10 Kebiasaan Unik Orang Spanyol yang Menarik untuk Diketahui

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Berbicara tentang kebiasaan memang tidak akan ada habisnya. Beragam kebiasaan unik kerap menjadi sesuatu hal yang cukup menarik untuk dibahas. Sama seperti di Indonesia, negara Spanyol juga memiliki berbagai kebiasaan unik dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Meskipun beberapa kebiasaan terlihat aneh, tetapi hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi orang-orang yang ingin berpelesir ke negeri Matador tersebut. Nah, supaya kamu tidak semakin penasaran. Simak rangkuman yang telah Keluyuran siapkan di bawah ini. Berikut adalah ulasannya:

1. Keluar Rumah dengan Rambut Basah

Keluar Rumah dengan Rambut Basah

Kebiasaan yang satu ini mungkin dianggap sebagai sesuatu hal unik yang biasa dilakukan oleh orang Spanyol. Jika pada umumnya, orang-orang akan mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum pergi keluar rumah, berbeda dengan orang Spanyol. Mereka terbiasa keluar rumah dengan rambut yang masih basah.

Kebiasaan tersebut tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, tetapi juga oleh orang yang telah dewasa. Orang Spanyol diketahui kerap mencuci rambut atau keramas pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas seperti bekerja atau berangkat ke sekolah. Meskipun dianggap lucu, tetapi di Spanyol hal tersebut lumrah untuk dilakukan.

2. Adu Lari dengan Banteng

Spanyol adalah salah satu negara yang memiliki beragam keunikan. Selain memiliki tempat wisata yang mempesona. Spanyol juga memiliki banyak tradisi dan kebiasaan yang cukup menarik. Salah satunya dengan adanya festival El encierro, yaitu tradisi berlari dari kejaran banteng berukuran besar yang sengaja dilepaskan ke jalanan kota.

Meski terlihat cukup ekstrim, tetapi banyak pula masyarakat yang antusias mengikuti acara tersebut. Kegiatan melepas banteng sendiri biasanya dilakukan di desa dan kota saat diadakannya festival. So, jangan heran bila kemudian banyak orang mengalami luka akibat terseruduk banteng dalam acara tersebut.

3. Ke Bar Bersama Anak-Anak

Kebiasaan lain yang cukup aneh di mata orang awam adalah pergi ke bar membawa anak-anak. Seperti kita ketahui, di beberapa negara, termasuk Indonesia membawa anak ke tempat seperti bar merupakan hal yang dilarang, bahkan mungkin bisa dianggap melanggar hukum.

Kebiasaan tersebut sangat berbeda dengan apa yang biasa ditemukan di Spanyol, dimana orang tua tidak sungkan membawa anak-anak mereka ke bar bersama seluruh anggota keluarga ketika menghadiri sebuah acara. Mereka juga tidak merasa terganggu atau merasa risih melihat anak-anak merengek atau tertidur lelap di kursi yang disediakan bar.

4. Kebiasaan Mengupas Buah

Kebiasaan Mengupas Buah

Kebiasaan unik lainnya yang bisa kita temukan di negara dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional ini adalah saat mengupas buah. Masyarakat Spanyol diketahui kerap mengupas berbagai macam buah sebelum memakannya. Hal serupa juga berlaku untuk buah-buahan seperti apel, buah persik, buah pir, dan buah anggur.

Kebiasaan tersebut memang tidak terlepas dari cerita masa lalu, dimana saat itu di Spanyol kesulitan mendapat pasokan air bersih. Sebagai jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat di pedesaan Spanyol harus mengupas terlebih dahulu berbagai jenis buah sebelum di makan.

Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau sisa-sisa pestisida yang mungkin masih menempel pada kulit buah. Kebiasaan unik tersebut diketahui masih tetap dilakukan, bahkan hingga saat ini.

5. Tradisi Melempar Tomat

Salah satu kebiasaan lain yang cukup terkenal di Spanyol adalah tradisi melempar tomat atau yang dikenal dengan La Tomatina. Tradisi melempar tomat biasa dilakukan pada saat festival Bunol yang biasa diadakan di wilayah Valencia setiap satu tahun sekali. Kegiatannya sendiri biasanya diadakan di akhir bulan Agustus pada hari Rabu.

Festival tersebut biasanya dihadiri oleh banyak orang, termasuk turis asing yang ingin ikut saling melempar tomat. Tomat yang digunakan sendiri biasanya tomat sisa panen yang sudah terlalu matang dan tidak bisa digunakan.

Selain saling melempar tomat, festival tersebut juga menghadirkan beragam pertunjukkan hiburan yang cukup mematikan selama sepekan. Mulai dari parade kostum, pertunjukkan musik, tari, dan festival kembang api.

6. Membekukan Roti

 Membekukan Roti

Kebiasaan unik lainnya yang juga biasa dilakukan oleh masyarakat Spanyol adalah membekukan roti yang telah dibeli sehari sebelumnya. Kebiasaan tersebut dilakukan hampir sebagian besar masyarakat Spanyol. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan kualitas roti dan membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Seperti kita ketahui bahwa roti yang memiliki kualitas baik jauh lebih mudah untuk rusak dan kadaluwarsa. Membekukan roti sendiri adalah cara yang cukup baik untuk menjaga tekstur dan rasanya. Hal tersebut dapat memperlambat proses bread staling atau perubahan fisika-kimia yang menyebabkan roti berubah bentuk, warna, dan rasa.

7. Membagi Hari Menjadi 5

Setiap negara memang memiliki kebiasaan unik yang dapat membuat orang asing penasaran. Salah satunya adalah kebiasaan yang satu ini. Jika pada umumnya waktu dibagi menjadi empat bagian seperti pagi, siang, sore, dan malam maka di Spanyol sendiri memiliki satu tambahan waktu yang cukup unik, bahkan kerap menjadi pertanyaan orang asing.

Masyarakat Spanyol menyebut waktu tersebut dengan madrugada. Madrugada adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat Spanyol untuk menunjukkan waktu antara tengah malam sampai waktu fajar menyingsing. Madrugada sendiri diketahui tidak memiliki arti khusus atau lebih spesifik. So, jangan bingung bila istilah tersebut tidak ada dalam kamus.

8. Melompati Bayi

Kebiasaan orang Spanyol yang satu ini tentu bisa membuat setiap orang tua, terutama yang bukan berasal dari Spanyol merasa was-was atau ngeri dengan ritual khusus yang disebut dengan “El Colacho” atau “festival melompat bayi". Tradisi tersebut diketahui telah ada sejak tahun 1620. Masyarakat sendiri menganggap ritual tersebut sebagai bagian penting dari baptis yang ada di gereja.

Untuk prosesnya sendiri biasanya dilakukan oleh seorang pria dengan memakai kostum unik berwarna merah dan kuning. Pria tersebut diketahui akan melompati bayi berusia di bawah satu tahun yang terbaring berjajar di atas lantai. Setelah berhasil dilompati, para orang tua akan menaburkan bunga mawar pada bayi-bayi tersebut dan menggendongnya.

9. Pesta Pernikahan pada Malam Hari

Keunikan selanjutnya bisa kita temukan pada saat adanya pesta pernikahan. Pada umumnya, pesta pernikahan biasa diadakan pada pagi hari yang cerah hingga menjelang malam. Sementara di Spanyol sendiri pesta pernikahan biasanya diadakan pada waktu malam hari, yaitu seminar jam 7 malam hingga larut malam.

Untuk acaranya sendiri biasanya terdiri dari saling bertukar koin, yaitu sebagai simbol saling berbagi dan komitmen, melingkarkan cincin pernikahan pada pasangan, dan makan bersama. Saat jamuan tersebut, biasanya pengantin akan mengelilingi meja dan menyambut para tamu seraya membawa hadiah kecil. Pada saat itu biasanya para tamu akan memberikan hadiah pada pasangan pengantin.

10. Kebiasaan Tidur Siang "Siesta"

Kebiasaan Tidur Siang

Tidur siang memang biasa dilakukan oleh setiap orang, bahkan di Indonesia sendiri  kebiasaan tersebut sering dilakukan. Meski sepintas kebiasaan tersebut terlihat sama, tetapi tidur siang ala masyarakat Spanyol ini sedikit berbeda. Mereka sendiri menyebut kebiasaan ini dengan istilah Siesta, yaitu tidur siang tradisional yang biasa dilakukan oleh masyarakat Spanyol.

Siesta sendiri berarti jam keenam. Siesta dilakukan selama tiga jam, yaitu pada jam keenam atau jam 12 siang. Pada waktu tersebut masyarakat Spanyol biasa memanfaatkannya untuk makan siang, berkumpul keluarga, atau tidur siang. Hal tersebut dilakukan untuk mengembalikan semangat bekerja dan juga memaksimalkan otak saat bekerja.

Demikianlah 10 Kebiasaan unik orang Spanyol yang berhasil kami rangkum. Sama seperti negara-negara lain di dunia, Spanyol memiliki cerita menarik tentang kehidupan masyarakat dan kebudayaannya. Di daerah kamu tentu terdapat kebiasaan unik yang biasa dilakukan. Biar kita tahu. Tulis komentarmu di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram