10 Biara Buddha di India yang Sangat Mengagumkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Juli 2021

Tempat suci seperti biara tentunya menjadi tempat yang paling disucikan dan juga banyak diziarahi. Biara-biara yang menjadi tempat suci bagi umat Buddha, juga banyak terdapat di India. Banyak orang yang datang ke India dari seluruh dunia untuk berziarah ke biara-biara yang mereka sucikan.

India menghadirkan keindahan-keindahan dari biara Buddha yang cukup spektakuler. Tak hanya keindahan dari bangunannya tapi juga kekayaan budaya yang mereka miliki. Berikut ini beberapa biara di India yang wajib kamu kunjungi untuk asupan ketenangan jiwa yang kamu cari.

1. Biara Thiksey (Ladakh)

10 Biara Buddha di India yang Sangat Mengagumkan 1
  • Alamat: Leh Manali Hwy, Thiksey, Ladakh, India
  • Jam Buka: Setiap Hari 07.00 – 19.00
  • HTM: 20 Rupee

Biara Thiksey merupakan biara dengan gaya Tibet yang terletak di daerah sebelah timur Kota Leh. Posisinya berada di ketinggian 3.600 mdpl, dan juga terkenal sebagai biara terbesar yang terdapat di Ladakh. Biara dengan struktur 12 lantai ini menyimpan artefak Budha, stupa, dan juga patung.

Biara ini juga biasa mengadakan perayaan tahunan yang disebut dengan perayaan Gustor, yang biasa di adakan dibulan Oktober/November. Selain itu juga biara ini menyimpan sebuah Patung Budha Maitreya dengan ketinggian sekitar 15 meter, sebagai peringatan datangnya Dalai Lama ke-14.

2. Biara Hemis (Ladakh)

10 Biara Buddha di India yang Sangat Mengagumkan 2Sumber: holidify.com
  • Alamat: Jammu and Kashmir, Ladakh, India
  • Jam Buka: Setiap Hari 08.00 – 13.00, 14.00 – 18.00
  • HTM: 100 rupee

Biara Hemis merupakan biara yang cukup ternama  dan juga kaya yang berlokasi di lembah Shang. Biara ini sendiri dibangun pada sekitar abad ke-17 oleh seorang bernama Stagsan Raspa dengan luas tanahnya sekitar 2.500 hektar. Letak dari biaranya Hemis sendiri sekitar 50 km dari Kota Leh.

Tempat ini juga memiliki kegiatan yang biasa diadakan di bulan Juni-Juli. Selama festival kamu dapat merasakan atmosfer spiritual dalam kegiatan tari topeng di tampilkan di biara ini. Pada saat festival masyarakat akan mengenakan pakaian etnik dalam menyambut wisatawan yang datang untuk festival.

3. Biara Tabo (Himachal Pradesh)

Biara Tabo termasuk dalam biara tertua di India, letaknya berada di Desa Tabo, di sebelah kiri dari Sungai Spiti. Di tahun 996, Rinchen Sangpo meletakkan batu pertama untuk pembuatan biara ini. Ada 9 tempat pemujaan di biara ini dan setiap tempatnya memiliki namanya masing-masing.

Biara ini dipercantik dengan dekorasi lukisan pada dindingnya, sayangnya karena faktor usia, gambarnya telah mulai memudar. Sekolah Sekrong di biara ini menjadi tempat belajar ajaran Budha, selain itu  di sini juga diajarkan ilmu lain seperti matematika ilmu sosial, bahasa inggris, dan lain-lain.

4. Biara Phuktal (Ladakh)

  • Alamat: Lembah Lungnak, Distrik Kargil , Ladakh,  194302, India
  • Jam Buka: Setiap hari 06.00 – 16.00
  • HTM: Gratis (Kamera dan makanan tidak boleh masuk)

Hal yang unik dari Biara Phuktal adalah lokasi tempat biaranya berdiri. Phuktal merupakan sebuah biara yang berdiri di bawah mulut gua yang berada di sisi tebing. Perjalanan menuju biara ini menjadi tantangan tersendiri bagi yang ini berkunjung. Tempatnya cocok untuk orang yang senang menjelajah.

Biara-biara tersebut menempel di dinding tebing seperti sebuah sarang lebah. Pemandangan dari biara ini terlihat sangat menakjubkan di kala air meluncur dari mulut gua di saat musim hujan tiba. Biara ini ditinggali oleh sekitar 70 biksu yang menjalankan ritual peribadatannya dengan puji-pujian yang damai.

5. Biara Namdroling Nyingmapa (Karnataka)

10 Biara Buddha di India yang Sangat Mengagumkan 5Sumber: wikiwand.com

Biara Namdroling yang terdapat di Distrik Karnataka ini dikenal juga dengan nama Biara Emas. Biaranya memiliki gaya biara Tibet yang akan membuat kamu terpesona dengan keindahan dekorasi dari biaranya. Sebuah Patung Budha dari emas ditempatkan di tengah ruang doa, penuh daya tarik.

Biara Namdroling Nyingpama ini didirikan oleh Pema Norbu Rinpoche. Selain tempat untuk belajar ajaran Sang Budha, tempat ini juga mengajarkan muridnya pelajaran filosofi, serta logika yang diajarkan di sebuah Universitas bernama Nyingma yang mereka dirikan di dalam biara.

Baca juga: 10 Tempat Bersejarah Umat Buddha di India untuk Diziarahi

6. Biara Tawang (Arunachal Pradesh)

10 Biara Buddha di India yang Sangat Mengagumkan 6
  • Alamat: Cona, Tawang, Arunachal Pradesh 790104, India
  • Website: https://tawang.site/
  • Jam Buka : Senin-Kamis  07.00 – 17.00, Jumat- Sabtu 17.00 – 00.00, Minggu Tutup

Biara Tawang merupakan biara Budha terbesar yang terdapat di India. Biaranya berlokasi di ketinggian 10.000 mdpl di daerah Arunachal Pradesh. Tempat ini menjadi satu biara yang paling banyak dikunjungi oleh pezirah dan juga turis. Biaranya sendiri didirikan oleh Mera Lama Lodre Gyatso.

Lingkungan sekitar yang damai dan tenang, menjadikan tempatnya menjadi pilihan untuk menenangkan jiwa. Biaranya dihiasi dengan banyak kerajinan tangan dengan kualitas yang terbaik. Biara ini juga menjadi pusat kerajinan yang menggunakan bahan dasar wool yang terbaik di dunia.

7. Biara Tsuglagkhang (Dharamshala)

  • Alamat: Distrik Dharamshala, Himachal Pradesh, 176219, India
  • Jam Buka: April - Oktober 05.00 - 20.00, November – Maret 06.00 – 18.00, (Tutup Sementara selama Pandemi)
  • HTM: Gratis

Biara Tsuglagkhang  merupakan tempat hunian resmi dari Dalai Lama, tempatnya indah dikelilingi oleh hutan pinus dengan pohon-pohonnya yang tinggi. Di tempat ini kamu dapat melihat kehidupan sederhana dari seorang Dalai Lama. Kamu dapat berjalan-jalan di sekitar biara tanpa batas.

Biara ini terdapat di distrik Dharamshala di pinggiran Maclodganj. Terdapat tempat seperti museum Namgyal Gompa dan juga ada Kuil Kalachakra serta tempat suci lainnya di biara ini. Kamu dapat berjalan-jalan dan merasakan atmosfer ketenangan dari biara ini sekaligus belajar budayanya.

8. Biara Diskit (Leh)

10 Biara Buddha di India yang Sangat Mengagumkan 8
  • Alamat: Nubra Valley, Ladakh, Jammu and Kashmir 194001, India
  • Jam Buka: 07.00 – 13.00, 14.00 – 19.00
  • HTM: 30 Rupee

Biara Diskit merupakan biara tertua dan juga terluas di daerah Lembah Nubra. Biara ini didirikan pada abad ke-14 oleh Changzen Tserab Zangpo, letaknya tepat berada di atas sebuah bukit. Tempatnya yang berada di atas bukit memungkinkan kamu untuk melihat seluruh lembah Nubra dari Biara Diskit.

Satu hal yang paling menonjol dari tempat ini tentunya adalah patung Budha Maitreya yang besar dan berwarna. Patung Budha ini memiliki tinggi sekitar 32 meter dan menjadi daya tarik para turis datang kemari. Patung Budha Maitreya sendiri telah diresmikan oleh Dalai Lama pada tahun 2010.

9. Biara Rumteks (Sikkim)

10 Biara Buddha di India yang Sangat Mengagumkan 9
  • Alamat: 24km from Gangtok,  Sikkim Timur , 737101, India
  • Website: http://www.rumtek.org/index.php?lang=en
  • Jam Buka: Senin - Jumat 09.00 – 18.00, Hari Libur 09.00 – 18.00, (Tutup Sementara selama Pandemi)

Rumtel merupakan biara gaya Tibet yang pertama kali didirikan pada abad ke-9 biaranya tampak terlihat megah dan juga penuh dengan warna. Biaranya menjadi tempat yang paling banyak di kunjungi oleh turis di Kota Sikkim dari 200 biara yang terdapat di daerah tersebut.

Rumtek adalah biara yang terletak di kota Gangtok. Biara ini dijaga ketat sejak munculnya kontroversi dari suksesi kepemimpinan biara. Di Biara Rumtek juga terdapat festival topeng yang tidak boleh kamu lewatkan. Festivalnya biasa di tampilkan pada saat tahun baru pada pada kalender Tibet.

10. Biara Palpung Sherabling (Himachal Pradesh)

  • Alamat                : Palpung Sherabling Monastery Rd, Bhattu Samula, Bhattu Uparla, Himachal Pradesh 175032, India
  • Website              : https://www.palpung.org/english/news/default.asp
  • Jam Buka           : -

Palpung Sherabling merupakan biara yang dibangun di atas lahan seluas 30 hektar dengan hutan pinus  sunyi dan tenang yang mengelilinginya disertai gunung bersalju yang menjadi latarnya. Lokasi biara  yang indah dan damai ini terletak di Lembah Kangra di daerah Himachal Pradesh

Biara ini terlihat lebih modern dari segi bangunannya tetapi mereka masih mencerminkan sikap hidup Budha. Biaranya didesain terdiri atas lima lantai, dengan setiap lantai memiliki fungsi masing-masing. Seperti lantai kedua yang digunakan untuk ruang membaca yang tenang dan juga damai.

Itulah beberapa biara Buddha yang terdapat di India. Biara-biara ini tak hanya menawarkan ketenangan dan juga kedamaian bagi orang yang menziarahinya. Tetapi pesona dari struktur bangunannya serta dekorasi-dekorasi yang mempercantik biara akan membuatmu tak berhenti memandanginya.

Pesona yang ditawarkan biara-biara itu bukan main indahnya. Tak hanya struktur bangunan dan dekorasinya. Tetapi tempat biasa didirikan juga memiliki pemandangan alam yang spektakuler. Latar sekelilingnya semakin menambah atmosfer tenang dan damai pada biara-biara tersebut.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram