10 Gunung Terkenal di Jepang untuk yang Hobi Mendaki

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Agustus 2021

Negeri Sakura Jepang tak hanya terkenal dengan budaya, anime atau manga-nya, tapi juga dengan alamnya. Jepang dikenal dengan Sakura-nya dan juga Gunung Fuji-nya.  Gunung ini sangat terkenal tak hanya di kalangan penduduknya, tapi juga wisatawan. Banyak wisatawan asing yang datang ke Jepang untuk menyaksikan keindahan Gunung Fuji.

Selain Gunung Fuji, Jepang juga memiliki beberapa gunung lainnya yang juga terkenal. Gunung-gunung tersebut terkenal sebagai tempat untuk mendaki dan juga tempat beribadah karena di beberapa gunung tersebut terdapat kuil. Berikut ini adalah deretan gunung-gunung yang terkenal di Jepang yang bisa kamu kunjungi.

1. Gunung Fuji

Gunung Fuji
  • Lokasi: Di perbatasan antara prefektur Yamanashi dan Shizuoka

Lebih umum dikenal dengan sebutan “Fuji-san”, Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang yang berada di Pulau Honsu dengan tinggi sekitar 3776.24m. Gunung Fuji merupakan satu dari tiga gunung suci yang ada di Jepang. Berbentuk kerucut, gunung ini merupakan simbol suci Jepang.

Ketika mengunjungi Gunung Fuji, pengunjung akan menikmati pemandangan paling indah dari lima danaunya, bisa menikmati makanan halal yang lezat serta pengalaman mandi di sumber air panas alami. Inilah alasan mengapa Gunung Fuji merupakan gunung terbaik di Jepang untuk didaki.

Untuk para pengunjung yang ingin mendaki gunung ini, disarankan untuk merancanakan perjalanan dari mulai Juli sampai September.

2. Gunung Asama

Gunung Asama
  • Lokasi: Kitasaku-gun, Nagano-ken

Gunung Asama merupakan gunung berapi paling aktif di Pulau Honshu. Pada April 2017, gunung ini meletus. Karena banyaknya aktivitas geologis di Gunung Asama, maka para ilmuwan sudah memantau secara ketat gunung ini selama beberapa dekade. Gunung yang dikelilingi oleh tanaman hijau subur ini memiliki landskap yang semakin tinggi akan semakin berbatu dan terjal.

Fakta bahwa gunung ini merupakan gunung aktif mungkin membuat orang jadi enggan untuk mendakinya. Namun kalau ingin mendapatkan pengalaman yang unik, gunung ini layak untuk dijadikan pilihan. Selama pengunjung tetap mengetahui status gunung tersebut, mereka akan baik-baik saja.

Jika tak tahan dengan asap vulkaniknya, hindari untuk memasuki kawah. Fakta unik mengenai gunung ini adalah ternyata Gunung Asama sempat jadi latar film Jepang pertama yang dibuat berwarna pada tahun 1951 yang berjudul Carmen Comes Home.

3. Gunung Daisen

Gunung Daisen
  • Lokasi: Prefektur Tottori

Gunung ini tingginya sekitar 1.729 meter. Seperti namanya, Gunung Daisen merupakan gunung tertinggi di daerah Chūgoku. Memiliki pemandangan yang menakjubkan, khususnya di musim panas dan gugur, serta rimbunnya dedaunan, area ini menjadi jalur pendakian yang popular di kalangan para pejalan kaki juga penggemar olahraga outdoor.

Daisen selama berabad-abad dikenal dengan nama Gamiyama yang artinya “Gunung Dewa yang Agung.” Karena dianggap suci sebagai dewa (kami) dan dipuja sampai abad ke-19, Daisen terlarang untuk pengunjung sehingga hutan beech di sekitarnya bisa tumbuh tanpa gangguan.

Di sini terdapat Daisenji, kuil Buddha serta Gamiyama Jinja, kuil Shinto yang letaknya dekat kaki gunung. Keduanya adalah situs ziarah yang berasal dari abad ke-7 sampai ke-14. Agar pendakian aman, sebelum mulai mendaki Gunung Daisen, pengunjung bisa mampir ke kompleks keagamaan untuk berdoa.

4. Gunung Shibutsu

Gunung Shibutsu
  • Lokasi: Tokura, Katashina, Distrik Tone, Gunma 378-0411

Terletak hanya beberapa jam dari Tokyo, Gunung Shibutsu merupakan tempat mendaki yang indah juga menantang. Di sini pengunjung bisa melihat pemandangan dari atas awan. Masuk dalam daftar “100 Gunung Terbaik” di Jepang, lokasi gunung ini berada di dalam Taman Nasional Oze yang terletak Prefektur Gunma.

Oze yang meliputi area rawa yang dilestarikan ini adalah sebuah tempat peristirahatan alami yang memiliki sungai sebening kristal dengan jalan setapak dari kayu. Untuk pendakian yang ringan saja, pengunjung bisa pergi ke Oze, tetapi taman yang luasnya hampir 400 kilometer ini meliputi beberapa gunung.

Puncak gunung yang ketinggiannya sekitar 2.228 meter ini membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk mendakinya. Jalan yang berbatu memudahkan pendaki untuk mengikutinya. Jalannya terdiri dari tangga kayu, batu dan papan kayu, juga terdapat rantai untuk membantu pendaki memanjat batu besar.

Pemandangan yang dapat dilihat di antaranya formasi batuan, puncak serta padang rumput dengan aksen bunga liar ungu dan kuning. Sesampainya di puncak, pendaki dapat bergabung dengan pendaki yang lain untuk istirahat dan makan siang sambil menikmati pemandangan dari atas awan.

5. Gunung Takao

Gunung Takao
  • Lokasi: Takaomachi, Hachioji, Tokyo 193-0844

Gunung terkenal di Jepang lainnya yang terbaik untuk pendakian adalah Gunung Takao. Seperti halnya Gunung Fuji, Takao juga dikenal sebagai gunung yang paling banyak dikunjungi pendaki. Pemandangan yang indah dan tenang, memberikan kedamaian bagi para pendakinya karena jauh dari hiruk pikuk Kota Tokyo yang sibuk. Tinggi Takao sekitar 599m sehingga mudah diakses dari kota.

Pendaki tak hanya akan menyaksikan pemandangan yang memesona, mereka juga bisa mendapatkan pengalaman mencicipi makanan gourmet. Gunung ini juga menyajikan empat pemandangan yang berbeda-beda. Jika ingin mencicipi masakan Jepang asli dan pengalaman yang menyenangkan, jangan lewatkan untuk mengunjungi Gunung Takao.

6. Gunung Yari

Gunung Yari
  • Lokasi: 112 Okuhida Onsengo Kansaka, Takayama-shi, Gifu

Terkenal di Jepang karena memiliki puncak yang berbentuk tombak, Gunung Yari merupakan tujuan populer bagi para pejalan kaki di saat musim panas. Adalah pendeta Buddha dan pertapa Banyu yang pertama kali mendaki gunung ini pada Juli 1828, pada zaman Edo.

Puncak Gunung Yari merupakan yang tertinggi ke-5 di Jepang dengan ketinggian sekitar 3.180 meter. Gunung Yari yang di Jepang disebut Yari-ga-take terletak di Pegunungan Hida dan merupakan bagian dari Pegunungan Alpen Utara Jepang. Gunung ini melewati perbatasan antara prefektur Nagano dan Gifu.

Terdapat pemondokan yang jaraknya sekitar 100 meter dari puncak. Ini adalah tempat bagi para pendaki untuk beristirahat dan bersantai sebelum menyelesaikan perjalanannya. Pendakian memerlukan waktu lebih dari 24 jam, jadi mungkin harus siap-siap untuk bermalam di pondok atau tenda.

7. Gunung Mitake

Gunung Mitake
  • Lokasi: Ome, di pegunungan Tokyo barat, bagian dari Taman Nasional Chichibu-Tama-Kai

Salah satu dari beragam daya tarik yang dimiliki oleh Taman Nasional Chichibu-Tama-Kai adalah Gunung Mitake. Gunung ini berada di taman nasional tersebut yang luasnya mencakup lebih dari 1250 km2. Taman ini berupa pegunungan berhutan, bukit, ngarai serta beberapa kota pedesaan yang berlokasi di prefektur Yamanashi, Saitama, Nagano dan Tokyo.

Gunung Mitake tak hanya memiliki kuil yang populer, tapi juga memberikan berbagai kesempatan untuk berjalan kaki dan mendaki di alam yang hampir alami. Berada di wilayah Okutama, bagian paling barat Tokyo, untuk mencapai gunung ini dari pusat Kota Tokyo memakan waktu kurang dari dua jam. Karena itu gunung ini menjadi tempat pelarian popular bagi mereka yang ingin rehat dari kebisingan.

Di puncak gunung dengan ketinggian sekitar 929meter terdapat Kuil Musashi-Mitake yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 20-30 menit dari stasiun atas Kereta Gantung Mitake. Di sepanjang perjalanan akan ditemui sebuah desa kecil yang memiliki banyak penginapan dengan gaya Jepang serta toko souvenir yang sudah melayani para peziarah dan pengunjung selama berabad-abad.

8. Gunung Tate (Tateyama)

Gunung Tate
  • Lokasi: Prefektur Toyama

Gunung Tate yang dikenal juga dengan sebutan Tateyama merupakan satu dari tiga gunung suci yang ada di Jepang bersama dengan Gunung Fuji serta Gunung Haku. Tateyama adalah satu dari 100 gunung terkenal di Jepang.  Berlokasi di bagian utara Kita Alps Jepang, Tateyama merupakan salah satu gunung dengan puncak yang paling mudah diakses di daerah tersebut.

Sebenarnya Tateyama merupakan nama dari seluruh daerah puncak yang mengelilingi Murodō yang memiliki banyak puncak. Yang paling menonjol dari puncak-puncak itu adalah Onanji. Murodō menawarkan beragam jalur pendakian yang melayani pejalan kaki serius juga mereka yang ingin jalan santai.

Jika menaiki Kereta Gantung Tateyama, pengunjung akan bisa menyaksikan pemandangan gunung di sekitarnya dengan sudut pandang bird’s eye view. Di sana juga terdapat Bendungan Kurobe yang tingginya mencapai 186 meter. Untuk mendaki gunung ini bisa dengan mudah diselesaikan dalam waktu sehari. Di musim panas atau cuaca yang baik tempat ini bisa cukup ramai.

9. Gunung Haku

Gunung Haku
  • Lokasi: Ozo, Hakusan, Ishikawa 920-2333

Seperti halnya Gunung Fuji dan Gunung Tate, Gunung Haku adalah gunung suci lainnya di Jepang. Gunung Haku sudah lama menjadi tempat yang berhubungan dengan doa serta spiritualitas karena di sini terdapat banyak kuil yang sudah bermunculan selama berabad-abad. Sekarang gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Hakusan di wilayah Chubu, Honshu.

Dengan tinggi sekitar 2.702 meter, Gunung Haku mempunyai objek menarik lainnya, yaitu danau kawah air tawar yang terletak di dekat puncak. Ada juga hutan yang luas dengan pohon beech Jepang serta berbagai sumber air panas alami yang berada di sekitar lanskap.

10. Gunung Iwaki

Gunung Iwaki
  • Lokasi: Prefektur Aomori

Gunung Iwaki yang terletak di Prefektur Aomori, sekitar 15 kilometer dari Kota Hirosaki, merupakan gunung vulkanik yang relatif tidak aktif semenjak letusan terakhirnya di tahun 1863. Tingginya sekitar 1.652 meter menjadikan Iwaki ini salah satu gunung tertinggi di prefektur Aomori.

Dijuluki “Tsugaru Fuji” atau “Gunung Fuji di daerah Tsugaru” oleh penduduk Jepang karena memiliki bentuk yang kerucut serta puncaknya tertutup salju. Adalah hobi para penduduk lokal untuk mendaki Gunung Iwaki. Namun karena ketinggiannya yang curam, gunung ini hanya untuk mereka yang kuat. Butuh sekitar 4 sampai 5 jam untuk bisa sampai puncak dari Kuil Iwakisan yang merupakan titik awal.

Kalau sebelumnya hanya mengenal Gunung Fuji saja sebagai gunung terkenal di Jepang, sekarang kamu mendapatkan informasi tambahan mengenai gunung-gunung lain yang tak kalah popularnya. Gunung-gunung ini popular sebagai tempat untuk pendakian dan peribadatan dengan keberadaan kuil-kuilnya.

Nah, sekarang jalan-jalan ke Jepang akan semakin banyak tujuannya. Selain mengunjungi tempat wisata umumnya, kamu juga bisa mencoba untuk naik gunung terkenal di Jepang. Selamat mendaki!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram