selain yang disebutkan di atas, Gunung Putri menyediakan toilet yang cukup bersih serta mushola kecil yang cukup untuk menampung 3 – 4 orang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

* sumber: jejakpiknik.com

Menikmati keindahan Gunung Putri Lembang tak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Selain itu, kamu juga bisa datang kapan saja, baik itu pagi hari maupun tengan malam. Berikut ini informasi tiket masuk dan jam operasional dari Gunung Putri Lembang.

  • Tiket Masuk Tanpa Camping : Rp10.000
  • Tiket Camping : Rp20.000
  • Parkir Motor : Rp2.000
  • Parkir Mobil : Rp5.000
  • Jam Operasional : 24 jam

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

Sumber: https://twitter.com/bangetbdg/status/749370945173917696?lang=bg

  • Alamat : Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Letak Gunung Putri Lembang cukup strategis bagi kamu yang akan melintasi jalur Lembang – Cikole. Namun tidak ada angkutan umum yang melewat ke kawasan Gunung Putri. Jadi disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk berkunjung ke sini. Berikut ini penjelasan rute menuju Gunung Putri Lembang.

  • Dari Bandung Kota

Pengunjung yang datang dari Bandung kota, rute yang dilewati adalah Jalan Setiabudi, Jalan Raya Lembang, Jalan Raya Tangkuban Parahu, Jalan Gunung Putri, dan sampai di kawasan wisata Gunung Putri Lembang. Bisa juga via Dago, dengan melewati Jalan Dago Giri, dan rute yang sama setelah tiba di Jalan Raya Lembang.

  • Dari Subang

Jika kamu datang dari arah Subang, rute yang dilewati adalah Jalan Raya Ciater, Jalan Raya Subang, Jalan Raya Tangkuban Parahu, Jalan Gunung Putri, dan sampai di kawasan wisata Gunung Putri Lembang.

Penginapan di Sekitar Gunung Putri Lembang

Penginapan di Sekitar Gunung Putri Lembang

* sumber: www.booking.com

Belum puas menikmati indahnya pemandangan dan segarnya udara di Gunung Putri? Menginap saja di hotel dan villa yang letaknya tak jauh dari Gunung Putri. Berikut ini penginapan dekat Gunung Putri yang bisa dipilih.

1. Osmond Villa Resort

Jl. Gunung Putri, Jayagiri, Lembang

Kontak : 0821-1068-1099

2. Osmond Villa Resort Melati 3

Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 7784 3299

3. Villa Kopi

Jl. Gunung Putri, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0877-9559-8005

4. Erika Homestay

Jl. Gunung Putri No.22, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0812-2496-1860

5. Buhun Homestay

Jl. Gunung Putri No.50, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0858-6058-7553

6. Nur Alam Hotel Lembang

Jl. Tangkuban Perahu No.67A, Lembang, Cibogo, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2787 585

7. Bumi Jayagiri 140

Jl. Gunung Putri No.140, Lembang, Cibogo Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0852-2172-9799

8. Hotel Augusta Lembang

Jl. Raya Tangkuban Parahu No.53, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2785 744

9. Hotel Villa Naisha Lembang

Jl. Raya Tangkuban Parahu No.68, Lembang, Cibogo, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 8278 2301

10. Grand Paradise Hotel Lembang

Jl. Raya Tangkuban Parahu No.50, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : (022) 2789 189

Sekarang sudah tahu kan, apa saja hal menarik dan fasilitas yang akan didapatkan ketika liburan ke Gunung Putri Lembang? Tak perlu mendaki gunung yang tinggi untuk bisa melihat lautan awan, di Lembang kamu juga bisa menikmati pemandangan selayaknya berada di gunung tinggi. Selain itu, gunung ini sangat ramah untuk pemula dan anak-anak lho. Ajak keluarga liburan ke Gunung Putri, yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *