10 Minuman Berbahan Susu dari India yang Menyehatkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Agustus 2021

Dikutip dari laman situs Statista, pada 2019, India mengonsumsi susu sapi paling banyak di dunia, meminum lebih dari 77,7 juta metrik ton. Konsumsi susu terbesar berikutnya berada di Uni Eropa, yaitu 33,4 juta metrik ton. Maka tak mengherankan jika banyak jenis minuman berbahan susu dari India.

Mungkin kalau kamu suka nonton film India atau pernah mampir ke restoran India, kamu pernah mendengar nama lassi. Ya, lassi adalah minuman tradisional yang sudah ada sejak lama dan dibuat dari susu, gula dan dadih. Selain lassi masih ada minuman berbahan dasar susu lain dari India. Yuk, cari tahu apa saja jenis minumannya di artikel ini!

1. Chaas

Chaas_

Chaas dibuat dengan cara mengaduk yogurt dan air dingin bersama-sama dalam panci, menggunakan alat genggam yang disebut madhani atau whipper. Minuman ini adalah jenis minuman berbahan susu dari India. 

Untuk meminum chaas bisa diberi rasa dengan beragam rempah-rempah. Chaas sangat mirip dengan lassi, tapi terdapat dua perbedaan utama, yaitu chaas lebih encer (dengan air) dibandingkan lassi dan tidak seperti lassi, chaas tidak ditambahkan gula.

Chaas bisa dikonsumsi tanpa rasa, tetapi biasanya ditambahkan sedikit garam. Banyak bumbu dan rempah lainnya bisa ditambahkan ke chaas asin, baik sendiri-sendiri atau dikombinasikan satu sama lain. Adapun rempah-rempah yang dapat ditambahkan antara lain biji jinten yang digiling kasar dan dibakar, daun kari, asafoetida, jahe parut, cabai hijau cincang halus dan biji sesawi.

2. Thandai

Thandai_

Thandai merupakan minuman musim panas menyegarkan yang populer di India dan selalu disajikan selama festival Holi dan juga Mahashivratri. Minuman ini juga dikenal sebagai Shardai. Untuk festival holi, jenis minuman berbahan susu dari India ini diberi bhang (daun dan kepala bunga ganja) sedikit.

Minuman tradisional India ini dibuat dengan menggunakan sejumlah kacang-kacangan dan rempah-rempah yang dicampurkan dengan susu yang konon memiliki efek mendinginkan tubuh dan karenanya dinamai "Thandai", yang dalam bahasa Hindi berarti "mendinginkan".

Penggunaan merica, almond, biji adas, biji poppy bersama dengan safron, kapulaga dan air mawar menjadikan thandai sebagai minuman yang sangat menyegarkan dan nikmat.

3. Masala Milk

Masala Milk_

Masala Milk adalah minuman India Selatan yang hangat dan sehat yang sangat populer di Chennai. Minuman ini ditemukan restoran rantai populer di seluruh kota. Susu masala atau masala paal adalah minuman unik yang terbuat dari susu dan terkenal di kalangan masyarakat Tamil Nadu. 

Berbeda dengan minuman berbahan dasar susu lainnya, susu masala adalah resep hangat yang terbuat dari susu rebus yang direbus dengan campuran rempah-rempah, kacang-kacangan dan gula yang unik. Kombinasi tersebut menghasilkan minuman yang hangat dan menyegarkan. 

Pilihan bumbu dan kacang dapat berbeda berdasarkan preferensi pribadi. Almond, kapulaga dan safron adalah suatu keharusan. Bahan lainnya dapat ditambahkan atau tidak berdasarkan ketersediaan.

Orang-orang dari segala usia pasti menyukai minuman ini karena memiliki rasa yang enak dengan aroma yang sedap. Di negara bagian di India Selatan akan ditemukan banyak jenis susu masala atau masala paal dan masing-masing memiliki merek persiapan dan bahan yang unik yang menyertainya. 

4. Falooda

Falooda_

Falooda atau faluda Ini merupakan minuman manis dan wangi yang populer di Delhi, Haryana dan daerah Punjab di India. Minuman ini merupakan campuran dari banyak bahan seperti susu, jelly kubus, es krim, bihun sirup mawar, dan es krim. Agar lebih enak dan bergizi ditambahkan juga biji selasih. 

Berbagai lapisan dan warna tidak hanya enak dipandang tapi dengan tekstur yang begitu banyak setiap gigitan terasa seperti pesta di mulut. Setelah memakan makan pedas, mengkonsumsi falooda bisa membuat pencernaan menjadi mudah dan mendinginkan tubuhmu.

Minuman ini sangat populer selama musim panas di India dan bisa dibuat sendiri atau menikmati falooda buatan restoran atau penjaja minuman kaki lima. Falooda tersedia dalam banyak pilihan tetapi versi paling dasar yang disebut rose falooda.

5. Lassi

Lassi_

Minuman tradisional berbahan dasar yogurt India ini berasal dari era pra-lemari es saat petani Punjabi mencampurkan susu mereka dengan gula dan dadih, dan menyimpan ramuan tersebut dalam pot tanah liat. 

Lassi sering diberi tambahan rasa dengan berbagai bumbu segar, rempah-rempah yang berbeda, buah-buahan, dan esens bunga. Jenis minuman berbahan susu dari India ini biasanya dicampur dengan es dan disajikan sebagai pelengkap hidangan panas dan pedas.

Hal ini karena lassi memberikan penyegaran untuk langit-langit mulut dan menenangkan tubuh, terutama pada hari-hari musim panas. Lassi manis disebut metha lassi. Minuman ini sering mengandung jahe, kapulaga, mint, air mawar, serta buah-buahan eksotis contohnya mangga.

Namkeen lassi yaitu versi lassi yang asin. Umumnya lassi ini diberi tambahan lada hitam, bawang putih, serta biji jintan panggang. Varian populer lassi lainnya yaitu apa yang disebut bhang lassi yang dibuat dengan menambahkan bunga rami liar India atau daun kering yang dihancurkan.

6. Jigarthanda

Jigarthanda_

Jigarthanda merupakan minuman dingin populer yang berasal dari kota Madurai. Meskipun resep pastinya tidak diketahui dan petunjuknya sedikit berbeda, biasanya minuman ini menggabungkan beberapa bahan.

Di antara bahan-bahan itu adalah permen karet almond (badam pisin), yaitu permen karet alami yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, sirup nannari (nannari sarbath) yang terbuat dari akar sarsaparilla, susu evaporasi, susu biasa, gula, dan es krim yang terbuat dari susu evaporasi.

Agar-agar terkadang ditambahkan sebagai pengganti permen karet almond. Bahan-bahan tersebut biasanya ditambahkan ke susu sampai tercampur rata, dan minuman tersebut kemudian diberi topping satu sendok es krim. 

Proses pembuatan jigarthanda memakan waktu, dan meskipun bisa dibuat di rumah, minuman ini biasanya dijual di gerobak dorong dan warung pinggir jalan di seluruh kota. Terjemahan kasar dari jigarthanda adalah sejuk atau dingin hati (jigar artinya hati, dan thanda artinya sejuk atau dingin).

7. Haldi Doodh

Haldi Doodh_

Manfaat kesehatan haldi doodh atau susu kunyit banyak diketahui, mulai dari membersihkan darah hingga meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Dianjurkan agar minum segelas haldi doodh sebelum tidur secara teratur. 

Susu yang bisa digunakan untuk haldi doodh adalah susu biasa yang tersedia di perusahaan susu lokal. Haldi doodh adalah susu yang dicampur dengan kunyit dan telah digunakan untuk membantu banyak penyakit, termasuk pilek, batuk, peradangan, nyeri, nyeri, dan gelisah. 

Dalam budaya India, minuman ini adalah solusi para ibu untuk segalanya dan haldi doodh adalah tradisi yang terbukti sangat menenangkan. Mungkin bagian terbaik tentang haldi doodh adalah betapa mudahnya menyiapkannya. 

Ada kemungkinan besar semua bahan sudah ada di lemari, dapur, dan lemari es. Panaskan cangkir susu, tambahkan kunyit dan gula secukupnya, dan selesai! Ternyata untuk sehat bisa begitu mudah.

8. Badam Doodh

Badam Doodh_

Badam doodh merupakan jenis minuman berbahan susu dari India lainnya. Minuman ini berbahan dasar almond yang berasal dari India. Minuman ini dibuat dengan pasta almond, yang terdiri dari almond bubuk, yang dipadukan dengan susu hangat, gula, dan rempah-rempah. 

Kapulaga dan safron sering ditambahkan sebagai perasa, tetapi beberapa varian juga bisa menggunakan air mawar. Badam banyak dinikmati pada acara-acara khusus, seperti upacara keagamaan atau pernikahan. Jenis minuman berbahan susu ini bisa disajikan hangat atau dingin dan dihiasi dengan potongan almond, kelopak mawar, atau untaian safron.

9. Sweet Lassi

Sweet Lassi_

Seperti namanya, varian lassi ini dimaniskan. Lassi diberi gula. Sweet lassi atau lassi manis ini termasuk yogurt (dadih) dan biasanya beberapa buah atau perasa seperti safron atau kapulaga. Lassi manis sering dinikmati setelah makan atau hanya sebagai minuman menyegarkan saat musim panas.

Lassi secara tradisional disiapkan dalam pot tanah liat dan sering diberi topping  sesendok krim kental (malai), dan varian manis biasanya dihiasi dengan potongan kacang. Ada banyak variasi lassi manis, dan selain versi tradisional, lassi mangga baru-baru ini berkembang menjadi salah satu favorit.

10. Bhang Lassi

Bhang Lassi_

Perlu dicatat bahwa bhang lassi merupakan minuman yang manjur dan ada beberapa klaim bahwa konsumsinya bisa menyebabkan psikosis dan halusinasi, atau menyebabkan gejala seperti psikosis. Sangat disarankan untuk membelinya hanya dari toko berlisensi.

Bhang lassi adalah varian yang dicampur dengan ganja. Ini adalah minuman tradisional yang dibuat dengan menghancurkan tanaman ganja menjadi pasta (bhang) yang kemudian dikombinasikan dengan yogurt dan biasanya rempah-rempah dan kacang-kacangan. 

Jenis minuman berbahan susu dari India ini mempunyai banyak varian, dan menjadi sangat populer selama tahun 1970-an. Minuman ini secara tradisional dikaitkan dengan Rajasthan dan Uttar Pradesh. 

Bhang (pasta yang dibuat dengan daun dan kadang kuncup tanaman ganja) berakar kuat dalam tradisi, agama, dan budaya India. Biasanya dikaitkan dengan Hindu, dan itu disebutkan dalam teks-teks Hindu kuno.

Salah satu legenda paling terkenal mengatakan bahwa bhang lassi menyelamatkan Dewa Siwa setelah meminum racun. Para biksu dan orang suci kebanyakan mengkonsumsinya selama meditasi, dan umumnya dinikmati selama festival keagamaan seperti Holi dan Shivratri

Banyak orang percaya bhang lassi mempunyai khasiat obat dan sering menganggapnya sebagai obat tradisional. Walaupun ganja dan berbagai bentuknya ilegal, yang menarik, bhang dikeluarkan dari peraturan ini, dan banyak negara bagian mengizinkan penjualan tersebut. 

Namun bhang dinyatakan legal jika hanya dibuat dengan daun tanaman ganja, sedangkan penggunaan pucuk berbunga atau damar tidak diperbolehkan.

Ternyata jenis minuman berbahan susu dari India banyak sekali ragamnya. Mungkin tak mengherankan karena India banyak mengkonsumsi susu seperti sudah disebutkan di atas. Minuman berbahan susu ini umumnya divariasikan dengan berbagai rempah dan kacang-kacangan sehingga baik untuk kesehatan.

Apakah kamu pernah mencicipi minuman berbahan dasar susu khas India sebelumnya? Kalau belum, mungkin kamu bisa mencoba salah satunya. Berani mencoba?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram