Forest Walk Babakan Siliwangi, Wisata Hutan di Kota Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika biasanya hutan berada di pinggiran kota atau di pegunungan, berbeda dengan yang satu ini. Bandung memiliki hutan kota yang menjadi kawasan Hutan Kota Dunia sebagai paru-paru kota dan tempat rekreasi di Bandung. Hutan ini dikenal dengan nama Babakan Siliwangi.

Hutan Kota Babakan Siliwangi kemudian dikembangkan menjadi ruang terbuka hijau di Kota Bandung dengan nuansa alami. Dalam pengembangannya, Hutan Kota Babakan Siliwangi akhirnya dilengkapi dengan Forest Walk yang tujuannya menjaga ekosistem hutan kota, meski dijadikan sebagai objek wisata yang selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan.

Forest Walk Babakan Siliwangi kini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di tengah kota Bandung, dimana pengunjung bisa menikmati udara sejuk tanpa harus pergi jauh dari kota. Wisata ke kota Bandung, dan berencana mengunjungi hutan kota, simak informasi berikut ini tenteng Forest Walk Babakan Siliwangi, ya!

Spot Menarik

Spot Menarik

* sumber: www.jalajahnusae.com

Babakan Siliwangi semakin dikenal wisatawan dari dalam dan luar Bandung sejak dibangunnya Forest Walk, jembatan gantung yang sangat panjang membentang di dalam hutan kota. Forest Walk ini menjadi tujuan bagi wisatawan, inilah informasi lengkap mengenai Forest Walk yang ada di Hutan Kota Babakan Siliwangi.

Forest Walk

Forest Walk

* sumber: www.dara.co.id

Forest Walk merupakan jembatan gantung yang dibangun untuk menjaga kelestarian hutan agar tidak rusak meski dikunjungi wistawan dalam jumlah banyak. Forest Walk Babakan Siliwangi membentang sepanjang 2.3 km, dengan tinggi 2 meter dari permukaan tanah, dan lebar lintasan 1.5 meter. Forest Walk menjadi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Tak seperti jembatan gantung pada umumnya, bentuk jembatan di Babakan Siliwangi ini berkelok-kelok untuk menghindari pohon besar agar tidak rusak. Jika ada pohon dengan batang kecil di lintasan jalur, sudah dibuat lubang sehingga tetap muncul di tengah panel kayu tanpa perlu ditebang.

Rangka jalur jembatan gantung dibuat sesuai dengan kontur tanah. Pada beberapa titik dipasang lampu LED yang membuat tempat ini semakin terlihat menarik. Karena itu, Hutan Kota Babakan Siliwangi selalu ramai dikunjungi wisatawan baik itu pada pagi, siang, maupun sore hari. Jika ingin foto dengan suasana berbeda, kamu bisa datang sekitar jam 5 sampai menjelang magrib.

Forest Walk Babakan Siliwangi rencananya akan dihubungkan dengan Skywalk yang ada di Jalan Cihampelas. Jadi akan memudahkan kamu untuk menuju Cihampelas dari Hutan Kota Babakan Siliwangi.

Fasilitas Forest Walk Babakan Siliwangi

Fasilitas Forest Walk Babakan Siliwangi

Forest Walk Babakan Siliwangi menjadi salah satu ruang terbuka hijau favoritnya warga Bandung. Menikmati udara sejuk khas kota Bandung sambil berjalan mengelilingi hutan kota menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Di sini menyediakan beberapa fasilitas yang akan membantu wisatawan, diantaranya berikut ini.

1. Kursi Taman

Lelah jalan-jalan di Hutan Kota Babakan Siliwangi, dan ingin menikmati pemandangan sambil bersantai, kamu bisa duduk di kursi yang sudah ada di beberapa titik. Kursi permanen ini bentuknya berundak, bisa dijadikan sebagai meja untuk makan. Ada pula kursi yang memanjang tanpa meja menempel di pagar jembatan.

2. Area Jogging

Hutan Kota Babakan Siliwangi berada di dekat Saraga, yaitu lapangan olah raga milik Institut Teknologi Bandung. Saraga sering dijadikan sebagai tempat untuk jogging di minggu pagi. Namun, jika kamu ingin jogging dengan suasana alam yang sejuk, kamu bisa manfaatkan area jogging di Hutan Kota Babakan Siliwangi lho. Di sini menyediakan area jogging yang bisa digunakan pengunjung untuk berolah raga.

3. Free Wifi

Fasilitas yang satu ini menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Jika biasanya hutan identik dengan jauh dari perkotaan, bahkan tidak ada jaringan, berbeda dengan yang satu ini. Hutan Kota Babakan Siliwangi menyediakan fasilitas free wifi untuk setiap pengunjung. Tak heran banyak siswa dan mahasiswa yang datang ke sini untuk mengerjakan tugas.

4. Lahan Parkir

Hutan Kota Babakan Siliwangi menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung mobil dan motor. Jika kondisi sedang ramai dan tidak dapat tempat parkir, kamu juga bisa menitipkan kendaraan di tempat parkir Saraga.

5. Toilet & Mushola

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Masuk dan Jam Operasional

* sumber: www.datawisata.com

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk sekadar liburan di Hutan Kota Babakan Siliwangi. Tempat ini bisa menjadi alternatif untuk liburan murah dan menyenangkan tanpa perlu jauh ke luar kota. Lalu, berapa tiket masuk untuk menikmati pesona Babakan Siliwangi?

  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Parkir : Rp5.000(mobil), Rp3.000 (motor)
  • Jam Operasional : 24 jam

Bagaimana, murah sekali bukan? Kamu hanya perlu membayar tiket parkir tanpa perlu mengeluarkan uang lagi untuk menikmati ruang terbuka hijau bernuansa alam di tengah kota Bandung.

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

* sumber: jejakpiknik.com

  • Alamat : Tamansari No.90, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung

Hutan Kota Babakan Siliwangi terletak tidak jauh dari pusat kota Bandung. tepatnya di dekat Institut Teknologi Bandung (ITB). Akses menuju ke sini sangat mudah, baik itu dari pusat kota maupun luar kota Bandung. Berikut ini penjelasan rute dan akses transportasi menuju Hutan Kota Babakan Siliwangi.

  • Mobil / Motor dari Lembang

Pengunjung yang datang dari arah Lembang, bisa melewati dua rute. Pertama lewat Jalan Raya Lembang, Jalan Raya Setiabudi, kemudian dilanjutkan ke Jalan Siliwangi, dan berakhir di Jalan Tamansari. Kedua lewat Dago, mulai dari Dago Giri, Jalan Raya Ir. H. Juanda, Jalan Sumur Bandung, sampai ke Jalan Tamansari.

  • Mobil / Motor dari Pusat Kota Bandung

Pengunjung dari pusat kota, atau Alun-Alun Bandung, rute yang dilewati adalah Jalan ABC, Jalan Viaduct, Jalan Wastukencana, Jalan Martadinata, Jalan Purnawarman, dan masuk ke Jalan Tamansari, sampailah di Hutan Kota Babakan Siliwangi.

  • Mobil / Motor dari Bandung Timur

Pengunjung dari arah Bandung Timur seperti Cileunyi, Ujung Berung, dan Cicaheum, rute yang dilalui adalah Jalan AH Nasution, Jalan Surapati, Jalan Ir. H. Juanda, dan berakhir di Jalan Tamansari.

  • Mobil / Motor dari Pasteur

Pengunjung yang datang dari arah Pasteur, rute yang dilalui adalah Jalan Dr. Djundjunan, Flyover Pasupati, dan Jalan Tamansari. Lalu sampai di Hutan Kota Babakan Siliwangi.

Hotel di Sekitar Forest Walk Babakan Siliwangi

Hotel di Sekitar Forest Walk Babakan Siliwangi

* sumber: www.traveloka.com

Terletak di tengah kota Bandung, Hutan Kota Babakan Siliwangi dikelilingi hotel dan apartemen yang tersebar di beberapa titik. Berikut ini hotel yang bisa kamu pilih untuk menginap di dekat Babakan Siliwangi.

1. Scarlet Dago Hotel Bandung

Jl. Siliwangi No.5, Hegarmanah, Coblong, Kota Bandung

Kontak : (022) 2500 300

2. House Sangkuriang Bandung

Jl. Sangkuriang No.1, Dago, Coblong, Kota Bandung

Kontak : (022) 8783 2323

3. Poin Homy Guest House

Jl. Sangkuriang No.4, Dago, Coblong, Kota Bandung

Kontak : (022) 2530 107

4. Beverly Dago Apartment

Jl. Sangkuriang No.15, Dago, Coblong, Kota Bandung

Kontak : 0888-6070-668

5. Hi Quality Guest House

Jl. Sangkuriang No.15, Dago, Coblong, Kota Bandung

Kontak : (021) 2970 7600

6. Sangkuriang Home Stay

Jl. Sangkuriang No.11, Dago, Coblong, Kota Bandung

Kontak : (022) 2502 169

7. Hotel Royal Dago

Jl. Ir. H. Juanda No.159 – 169, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung

Kontak : (022) 2502 200

8. Beehive Café & Boutique Hotel

Jl. Dayang Sumbi No.1, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung

Kontak : (022) 2505 801

Jalan-jalan di kota Bandung, bukan hanya bisa wisata kota, melainkan bisa juga berwisata alam. Seperti halnya di Babakan Siliwangi. Berjalan di atas Forest Walk, menikmati keindahan alam, dan merasakan sejuknya udara kota Bandung. Sudah siap liburan ke Bandung? Yuk, jalan-jalan ke Bandung!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *