Inilah 11 Jenis Roti Khas dari Berbagai Wilayah Italia

Ditulis oleh Siti Hasanah

Di Italia, roti dan pasta adalah bahan nutrisi penting di negara ini. Roti Italia mempunyai banyak bentuk serta nama. Negara ini memiliki beragam jenis roti Italia dengan tujuan penyajian yang berbeda. Biasanya di Italia roti disajikan dengan cara diiris, diberi topping, atau diberi isian yang nikmat. Jika singgah di restoran Italia, begitu duduk, kamu akan dihidangkan roti.

Ternyata ini merupakan cara agar pengunjung tidak merasa bosan ketika menunggu hidangan utama. Selain itu, sajian roti juga untuk menahan rasa lapar pengunjung. Roti selalu tersedia di meja ketika menyantap sayuran atau daging.

Bisakah kamu menebak ada berapa jenis roti khas Italia? Negara ini memiliki lebih dari 250 jenis roti. Tiap daerah punya variannya sendiri. Baca info lengkapnya di sini.

1. Pane casareccio

Pane casareccio

Roti paling umum di Italia serta disajikan tetap dalam bentuk roti adalah pane casareccio. Roti ini memiliki nama yang berbeda di berbagai bagian Italia. Di Roma, orang menyebutnya pane casareccio, yang artinya “roti rumahan.” Di daerah lain, roti ini disebut dengan nama pane toscano, “roti Tuscan.”

Umumnya orang Italia membeli roti dalam bentuk setengah atau satu roti utuh dari toko roti. Pembeli bisa memilih roti asin, tawar, gandum durum, gandum utuh, roti sereal, serta jenis lainnya. Roti Tuscan asin dan tawar merupakan jenis roti tradisional Italia.

Pane casareccio adalah jenis roti yang sempurna untuk dicelupkan ke dalam sup sayuran maupun diiris kemudian diberi taburan atau potongan keju. Kulit roti ini merupakan keistimewaan utamanya. Pane casareccio memiliki kulit yang keras dan renyah sedangkan bagian dalamnya padat tapi tetap lembut.

Inilah alasan mengapa roti ini juga cocok sekali untuk digunakan membuat bruschetta Italia. Pane casareccio merupakan hal pertama yang keluar dari mulut orang Italia saat ditanya tentang roti.

2. Bisciola

BisciolaSumber: primochef.it

Jika menyukai roti buah, maka ini jenis roti khas Italia yang satu ini bisa jadi pilihan. Disebut juga panettone Valtellinese, bisciola merupakan makanan penutup khas dari Valtellina yang merupakan sebuah lembah di wilayah Lombardy yang berbatasan dengan Swiss.

Bisciola merupakan roti yang berisi buah kering, seperti ara dan kismis, kacang-kacangan yang berupa kenari, hazelnut, atau kacang pinus, dan dibuat dengan mentega dan telur. Beberapa resep ada yang diberi tambahan madu.

Roti ini mungkin bukan jenis roti Italia yang cocok konsumsi jika sedang diet, tetapi ini adalah roti buah yang lezat dengan penampilan yang cantik yang umum dinikmati di hari libur.


Semenjak tahun 2013, roti ini dilindungi oleh Collective Geographical Mark (MCG). Ini artinya bahwa bisciola yang berbahan ragi ini hanya diperbolehkan diproduksi di Valtellina dengan memakai bahan-bahan Italia dan lokal serta pembuatannya harus mengikuti resep yang sudah ada dari zaman dahulu.

3. Friselle

Friselle

Friselle merupakan jenis roti biscotti yang diproses dengan dua kali panggang. Asal roti ini dari daerah Puglia. Roti berukuran kecil ini dipanggang setengah matang dan kemudian dikeluarkan dari oven dan dibelah dua. Selanjutnya dipanggang lagi sampai keras dan kering.

Hasil akhirnya adalah roti dengan satu sisi kasar sedangkan sisi lainnya halus. Beberapa tukang roti memberikan lubang seukuran jempol di tengahnya sehingga roti jadi nampak mirip sekali dengan roti bagel atau biali yang dipotong.

Tekstur Friselle condong seperti cracker serta tahan lama. Roti ini umumnya dibawa oleh para gembala, petani serta nelayan untuk disantap bersama makanan lain.

Roti khas Italia ini sering direndam dalam air atau diberi siraman minyak zaitun serta ditambahkan tomat untuk dijadikan makanan berat atau makanan ringan yang sederhana. Selain itu, roti ini juga bisa dipotong-potong dan digunakan dalam sup atau stew.

4. Pane carasau

Pane carasau

Pane carasau lebih terkenal di Pulau Sardinia dibandingkan di wilayah Italia lainnya. Ini adalah roti paling serbaguna yang dibuat di Italia. Roti carasau merupakan roti pipih bulat yang berbentuk lembaran dengan tebal kurang dari satu milimeter sehingga nampak seperti kertas.

Diameter lapisan rotinya sekitar 40 cm kemudian dipotong jadi empat bagian dalam ukuran besar dengan bentuk seperti segitiga. Roti khas Italia ini juga dikenal dengan sebutan carta musica atau "kertas music.” Ini disebabkan oleh bunyi roti ketika dikunyah yang terdengar seperti suara kertas.

Roti carasau memiliki rasa yang netral jadi pas untuk disantap dengan semua makanan. Carasau juga cocok untuk dipilih jadi bahan alternatif ketika akan membuat lasagna yang berbeda.

Cara lain untuk menikmati pane carasau yaitu dengan menambahkan air di atasnya sehingga roti jadi elastis dan bisa digulung. Carasau bisa juga digunakan untuk jadi alas untuk salad.

5. Panettone

5. Panettone

Ini adalah salah satu jenis roti khas Italia yang paling terkenal. Panettone merupakan jenis roti manis khas Italia yang asalnya dari kota Milan. Roti ini biasa disajikan saat liburan Natal. Panettone biasa ditemukan di pasar Natal di Eropa.

Roti panettone bisa dengan mudah dikenali karena bentuk kubahnya. Biasanya panettone standar yang normal memiliki bobot lebih dari 1 kg. Pembuatan panettone dapat memakan waktu beberapa hari.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram